kim soo hyun

Kim Soo Hyun adalah aktor Korea Selatan yang pastinya sudah dihapal para penggemar Hallyu. Wajahnya sering tampil di berbagai serial televisi sejak 2007. Namun, sang aktor menemukan momennya pada 2012 saat drama Moon Embracing the Sun tayang. Drama itu menyabet nominasi di beberapa kategori dalam Baeksang Awards, termasuk Aktor Terbaik atas nama sang aktor.

Siapa sih sebenarnya Kim Soo-Hyun? Apa saja yang sudah ia torehkan selama belasan tahun berkarir di industri hiburan serta proyek terbaru apa yang sedang digarapnya? Semua dikupas tuntas di sini, Lur. Mari cek! 

BACA JUGA: Profil Kim Min Jae Serta Fakta & Drakor yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Biodata Kim Soo Hyun

Biodata Kim Soo Hyun
Instagram @soohyun_k216

Soo Hyun lahir pada 16 Februari 1988 dan ia berzodiak Aquarius. Keterlibatannya dalam dunia akting sebenarnya adalah ide sang ibu yang mendaftarkannya ke kelas akting untuk mengatasi sifatnya yang pemalu dan kurang bergaul. Ternyata tanpa disangka, ia justru menikmati akting dan akhirnya menekuninya hingga kini sebagai karir yang serius. 

-->

2. Punya adik tiri dari ayahnya 

kim soo-hyun
Instagram @soohyun_k216

Sebelumnya ia dikenal sebagai anak tunggal dan dibesarkan oleh sang ibu. Namun, beberapa tahun setelah debut muncul berita bahwa Soo Hyun ternyata memiliki adik tiri dari ayahnya. Keduanya sama-sama terkejut dengan fakta tersebut, sebab selama ini mereka tak pernah tahu keberadaan masing-masing.

Sang adik, Kim Joo Na terekspos di 2015 karena mengikuti sebuah sayembara idol di televisi dan berita ini sempat menghebohkan publik. Bahkan sang adik dianggap mendompleng popularitas kakak tirinya. Keduanya akhirnya mengakhiri drama dan spekulasi yang dibesar-besarkan media dengan mengonfirmasi kabar tersebut dan saling mendoakan untuk kebaikan masing-masing. 

3. Mengidap supraventricular tachycardia

supraventricular tachycardia
Instagram @soohyun_k216

Kabar ini terungkap lewat sebuah wawancara di 2010 di mana Kim Soo-Hyun mengaku bahwa wawancara tersebut tertunda karena ia harus menjalani operasi pada jantungnya. Soo Hyun sudah mengidap beberapa masalah pada jantungnya sejak remaja. Pertama supraventricular tachycardia (SVT), yaitu kondisi di mana jantung berdetak sangat cepat hingga lebih dari 100 kali per menit. Saat kambuh, jantung pengidap SVT bisa berdetak sebanyak 150-220 kali per menit. 

4. Gagal ujian masuk universitas dua kali, tetapi tak membuatnya putus asa 

pendidikan
Instagram @soohyun_k216

Sama dengan anak-anak muda Korea lainnya yang harus berjibaku untuk bisa masuk kampus terbaik, Soo Hyun pun harus merasakan gagal dua kali dalam ujian masuk universitas. Namun, ini tak membuatnya patah arang. Ia akhirnya lolos di 2009 dan menempuh pendidikan tinggi di Chung Ang University pada jurusan Film dan Teater. 

BACA JUGA: 9 Drama Lee Sang Yeob, Aktor Tampan Terbaik Korea Selatan

5. Debut lewat sitkom dan akhirnya dapat peran penting di Dream High 

drama kim soo hyun
Instagram @soohyun_k216

Selama kuliah, ia aktif mengikuti audisi dan jadi cameo di beberapa serial televisi. Drama Kim Soo Hyun pertama adalah Kimchi Cheese Smile yang tayang di 2007. Dilanjut dengan Jungle Fish setahun setelahnya. Setelah tampil di beberapa serial sebagai cameo, Soo Hyun akhirnya mendapatkan peran utama di serial Dream High. Drama ini cukup populer di masanya bahkan meraup jumlah penonton yang tinggi selama penayangannya di 2011 lalu. 

