sky castle

Pecinta drama Korea tentu sudah tidak asing dengan drama populer berjudul Sky Castle. Drama yang tayang pada 2019 ini dibintangi beberapa idol K-Pop ternama seperti Key Shilnee, hingga Taeyeon SNSD. Drama produksi dari JTBC ini berhasil menembus rating hingga 24% pada akhir episodenya.

 Drama ini mengangkat tema tentang isu pendidikan dan juga kesehatan mental anak yang sangat relate dengan kehidupan di Korea Selatan. Lantas drama keluarga Sky Castle tentang apa? Yuk simak sinopsis dan juga reviewnya di bawah ini!

 BACA JUGA : Urutan Nonton Star Wars yang Benar dari Film hingga Serialnya

Sinopsis Sky Castle

sky castle
IMDb

Drama satir yang cukup laris ini mengisahkan tentang empat ibu rumah tangga dan keluarganya yang tinggal di pemukiman yang mewah di Seoul bernama Sky Castle. Pemukiman mewah ini biasa dihuni oleh kalangan elit seperti dokter dan juga profesor. Keempat ibu tersebut adalah Han Seo Jin, Lee Soo Im, No Seung Hye dan Jin Jin Hee.

-->

Han Seo Jin merupakan istri dari seorang ahli bedah ortopedi yang bernama Kang Joon Sang. Keduanya mempunyai dua orang putri yang memiliki kehidupan yang begitu sempurna. Akan tetapi, di balik semua itu, ternyata Seo Jin memiliki sebuah rahasia besar.

Selanjutnya adalah Jin Jin Hee yang juga memiliki suami seorang ahli bedah ortopedi. Jin Jin Hee ingin selalu meniru kehidupan dan semua yang dilakukan oleh Seo Jin. Sedangkan, Lee Soo Im merupakan seorang penulis buku anak-anak yang terkenal karena memiliki sifat yang ramah dan baik hati.

Lee Soo Im memiliki suami seorang ahli bedah sarat bernama Hwang Chi Young. Keduanya dikaruniai seorang putra. Terakhir adalah No Seug Hye, yang merupakan istri dari seorang profesor hukum bernama Cha Min Hyuk. Keduanya memiliki dua anak laki-laki.

Keempat ibu tersebut berambisi untuk membesarkan anak-anaknya layaknya pangeran dan juga putri. Bahkan, mereka melakukan segala cara bahkan akan mengeluarkan miliaran Won demi anak mereka masuk di universitas ternama di kota tersebut. Karena ambisi yang sangat besar inilah, penghuni Sky Castle saling berselisih. Kehidupan mereka semakin dipenuhi hal yang tak pernah terduga sebelumnya setelah adanya insiden tragis yang terjadi di Kawasan tersebut.

Selain keempat kelurga tersebut, terdapat keluarga Park yang sebelumnya tinggal di rumah keluarga Hwang. Akan tetapi, karena ada tragedi yang menimpa keluarganya, Park Soo Chang beserta anaknya Park Young Jae akhirnya pindah dari tempat itu.

BACA JUGA : Sinopsis The Sound of Magic, Kisah Kerja Keras Siswa SMA

Sky Castle pemeran

sky castle
CNN

Berikut daftar pemain drama Sky Castle yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Yum Jung Ah

Pikiran rakyat

Dalam drama ini, Yum Jung Ah berperan sebagai Han Seo Jin, istri Kang Joon Sang yang mempunyai kehidupan yang sangat sempurna. Selain membintangi Sky Castle, Yum Jung Ah juga telah membintang beberapa film diantaranya yaitu Intimate Strangers, Bbangban dan Wiretap.

2. Lae Tae Ran

Mydramalist

Lae Tae Ran berperan sebagai Lee Soon Im, seorang ibu yang berprofesi sebagai penulis buku anak-anak. Ia memiliki sifat ramah dan baik hati. Selain drama ini, Lae Tae Ran juga turut ‘membintangi drama yang cukup laris seperti Wang’s Family yang tayang pada 2015 lalu.

3. Yoon See Ah

soompi.com

Yoon See Ah berperan sebagai No Seung Hye, seorang istri seorang profesor hukum dari keluarga bergengsi yang mencoba segala usaha agar anaknya masuk ke universitas bergengsi. Ia berperan sebagai seorang ibu yang memiliki ego yang cukup ekstrem. Yoon See Ah juga pernah membintangi serial drama yang sangat populer yaitu My Sassy Girl (2017) dan juga Gu Family Book (2013).

4. Oh Na Ra

sky castle

Dalam drama ini, Oh Na Ra berperan sebagai Jin Jin He yang berasal dari keluarga kaya. Meski hanya berperan sebagai pemeran pendukung, Oh Na Ra menunjukan kualitas aktingnya. Beberapa drama yang ia bintangi adalah Yong-Pay (2015) dan juga Hyde Jekyll, Me (2015).

5. Kim Seo Hyung

soompi.com

Kim Seo Hyung berperan sebagai Kim Hoo Young, seorang konsultan dari penerimaan perguruan tinggi yang hanya menerima klien setelah mereka tunduk pada wawancara yang sangat ketat. Ia Nampak begitu misterius, karena hanya beberapa segelintir orang dan hanya dipekerjakan oleh perusahaan yang terbaik.

6. Jung Joon Ho

soompi.com

Jung Joon Ho berperan sebagai Kang Joon Sang, suami dari Seo Jin sekaligus dokter di rumah sakit Universitas ternama yaitu Universitas Joo Nam. Kang Joon Sang memiliki dua anak perempuan bernama Kang Ye-Seo dan kang Ye Bin. Jung Joon Ho merupakan seorang aktor senior yang pernah bermain dalam drama MBC 2016 “the Flower in Prison”.

