Butuh rekomendasi anime untuk tontonan sepanjang tahun 2021? Sedulur wajib simak ulasannya di bawah ini.

Sedulur yang tumbuh di era 90-an dan 2000-an, pasti menyukai anime. Kartun dari Jepang tersebut merupakan tontonan wajib anak-anak di era tersebut. Namun anime bukan hanya tontonan untuk anak-anak saja, justru anime layak ditonton oleh orang dewasa, karena terdapat beberapa cerita yang hanya dapat dimengerti oleh orang dewasa.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar anime terbaik sepanjang masa yang bisa Sedulur tonton. Beberapa daftar anime terbaik merupakan anime pilihan dari anime terpopuler. Banyak anime terlaris dan anime terseru yang merupakan anime yang wajib ditonton.

Namun tidak semua anime terbaik tahun ini merupakan kumpulan anime yang layak tonton. Beberapa anime rating terbaik dan anime favorit yang akan disampaikan di dalam artikel kali ini merupakan judul film anime Jepang terbaik yang layak menjadi rekomendasi anime Sedulur.

-->

Baca Juga: 20+ Drama Korea Terbaik Tahun 2021, Sudah Nonton?

Daftar Rekomendasi Anime yang Wajib Sedulur Tonton 2021

1. One Punch Man

1. One Punch Man
wartaekonomi.co.id

Rekomendasi anime pertama merupakan anime terlaris dan paling ditunggu-tunggu, anime yang berjudul One Punch Man ini menceritakan tentang seorang pahlawan super bernama Saitama. Saitama yang seorang pahlawan super dengan kepala plontos ini memiliki kekuatan yang berlebih, jauh melebihi semua pahlawan super yang ada.

Saking kuatnya, Saitama hanya memerlukan satu pukulan saja untuk melumat semua musuhnya, baik monster atau manusia yang jahat yang berubah menjadi monster. Namun, ada hal lucu yang menjadi komedi dalam anime ini, yaitu organisasi pahlawan super tidak mengetahui kekuatan besar Saitama dan bahkan cenderung menyepelekannya. Banyak hal lucu yang bisa membuat Sedulur terbahak dengan menonton anime satu ini.

2. Gintama

2. Gintama
gwigwi.com

Gintama merupakan rekomendasi anime yang kedua yang wajib Sedulur tonton. Anime satu ini bercerita tentan negara Jepang di era Keshogunan ketika Tokyo masih bernama Edo. Cerita dalam anime ini, Jepang saat itu tengah dijajah oleh bangsa alien yang bernama Amanto, yang membuat pemerintah boneka di Jepang untuk menyengsarakan rakyat.

Gintoki Sakata, Shinpachi Shimura, dan Kagura merupakan tokoh utama dalam anime ini. Mereka bertiga harus melakukan banyak hal untuk bertahan hidup di tengah penjajahan yang terjadi. Banyak komedi yang disisipkan dalam anime ini, walaupun menceritakan tentang alien yang absurd dan pendekar samurai yang berdasarkan sejarah Jepang itu sendiri.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

3. Shigatsu wa Kimi no Uso
bukalapak.com

Kali ini merupakan anime yang menggabungkan musik dan romansa, rekomendasi anime berjudul Shigatsu wa Kimi no Uso atau dalam bahasa Inggris berarti Your Lie in April. Anime ini bercerita tentang pianis berbakat bernama Arima Kosei yang berniat untuk berhenti dari dunia musik setelah merasakan kesedihan yang mendalam akibat kehilangan ibunya.

Saking sedihnya, dia pun tidak ingin melihat partitur musik lagi. Suatu saat, Kosei pun bertemu dengan seorang wanita cantik yang memaksanya untuk mengiringi musik untuk sebuah penampilan. Kosei tentu saja menolaknya, namun secara tidak sadar keinginan Kosei untuk kembali bermain piano pun muncul kembali bahkan semakin besar.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

4. Bakuman

4. Bakuman
aminoapps.com

Rekomendasi anime selanjutnya berjudul Bakuman. Karakter utama ini bernama Moritaka Mashiro yang merupakan seorang mangaka artist. Mashiro bercita-cita menjadi seorang mangaka terbaik di Jepang dan dunia. Hal tersebut membuat pikirannya dipenuhi berbagai imajinasi yang liar, bahkan imajinasinya tersebut pun terbawa ke dunia nyata.

