film horor terbaik

Film horor merupakan genre hiburan yang diminati banyak orang. Meski bikin jantung berdebar bahkan menimbulkan rasa takut, nyatanya film horor tetapi memiliki daya tarik yang besar. Salah satu film horor terbaik terbaru asal Indonesia adalah KKN Desa Penari. Sempat tertunda dan baru tayang April 2022 kemarin, film KKN Desa Penari berhasil sukses dengan jumlah penonton mencapai lebih dari 9 juta orang.

Sementara itu, berikut adalah beberapa rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang bisa menjadi referensi hiburan Sedulur. Mulai dari film horor Barat, Korea, hingga Indonesia. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Insidious, Kisah Keluarga yang Diganggu Roh Jahat

1. The Exorcist

film horor terbaik
Kompas

The Exorcist merupakan film horor klasik Amerika Serikat yang dirilis pada 1973 silam. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya William Peter Blatty ini dianggap sebagai film horor terbaik sepanjang masa.

-->

Sesuai judulnya, film The Exorcist menceritakan tentang ritual eksorsisme atau pengusiran setan. Cerita bermula ketika seorang gadis bernama Regan MacNeil yang mengalami gejala aneh. Sang ibu, Chris MacNeil telah berupaya menyembuhkan sang putri dengan membawanya ke sejumlah dokter. Namun kondisinya tak kunjung membaik. Sebaliknya, Regan malah semakin menunjukkan gelagat aneh. Hingga kemudian Chris mendapat saran untuk meminta bantuan pendeta guna melakukan pengusiran setan terhadap putrinya tersebut.

2. The Amityville Horror

CNN Indonesia

Film horor Barat terbaik berikutnya adalah The Amityville Horror. Sama halnya dengan The Exorcist, film Amityville Horror dianggap sebagai salah satu film horor paling seram sepanjang masa.

Film yang dirilis pada 1979 ini diangkat dari novel berjudul sama karya Jay Anson yang terbit pada 1977. Adapun kisah dalam novel itu disebut didasarkan pada kejadian nyata yang dialami oleh sebuah keluarga yang membeli rumah baru di kawasan Amityville, New York. Menurut cerita, rumah tersebut merupakan bekas lokasi pembunuhan massal.

3. The Conjuring

Tribun Jambi

The Conjuring merupakan film horor arahan sutradara James Wan yang dirilis pada 2013. Film yang menceritakan tentang pengalaman Ed dan Lorraine Warren sebagai investigator paranormal.

Pada The Conjuring (2013), diceritakan tentang kejadian mistis di sebuah rumah pertanian tua di Harrisville, Rhode Island. Kala itu sepasang suami istri beserta kelima putri mereka baru saja pindah ke rumah tersebut. Mulanya kepindahan mereka ke sana berjalan normal. Hingga pada pagi harinya, sang istri mengalami memar misterius, sementara anjing peliharaan mereka ditemukan meninggal di halaman rumah.

Kejadian supranatural pun terus dialami oleh keluarga tersebut. Sampai pada puncaknya muncul sesosok hantu wanita tua yang menyerang salah satu anak. Keluarga tersebut lantas meminta bantuan kepada investigator paranormal, Ed dan Lorraine Warren untuk membantu mereka.

Film The Conjuring kemudian dilanjutkan dengan sekuelnya, yaitu The Conjuring 2 yang rilis pada 2016 dan film ketiganya, The Conjuring: The Devil Made Me Do It dirilis pada Juni 2021 lalu.

4. Paranormal Activity

CNN Indonesia

Rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Paranormal Activity. Film ini dimulai dengan pasangan muda yang mengalami gangguan aneh di kediaman mereka. Akan tetapi mereka tidak mengetahui apa sebenarnya sosok makhluk yang mengganggu mereka tersebut. Mereka lantas memasang sejumlah kamera di rumah mereka untuk menemukan jawabannya. 

Konsep film yang ditampilkan layaknya hasil rekaman CCTV ini pun akan memberikan kesan berbeda bagi Sedulur. Sebab film ini seolah tampil sebagai rekaman kejadian nyata yang kemudian disatukan sebagai sebuah film.