Di proyek tersebut, Soo Hyun dan kawan-kawan dilatih bak idol dan harus menyanyi di beberapa adegan karena memang genre drama tersebut adalah musikal dan mengisahkan sekelompok anak SMA yang beraspirasi menjadi artis K-Pop.

Drama ini dibintangi beberapa nama terkenal seperti IU, Bae Suzy, Jang Wooyoung dan Ok Taek Yeon dari 2PM, dan Hahm Eun Jung dari T-ara. Dream High di Korsel bisa disandingkan dengan serial Glee yang juga saat itu sedang populer di Amerika Serikat. 

6. Popularitasnya terdongkrak dengan perannya di Moon Embracing the Sun

drama yang dibintangi kim soo hyun
Instagram @soohyun_k216

Tak butuh waktu lama, Soo Hyun kembali ke layar kaca lewat period drama berjudul Moon Embracing the Sun yang tayang di MBC pada awal 2012. Ia memerankan Lee Hwon, putra mahkota sebuah kerajaan fiktif di masa dinasti Joseon. Ia diceritakan jatuh cinta pada seorang dukun perempuan bernama Wol yang ternyata sebenarnya adalah seorang perempuan yang disiapkan sebagai jodoh sang raja beberapa tahun lalu, tetapi dikabarkan meninggal sebelum pernikahan diadakan. 

Berdasarkan data Nielsen Media Research, drama ini meraup audience share tertinggi di angka 42,2% di seluruh Korea pada episode pamungkasnya. Sementara, secara rata-rata mereka merebut perhatian 33% penonton televisi di seluruh Korea Selatan selama penayangannya. Moon Embracing the Sun menyabet gelar pemenang Baeksang Arts Awards di kategori Drama Terbaik dan Aktor Terbaik atas nama Kim Soo Hyun. Sontak namanya jadi household name di Korea sejak itu. 

7. Film yang dibintangi Kim Soo Hyun

film yang dibintangi kim soo hyun
Instagram @soohyun_k216

Tak hanya eksis di televisi, ada beberapa film yang diperankan Kim Soo Hyun sepanjang karirnya. Mereka antara lain The Thieves, Secretly Greatly, Miss Granny, dan Real. Memang tak banyak, tetapi semuanya datang dari genre yang berbeda, aksi sampai komedi yang menunjukkan bahwa sang aktor memang seorang yang fleksibel.

Salah satu film yang direkomendasikan buat Sedulur tonton adalah Secretly Greatly. Film komedi ini dibangun dengan plot yang cukup unik. Kim Soo-Hyun bersama Park Ki Woong dan Lee Hyun Woo memerankan tiga mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai penduduk desa, musisi, dan murid SMA.

Mereka melakoni hari-hari sebagai warga Korsel biasa sambil menunggu perintah selanjutnya. Namun, sebuah revolusi terjadi di Korut dan mereka pun diberi perintah untuk mengakhiri hidup. Film ini diangkat dari webtoon berjudul Covertness dan cukup laris di penayangannya di bioskop pada 2013 lalu. 

BACA JUGA: 10 Fakta dan Protret Park Eun Seok, Pemeran Logan Lee di The Penthouse

8. Pemeran pendukung di drama The 3rd Hospital dan The Producer

The Producer
Instagram @soohyun_k216

The 3rd Hospital jadi drama yang dibintangi Kim Soo Hyun di 2012. Di sini ia berperan sebagai dokter muda di sebuah rumah sakit. Tiga tahun kemudian, The Producer rilis dan Soo Hyun tampil sebagai salah satu lead actor bersama empat aktor dan aktris lainnya. Mereka memerankan kru televisi KBS dengan kesibukannya yang padat. 