Sampai suatu ketika, Mashiro pun bertemu dan jatuh cinta dengan Akito Takagi, seorang mangaka artist yang memiliki cita-cita tinggi dan sama seperti Mashiro. Kemudian mereka berdua pun membuat janji untuk menikah jika telah mencapai popularitas dan tercapai cita-citanya. Perjalanan Mashiro dan Takagi wajib ditonton.

5. Fairy Tail

5. Fairy Tail
okezone.com

Para wibu dan penggemar anime pasti sudah mengetahui anime satu ini. Fairy Tail merupakan anime yang wajib tonton di tahun 2020 dan 2021. Anime satu ini berlangsung sangat lama, tayang dari tahun 2006 hingga 2017. Banyak penghargaan yang telah didapatkan oleh anime satu ini.

Seperti penghargaan Animax Asia sebagai Anime of The Year pada tahun 2010. Tidak selesai dari itu, Fairy Tail ini memenangkan penghargaan Anime & Manga Grid Prix di Prancis pada tahun 2012. Walaupun anime lama, Sedulur juga masih bisa menonton anime ini, karena memang masih layak tonton.

6. Boku no Hero Academia

6. Boku no Hero Academia
wallpaperflare.com

Premis utama dari anime ini adalah bahwa setiap orang akan memiliki kekuatan super yang berbeda-beda, kekuatan tersebut bernama Quirk. Quirk biasanya akan muncul pada usia 7-8 tahun. Tapi, banyak juga orang yang tidak memiliki Quirk, salah satunya adalah Midoriya Izuki, yang merupakan karakter utama di anime ini.

Namun Midoriya memiliki cita-cita tinggi untuk menjadi pahlawan super dan sangat mengidolakan Almighty yang merupakan pahlawan super nomor 1 di dunia. Midoriya yang tidak memiliki Quirk pun akhirnya diwariskan kekuatan atau Quirk dari Almighty dan anime ini menceritakan tentang perjalanan Midoriya sebagai seorang pahlawan super. Dari manusia biasa tanpa Quirk hingga menjadi pahlawan super yang diperhitungkan.

7. Rurouni Kenshin (Samurai X)

7. Rurouni Kenshin (Samurai X)
idntimes.com

Anime satu ini merupakan anime yang terkenal di Indonesia, memiliki nama resmi Rurouni Kenshin, namun di Indonesia terkenal dengan Samurai X. Anak-anak yang tumbuh di era tahun 2000-an pasti menjadikan anime satu ini sebagai salah satu anime favorit mereka dan mengisi waktu sore setiap harinya.

Anime ini berkisah tentang seorang ronin, atau samurai yang tak bertuan bernama Kenshin, yang berkelana dalam upaya menjauhkan diri dari masa lalunya yang kelam. Kenshin pun berikrar untuk tidak akan membunuh orang lagi dengan pedangnya, hal itu yang membuatnya membalikan mata pedangnya secara terbalik. Perjalanan Kenshin pun sangat menegangkan dan penuh pergolakan batin dengan dirinya sendiri.

8. Hunter X Hunter

8. Hunter X Hunter
idntimes.com

Sama seperti Samurai X, Hunter X Hunter merupakan rekomendasi anime selanjutnya yang mengisi hidup anak-anak di era tahun 2000-an. Gon dan Kilua merupakan anak-anak yang ingin dan bercita-cita menjadi seorang hunter terbaik. Untuk menjadi Hunter, mereka harus mengikuti kompetisi agar mendapatkan lisensi resmi Hunter. Setelah mendapatkannya, mereka pun berkelana.

Gon sendiri merupakan anak dari Ging, seorang Hunter kuat yang terkenal. Keberadaan Ging sangat misterius, termasuk informasi tentang kekuatannya. Gon pun terobsesi untuk mencari ayahnya dan bertemu dengannya, menghabiskan waktu bersama dan berburu bersama.

9. Sword Art Online

9. Sword Art Online
kumparan.com

SAO atau Sword Art Online juga merupakan salah satu rekomendasi anime terbaik sepanjang masa dan juga merupakan anime yang layak tonton di tahun 2021. Menceritakan tentang seorang remaja pria bernama Kirigaya Kabuto yang merupakan seorang pemain game virtual yang memiliki nama panggilan Kirito.

Suatu saat Kirito dan para pemain virtual game lainnya terjebak dalam sebuah permainan dan tidak bisa keluar dan kembali ke kehidupan nyatanya. Bahkan, siapapun pemain yang mati di permainan, akan mati sungguhan di dunia nyata. Hal tersebut mendorong semua pemain untuk mencari jalan keluar dan memecahkan teka tekinya.