Adapun hingga saat ini film Paranormal Activity telah merilis 7 seri sejak ditayangkan perdana pada 2009.

5. The Ring

Kompas

The Ring merupakan film horor Amerika Serikat yang merupakan versi remake dari film Jepang berjudul Ring. Film yang dirilis pada 2002 ini disebut merupakan salah satu film horor terseram.

Kisah film The Ring sendiri bermula dari kematian seorang perempuan bernama Katie. Ia meninggal setelah menonton sebuah rekaman video terkutuk. Menyusul kematian Katie, sang bibi yakni Rachel lantas melakukan investigasi hingga mendapati bahwa teman-teman Katie juga meninggal setelah menonton rekaman video tersebut.

Sayangnya, kejadian aneh malah turut menimpa Rachel dan orang-orang di sekitarnya di tengah proses penyelidikan itu. Bahkan ia mendapatkan teror yang menyebut hidupnya hanya tinggal beberapa hari lagi.

6. Lights Out

Liputan 6

Lights Out merupakan film horror yang dirilis pada 2016 lalu dan disutradarai oleh David F. Sandberg. Kisah film Lights Out berpusat pada sosok Rebecca yang diperankan oleh Teresa Palmer. Diceritakan, ia kerap diganggu oleh sosok hantu yang muncul dalam kegelapan.

Hantu tersebut rupanya juga mengganggu anggota keluarganya yang lain. Bahkan sang ayah, Paul diduga tewas terbunuh oleh sosok hantu tersebut.

Singkat cerita, Rebecca akhirnya menemukan fakta bahwa hantu tersebut merupakan Diana, sosok perempuan yang merupakan teman dekat sang ibu. Ia diketahui meninggal secara tragis sebelum akhirnya menghantui keluarga Rebecca.

7. Don’t Breathe

TribunnewsWiki

Film horror selanjutnya yang wajib masuk daftar tontonan Sedulur adalah Don’t Breathe. Berbeda dengan film horor lainnya yang identik dengan penampakan makhluk halus, Don’t Breathe akan membuat berdebar dengan aksi pengejaran pencuri di rumah seorang veteran perang.

Cerita bermula ketika tiga orang pencuri menerobos masuk ke rumah seorang veteran yang sudah tua dan tuna netra. Mereka nekat melakukan aksi tersebut setelah mendengar kabar bahwa pria tua itu baru saja mendapatkan ganti rugi dengan nominal besar atas kecelakaan yang menimpa anaknya. Namun, tanpa mereka ketahui, veteran tersebut memiliki rahasia di dalam rumahnya. Bahkan salah seorang pencuri berhasil ditembak mati oleh sang pemilik rumah.

Adapun film ini dibintangi oleh Stephen Lang, Jane Levy, Dylan Minnette, dan Daniel Zovatto. Film arahan sutradara Fede Alvarez ini memperoleh rating 7.1/10 di IMDb.

8. Ready or Not

Tirto

Ready or Not merupakan film horor yang mengangkat tentang sekte satanisme. Diceritakan, keluarga Le Domas memiliki tradisi unik sekaligus brutal dalam menyambut anggota keluarga baru yang menikah dengan salah satu di antara mereka.

Suatu ketika, anak bungsu Le Domas yakni Alex menikah dengan Grace. Acara pernikahan pun berjalan lancar layaknya pernikahan pada umumnya. Tanpa Grace sadari sebuah ritual sudah disiapkan oleh keluarga sang suami.

9. The Babadook

New York Times

The Babadook merupakan film bergenre psychological horror asal Australia yang dirilis pada 2014. Film horror ini berkisah tentang seorang ibu tunggal bernama Amelia Vanek dan putranya, Samuel. Mereka hanya tinggal berdua selepas kematian sang suami akibat kecelakaan lalu lintas. 

Suatu ketika, Amelia membacakan sebuah buku dongeng berjudul Mister Babadook untuk sang putra. Tanpa diduga, peristiwa aneh mulai menimpa Amelia dan Samuel. Terlebih ketika mereka akhirnya mengetahui bahwa sosok monster Babadook tinggal di rumah mereka. 

