Film Plot Twist

Menonton film menjadi salah satu hiburan yang dipilih untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan stres pikiran. Bagi sebagian orang yang menyukai film dengan jalan cerita unik dan tidak mudah ditebak, maka film plot twist menjadi pilihan yang sangat tepat.

Film dengan jalan cerita tak terduga memiliki magnet tersendiri bagi para penikmatnya. Film yang dirancang dengan premis atau alur cerita yang penuh teka-teki ini memang sengaja dibuat untuk mengelabui jalan pikiran penonton yang mencoba menebak adegan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Apakah Sedulur tertarik menonton film plot twist terbaik namun bingung harus memulai darimana? Berikut adalah 20 rekomendasi film yang bisa Sedulur pilih.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

-->

1. Death on the Nile 

film plot twist
Suara

Film Death on the Nile bisa jadi merupakan salah satu film plot twist terbaik 2022. Film bergenre drama kriminal dan misteri yang disutradarai oleh Kenneth Branagh ini dirilis pada tahun 2022 oleh Kinberg Genre, The Mark Gordon Company, dan Scott Free Production.

Diperankan oleh lima aktor utama, yaitu Kenneth Branagh, Tom Bateman, Annette Bening, Russell Brand, dan Gal Gadot, film adaptasi dari novel karya Agatha Christie ini akan memberikan plot twist yang sangat menarik untuk diikuti dan membuat penasaran.

Film ini menceritakan kejadian tidak terduga yang berada dibalik peristiwa pembunuhan misterius di kapal yang sedang menyusuri sungai Nil. Kisah ini diawali dengan pertunangan Simon Doyle dan Jacqueline de Bellefort yang akan memulai hidup baru.

Namun hubungan keduanya mulai berubah ketika Simon Doyle memiliki hubungan khusus dengan Linnet Ridgeway, teman Bellefort. Simon dan Linnet kemudian pergi bulan madu dengan kapal pesiar untuk menyusuri sungai Nil dan mengalami kejadian tidak terduga ketika terjadi pembunuhan misterius di kapal.

2. Us 

film plot twist
Kapanlagi

Film plot twist selanjutnya adalah Us yang merupakan film genre thriller rilisan tahun 2019. Film ini menceritakan kisah keluarga Adelaide Wilson yang sedang diburu oleh beberapa “doppelgänger” yang sangat penasaran ketika ia dan keluarganya sedang berlibur di pantai.

Tokoh Adelaide Wilson ternyata juga seorang “doppelgänger” yang selama ini bergulat dengan rahasia demi mendapatkan kehidupan yang sama seperti saat sekarang. Ia diketahui berhasil menukar hidupnya dengan seorang gadis kecil. Identitasnya yang asli juga dicuri ketika ia diculik di pantai yang sama beberapa dekade sebelumnya dengan tempat liburannya sekarang.

3. The Descent

film plot twist
The Movie Database

Rekomendasi selanjutnya adalah film The Descent yang diproduksi Celador Films dengan sutradara Neil Marshall. Film bergenre petualangan dan horor ini diperankan oleh Shauna Macdonald, Natalie Mendoza, Alex Reid dan dirilis pada tahun 2005.

Film ini menceritakan tentang Sarah dan teman-teman wanitanya yang berencana melakukan hiking dan menjelajah hutan di wilayah pegunungan California Utara. Namun ditengah jalan, terjadi insiden gua yang runtuh dan membuat Sarah terpecah dengan teman yang lain.

Peralatan yang seadanya dan seorang teman yang memiliki claustrophobia membuat situasi menjadi semakin mencekam. Tak berputus asa, mereka semakin dalam menjelajahi gua. Bukannya menemukan pintu keluar, mereka malah bertemu dengan makhluk-makhluk perayap selayaknya manusia dengan cakar dan taring yang mengerikan.

4. Unbreakable

film plot twist
Disney plus

Rekomendasi selanjutnya adalah film Unbreakable yang dirilis pada tahun 2000 dengan genre drama dan thriller. Film yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan dan diperankan oleh Bruce Willis, Samuel L. Jackson, dan Robin Wright Penn ini diproduksi oleh Touchstone Pictures.

