my liberation notes

Salah satu drama korea yang berhasil membawa penontonnya untuk merasakan hal yang sama dalam hidup adalah My Liberation Notes. Drama Korea JTBC yang bergenre slice-of-life ini menampilkan konflik kehidupan sehari-hari dari tiga pemeran utama yang merupakan tiga bersaudara. 

Drama korea My Liberation Notes penulisnya adalah Park Hae-Young dan disutradarai oleh Kim Suk-Yoon. Tidak hanya menceritakan tiga bersaudara bernama Chang Hee, Mi Jeong, dan Gi Jeong, ada pula tokoh misterius bernama Mr. Goo yang akan membuat drama ini lebih menarik. 

Tertarik melihat drama korea ini? Simak beberapa informasi berikut, yuk!

BACA JUGA: Sinopsis Jakarta Vs Everybody Beserta Fakta-Fakta Menariknya

-->

My Liberation Notes sinopsis

My Liberation Notes
Pinkvilla

Secara singkat My Liberation Notes mengisahkan tentang 3 saudara yang memiliki kepribadian berbeda. Ketiganya yaitu, Yeom Gi Jeong (Lee El) si sulung, Yeom Chang Hee (Lee Min Ki) si tengah dan Yeom Mi Jeong (Kim Ji Won) si bungsu.

Tiga bersaudara tersebut memiliki masalah pribadi masing-masing. Masalah-masalah itu juga terkadang membuat mereka lelah saat menghadapi aktivitas sehari-hari. Hal ini diperparah dengan jarak rumah mereka di Desa Sanpo yang sangat jauh dari pusat Kota Seoul tempat mereka bekerja.

Tidak hanya menceritakan tentang 3 saudara, drama ini juga bercerita tentang Tuan Gu (Son Suk Ku) sebagai sosok pria misterius yang tiba-tiba muncul di Desa Sanpo dan mulai terlibat dengan 3 bersaudara tersebut.

Kisah perjalanan hidup yang dialami oleh tiga bersaudara dan Tuan Gu tersebut sangat menarik untuk diikuti. Tak hanya itu, kisah mereka juga dinilai sangat pas dengan perasaan penonton, yang mana kerap merasakan perjalanan hidup yang cukup membosankan.

Pada drama My Liberation Notes akhir ceritanya akan memiliki ending yang sangat realistis dengan kehidupan. Pada episode terakhir, para tokoh akan menemukan misi hidup yang mereka cari selama ini. 

My Liberation Notes pemeran

My Liberation Notes
Pikiran Rakyat

Berikut adalah aktor dan aktris yang menjadi pemeran dalam drama ini:

  • Lee Min Ki sebagai Yeom Chang Hee
  • Kim Ji Won sebagai Yeom Mi Jung
  • Lee El sebagai Yeom Ki Jung
  • Son Seok Koo sebagai Mr. Goo
  • Lee Ki Woo sebagai Jo Tae Hoon  
  • Chun Ho Jin sebagai Yeom Je Ho  
  • Park Soo Young sebagai Park Sang Min  
  • Kim Ro Sa sebagai Jo Hee Sun  
  • Jung Soo Young sebagai Jo Kyung Sun  
  • Kang Joo Ha sebagai Jo Yoo Rim
  • 1Jeon Hye Jin sebagai Ji Hyun Ah  

BACA JUGA: Sinopsis Sky Castle, Kisah Persaingan & Ambisi Keluarga Elite

My Liberation Notes soundtrack

My Liberation Notes
First Media

Inilah lima OST yang digunakan dalam drama ini.

  1. Be My Birthday – Ha Hyunsang
  2. We Sink – SWAY
  3. My Spring – Lee Su Hyun
  4. I Think I Know – Isaac Hong
  5. Deeply – HEN

My Liberation Notes review

My Liberation Notes
Soompi

Drama ini memiliki episode-episode awal yang tidak semenarik kebanyakan drama Korea Selatan. Drama slice-of-life ini diceritakan secara sederhana dimana tidak ada shot spektakuler maupun suara musik yang menghebohkan.

Drama ini juga seperti dokumenter dimana orang-orangnya diam di tempat. Penonton akan diajak untuk melihat para tokoh mulai bangkit dari hidup yang monoton dengan penggambaran karakter yang luar biasa. 

Kemunculan dialog-dialog yang baik juga sangat mengena dan memikat pikiran penonton. Drama ini juga menceritakan kisah percintaan, persahabatan, pekerjaan, dan pastinya mengingatkan bahwa hidup itu sungguh absurd.

BACA JUGA: Sinopsis The Witch’s Diner, Penyihir yang Buka Restoran

My Liberation Notes quotes

My Liberation Notes
Tribun Pekanbaru

Berikut adalah beberapa quotes yang bisa diambil dari drama korea ini.

  • Mereka bilang cinta bisa membuat kamu menjadi lebih baik. Entah itu uang atau pria, kalau kamu memiliki salah satunya kamu akan menjadi lebih positif. Tapi apakah aku memiliki pasangan atau uang? Tidak keduanya!” – Gi Jeong 
  • Aku pikir sudah berjalan sejauh ini. Tapi ternyata ini bukanlah jalan yang sesuai untukku. Aku tidak perlu memaksakan diri terlalu keras untuk terus berada di jalan ini.” – Chang Hee
  • Itu mengapa aku selalu merasa kelelahan. Karena aku selalu berusaha untuk menjadi orang lain agar bisa dianggap ada dan hanya untuk membuktikan betapa mengerikannya seseorang.” – Mi Jeong
  • Kamu harus tahu siapa dirimu.” – Tuan Gu

Demikian informasi mengenai sinopsis drama korea My Liberation Notes. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang tertarik untuk mulai menontonnya dalam waktu dekat ini. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.