Kekuatan Founding Titan pada Serial Attack On Titan

Founding Titan atau titan pendiri menjadi salah satu titan dengan kekuatan paling tinggi dan jadi titan pertama yang ada dalam serial Attack on Titan. Meskipun merupakan titan dengang kekuatan hebat, bukan berarti titan lain tidak memilki kekuatan yang tinggi. Hal tersebut terlihat dari kekuatan titan lainnya yang memang memiliki keunikan masing-masing.

Total titan shifter di serial ini ada 9, salah satunya adalah Founding Titan yang merupakan titan pertama yang diwarisi oleh Ymir Fritz. Pada awalnya, kekuatan Founding Titan dimanfaatkan untuk peperangan dan pembangunan. Ymir pun mewariskan kekuatan titan kepada anak-anaknya sehingga bercabang menjadi 9 titan. Lantas, apa saja 9 titan tersebut beserta dengan kekuatannya? Yuk, simak ulasannya di sini.

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Anime Terbaik yang Wajib Kamu Tonton 2021

1. Founding Titan

founding titan
quora

Pertama adalah Founding Titan Eren, sebelum diwariskan kepada Eren, kekuatan titan ini hanya berhak diturunkan kepada keluarga kerajaan. Kekuatan titan ini adalah titan cordinat, atau kekuatan titan pengendali. Dapat mengendalikan semua titan mindless atau raksasa murni. Pada masa awal konfilk antara Eldia dan Marley, pewaris titan ini adalah Karl Fritz.

-->

Karl Fritz pun memanfaatkan kekuatannya untuk membangun tiga tembok besar yang melindungi manusia. Selain itu, Founding Titan juga memiliki kekuatan untuk membersihkan ingatan semua orang Eldia, sehingga sebelum semuanya terungkap seperti saat ini, orang-orang Eldia putus terhadap sejarahnya dan tidak mengetahui apapun di masa lalu.

Eren Founding Titan pun diterima dari Grisha Yeager, ayah Eren, yang merebutnya langsung dari keluarga kerajaan. Kemudian diwariskan kepada Eren hingga kemudian kekuatan tersebut diketahui dan bangkit dengan beberapa syarat. Eren versi Funding Titan merupakan yang paling digemari.

Banyak Founding Titan Eren fanart yang dibuat oleh para penggemar dan juga Founding Titan Eren colored. Hal tersebut menunjukan bahwa titan satu ini merupakan karekter yang banyak disukai penggemar anime.

2. Attack Titan

kompas

Selain menguasai Founding Titan, kekuatan yang diwariskan kepada Eren adalah Attack Titan. Sebelum dimiliki Eren, kekuatan ini dimiliki oleh Grisha Yeager. Jauh sebelum Grisha, kekuatan Attack Titan dimiliki oleh Eren Kruger, seorang tokoh intelegen Eldia yang dikagumi oleh Grisha. Eren pun mempercayakan harapan dan cita-citanya kepada Grisha hingga memberikan kekuatannya.

Bahkan harapan dan cita-cita dari Grisha pun kemudian diwariskan kepada Eren yang kemudian membuat Eren memiliki pandangan hidup seperti saat ini. Secara fisik, Attack Titan tidak memiliki kekuatan unik dan khusus, namun diyakini bahwa setiap pewaris dari Attack Titan pasti memiliki dorongan untuk bertarung yang tinggi dan juga keinginan untuk bebas dan terlepas dari segala hal yang mengekang.

BACA JUGA: Profil & Biodata Baji Keisuke di Anime Tokyo Revengers, Lengkap!

3. Beast Titan

founding titan
ggwp

Salah satu titan yang memiliki kekuatan mengerikan selain Founding Titan  adalah Beast Titan. Kemampuan titan ini hampir sama dengan Founding Titan, yaitu mampu mengendalikan dan menciptakan titan baru. Selain itu, Beast Titan juga mampu melakukan teknik pengerasan. Keunikan dari Beast Titan adalah kemampuan yang mirip dengan hewan buas. Dalam generasi pewaris Beast Titan kali ini mirip dengan hewan liar gorila.

Beast Titan saat ini diwarisi oleh Zeke Jeager, kakak tiri Eren, anak pertama dari Grisha sebelum diusir dari Marley. Kemahiran Zeke dalam melempar dengan akurasi tinggi, membuatnya memiliki kemampuan melemparkan batu dengan akurasi dan kekuatan yang tinggi. Sehingga saat dalam bentuk titan, kekuatan lemparannya dapat menghancurkan bangunan dan banyak prajurit.

4. Female Titan

idntimes

Di awal anime attack on titan, titan shifter yang muncul pertama adalah Female Titan yang diwariskan kepada Annie Leaonhart, yang merupakan tentara Marley yang menyusup ke Eldia dalam misi mencari pewaris Founding Titan. Kekuatan Female Titan adalah kecepatan dan ketepatan dalam bertarung.

Selain itu, Female Titan juga mampu melakukan teknik pengerasan di beberapa bagian tubuhnya sehingga membuatnya bisa menghasilkan beberapa serangan yang strategis. Hingga saat ini, Annie Leonhart masih membeku dalam balutan kristal menghindari serangan dan introgasi dari bangsa Eldia karena Annie berhasil dilumpuhkan.