10. Insidious 

IMDb

Sama halnya dengan The Conjuring, film Insidious juga hadir sebagai film seri. Sejak dirilis pertama kali pada 2010, film ini telah menayangkan 4 seri dengan sekuel terakhirnya adalah Insidious: The Last Key pada 2018.

Film Insidious seri 1 menceritakan tentang keluarga Josh Lambert yang pindah ke sebuah rumah baru dengan ketiga anaknya, yaitu Dalton, Foster, dan Cali yang masih bayi.

Suatu ketika, Dalton terjatuh saat sedang menelusuri loteng ruang tersebut yang menyebabkannya mengalami koma. Semenjak itu kejadian aneh nan mistis mulai terjadi di rumah mereka.

11. Sinister

Kompas

Rekomendasi film horor terseram berikutnya adalah Sinister yang tayang pada 2012 silam. Film garapan sutradara Scott Derrickson ini menceritakan tentang teror yang dialami oleh sebuah keluarga.

Cerita bermula ketika seorang penulis bernama Ellison Oswalt memutuskan untuk pindah ke rumah baru bersama istri dan kedua anaknya. Tanpa sepengetahuan keluarganya, Ellison sengaja memilih rumah yang merupakan bekas lokasi pembunuhan. Hal itu ia lakukan untuk mencari inspirasi dalam menulis.

Namun apa yang dilakukan Ellison ternyata berakhir pada malapetaka. Berbagai kejadian aneh terjadi di rumah tersebut apalagi setelah ia menemukan sebuah gulungan film misterius yang ternyata berisi rekaman pembunuhan.

BACA JUGA: Sinopsis & Fakta Walking Dead Tomate, Kisah Tanah Toraja

Rekomendasi film horor terbaik Korea

Berikut adalah beberapa rekomendasi film horor Korea yang bisa Sedulur tonton di waktu luang.

1. Film horor terbaik Gonjiam: Haunted Asylum

film horor terbaik
Netflix

Rekomendasi film horor terbaik Korea yang pertama adalah Gonjiam: Haunted Asylum. Cerita film ini sendiri diangkat dari kisah horor Rumah Sakit Jiwa Gonjiam yang cukup terkenal di Korea Selatan.

Adapun dalam filmnya diceritakan bahwa pada tahun 1979, sebanyak 42 pasien di Rumah Sakit Jiwa Gonjiam mengakhiri hidupnya, sedangkan direktur rumah sakit dilaporkan menghilang. Rumah sakit yang semula dikenal sebagai tempat perawatan pasien dengan gangguan jiwa tersebut pun berubah menjadi bangunan yang terbengkalai. Tak berhenti sampai di situ, beragam rumor dan cerita mistis tentang tempat itu juga berkembang di masyarakat sekitar.

Hingga pada suatu ketika, seorang YouTuber yang kerap membuat konten horor tertantang untuk menjelajahi tempat itu. Ia pun mengajak enam peserta lain untuk melakukan uji nyali di lokasi tersebut yang kemudian disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube-nya. Tanpa disangka, kejadian aneh menimpa para peserta di tengah siaran langsung.

2. The Call

film horor terbaik
InsertLive

The Call adalah film Korea bergenre horor, misteri, dan thriller yang dirilis pada 2020 lalu. Film arahan sutradara Lee Chung Hyeon ini dibintangi oleh Park Shin Hye, Jun Jong Seo, Kim Sung Ryoung, Park Ho San, dan Lee El.

The Call menceritakan tentang dua perempuan yang terhubung melalui sebuah telepon tua. Kim Seo Yeon yang berasal dari masa kini tidak sengaja dapat berkomunikasi dengan Oh Young Sook, yang hidup pada 20 tahun lalu. Mulanya tidak ada hal aneh yang terjadi bahkan mereka dapat berteman baik meski hanya terhubung melalui telepon. Namun hal itu rupanya tidak bertahan lama. Panggilan dari Oh Young Sook berubah menjadi sebuah gangguan bahkan ancaman untuk Kim Seo Yeon.