10. Fullmetal Alchemist

10. Fullmetal Alchemist
netflix.com

Memiliki cerita yang sangat unik, anime satu ini juga merupakan anime yang layak tonton. Fullmetal Alchemist menceritakan dua orang bersaudara bernama Ed dan Al. Ed dan Ai pun berusaha untuk menghidupkan kembali ibu mereka yang telah meninggal dengan menggunakan bantuan kekuatan dari ilmu kimia, namun teknik tersebut merupakan teknik terlarang yang membutuhkan pengorbanan.

Al akhirnya berpindah ke baju zirah dan tubuhnya terjebak di dimensi entah dimana, sedangkan Ed harus kehilangan tangan kanannya. Petualangan mereka pun dimulai dalam rangka mencari cara untuk mendapatkan tubuh mereka kembali dan mencari jawaban atas teka teki yang ada.

11. ReLife

11. ReLife
dafunda.com

Seorang pemuda bernama Kaizaki Arata harus menjalani hidup yang suram di akhir masa mudanya. Arata merupakan seorang pemuda menyedihkan yang sulit mendapatkan jodoh dan hal tersebut yang membuat dia menyepelekan masa mudanya tersebut. Suatu saat dia didatangi oleh seseorang untuk mengajaknya bergabung dalam proyek ReLife.

Proyek yang membuat seseorang kembali ke masa muda dan mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki masa muda yang juga mempengaruhi masa depan. Arata pun tertarik dan kemudian banyak hal berubah yang terjadi.

12. Prison School

12. Prison School
otakusjournal.com

Salah satu anime dewasa yang banyak memuat konten-konten di atas umur, menceritakan tentang lima orang siswa laki-laki yang masuk dan bersekolah di sekolah wanita. Banyak hal-hal konyol yang dialami oleh kelima siswa laki-laki tersebut, dan membuat mereka merasa seperti dipenjara ketimbang di sekolah. Jangan tonton anime ini jika Sedulur belum cukup dewasa ya!

13. Flavors of Youth

13. Flavors of Youth
medium.com

Rekomendasi anime selanjutnya berjudul Flavors of Youth, anime ini terdiri dari tiga cerita berbeda dalam satu anime yang berdurasi 1 jam 14 menit. Bagi Sedulur yang tidak banyak memiliki waktu untuk menonton, tontonan satu ini merupakan salah satu rekomendasi anime yang cocok untuk Sedulur tonton.

Anime ini menceritakan tiga cerita berbeda dari tiga kota di Cina. Setiap cerita berhubungan dengan kenangan masa kecil dan makanan. Menonton anime ini akan membuat Sedulur untuk merasakan perasaan campur aduk saat menonton anime ini.

14. Kimo no Suizou wo Tabetai

14. Kimo no Suizou wo Tabetai
dafunda.com

Judul anime ini jika dalam bahasa Inggris yaitu Let me Eat Your Pancreas, judul anime yang menyeramkan namun sebenarnya merupakan anime yang memiliki genre romance. Anime ini menceritakan tentang seorang perempuan yang memiliki sakit pankreas dan diprediksi tidak akan memiliki usia yang panjang. Seorang lelaki yang merupakan kekasihnya, menemaninya di waktu akhir hidupnya.

15. Assassination Classroom

15. Assassination Classroom
netflix.com

Rekomendasi anime selanjutnya adalah assassination classroom, menceritakan tentang seorang alien dengan kekuatan besar yang baru saja menghancurkan bulan yang akan berdampak pada kerusakan bumi. Alien tersebut kemudian memberikan kesempatan pada sekumpulan orang untuk membunuhnya, namun sekumpulan orang tersebut adalah siswa SMA.

Bukannya membenci alien tersebut, siswa-siswa tersebut malah membuatnya semakin mencintainya. Namun, nasib bumi dipertaruhkan dan ada ditangan sekumpulan siswa tersebut. Bagaimana akhirnya mereka mengatasi masalah tersebut? Rekomendasi anime satu ini sangat wajib untuk ditonton.

