Bingung menentukan aktivitas untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan bersama keluarga? Coba tonton rekomendasi film fantasi berikut ini. Ya, menonton film merupakan salah satu alternatif yang paling pas untuk dilakukan Sedulur bersama anggota keluarga. Pasalnya, dengan segala perkembangan teknologi yang kita miliki saat ini, menonton film bisa dilakukan di mana saja melalui platform streaming film dan internet.

Simak beberapa rekomendasi film fantasi Indonesia yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Action Korea yang Seru & Menegangkan

1. The Chronicles of Narnia (2005-2010)

rekomendasi film fantasi
Google Play

The Chronicles of Narnia merupakan sebuah film fantasi terbaik yang pernah ada dan patut diacungi jempol. Film ini wajib ditonton bersama anggota keluarga di rumah. The Chronicles of Narnia bercerita tentang empat bersaudara, The Pevensies, yang secara tidak sengaja menemukan portal menuju dunia lain melalui sebuah lemari.

-->

Film ini merupakan sebuah adaptasi dari novel dengan judul yang sama, dan pertama kali rilis tayang pada tahun 2005 silam. The Chronicles of Narnia memiliki tiga seri yang semuanya sudah dirilis. Ketiga seri tersebut adalah The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian, dan The Chronicles of Narnia: The Voyage of Dawn Treader.

2. Harry Potter (2001-2011)

Google Play

Salah satu rekomendasi film fantasi sihir terbaik sepanjang masa adalah serial film legendaris Harry Potter. Film-film Harry Potter sangat wajib untuk masuk daftar tonton Sedulur dan keluarga di rumah.

Harry Potter diangkat dari novel laris karya J.K. Rowling, jumlah totalnya ada tujuh seri dan semuanya telah dirilis. Sedulur dan keluarga nantinya akan diajak menjelajahi dunia sihir yang penuh drama, konflik, dan persahabatan dari Harry dan kawan-kawannya.

Berikut merupakan daftar serial film Harry Potter yang bisa Sedulur pilih untuk tonton.

  • Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001)
  • Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)
  • Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)
  • Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)
  • Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)
  • Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)
  • Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1 (2010)
  • Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 (2011)

3. Charlie and the Chocolate Factory (2005)

rekomendasi film fantasi
Google Play

Film karya buatan sang legenda Tim Burton ini sangat pas untuk ditonton bersama dengan anggota keluarga di saat libur akhir pekan. Charlie and the Chocolate Factory bercerita tentang seorang anak laki-laki polos bernama Charlie Bucket yang mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi pabrik cokelat terkenal penuh dengan keajaiban yang bernama Wonka Factory. 

Keseruan film tersebut pun dimulai dengan petualangan Charlie dan anak-anak lain sebayanya ketika melihat berkeliling pabrik tersebut. Jangan lupa, sediakan coklat juga untuk camilan pada saat menonton film ini agar makin terbawa suasana saat menonton Charlie and the Chocolate Factory.

BACA JUGA: 22 Film Animasi Terbaik untuk Ditonton dengan Si Kecil

4. Jumanji (1995-2019)

rekomendasi film fantasi
Google Play

Jumanji merupakan sebuah film petualangan penuh magis yang pertama kali dirilis pada tahun 1995 silam. Secara garis besar, film tersebut menceritakan tentang sebuah permainan bernama Jumanji, yang mana ia dapat mewujudkan berbagai macam karakter dan makhluk hidup dari dalam permainan ke dunia nyata. 

Film tahun 1995 tersebut mengalami sukses yang masif. Pada akhirnya, tahun 2017 lalu, rilis sekuel terbarunya yang berjudul Jumanji: Welcome to Jungle. Pada tahun 2019, rilis kembali sekuel berikutnya yang berjudul Jumanji: The Next Level.

5. Fantastic Beast and Where to Find Them (2016)

Google Play

Apabila Sedulur dan keluarga merupakan penggemar berat dari film Harry Potter, maka film Fantastic Beast and Where to Find Them tidak boleh terlewat dari daftar nonton. Film Fantastic Beast and Where to Find Them merupakan spin off dari film Harry Potter, yang berfokus pada petualangan seorang pakar sihir internasional. Film ini bertemakan waktu dan tempat sebelum terbentuknya Hogwarts pada film Harry Potter. Penasaran? Coba yuk, tonton film Fantastic Beast and Where to Find Them di platform streaming film resmi!

6. The Shape of Water (2017)

Fimela

The Shape of Water merupakan rekomendasi film fantasi selanjutnya. Film tersebut dibuat oleh Guillermo del Toro, yang menyutradarai film fantasi terkenal lainnya seperti Pan’s Labyrinth. The Shape of Water sempat menjadi perbincangan khalayak luas karena berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Picture pada tahun 2017 dalam ajang penghargaan film bergengsi dunia, The Academy Awards atau yang biasa dikenal dengan Oscars.