Film ini menceritakan tentang Elijah Price yang memiliki penyakit langka bernama Osteogenesis Imperfecta Tipe 1 sejak lahir. Penyakit yang menyebabkan kerapuhan total di seluruh tulang ini membuat tulang-tulang Eli menjadi gampang patah dan akhirnya dijuluki sebagai Mr. Glass.

Eli akhirnya bertemu dengan seorang penyintas kecelakaan kereta yang menjadi satu-satunya korban selamat dari 131 korban meninggal. Mereka akhirnya bertemu dan saling berbagi mengenai makna hidup masing-masing.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

5. Identity

film plot twist
Amazon

Film rekomendasi selanjutnya adalah Identity yang disutradarai oleh James Mengoid. Film dengan genre psikologi dan thriller ini diperankan oleh John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet dan dirilis pada tahun 2003 oleh Konrad Pictures.

Film ini menceritakan adanya 10 orang yang terjebak badai di Nevada dan akhirnya berlindung di motel pinggiran kota. Bukannya aman, mereka malah berada dalam keadaan bahaya. Satu per satu dari mereka dibunuh oleh pembunuh tak dikenal yang membuat semuanya menjadi saling curiga. Menegangkan lagi karena selalu ada nomor yang menunjukkan nomor kamar orang yang selanjutnya diincar.

6. Jacob’s Ladder

film plot twist
Liputan6

Film plot twist selanjutnya berjudul Jacob’s Ladder yang dirilis pada tahun 1990. Film produksi TriStar Pictures bergenre psikologi horor ini disutradarai oleh Adrian Lyne dan diperankan oleh Tim Robbins, Pruitt Taylor, dan Elizabeth Pena.

Film ini menceritakan tentang seorang veteran perang Vietnam bernama Jacob Singer yang terkena penyakit PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Ia sering mengalami halusinasi berulang kali dan mengalami depresi. Bahkan ia sering berhalusinasi tentang iblis dan monster yang berusaha menangkapnya. Dokter pun khawatir ia akan menjadi benar-benar gila.

7. Saw

film plot twist
Kaskus

Selanjutnya ada film berjudul Saw yang diproduksi oleh Twisted Pictures pada tahun 2004. Film bergenre horor misteri ini disutradarai oleh James Wan dan diperankan oleh Tobin Bell, Cary Elwes, Leigh Whannell, dan Danny Glover. Film ini menjadi awal mula rangkaian permainan Jigsaw.

Film ini menceritakan tentang dua pria yang terbangun setelah pingsan di sebuah ruangan seperti kamar mandi. Ternyata mereka adalah korban Jigsaw, yakni seorang pembunuh berantai psikopat yang kerap menjadikan korbannya sebagai pemain dalam permainan maut dengan nyawa taruhannya.

8. Gone Baby Gone

film plot twist
IMDb

Selanjutnya adalah film Gone Baby Gone yang merupakan film plot twist detektif terbaik. Film yang produksi oleh Miramax Films pada tahun 2007 ini disutradarai oleh Ben Affleck. Diperankan oleh Casey Affleck, Michelle Monaghan, dan Morgan Freeman, film ini memilih genre misteri dan thriller.

Film ini menceritakan kisah Amanda McCready berusia 4 tahun yang hilang selama 3 hari. Oleh karena tidak membuahkan hasil setelah dicari bersama polisi dan disiarkan di televisi, bibi dari Amanda bernama Beatrice akhirnya mempekerjakan dua detektif amatir bernama Patrick dan Anggie.

Meskipun Patrick dan Anggie sudah mengatakan bahwa kasus tersebut sangat susah ditangani, namun Beatrice tetap meminta mereka memecahkannya. Ternyata Patrick mengenal siapa yang menculik Amanda, dimana anak kecil tersebut tidak disakiti melainkan menjadi lebih sehat dan ceria.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

9. Parasite

film plot twist
tjTODAY

Rekomendasi selanjutnya adalah film plot twist korea berjudul Parasite. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini menceritakan tentang keluarga Kim yang malang dan mencoba meninggalkan kemiskinan yang mereka alami. Mereka akhirnya menyusup ke rumah keluarga Park dan berkerja disana.