16. Batman Ninja

16. Batman Ninja
comicverse.com

Cerita tentang Batman yang berasal dari Amerika diadaptasi berdasarkan kultur dan kebudayaan Jepang. Hasilnya, kolaborasi aksi Batman dan prajurit legendaris Jepang di masa lalu yaitu Ninja terjadi dalam anime ini. Sedulur yang menyukai Batman dan menyukai Ninja sangat wajib nonton anime satu ini.

17. Haikyuu

17. Haikyuu
detik.com

Rekomendasi anime selanjutnya adalah Haikyuu. Bagi Sedulur yang seorang pemain volly dan menyukai olahraga volly sangat wajib menonton anime satu ini. Pertandingan seru dan juga kemampuan yang memang berdasarkan kejadian nyata dan senyata mungkin ditampilkan dalam anime ini.

Anime ini juga menyuguhkan pertandingan volly yang sangat dramatis dengan permainan emosi yang dapat membuat kita yang menontonnya ikut terbawa suasana pertandingan. Anime ini masih berlanjut dan akan memasuki musim kelima yang rencananya akan tayang di tahun 2021 ini.

18. Kimetsu no Yaiba

18. Kimetsu no Yaiba
bbc.com

Rekomendasi anime lainnya adalah Kimetsu no Yaiba. Anime ini mengalahkan One Piece sebagai anime paling laris dan disukai. Menceritakan tentang sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan iblis. Memiliki setting waktu Jepang zaman Edo ini mengangkat cerita rakyat tentang kehidupan masyarakat Jepang di masa lalu yang diteror oleh gangguan iblis dan siluman.

Banyak adegan aksi dan drama yang dapat menguras emosi penonton. Filmnya yang tayang akhir tahun 2020 lalu, mendapatkan rating tertinggi dan dianggap sebagai film terbaik yang mampu menguras emosi penonton.

19. Shingeki No Kyojin

19. Shingeki No Kyojin
owibu.com

Rekomendasi anime selanjutnya adalah Shingeki no Kyojin. Menceritakan tentang kehidupan manusia yang diganggu dengan sejumlah makhluk raksasa atau titan. Anime ini sedang menjadi perhatian di dunia, selain memasuki masa akhir anime, cerita dan aksi yang disuguhkan dari anime ini menjadi perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Sedulur sangat wajib menonton anime ini. Namun banyak adegan peperangan yang sadis, bagi Sedulur yang tidak kuat melihat darah dan aksi brutal, harap berhati-hati saat menonton anime satu ini.

20. Boruto: Naruto Next Generation

20. Boruto: Naruto Next Generation
tribunnews.com

Anime yang sempat mendapatkan keraguan dari penonton setiap Naruto ini, membuktikan bahwa kualitasnya masih sama bahkan lebih baik dari anime Naruto yang merupakan anime sebelum dari Boruto. Menceritakan tentang kehidupan desa ninja Konoha yang dipimpin oleh Naruto, menceritakan tentang kehidupan generasi penerus dari ninja-ninja andalan desa Konoha sebelumnya. 

21. One Piece

21. One Piece
detik.com

Rekomendasi anime terakhir merupakan anime terbaik sepanjang masa. Manga dari One Piece itu sendiri masih berlangsung hingga saat ini, dan telah berlangsung sejak tahun 1998. Jika ada yang bertanya manga dan anime apa yang paling seru dari semua anime yang ada, jawabannya tentu saja One Piece.

Alur cerita dari rekomendasi anime satu ini sangat menarik, banyak teka teki dan misteri yang ditunggu oleh banyak penggemarnya. Dari rentang usia 40 tahun hingga 16 tahun menonton dan mengikuti anime ini. Hal tersebut yang membuat anime satu ini sangat pantas menjadi rekomendasi anime yang wajib ditonton oleh Sedulur.

Sekian pembahasan tentang daftar rekomendasi anime yang bisa Sedulur tonton. Sebenarnya masih banyak lagi rekomendasi anime lainnya yang sangat layak Sedulur tonton. Namun daftar rekomendasi anime yang diulas di atas merupakan anime populer yang dijamin membuat Sedulur akan betah menontonnya.

Tidak afdol rasanya menonton anime tanpa ngemil. Sedulur wajib menyiapkan aneka camilan sebagai teman saat menonton anime. Agar bisa menyediakan berbagai aneka camilan yang murah dengan cara yang super mudah, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk melihat barang dan camilan yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini, agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui smartphone. Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli segala kebutuhan. Termasuk kebutuhan makan dan kebutuhan ngemil. Tinggal gunakan Aplikasi Super dan belanja melalui Super Eats.