Film ini bercerita tentang seorang gadis bisu, Elisa Esposito, yang bekerja di sebuah laboratorium rahasia milik Amerika Serikat. Dalam laboratorium tersebut, ia menemukan seekor makhluk amfibi yang menjadi subjek penelitian. Anehnya, makhluk amfibi tersebut berbentuk menyerupai manusia. Konflik dan drama pada The Shape of Water dimulai ketika Elisa dan makhluk tersebut akhirnya diam-diam saling menumbuhkan perasaan cinta satu sama lain.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

7. Star Wars (1977-2019)

rekomendasi film fantasi
CharacTour

Star Wars merupakan film fantasi legendaris yang dibuat oleh George Lucas. Serial film Star Wars saat ini menjadi salah satu serial film yang paling populer dari dulu hingga sekarang. Star Wars mengajak penontonnya untuk menjelajahi dunia luar angkasa, di mana manusia, alien, dan robot hidup berdampingan. Terdapat setidaknya 11 film Star Wars yang dapat Sedulur tonton.

  • Episode IV: A New Hope (1977)
  • Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
  • Episode VI: Return of the Jedi (1983)
  • Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Episode II: Attack of the Clones (2002)
  • Episode III: Revenge of the Sith (2005)
  • Episode VII: The Force Awakens (2015)
  • Rogue One: A Star Wars Story (2016)
  • Episode VIII: The Last Jedi (2017)
  • Solo: A Star Wars Story (2018)
  • Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

8. Spirited Away (2001)

Google Play

Spirited Away merupakan salah satu rekomendasi film fantasi yang banyak disenangi oleh anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Film besutan dari Studio Ghibli ini bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang sedang dalam perjalanan menuju rumah tempat tinggal barunya.

Di tengah perjalanan, orang tua Chihiro berusaha untuk memotong jalan berniat mencari alternatif yang lebih cepat. Tetapi tanpa mereka sadari, mereka tidak sengaja menemukan sebuah portal ke dunia arwah. Di dunia arwah tersebut, orang tua Chihiro berubah menjadi babi dan ia berusaha menyelamatkan orang tuanya sambil berusaha dan berpetualang untuk kembali ke dunia nyata.

9. My Neighbour Totoro (1988)

Google Play

My Neighbour Totoro menjadi rekomendasi film fantasi selanjutnya. Film ini juga digarap oleh Studio Ghibli, sangat cocok untuk dinikmati bersama anggota keluarga dan si kecil. My Neighbour Totoro bercerita tentang seorang keluarga dengan dua anak perempuan yang baru saja pindah ke sebuah area pedesaan.

Ketika anak-anak tersebut menjelajahi wilayah sekitar tempat tinggal mereka yang baru, salah satu anak perempuan tersebut bernama Mei menemukan dua makhluk magis dan mengejarnya sampai ke hutan. Mei pun akhirnya mencoba berteman dengan makhluk magis tersebut dan memberinya nama Totoro.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film tentang Penjara yang Penuh Pesan Moral

10. Avengers: Endgame (2019)

Kaskus

Rekomendasi film fantasi terbaik berikutnya datang dari Marvel, yaitu Avengers: Endgame. Avengers: Endgame merupakan film penutup dari Marvel Cinematic Universe (MCU) fase ketiga, yang dengan epiknya melibatkan banyak karakter-karakter dari film MCU yang telah dirilis sebelumnya. 

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang usaha sekelompok manusia-manusia super, yang bernama Avengers dalam menyelamatkan dunia dari bahaya dan kerusakan yang ditimbulkan oleh Thanos.

Berikut merupakan daftar film-film dari MCU fase ketiga untuk mengetahui jalan cerita dari Avengers: Endgame.

  • Captain America: Civil War (2016)
  • Doctor Strange (2016)
  • Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
  • Spider-Man: Homecoming (2017)
  • Thor: Ragnarok (2017)
  • Black Panther (2018)
  • Avengers: Infinity War (2018)
  • Ant-Man and the Wasp (2018)
  • Captain Marvel (2019)

11. Maleficent (2014)

Google Play

Maleficent merupakan rekomendasi film fantasi yang dapat disaksikan dengan anggota keluarga dan si kecil di rumah. Film tersebut dibintangi oleh Angelina Jolie, Elle Fanning, dan soundtrack yang dinyanyikan oleh penyanyi genre alternatif legendaris, Lana Del Rey. Film Maleficent menjadi favorit dari mereka yang menyukai dongeng fantasi dan berfokus pada karakter antagonis besutan Disney.

Maleficent bercerita tentang seorang penyihir baik yang berubah menjadi jahat karena pengkhianatan yang dilakukan oleh pria yang dicintainya dahulu. Sosok penyihir tersebut diperagakan secara luar biasa oleh Angelina Jolie. Tentunya bagi para pecinta karya-karya Disney, film ini tidak boleh terlewatkan. Maleficent telah mengeluarkan sekuelnya pada tahun 2019 dengan judul Maleficent: Mistress of Evil.

12. Aladdin (2019)

Fimela

Disney memang jagonya membuat film fantasi romantis live action yang diadaptasi dari cerita-cerita legendarisnya. Salah satunya adalah seperti Aladdin yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Sama seperti film-film Disney yang telah dirilis sebelumnya, Aladdin juga diisi dengan beberapa scene musikal yang sangat mengasyikkan. Soundtrack film ini pun masih menggunakan lagu yang sama dengan versi kartun Disney, “A Whole New World” yang dinyanyikan oleh ZAYN serta Zhavia Ward.

