jang ki yong

Buat pecinta drama Korea, sosok Jang Ki Yong pasti sudah lekat di hati. Ia tercatat telah membintangi beberapa serial televisi hits macam My Roomate is a Gumiho, My Mister, dan Confession Couple. Belakangan namanya makin santer setelah membintangi drama romantis Now We Are Breaking Up yang tayang di berbagai layanan streaming terkemuka. 

Wajah khasnya memang menarik hati, dipadu dengan aktingnya yang brilian, tak heran kalau ia terpilih dalam berbagai proyek menarik sejak debut pada 2014. Siapa sih sosok Jang Ki-Yong saat di balik layar? Bagaimana ia menapaki tangga karier dan apa saja fakta menarik tentang aktor tampan ini? Gulir ke bawah buat kenal lebih dekat. 

BACA JUGA: Seo Ye Ji: Profil, Biodata dan Fakta Terbaru Usai Kena Skandal

1. Biodata Jang Ki Yong 

Jang Ki Yong Instagram

Jang Ki-Yong lahir dan besar di Kota Ulsan pada 7 Agustus 1992. Dengan begitu ia berzodiak Leo dan masih berusia cukup muda untuk seorang aktor yang berkarier di Korsel. Jang Ki Yong bisa kamu temukan di Instagram dengan nama pengguna @juanxkui.

-->

Seperti biasa semua kabar tentang masalah asmara dari kalangan selebritas Korea Selatan adalah rahasia buat penggemar kecuali pihak artis dan agensi membukanya ke publik secara resmi. Sejauh ini, belum ada detail dan kabar yang berkaitan dengan apakah Jang Ki Yong sudah memiliki pacar atau belum. 

2. Memulai karir sebagai model 

jang ki yong
Instagram @juanxkui

Saat masih muda dan tinggal di Ulsan, Ki Yong sudah mulai tertarik pada bidang fotografi dan mode. Akhirnya ia memutuskan untuk pindah ke Seoul guna mengejar mimpinya. Ia pun tergabung dalam manajemen YG Entertainment yang juga menaungi beberapa grup musik besar macam BLACKPINK dan TREASURE. 

Keputusannya sempat diragukan orang tuanya yang ingin ia fokus saja pada studinya di Yongin University. Tekadnya sudah bulat dan di 2012, ia pun pindah ke Seokyung University di Seoul dan mengambil jurusan Modeling dan Akting. Ia berhasil menyelesaikan studinya, kok. 

BACA JUGA: Profil & Fakta Kim Jung-Hyun yang Viral dan Kontroversial

3. Merambah bintang video klip 

jang ki yong
Instagram @juanxkui

Setahun setelah itu, ia mulai merambah akting dengan tampil di sejumlah video musik milik beberapa musisi Korsel. Termasuk IU, Brown Eyed Soul, Hong Dae Kwang, Kwon Jin Ah. Video musik pertama yang melibatkannya adalah lagu IU yang berjudul The Red Shoes dan Friday. Ia langsung beradu akting dengan sang penyanyi, IU. Banyak yang bilang chemistry mereka oke dan layak nih kalau ada drama yang memasangkan keduanya. 

4. Baru terjun ke akting di 2014

Instagram @juanxkui

Tak berapa lama ia pun mencoba audisi dan berhasil mendapatkan peran cameo di drama It’s Okay That’s Love yang bergenre romantis. Di awal kemunculannya, Ki Yong masih menggunakan nama Chang Ki Yong sebelum akhirnya menggantinya dengan nama panggung yang sekarang. 

Karirnya di akting ternyata tak berhenti di situ. Ia melanjutkannya dengan berperan sebagai aktor pendukung di Beautiful Mind, The Liar and His Lover, My Mister, dan Confession Couple. Drama My Mister mempertemukannya lagi dengan IU. Ini bak jawaban atas doa para penggemar yang ingin mereka bertemu di satu proyek drama. Sayangnya, mereka tidak dipasangkan sebagai sepasang kekasih, melainkan musuh bebuyutan. 