3. Train to Busan

film horor terbaik
Liputan 6

Train to Busan merupakan salah satu film horor Korea yang cukup terkenal di kancah internasional. Film yang menceritakan tentang serangan zombie ini dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Ma Dong Seok.

Cerita film Train to Busan sendiri dimulai dengan seorang manajer keuangan di Seoul, Seok Woo yang mengajak putrinya, Soo An pergi ke Busan. Diceritakan, Seok Woo berpisah dari istrinya dan kini mereka tinggal di kota berbeda dengan Soo An mengikuti ayahnya tinggal di Seoul.

Perjalanan yang sangat dinantikan Soo An kemudian berubah menjadi bencana. Saat tengah menaiki kereta cepat KTX, muncul zombie berwujud layaknya perempuan biasa. Namun ia kemudian menyerang penumpang lain hingga virus zombie tersebut menyebar ke banyak orang. Seok Woo, Soo An dan penumpang lainnya pun berupaya menyelamatkan diri dari serangan zombie yang telah menginfeksi hampir sebagian penumpang kereta.

4. Warning: Do Not Play

film horor terbaik
IMDb

Rekomendasi film horor terbaik Korea selanjutnya adalah Warning: Do Not Play. Film yang juga dikenal dengan judul Amjeon (암전) ini dirilis pada 2019 dengan Seo Yea Ji sebagai pemeran utamanya.

Warning: Do Not Play menceritakan tentang seorang sutradara film pemula bernama Mi Jung. Sejak lama ia telah merencanakan untuk menggarap film bergenre horor. Suatu ketika, ia mendengar tentang sebuah film horor yang dilarang untuk diedarkan. 

Mi Jung yang penasaran lantas mencari tahu tentang film terlarang tersebut. Bahkan ia sampai menemui sutradara penggarap film itu. Namun Jae Hyun selaku sutradara film itu melarangnya mencari tahu lebih jauh soal filmnya tersebut. Akan tetapi, Mi Jung tidak mengindahkan peringatan Jae Hyun. Obsesi Mi Jung terhadap film tersebut pun membawanya pada kejadian menyeramkan yang tidak pernah diduga sebelumnya.

5. Death Bell

film horor terbaik
AsianWiki

Death Bell merupakan film Korea bergenre horor dan thriller yang dirilis pada 2008. Film garapan sutradara Yoon Hong Seung alias Chang dan dibintangi oleh Nam Gyu Ri, Lee Beom Soo, dan Kim Bum.

Film ini menceritakan tentang 24 murid di sebuah SMA yang mengikuti kelas tambahan untuk persiapan masuk perguruan tinggi. Kelas tambahan yang semula berjalan normal tiba-tiba berubah menjadi peristiwa mencekam. Sebuah suara misterius dari televisi kelas meminta mereka menyelesaikan soal dengan taruhan nyawa murid paling pintar, Hae Yeong. Dalam layar televisi juga diperlihatkan Hae Yeong yang terikat dengan kursi di dalam sebuah akuarium yang mulai terisi oleh air.

6. Umma

CNN Indonesia

Umma merupakan film horor Korea-Amerika yang dirilis pada Maret 2022. Film ini menceritakan tentang seorang ibu tunggal sekaligus imigran Korea, Amanda (Sandra Oh). Ia tinggal bersama putri semata wayangnya, Chris (Fivel Stewart) di sebuah peternakan terpencil di Amerika.

Mulanya ia dan sang putri menjalani hidup normal dengan kesibukan mengurus peliharaan mereka. Hingga suatu ketika, paman Amanda datang dari Korea dan memberikan abu kremasi mendiang sang ibu. Abu tersebut memang sengaja dibawa ke Amerika lantaran Amanda harus melakukan ritual melepaskan arwah sang ibu. 

Tanpa diduga, kedatangan abu kremasi tersebut membawa perubahan besar dalam hidup ibu satu anak tersebut. Berbagai kejadian aneh dan supernatural mulai menghampiri hidup Amanda.