Aladdin, diperankan oleh Mena Massoud adalah seorang pemuda miskin yang jatuh cinta pada seorang putri cantik bernama Jasmine, diperankan oleh Naomi Scott. Perbedaan kasta di antara keduanya membuat cinta mereka sulit bersatu, sampai suatu saat Aladdin menemukan lampu ajaib yang saat digosok-gosok akan muncul Genie yang dimainkan oleh Will Smith. Jin lucu tersebut memberikan tiga buah permintaan kepada Aladdin. Tentu saja Aladdin tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut dan meminta bantuan Genie untuk mengubahnya menjadi seorang pangeran agar layak bersanding dengan Jasmine. 

Namun di balik kebahagiaan Aladdin, terdapat Jafar, yang diperankan oleh Marwan Kenzari, yang ingin mendapatkan lampu itu untuk memperoleh kekuasaan pribadinya.

BACA JUGA: 12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa yang Menarik

13. Cinderella (2015)

Google Play

Sedulur pastinya sudah akrab dengan cerita klasik Cinderella. Kisah tersebut akhirnya diangkat kedalam film adaptasi oleh Disney pada tahun 2015 silam, dengan Lily James sebagai Cinderella dan Richard Madden sebagai pangeran. Aktris senior seperti Cate Blanchett dan Helena Bonham Carter turut menjadi jajaran pemain dengan berperan sebagai ibu tiri yang jahat dan ibu peri. Cerita dalam film besutan Disney ini pun tidak banyak berubah. 

Salah satu rekomendasi film fantasi kerajaan ini bercerita tentang seorang gadis cilik bernama Cinderella dengan kehidupan serba wah yang harus menerima kenyataan pahit ketika ibunya meninggal dan ayahnya menikah kembali dengan seorang janda beranak dua yang kelewat jahat terhadapnya. Seperti tidak pernah habis, penderitaan Cinderella bertambah ketika ia mengetahui ayahnya meninggal dalam perjalanan bisnis ke luar negeri. 

Sang ayah meninggalkan dirinya bersama dengan ibu tiri yang jahat dan kedua kakak tirinya yang tidak jauh berbeda dengan si ibu. Cinderella malah menjadi pembantu di rumah sendiri dengan ibu tiri dan kakak-kakak tirinya tersebut. Tetapi, semua tersebut berubah ketika ia bertemu dengan ibu peri dan pergi ke pesta dansa untuk bertemu dengan pangeran.

14. Peter Pan (2003)

rekomendasi film fantasi
Pinterest

Rekomendasi film fantasi selanjutnya datang dari film Peter Pan, yang sebelumnya pernah juga diangkat menjadi film animasi pada tahun 1953 silam. Film tersebut bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki berwujud peri, Pete. 

Pete sendiri merupakan peri yang tidak bisa menua. Ukurannya yang sangat kecil seperti anak-anak pada umumnya dan sifatnya yang sangat bersahabat membuat dirinya disukai oleh banyak peri lainnya. Suatu ketika, dirinya bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Wendy Darling. 

Beberapa lama setelah pertemuannya tersebut, Wendy pun menceritakan kembali kisah pertemuannya dengan Pete kepada kedua adiknya. Saat sedang asyik mendengarkan cerita Wendy, Peter ternyata benar-benar datang menghampiri Wendy dan adik-adiknya dan mengajak mereka berkunjung ke kampung halaman Peter di Neverland. Film ini bertambah keseruannya ketika Captain Hook menculik mereka pada saat berpetualang di Neverland. Pete pun akhirnya berjuang untuk mendapatkan kembali teman-temannya tersebut.

15. The Spiderwick Chronicles (2008)

Google Play

The Spiderwick Chronicles merupakan sebuah film rilisan pada tahun 2008 yang lalu. Film The Spiderwick Chronicles menceritakan tentang anak kembar bernama Simon Grace dan Jared Grace, serta Malory kakak perempuannya yang berpindah dari New York setelah menghadapi kenyataan pahit perceraian kedua orang tua mereka. Mereka berpindah dengan ibunya, Helen, ke sebuah rumah warisan untuk si ibu yang bernama Spiderwick Estate di daerah New England.

Kejadian-kejadian aneh pun mulai terjadi setelah mereka menetap beberapa minggu di Spiderwick. Barang-barang mulai menghilang, terdengar suara misterius, dan banyak lagi. Kira-kira ada rahasia apa ya di balik berdirinya rumah tersebut? Temukan jawabannya hanya pada film fantasi asyik The Spiderwick Chronicles.

Bagaimana, sangat seru 15 rekomendasi film fantasi tadi, ‘kan? Walaupun beberapa film merupakan rilisan bertahun-tahun lalu dan bukan termasuk film fantasi terbaik 2021 atau film fantasy terbaru, tetapi tidak ada salahnya untuk menonton film tersebut sambil mengenalkan si buah hati dengan karakter-karakter ikonik dari setiap filmnya. Selamat menonton, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!