Banyak rahasia yang tersimpan di rumah keluarga Park tersebut. Hingga pada saat pesta ulang tahun anak laki-laki keluarga Park, ada insiden pembantaian berdarah yang menyeramkan. Film dengan plot menarik ini mendapatkan penghargaan Best Picture di Academy Awards 2020.

10. Primal Fear

film plot twist
Netflix

Rekomendasi selanjutnya adalah film berjudul Primal Fear yang dirilis pada tahun 1996 oleh Rysher Entertainment. Film bergenre thriller yang disutradarai Gregory Hoblit ini diperankan oleh tiga pemain keren bernama Richard Gere, Laura Linney, dan John Mahoney.

Film ini menceritakan Martin Viel yang merupakan seorang pengacara ternama yang mencap dirinya sebagai pengacara yang tak tertandingi. Ia akhirnya menerima bumerang atas ucapannya ketika ada satu kasus pembunuhan yang melibatkan seorang uskup dan seorang remaja Aaron Stempler yang memiliki kepribadian ganda.

11. Arrival

film plot twist
Netflix

Salah satu film yang masih termasuk dalam film plot twist terbaru adalah Arrival yang dirilis pada tahun 2016 oleh FilmNation Entertainment. Film bergenre Drama dan Sci-Fi ini disutradarai Dennis Villeneuve dan diperankan oleh Amy Adams, Jeremy Renner, dan Forest Whitaker.

Film ini menceritakan tentang kedatangan pesawat alien super besar yang mendarat di Amerika. Karena cemas alien tersebut akan menginvasi bumi, pemerintah pun akhirnya berusaha memulai kontak dengan alien tersebut. Louise yang merupakan profesor bahasa akhirnya mencoba menerjemahkan maksud alien dan pemerintah saat berkomunikasi.

12. 12 Monkeys

film plot twist
Next Episode

Kembali ke film plot twist yang sudah dirilis cukup lama, film berjudul 12 Monkeys yang dirilis pada 1995 ini juga bisa menjadi pilihan Sedulur. Film bergenre misteri, Sci-Fi dan thriller ini disutradarai oleh Terry Gilliam dan diperankan oleh Bruce Willis, Madeleine Stowe, dan Brad Pitt.

Film yang dibumbui dengan kisah travel time ini menceritakan James Cole yang datang dari masa depan dan dianggap gila sehingga dimasukkan dalam rumah sakit jiwa. James tidak bisa menjelaskan mimpi-mimpi yang menghampirinya dan banyak misteri sepanjang film diputar.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2022

13. Planet of The Apes

film plot twist
La-La Land Records

Rekomendasi selanjutnya adalah film berjudul Planet of The Apes yang merupakan film genre drama dan Sci-Fi produksi APJAC Productions. Film yang disutradarai oleh Franklin J. Schaffner ini diperankan oleh Charlton Heston, Maurice Evans, dan Roddy McDowall.

Film yang diangkat dari novel Perancis berjudul La Planete des Singers karya Pierre Boulle ini menceritakan tentang peradaban kera di sebuah planet. Planet ini tidak sengaja diketahui manusia yang sedang melakukan pendaratan darurat karena pesawat yang ditumpangi para astronot mengalami malfungsi dan lebur hingga menghempaskan semua isinya.

14. Shutter Island

film plot twist
IMDb

Rekomendasi film plot twist selanjutnya adalah Shutter Island. Film yang dirilis tahun 2010 oleh Paramount Pictures, Phoenix Pictures, dan Sikelia Production ini disutradarai oleh Martin Scorsese. Film bergenre misteri dan thriller ini juga diperankan oleh aktor ternama, yakni Leonardo DiCaprio, Emily Mortimer, dan Mark Ruffalo

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini menceritakan tentang kisah seorang detektif muda bernama Teddy Daniels yang bertugas untuk menyelidiki kasus di rumah sakit jiwa Acha Cliffe yang berada di Shutter Island.

15. The Sixth Sense

film plot twist
Bacaterus

Selanjutnya adalah The Sixth Sense yang diklaim menjadi film plot twist terbaik yang sangat layak untuk dikenang sepanjang masa. Film ini menceritakan tentang seorang psikolog anak bernama Malcolm Crowe yang menangani seorang anak bernama Cole yang memiliki kemampuan indigo.

