otsutsuki

Bagi para penggemar serial anime Naruto dan Boruto, tentu sudah tidak asing lagi dengan Klan Otsutsuki kan? Salah satu klan yang paling kuat dan berpengaruh besar dalam sejarah anime dan manga Naruto serta Boruto.

Dalam kedua serial anime tersebut, klan ini menjadi ras terkuat yang berasal dari bulan. Ya, bisa dikatakan mereka itu semacam alien yang mempunyai bentuk fisik serupa dengan manusia. Dan mereka juga lah yang membuat para ninja bisa mempunyai chakra dan kekuatan spesial.

Nah, Sedulur yang merupakan penggemar Naruto dan Boruto, apakah sudah tahu silsilah keluarga otsutsuki? Jika belum tahu, mari kita bahas selengkapnya!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Anime Terbaik yang Wajib Kamu Tonton 2021

1. Kaguya Otsutsuki

otsutsuki
cbr

Kaguya Otsutsuki adalah merupakan orang pertama yang bisa menggunakan chakra di bumi. Dia mempunyai mata Rine Sharingan setelah memakan buah dari sebuah pohon dewa terkutuk. Itu juga yang membuatnya bisa menciptakan perdamaian versinya sendiri, yang sebenarnya itu salah.

Bisa dibilang jika Kaguya adalah otsutsuki terkuat dan ibu dari chakra. Dia punya dua anak yang bernama Hagoromo dan Hamura. Namun kedua anaknya justru melakukan pemberontakan, sehingga terjadi pertarungan yang sangat epic antara seorang ibu dengan dua anaknya. Pada akhirnya, pertarungan tersebut di menangkan oleh anak-anaknya. Kaguya pun disegel di bulan.

2. Hagoromo Otsutsuki

otsutsuki
quora

Hagoromo Otsutsuki adalah anak dari Kaguya, yang juga dikenal sebagai nenek moyang para shinobi. Hal ini karena ialah yang mengajarkan aliran Ninshu, yang mengarah pada kelahiran dunia ninja. Bersama dengan saudaranya, dia menjadi orang pertama yang bisa memproduksi chakra.

Perjalanan yang harus dilalui oleh Hagoromo sangat panjang dan penuh rintangan. Setelah berhasil menyegel ibunya, Hagoromo tinggal dibumi untuk mengajarkan ninshu demi perdamaian di dunia. Nah, saat itulah dunia shinobi pun dimulai, dan banyak ninja lahir.

3. Hamura Otsutsuki

otsutsuki
quora

Hamura adalah adik dari saudara kembarnya, Hagoromo. Usai menyegel ibunya yakni Kaguya, Hamura pergi ke bulan dan menjaga ibunya yang telah disegel tersebut. Selama menetap disana, Hamura memiliki keturunan yang disebut dengan Klan Otsutsuki Bulan.

Namun ada beberapa keturunannya yang juga tinggal di bumi. Mereka pun bisa dikenali dari mata mereka yang khas, yaitu mata Byakugan milik Klan Hyuuga. Sedangkan untuk keturunannya di bulan, sudah habis karena perang saudara dan hanya tersisa satu yakni Toneri.

4. Indra Otsutsuki

otsutsuki
greenscene

Indra adalah anak pertama dari Hagoromo. Sedari kecil dia, memang lebih unggul dari adiknya yang bernama Asura. Di telah berhasil menguasai chakra dan dianggap sebagai orang yang paling layak meneruskan ajaran ayahnya. Selain itu, Indra juga dianggap sebagai pencipta aliran Ninjutsu.

Akan tetapi, sosok Indra berubah 180 derjat setelah keputusan ayahnya yang menjadikan Asura sebagai penerus Ninshu. Akibatnya Indra marah dan menentang keputusan sang ayah. Terjadilah pertarungan dahsyat yang tak terelakan antara Indra dengan adiknya, Asura.

5. Asura Otsutsuki

otsutsuki
quora

Asura adalah anak kedua dari Hagoromo. Berbeda dengan kakaknya, bakatnya memang tidak terlalu menonjol sejak kecil. Jadi tidak heran jika dia selalu dilindungi oleh kakaknya dalam berbagai masalah. Bahkan untuk menguasai chakra, Asura harus berusaha sangat keras.

Namun karena usahanya tersebut, membuat Hagoromo memilih Asura sebagai raja Otsutsuki di bumi dan penerus Ninshu. Walaupun bakat yang dimiliki tidak sehebat Indra, namun kerja kerasnya mampu menandingi bahkan mengalahkan kakaknya sendiri.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Tonton!