Ki Yong berperan sebagai seorang rentenir yang meminjamkan uang pada karakter yang diperankan IU, Ji An. Sudah pasti dengan hubungan seperti itu, bukan momen romantis yang disuguhkan. Drama ini memang lebih fokus membahas tentang kesulitan ekonomi dan kejamnya hidup di masa kini. Peran antagonis ini tidak serta merta membuatnya dibenci penonton, justru nama Jang Ki Yong makin dikenal bahkan mulai merambah ranah mainstream karena serial tersebut. 

5. Come and Hug Me jadi drama pertama yang mendapuknya sebagai lakon

jang ki yong
Instagram @juanxkui

Dari deretan Jang Ki-Yong acara TV, barulah Come and Hug Me yang jadi mendapuknya sebagai lakon utama. Karir keartisan yang ia rintis dari bawah selama kurang lebih 4 tahun akhirnya menuai hasil lewat drama yang rilis di 2018 tersebut. 

Ia beradu akting dengan Jin Ki Joo yang memerankan love interest karakter Jang Ki Yong sejak SMA. Dua karakter utama yang mereka perankan, Do Jin, dan Jae Yi tak pernah bersatu karena insiden yang melibatkan orang tua mereka. Hingga saat dewasa, mereka kembali dipertemukan dalam keadaan yang berbeda.

Do Jin menjadi detektif untuk menebus dosa ayahnya dan Jae Yi melanjutkan legacy ibunya sebagai seorang aktris. Namun, Jae Yi mengidap PTSD karena trauma masa lalu yang disebabkan ayah Do Jin. Melodrama ini tayang di MBC pada pertengahan 2018 lalu, tepat saat FIFA World Cup 2018 bergulir. Lewat serial ini pula, sang aktor meraih Baeksang Arts Awards di kategori Pendatang Baru Terbaik. Salut! 

BACA JUGA: Ini Potret Hyun Bin di Acara Pernikahan, Bak Sedang Syuting Film Action

6. The Bad Guys: Reign of Chaos jadi film perdananya 

Instagram @juanxkui

Sebagai pendatang baru dan cameo, penampilannya lumayan. Namun, ia sendiri merasa aneh melihat dirinya sendiri di layar bioskop. Film tersebut berkisah tentang seorang polisi yang bekerjasama dengan beberapa napi untuk menuntaskan kasus dengan caranya sendiri. Ia diadopsi dari sebuah serial berjudul sama yang tayang di 2014. 

7. Dilanjut dengan Search: WWW dan Born Again  

Instagram @juanxkui

Di tahun yang sama, Jang Ki-Yong tampil pula sebagai bintang tamu di serial Touch Your Heart yang mempertemukan Lee Dong Wok dan Yoo In Na. Ia juga kembali dapat peran utama di drama Search: WWW dan dipasangkan dengan Lim Soo Jung. Keduanya memerankan sosok yang saling jatuh cinta meski memiliki banyak perbedaan. 

Ki Yong juga tampil di drama Born Again yang tayang pada 2020 lalu. Bersama dengan Jin Se Yun dan Lee Soo Hyuk, masing-masing dari mereka memerankan dua karakter berbeda dari latar yang berbeda pula. Satu karakter di 1980-an dan satu lagi di masa sekarang dengan konsep reinkarnasi. 

BACA JUGA: Profil dan 10 Pesona Lee Kwang Soo Aktor Kocak ‘Running Man’

8. Hobi jalan kaki dan coba olahraga ekstrim

Instagram @juanxkui

Di sebuah wawancara dengan majalah fesyen ternama, GQ, Jang Ki Yong mengungkap beberapa fakta menarik tentangnya. Salah satunya adalah hobinya berjalan di keramaian. Terutama saat ia sedang galau atau cemas. Ia banyak melakukannya di awal karirnya saat ia belum banyak dapat proyek sehingga punya banyak waktu luang. 

Menurutnya, berjalan membuatnya lebih tenang ketimbang berdiam diri di rumah. Bahkan ia menikmati sesi berjalan di tengah hujan lebat dengan berbalut jas hujan. Kebiasaan ini masih ia pertahankan hingga ia mulai dikenal luas sebagai aktor. Tentu saja ia bakal menggunakan pakaian yang bisa menutup identitasnya agar tak menarik perhatian penggemar yang mungkin saja mengenalinya di jalan. 