BACA JUGA: 15 Anime Ecchi Terbaik Dijamin Bikin Kamu Ketagihan, Cek Disini 

5. War Hammer Titan

 

founding titan
animehunch

Salah satu titan yang baru muncul di final season serial attack on titan, yaitu War Hammer Titan. Titan ini diwarsikan kepada keluarga Tybur secara turun-temurun semenjak Raja Fritz meninggalkan Marley. Keunikan dari War Hammer Titan adalah kemampuannya menciptakan senjatan apapun dengan teknik pengerasan yang super kuat.

Selain itu, keunikan utama dari titan ini adalah tidak berada ditengkuk sebagaimana titan shifter lainnya. Namun War Hammer Titan dikendalikan secara jarak jauh menggunakan jaringan yang terhubung pada tubuh pewarisnya yang dibalut dengan kristal.

Namun kelemahan titan ini sangat mudah ditemukan, sekita jaringan tali tersebut diputuh maka titan ini dengan sendirinya akan mati. Sebagaimana yang dapat kita lihat saat War Hammer Titan bertarung dengan Attack Titan di awal episode Final Season.

6. Jaw Titan

kincir

Jaw Titan merupakan salah satu titan dalam anime attack on titan yang memiliki kekuatan unik. Dikenal juga nama nama Titan Rahang, titan satu ini memilki kekuatan yang mengerikan. Dengan tubuhnya yang kecil dibandingkan titan lainnya, membuat Jaw Titan memiliki kecepatan yang tinggi.

Namun kekuatan utamanya bukan kecepatan tersebut, tetapi kekuatan rahang yang membuatnya memiliki gigitan yang mengerikan. Belum lagi cakar di kaki dan tangannya yang dibalut oleh batuan keran yang membbuatnya bisa menghancurkan apapun. Bahkan kristal yang membalut tubuh pewaris War Hammer Titan pun dapat dihancurkan oleh rahang Jaw Titan.

Kekuatan titan ini sekarang diwariskan kepada Porco, yang kemudian akan diwariskan kepada Falco seorang prajurit cilik. Namun, sebelumnya Jaw Titan diterima oleh Ymir, seorang prajurit Marley angkatan Eren dan Mikasa. Ketika titan ini dimiliki oleh Ymir, rahang dan kuku tajam tidak muncul sehingga dikenal dengan nama Dancing Titan karena mengandalkan kecepatan saja.

BACA JUGA: 10 Anggota Klan Otsutsuki Terkuat & Terseram di Anime Naruto

7. Cart Titan

founding titan
ggwp

Dibandingkan dengan titan lainnya, Cart Titan merupakan titan yang tidak memiliki kemampuan bertarung di serial anime attack on titan. Namun kelebihan utama dari Cart Titan adalah daya tahannya dan juga kecepatannya. Ditambah, bentuk unik dari Cart Titan membuatnya berfungsi sebagai distributor yang mengangkut suplai, baik makanan atau senjata untuk kepentingan perang.

Jika pewaris titan lainnya tidak dapat mempertahankan bentuk titannya dalam waktu yang lama, Pieck sebagai pewaris Cart Titan bisa mempertahankan bentuknya dalam waktu yang lama. Bahkan hingga membuat Pieck lupa cara berjalan dan berdiri tegap, karena tersebut menggunakan empat kaki saat menjadi Cart Titan.

8. Armored Titan

idntimes

Armored Titan merupakan salah satu titan yang memiliki kekuatan unik dalam anime attack on titan. Sebagaimana namanya, titan ini dilindungi oleh baju zirah dengan daya tahan yang kuat. Bahkan kekuatan baju zirahnya membuat titan ini mampu menembus tembok Maria yang dibuat oleh bangsa Eldia.

Armored Titan diwarisi oleh prajurit negara Marley bernama Reuner Braun, yang merupakan penyusup di Kerajaan Eldia bersama dengan Bertholdt Hoover dan Annie Leonhart. Reuner jadi satu-satunya titan yang mampu menyaingi kekuatan Attack Titan yang dimiliki Eren Jeager yang juga merupakan pewaris founding titan asli.

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

9. Colossal Titan

founding titan
cbr

Titan yang memiliki kekuatan lurr biasa di anime attack on titan adalah Colossal Titan, pewaris baru dari titan ini adalah Armin Arlet, yang merebut kekuatannya dari Bertholdt Hoover, tentara Marley yang menyusup menjadi prajurit Eldia. Mengapa Colossal Titan memiliki kekuatan yang luar biasa mengerikan?

Pasalnya, ketika bertransformasi, Colossal Titan mampun mengeluarkan ledakan yang setara dengan ledakan bom atom. Ditambah lagi ukuran tubuhnya yang besar menjadikannya salah satu Titan dengan ukuran paling besar. Belum lagi Colossal Titan memiliki kekuatan yang mampu mengeluarkan uap super panas dari dalam tubuhnya.

Sekian penjelasan mengenai kekuatan Founding Titan yang menjadi tokoh utama di serial anime Attack on Titan. Belum lama ini serial Attack on Titan baru merilis Final Season Part Two, yang merupakan tanda anime ini akan selesai. Namun, versi manganya sendiri sudah lama tamat. Semoga penjelasan di atas bisa memberi pemahaman bagi Sedulur untuk lebih mengenal karakter super di serial Attack on Titan.