film sniper terbaik

Salah satu tema film yang banyak ditunggu para penonton adalah tentang seorang penembak jitu atau sniper. Meskipun film ini berisi adegan tembak menembak, namun bagi para penggemar genre aksi dan militer, film sniper terbaik tetaplah film yang wajib untuk ditonton.

Bagi Sedulur yang belum pernah menonton film genre ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menonton sesekali. Karena bisa jadi, Sedulur akan menyukai film ini karena alur kisahnya yang sangat menegangkan. Bahkan, ada beberapa film sniper yang diambil dari kisah nyata, lho. Tertarik menontonnya? Berikut adalah daftar film sniper terbaik yang wajib Sedulur lihat.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2022

1. Shooter (2007)

Shooter (2007)
IMDb

Rekomendasi film sniper pertama adalah Shooter yang merupakan film dari novel berjudul Point of Impact karya Stephen Hunter. Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua dengan pemain utama Mark Wahlberg, Michael Pena, Danny Glover. 

Film bergenre drama action ini menceritakan tentang Bob Lee Swagger (Mark) yang merupakan seorang pensiunan sniper yang tinggal di pengasingan. Ia didatangi oleh anggota FBI untuk kembali menjalankan misi terkait sindikat yang berusaha membunuh presiden.

Swagger diminta untuk membongkar sindikat tersebut, tapi ternyata itu adalah jebakan untuk menyalahkan Swagger atas Uskup Agung Ethiopia yang mati tertembak. Akankah Swagger berhasil membela dirinya dan membuktikan bahwa ia tidak bersalah? Lihat filmnya, ya!

2. Phone Booth (2002)

film sniper terbaik
Rotten Tomatoes

Rekomendasi selanjutnya adalah Phone Booth yang sudah rilis sejak tahun 2002. Film bergenre thriller ini disutradarai oleh Joel Schumacher dan diperankan oleh pemain-pemain keren, yakni Collin Farrell, Forest Whitaker, Katie Holmes.

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Stu Shepard yang mendapat panggilan di dalam bilik telepon dari sniper misterius. Ia tidak boleh mematikan panggilan telepon teror tersebut atau ia akan ditembak sniper yang keberadaannya tidak diketahui.

Sniper tersebut mengetahui semua informasi mengenai diri Stu dan berusaha memancing untuk membuat konflik. Stu terjebak dalam pilihan yang sulit, yakni menyelamatkan nyawa orang lain atau dirinya sendiri. Bahkan jika salah taktik dan pilihan, sniper dapat menembaknya kapanpun. Meski hanya di balik bilik telepon, film ini tetap memberikan sensasi yang sangat menegangkan.  

3. Enemy at The Gates (2001)

Enemy at The Gates (2001)
IMDb

Berikutnya ada film sniper berjudul Enemy at the Gates yang diperankan oleh Joseph Fiennes, Jude Law, dan Rachel Weisz yang disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud. Film bergenre action dan war ini dirilis pada tahun 2001.

Film ini menceritakan seorang pembunuh jitu asal Rusia bernama Vasily Zaytsev. Ia merupakan pemuda yang terlibat perseteruan dengan tentara NAZI karena menyerang desa tempatnya tinggal. 

Vasily akhirnya berhasil membunuh banyak pasukan NAZI pada masa perang Stalingrad. Namun, karena dirinya dianggap sebagai ancaman bagi tentara Jerman, Mayor Konig akhirnya memerintahkan sniper Jerman untuk membunuh Vasily.

Karena kemampuan yang seimbang atau sama-sama kuat, film Enemy at the Gates menyajikan berbagai adegan pertarungan sengit antara dua penembak jitu yang berusaha saling bunuh.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

4. American Sniper (2014)

film sniper terbaik
IMDb

Selanjutnya adalah film sniper terbaik dari kisah nyata yang berjudul American Sniper. Film ini merupakan adaptasi dari buku berjudul American Sniper karya Chris Kyle, Scott Mc Ewen, dan Jim DeFelice yang menceritakan sniper legendaris bernama Chris Kyle.

Film yang disutradarai oleh Clint Eastwood ini memilih peran utama Bradley Cooper, Sienna Miller. Ceritanya, Chris Kyle yang diperankan oleh Bradley Cooper, merupakan seorang anak yang bermimpi menjadi seorang ahli dalam hal menembak.