Ia berusaha membantu Cole menjalani kehidupannya yang terus dihantui oleh makhluk-makhluk tak kasat mata. Setelah sebelumnya gagal menangani seorang pasien, dr. Malcolm kini berusaha keras untuk bisa membantu Cole. Apakah ia akan berhasil kali ini?

16. Gone Girl

film plot twist
Rosmensucks

Satu film plot twist yang tak kalah menarik untuk ditonton adalah Gone Girl. Film bergenre psikologi dan thriller ini dirilis pada tahun 2014 oleh Regency Enterprises. Film yang disutradarai oleh David Fincher ini diperankan oleh Ben Affleck, Rosamurd Pike, dan Neil Patrick Harris.

Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Nick Dune dan Ammy Dune. Keduanya merupakan seorang penulis yang memiliki sebuah bar di sudut kota. Ketika perayaan ulang tahun pernikahan ke-5, Ammy tiba-tiba hilang. Setelah polisi memeriksa rumah mereka, ditemukan buku harian Ammy yang membuat keadaan menjadi semakin membingungkan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Sniper Terbaik yang Seru & Wajib Ditonton

17. Memento

film plot twist
Dijimuwis

Rekomendasi selanjutnya adalah film berjudul Memento yang dirilis pada tahun 2000 oleh Summit Entertainment. Film garapan sutradara Christoper Nolan bergenre horor misteri dan thriller ini diperankan oleh Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, dan Joe Pantoliano.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Leonard yang menjadi berubah sejak ia dan istrinya diserang orang tak dikenal. Istrinya terbunuh dan ia mengalami amnesia anterograde. Ia juga mengalami berbagai masalah yang membuatnya depresi. Namun, ia memiliki keinginan untuk cepat sembuh dan melacak pembunuh istrinya dengan foto dan tato yang masih dikenalinya.

18. The Prestige

film plot twist
Amazon

Film plot twist selanjutnya menceritakan tentang sulap yang pastinya akan membuat Sedulur terpesona. Film berjudul The Prestige ini menceritakan tentang persahabatan dua pesulap yang menjadi rival setelah adanya insiden buruk. 

Film yang menceritakan kisah persaingan dalam dunia magic ini akan membawa penonton menyelami sisi kelam dibalik para pesulap handal. Tak hanya berhasil membius mata penonton, film ini juga memiliki sinematografi dan trik ajaib pesulap yang menarik untuk ditonton.

19. Knives Out

film plot twist
Dafunda

Rekomendasi film plot twist terbaik selanjutnya adalah Knives Out. Film yang dirilis pada 2019 ini sepintas memang mirip dengan film detektif dan drama keluarga biasa. Namun siapa sangka, film ini memberikan plot yang sangat menarik untuk diikuti.

Film ini menceritakan tentang misteri kematian seorang pria kaya raya yang akhirnya membuat anak cucunya memperebutkan warisan. Ternyata, ada sebuah misteri yang harus dipecahkan sebelum mendapatkan warisan tersebut karena banyaknya lika-liku penyelidikan yang harus dilalui.

20. Mencuri Raden Saleh

film plot twist
Indozone

Terakhir, film plot twist Indonesia yang layak ditonton adalah Mencuri Raden Saleh. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini baru saja dirilis pada 25 Agustus 2022. Film ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Umay Shahab, Aghniny Haque, dan Ari Irham.

Film ini menceritakan tentang kisah pencurian lukisan milik Raden Saleh di Istana Negara atas perintah mantan presiden. Pencurian ini dilakukan oleh enam pemuda bernama Piko, Sarah, Ucup, Gofar, Tuktuk, dan Fella.

Film ini memiliki plot yang tidak terduga dan susah ditebak oleh penonton. Tak hanya itu, Sedulur juga akan disuguhkan emosi-emosi dan perasaan deg-degan selama menonton film ini. Ikuti kisah mereka dalam mencuri lukisan Penangkapan Diponegoro oleh Raden Saleh tersebut, yuk!

Demikian informasi mengenai 20 film plot twist terbaik sepanjang masa dengan rating tinggi yang bisa Sedulur tonton setelah ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang tertarik dengan film yang memiliki plot tak terduga. Selamat menyaksikan!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.