BACA JUGA: Sinopsis Monstrous, Pencarian Fenomena Supernatural Aneh

Rekomendasi film horor Indonesia terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir, minat masyarakat atas film horor Indonesia semakin meningkat. Beberapa di antaranya bahwa berhasil masuk jajaran film Indonesia terlaris sepanjang masa.

1. Film horor terbaik Pengabdi Setan

film horor terbaik
Netflix

Menurut data yang dirilis Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) pada Mei 2021 lalu, Pengabdi Setan telah ditonton oleh 4,2 juta penonton di bioskop. Pengabdi Setan sendiri merupakan film horor karya Joko Anwar yang dirilis pada 2017 lalu. Adapun film ini merupakan remake atau pembuatan ulang dari film berjudul sama yang tayang pada 1980 silam.

Sementara itu, Pengabdi Setan menceritakan tentang sebuah keluarga yang mengalami teror misterius di rumah mereka. Peristiwa aneh itu mulai terjadi semenjak kematian sang ibu.

2. Keluarga Tak Kasat Mata

film horor terbaik
Hipwee

Keluarga Tak Kasat Mata merupakan film horor yang dirilis pada 2017. Film arahan sutradara Hedy Suryawan ini menampilkan Deva Mahenra, Miller Khan, Kemal Palevi, dan Ganindra Bimo. Adapun kisah film ini diangkat dari cerita pengalaman mistis yang dibagikan oleh Bonaventura melalui forum Kaskus.

Keluarga Tak Kasat Mata sendiri menceritakan tentang pengalaman aneh yang dialami oleh seorang pemuda bernama Genta. Cerita bermula ketika perusahaan tempat ia bekerja dulu berpindah ke sebuah kantor baru. Namun kepindahan mereka ke kantor baru ternyata mendatangkan pengalaman mistis yang sulit dicerna oleh akal sehat. Banyak kejadian aneh yang dialami oleh Genta dan rekan-rekan sekantornya, terutama ketika harus bekerja di malam hari.

3. Danur

Tribunnews

Rekomendasi film horor Indonesia terbaik selanjutnya adalah Danur. Danur merupakan film serial horor yang hingga kini sudah merilis hingga judul ketiga, Danur 3: Sunyaruri. Selain itu ada pula seri spin-off atau sempalan yakni Asih, Asih 2, dan Ivanna.

Adapun kisah film Danur sendiri diadaptasi dari cerita pengalaman Risa Saraswati sebagai seorang indigo. Diceritakan, Risa (diperankan oleh Prilly Latuconsina) yang memiliki kemampuan melihat makhluk astral bersahabat dengan beberapa hantu yang ada di rumahnya.

4. Perempuan Tanah Jahanam

CNN Indonesia

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor garapan sutradara Joko Anwar. Film yang dirilis pada 2019 ini dibintangi oleh Tara Basro, Marista Anita, Asmara Abigail, dan Christie Hakim.

Film yang berhasil membawa pulang 6 piala pada ajang FFI 2020 ini menderitakan tentang dua sahabat yaitu Maya dan Dini. Mereka bekerja keras untuk dapat bertahan hidup di kota. Suatu ketika, Maya mendapatkan kabar bahwa ia mendapat harta warisan di kampung halamannya. Mereka lantas pergi ke kampung halaman Maya untuk melihat warisan yang ditinggalkan keluarganya. Namun sesampainya di sana, berbagai peristiwa aneh dan mistis justru harus dialami Maya dan Dini. 

5. KKN Desa Penari

Suara Merdeka

KKN Desa Penari bisa disebut sebagai film horor terbaik 2022. Tak hanya itu, film ini juga merupakan film Indonesia terlaris sepanjang masa. Bagaimana tidak? Film yang dirilis pada 30 April 2022 ini telah ditonton oleh lebih dari 9 juta penonton di bioskop.

Film KKN Desa Penari sendiri diangkat dari cerita yang sempat viral di Twitter pada 2019 lalu. Sesuai judulnya film ini menceritakan pengalaman mistis yang dialami oleh enam mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata atau KKN. 

Itu dia 22 rekomendasi film horor terbaik yang bisa Sedulur di akhir pekan. Sedulur mau nonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.