Selain itu, ia juga hobi mencoba berbagai macam olahraga ekstrim, mulai dari ski, tinju, dan beberapa olahraga bela diri lainnya. Ki Yong pun mengaku ia menikmati nonton pertandingan UFC alias tinju profesional kelas dunia. 

9. Seorang extroverted-introvert 

jang ki yong
Instagram @juanxkui

Masih bersumber wawancara yang sama, Ki Yong juga mengaku bahwa ia tumbuh sebagai anak yang introver di sekolah. Ia tak banyak bicara dan merasa kagok saat harus memulai pembicaraan dengan orang baru. Kepribadiannya mulai berubah saat ia pindah ke Seoul guna menekuni modeling dan akting yang menuntutnya bertemu banyak orang baru dan berbicara di depan umum. Bisa dibilang ia sekarang menjelma menjadi sesosok extroverted-introvert, yaitu seorang introver yang berubah jadi lebih supel karena tuntutan pekerjaan dan lingkungan. 

10. Bisa menyanyi 

Instagram @juanxkui

Deretan drama Jang Ki Yong tak hanya menampilkan talentanya berakting, ia ternyata bersuara merdu. Ki Yong mengisi lagu tema untu beberapa drama yang ia bintangi seperti The Liar and His Lover dan Come and Hug Me. Kamu bahkan bisa mendengarkan suaranya menyanyi langsung di acara Yoo Hee Yeol’s Sketchbook. Warna suaranya lembut dan menenangkan, pas banget untuk lagu-lagu ballad Korea. 

BACA JUGA: Profil Lengkap Wi Ha Joon “Squid Game” yang Belum Banyak Tahu

11. 2021 adalah tahun terbaiknya sejauh ini 

Instagram @juanxkui

Seakan tak terhentikan, karir Ki Yong terus merangkak naik. Terutama di 2021, berbagai proyek film dan dramanya rilis. Ia tampil sebagai aktor utama di film romantis Sweet and Sour yang tayang di Netflix serta drama My Roomate is Gumiho yang juga menuai popularitas. 

Seakan tak cukup, di akhir 2021 drama terbarunya pun ikut dilepas dengan judul Now We Are Breaking Up. Drama romantis tersebut mempertemukan sang aktor dengan Song Hye Kyo. Keduanya adalah pasangan dari kelas menengah di Korea Selatan. Namun, di tengah kesibukan dan ambisi masing-masing hubungan mereka pun putus nyambung dan sangat dinamis. Drama ini cukup populer dan tayang di beberapa layanan streaming sekaligus. 

12. Saat Now We Are Breaking Up rilis, ia sedang menjalankan wajib militer 

jang ki yong
Instagram @juanxkui

Jang Ki-Yong new drama tersebut tayang perdana di November 2021 dan berakhir di Januari 2022. Bersamaan dengan premier Now We Are Breaking Up, pihak agensinya, YG Entertainment turut mengumumkan bahwa Ki Yong akan cuti dulu dari industri hiburan untuk fokus menjalankan wajib militer selama 2 tahun ke depan.

Tentunya penggemar bakal kangen dengan penampilan dan aksi terbaru dari Ki Yong, tetapi Sedulur bisa mendoakan semua kewajibannya tuntas dan ia bisa segera kembali ke industri hiburan dengan semangat baru dan tentunya tanpa beban. 

Jang Ki Yong memang serbabisa, jadi model, berakting, menyanyi, bahkan punya hobi olahraga yang bikin tubuhnya fit. Tak heran kalau karir keartisannya terus menanjak. Kini ia rehat sejenak buat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara Korea, tetapi tanpa kita sadari waktu bakal berjalan cepat dan Ki Yong bakal comeback dengan proyek baru yang tak kalah keren. 

Sambil menunggu, tonton dulu deretan series lawasnya. Pasti banyak yang belum Sedulur pantengi, bukan? Sambil menemanimu nonton maraton drama-drama terbaik dari aktor favoritmu, beli camilan dulu di Aplikasi Super

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.