7. Choi Won Young

soompi.com

Choi Won Young berperan sebagai Hwang Chi Woo, suami Soo Im yang berprofesi sebagai seorang dokter bedah saraf di Universitas Joo Nam. Dia merupakan musuh dari Joo Sang. Hwang Chi Young memiliki anak laki-laki bernama Hwang Woo Jo.

8. Jo Jae Yun

Xenews

Dalam drama ini, Jo Jae Yun berperan sebagai Woo Yang Woo, seorang ahki bedah ortopedi suami dari Jin Hee. Ia memiliki seorang anak bernama Woo Soo Han.

9. Kim Byung Chul

soompi

Pemeran selanjutnya adalah Kim Byung Chul yang memerankan tokoh Cha Min Hyuk, seorang dosen sekaligus mantan jaksa sekolah hukum. Cha Min Hyuk memiliki dua anak yang bernama Cha Se Ri dan Cha Ki Joon. Meski berkarakter sangat egois, Cha Min Hyuk sangat menyayangi kedua anaknya.

10. Kang Chan Hee

Gluwee

Dalam drama ini, aktor ganteng Kang Chan Hee memerankan tokoh Hwang Woo Joo yang merupakan anak tiri Soo Im dan Woo Joo. Yee Seo sangat menyukai Hwang Woo Joo.

BACA JUGA : 15 Film Horor Korea Terbaik, Layak Ditonton Saat Akhir Pekan

Review Sky Castle

sky castle
Orami

Berikut review drama Sky Castle yang mengangkat isu Pendidikan dan kesehatan di Korea Selatan.

1. Mengangkat isu pendidikan

Drama Sky Castle ini mengangkat isu pendidikan yang ada di Korea Selatan, yang mana siswa SMA akan menghabiskan waktu selama16 jam untuk belajar agar bisa masuk ke universitas yang bergengsi. Tak sedikit juga diantara mereka yang mengambil kelas tambahan pada malam hari.

Hal ini membuat pelajar Korea menghabiskan waktu untuk belajar paling lama dibandingkan dengan negara OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) lainnya. Tak hanya itu, orang tua mereka bahkan juga rela mengeluarkan banyak uang untuk merekrut tutor privat.

Hal inilah yang menyebabkan drama ini mendapatkan penilaian yang positif dari masyarakt Korea Selatan. Tak sedikit yang merasa drama ini relate dengan kisah mereka., baik dari sisi orang tua maupun anak.

2. Ambisi orang tua untuk kesuksesan anak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, drama keluarga ini merupakan drama satir yang menggambarkan tentang ambisi serta ego orang tua supaya anaknya bisa masuk ke universitas terbaik. Perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata Sky dalam judul drama ini merupakan akronim universitas prestisius di Korea Selatan yaitu, Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Drama ini menghadirkan kisah para orang tua yang menekan anaknya agar mendapatkan nilai tinggi agar kelak mendapatkan kesuksesan. Para orang tua juga berpikir jika suatu hari anaknya akan berterima kasih karena sudah mendukung mereka untuk terus belajar agar anaknya masuk universitas bergengsi.

Para orang tua juga mengabaikan pendapat anaknya mengenai masa depan yang mereka cita-citakan. Satu hal yang dapat dipelajari dari drama ini adalah orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, tapi mereka tidak selalu benar.

3. Kesehatan mental anak serta tekanan pendidikan

Korea Selatan merupakan negara terpelajar di dunia. Hal ini membuat penduduknya sangat peduli dengan pendidikan hingga kompetisi yang amat ketat antar murid serta orang tua yang sangat lumrah terjadi. Hal ini justru berimbas kepada mental para siswa.

Menurut data yang dilansir dari Korea Herald, 28.2 persen siswa sekolah menengah dan atas mengalami depresi. Penyebab utamanya yaitu meliputi kekhawatiran akan masa depan dan juga performa akademik. Tak hanya itu, bunuh diri juga masih menjadi penyebab utama dari meninggalnya para remaja di Korea Selatan karena banyaknya tekanan yang harus mereka hadapi.

4. Final thought

Sky Castle menghadirkan cerita yang mnegangkat isu sensitive di negara Korea Selatan. Tak seperti drama lain yang biasanya bercerita tentang kisah romansa, Sky Castle hadir dengan cerita drama keluarga yang mana orang tua sangat menekan anaknya untuk bisa masuk universitas tanpa peduli dengan kesehatan mental anaknya.

Hal inilah yang menjadikan drama Korea ini sangat disukai oleh para penontonnya. Meski mengusung tema yang serius, penontonnya juga disuguhkan dengan bumbu komedi sarkatis yang membuat drama ini semakin enak untuk ditonton.

Drama ini hadir dengan cerita yang begitu detail dalam setiap episodenya. Dalam drakor biasanya sering ditemukan adegan dimana sang ibu dari keluarga kaya rela melakukan apapun seperti membayar perempuan agar mau putus dengan anaknya.

Namun dalam SKY Castle lebih realistis, di dunia nyata kita dapat dengan mudah menemukan orang tua yang rela melakukan apapun hingga menghalalkan taktik kotor agar demi pendidikan anaknya. Tak terkecuali di Indonesia. Sky Castle ending bercerita saat Joon Sang mengadakan dengan staf, tak terkecuali dengan Hwang Chi Young yang merupakan rival kerjanya.

Demikianlah daftar pemain dan juga review serta akhir cerita Sky Castle. Meski sempat mendapat kritikan, drama yang mengangkat isu pendidikan dan kesehatan mental ini mendapat rating yang cukup tinggi. Apakah Sedulur sudah menontonnya? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.