9. Moncer di My Love from Another Star 

My Love from Another Star 
Instagram @soohyun_k216

My Love from Another Star jadi drakor berikutnya yang dibintangi Kim Soo Hyun. Ia tampil di seluruh 22 episode sebagai Do Min Joon. Min Joon adalah alien yang datang ke bumi 400 tahun lalu dan sebenarnya akan ditarik kembali ke planet asalnya dalam 3 bulan. Namun, ia bertemu seorang aktris bernama Chun Song Yi yang membuatnya melihat manusia dari sisi yang berbeda. Drama komedi romantis ini cukup populer sepanjang penayangannya di akhir 2013 hingga awal 2014. 

10. Kabar tentang kehidupan personalnya

siapa pacar kim soo hyun
Instagram @soohyun_k216

Pasti Sedulur penasaran siapa pacar Kim Soo Hyun. Sama seperti artis Korea pada umumnya, mereka akan menyimpan rapat-rapat kehidupan asmaranya sampai suatu saat mereka mengonfirmasinya lewat publikasi agensi. Sejauh ini Soo Hyun dan agensinya tidak pernah membeberkan orang yang sedang dekat dengan sang aktor. Namun, dalam sebuah wawancara dengan MBC di 2012, ia mengaku punya 9 mantan.

Ia juga sering dikabarkan dekat dengan sejumlah lawan mainnya di beberapa drama mulai dari IU, Suzy, Nana, hingga Seo Ye Ji. Namun, tak pernah ada rilis resmi tentang rumor tersebut. Soo Hyun dan agensinya sepakat untuk tidak mempermasalahkan rumor tentang kehidupan personalnya.

11. Penggemar berat aktris Kaya Scodelario 

Kaya Scodelario 
Instagram @soohyun_k216

Saat ditanya siapa sosok perempuan idealnya, sang aktor mengaku ia naksir aktris asal Inggris Kaya Scodelario. Sang aktris dikenal luas lewat serial Skins dan trilogi film The Maze Runner. Kedua selebritis ini akhirnya bertemu di sebuah pemotretan brand perhiasan dan seakan menjawab mimpi Kim Soo Hyun untuk bertemu sosok perempuan idamannya. Sayangnya nih, Kaya sudah menikah dengan Benjamin Walker pada 2015 lalu dan kini sudah dikaruniai dua anak. 

BACA JUGA: 12 Fakta Jang Ki Yong, Aktor Tampan Adegan Seksi di Atas Kasur

12. Sempat hiatus di 2017 untuk melakoni wajib militer 

wajib militer
Instagram @soohyun_k216

Sama seperti warga negara Korea Selatan lainnya, Soo-Hyun harus melakoni wajib militer selama 2 tahun. Ia melakoninya di 2017 dan berakhir pada 2019 lalu. Itulah sebabnya, ia tak banyak muncul di layar kaca selama beberapa tahun belakangan. Hingga akhirnya comeback lewat drama romantis It’s Okay to Not Be Okay pada 2020 kemarin. 

13. Jadi bintang tamu di Crash Landing on You dan Hotel del Luna

cameo
Instagram @soohyun_k216

Usai menunaikan kewajibannya, Kim Soo Hyun kembali ke layar kaca lewat film Real. Ia juga tampil sebagai bintang tamu di dua drama laris Crash Landing on You dan Hotel del Luna. Walau hanya tampil di satu episode masing-masing, ini cukup buat mengobati rasa rindu penggemar pada aksi sang aktor. 

14. Chemistry-nya dengan Seo Ye Ji di It’s Okay Not Be Okay dipuji penonton

It’s Okay Not Be Okay
Instagram @soohyun_k216

Di pertengahan 2020, aksi Kim Soo Hyun kembali bisa dinikmati penggemar lewat serial It’s Okay to Not Be Okay yang ia perankan bareng aktris Seo Ye Ji. Seria ini menuai pujian karena tak klise seperti drama romantis biasanya. Alih-alih fokus pada kisah cinta, series tersebut justru lebih banyak mengeksplorasi kesehatan mental para karakternya. 