6. Toneri Otsutsuki

quora

Seperti yang tadi sempat dikatakan, Toneri adalah klan otsutsuki bulan terakhir yang masih bertahan hidup. Karena salah mengartikan wasiat leluhurnya yakni Hamura, Toneri menjadi benci kepada manusia bumi, dan berencana untuk memusnahkan umat manusia.

Akan tetapi sebelum hal itu terjadi, untungnya Naruto dan teman-temannya datang dan dia berhasil dikalahkan. Untuk menebus dosanya, Toneri memutuskan kembali menetap di bulan walaupun dalam keadaan buta karena sudah mengorbankan matanya. Namun setelah Urashiki datang ke bulan, Toneri berhasil dikalahkan dan dikurung di dalam penjara ruang waktu.

7. Momoshiki Otsutsuki

quora

Momoshiki merupakan klan otsutsuki pertama yang datang muncul di anime Boruto bersama dengan Kinshiki. Momoshiki sendiri mempunyai kekuatan yang unik, yakni menyerap chakra dari jurus lawan kemudian membalikannya.

Dia juga bisa mengkonsumsi sebuah pil chakra yang membuatnya menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya. Setelah mengonsumsi pil chakra tersebut, kekuatan yang dimiliki oleh Momoshiki pun benar-benar luar biasa dan sangat sulit dikalahkan oleh para ninja. Namun meskipun begitu, akhirnya bias dikalahkan oleh Boruto dan juga aliansi para ninja.

8. Kinshiki Otsutsuki

wallpapercave

Dapat dibilang jika Kinshiki adalah Otsutsuki terlemah dari anggota klan yang lain. Ia berasal dari klan otsutsuki utama yang melayani putra angkatnya, yakni Momoshiki Otsutsuki. Dia datang bersama Momoshiki untuk memeriksa keadaan bumi yang terasa aneh dan tidak sesuai dengan apa yang dilaporankan oleh Kaguya.

Dan pada saat melawan Naruto dan aliansi ninja, Kinshiki mengorbankan dirinya dengan mengubah tubuhnya menjadi sebuah pil chakra untuk dikonsumsi oleh Momoshiki. Mirisnya, Momoshiki tetap kalah dari para ninja walaupun Kinshiki sudah mengorbankan dirinya.

9. Urashiki Otsutsuki

quora

Urashiki datang ke bumi bersamaan dengan Momoshiki Otsutsuki dan Kinshiki Otsutsuki. Urashiki memiliki sifat yang penuh waspada dan juga taat dengan peraturan klannya untuk tidak saling membunuh sesama klan.

Hal ini terbukti dengan dia membiarkan Toneri hidup walaupun sebenarnya dia ingin membunuhnya. Urashiki sendiri mempunyai kekuatan menyerap chakra secara tidak langsung, yakni dengan menggunakan semacam pancingan untuk mencuri chakra lawan.

10. Isshiki Otsutsuki

quora

Yang terakhir adalah Isshiki yang merupakan pemimpin otsutsuki. Hingga saat ini, belum terlalu banyak informasi yang bisa diketahui mengenai dia. Dikatakan bahwa Isshiki pertama kali datang ke bumi bersama Kaguya untuk menanam pohon Shinju yang nantinya akan menyerap energi dari planet bumi hingga habis.

Namun masih menjadi misteri mengapa yang jatuh ke bumi hanya Kaguya. Dan dalam era Boruto, dia merasuki tubuh Jigen. Tapi karena merasa Jigen mempunyai tubuh yang rapuh, Ia pun berganti wadah pada tubuh Kawaki.

BACA JUGA: 26 Anime Keren Sepanjang Masa Rekomendasi Otaku Indonesia

Mungkin hanya itu klan Otsutsuki yang bisa diketahui sampai saat ini. Ya, dalam anime manga Naruto dan Boruto, peranan dari klan ini memang sangat penting. Bisa dibilang bahwa musuh utama Naruto dan Boruto itu berasal dari klan keturunan Hamura tersebut.

Selain itu, jika Kaguya tidak datang ke bumi dan menikah dengan orang bumi, para ninja tidak akan lahir. Dan tentu saja, kita tidak akan melihat Naruto dan Boruto dengan segala kekuatan unik yang mereka miliki seperti saat ini.