Soo Hyun berperan sebagai Gang Tae, seorang pegawai di Rumah Sakit Jiwa. Ia tinggal bersama kakaknya yang mengidap autis dan suatu hari bertemu dengan seorang penulis yang memiliki antisocial personality disorder. Seluruh episode drama ini bisa Sedulur saksikan di Netflix. 

15. Penggemar bowling 

kim soo hyun bowling
Instagram @soohyun_k216

Dilansir dari Soompi, Soo Hyun pernah mengaku memiliki minat pada olahraga bowling. Ia bahkan sempat berpartisipasi di sebuah turnamen bowling profesional bersama Lee Hong Ki dari FTISLAND. Ia tereliminasi di fase awal, tetapi sang aktor mengaku tetap menganggap bowling sebagai hobi favoritnya. Ia mengaku olahraga ini bisa melatih fokus dan kemandirian sehingga baik untuk kondisi psikisnya. 

BACA JUGA: Seo Ye Ji: Profil, Biodata dan Fakta Terbaru Usai Kena Skandal

16. Drama terbarunya One Ordinary Day juga tak kalah sukses 

kim soo hyun One Ordinary Day
Instagram @soohyun_k216

Di 2021, aktor favorit Sedulur kembali ke layar televisi lewat drama kriminal berjudul One Ordinary Day. Proyek ini merupakan remake dari serial garapan BBC yang berjudul Criminal Justice yang ia bintangi bersama aktor senior Cha Seung Won. 

Ceritanya tentang seorang mahasiswa yang menggunakan taksi ayahnya untuk pergi main di malam hari. Tanpa bisa menolak, ia menerima seorang perempuan yang menyewa jasa taksinya dan justru mengajaknya bermalam di sebuah hotel. Namun, di pagi harinya, sang lakon menemukan si perempuan telah tewas dengan luka tusukan di lehernya. Ia pun harus berurusan dengan hukum atas tuduhan pembunuhan. Saat harus berurusan dengan sistem, seorang pengacara menawarkan bantuannya. Serial 8 episode ini bisa Sedulur nikmati lewat layanan streaming VIU. 

18. Seorang ambidextrous 

ambidextrous
Instagram @soohyun_k216

Soo Hyun sebenarnya adalah seorang left-handed alias orang yang menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas. Namun, untuk karir aktingnya, ia belajar menggunakan tangan kanannya dan kini ia pun mampu menggunakan kedua tangan tersebut untuk menulis dan beraktivitas. Orang dengan kemampuan ini dikenal dengan istilah ambidextrous.

19. Aktor dengan penghasilan tertinggi di Korea Selatan 

Instagram @soohyun_k216

Melansir liputan Tatler Asia, Kim Soo-Hyun menembus rekor aktor dengan penghasilan tertinggi di Korsel saat membintangi One Ordinary Night. Ditaksir gaji yang ia dapat untuk tiap episode mencapai ₩500 juta  atau sekitar USD600 ribu. Sementara, di It’s Okay Not Be Okay, ia mendapatkan USD240 ribu per episode. Itu pun sudah berhasil membuatnya memuncaki daftar aktor Korsel dengan gaji tertinggi. Ia disusul Jun Ji Hyun, Hyun Bin, So Ji Sub, Jo In Sung, Lee Min Ho, dan Soo Joong Ki. 

Menarik banget, nih. Kim So-Hyun terbilang masih muda, tetapi sudah jadi aktor dengan bayaran termahal dan deretan filmografi yang mentereng. Ditunggu selalu aksinya di proyek-proyek menarik berikutnya, termasuk drakor yang dibintangi Kim Soo Hyun.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.