Ketika dewasa, ia bergabung dengan pelatihan khusus dan akhirnya menjadi sniper di Navy SEAL Amerika Serikat. Meskipun tidak ikut bertempur bersama rekan-rekannya, tapi perannya sebagai penembak jitu sangat penting untuk keberhasilan sebuah misi.

Bahkan, tak terhitung berapa nyawa temannya yang sudah berhasil diselamatkan selama di medan perang. Setelah semua yang ia lewati, Chris akhirnya dinobatkan sebagai sniper terhebat di sejarah militer Amerika Serikat.

5. Lone Survivor (2013)

Lone Survivor (2013)
Rotten Tomatoes

Lone Survivor merupakan film bergenre biographical dan action yang disutradarai oleh Peter Berg. Film yang diperankan oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, dan Ben Foster ini menceritakan tentang seorang sniper bernama Marcus Luttrell.

Marcus bersama teman-temen lain di prajurit Navy SEAL AS ditugaskan untuk memburu Shah, seorang pimpinan Taliban yang menjadi dalang atas meninggalnya 20 tentara angkatan laut Amerika Serikat. Ia bersama teman-temannya kemudian berangkat ke Taliban, Afghanistan.

Sayang sekali, misi Marcus diketahui oleh seorang penggembala kambing. Niat baik melepaskan penggembala kambing malah ia dan kawan-kawannya dilaporkan kepada Shah. Akhirnya, Shah memburu balik Marcus dan kawan-kawannya. Apakah misi mereka akan berhasil?

6. Savior (1998)

Savior (1998)
IMDb

Meski sudah rilis sejak tahun 1998, namun film sniper berjudul Savior ini tetep menjadi salah satu film sniper dunia terbaik yang pernah dibuat. Film bergenre drama dan action ini disutradarai oleh Predrag Antonijevic dan diperankan oleh Dennis Quaid, Nastassja Kinski, dan Stellan Skarsgard.

Savior menceritakan kisah seorang Joshua yang tengah mengadakan acara makan siang bersama anak dan istrinya di sebuah restoran. Tiba-tiba, ada sebuah bom yang meledak di restoran tersebut dan membuat Joshua kehilangan anak dan istrinya.

Bom tersebut ternyata diledakkan oleh kelompok muslim radikal. Joshua yang marah akhirnya berniat balas dendam. Ia kemudian mengubah namanya menjadi Guy dan ikut dalam perang Bosnia. 

Tak disangka, Joshua bertemu Vera, yakni seorang wanita yang pernah menjadi korban pemerkosaan oleh tentara muslim radikal tersebut. Setelah itu, Joshua, Vera dan teman-teman yang lain semakin bertekad untuk menyelesaikan misi balas dendam tersebut.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

7. Jack Reacher (2012)

Jack Reacher (2012
iKurniawan

Film sniper yang tak kalah keren adalah Jack Reacher. Film yang disutradarai oleh Christoper McQuarrie ini menggandeng aktor terkenal Tom Cruise, bersama Rosamund Pike dan Richard Jenkins. Film bergenre action dan thriller tersebut dirilis pada tahun 2012.

Film ini menceritakan Jack Reacher yang diperankan oleh Tom Cruise, ia merupakan seorang mantan militer yang hidup secara misterius. Bahkan, keberadaannya sangat tersembunyi dan tidak bisa dilacak oleh siapapun.

Namun siapa sangka, Jack kemudian muncul sendiri setelah adanya kasus pembunuhan yang menewaskan lima orang. Di TKP pembunuhan, ditemukan sidik jari James Barr, yang juga seorang mantan sniper. Saat diinterogasi, Barr hanya mengatakan untuk memanggil Jack Reacher.

Apa hubungannya Jack Reacher dengan kasus pembunuhan tersebut? Lihat filmnya dulu, yuk!

8. The Wall (2017)

The Wall (2017)
IMDb

Rekomendasi film sniper 2022 terbaik selanjutnya adalah The Wall. Film yang dibintangi oleh Aaron Tylor-Johnson dan John Cena ini merupakan thriller perang yang menegangkan. Film ini disutradarai oleh Doug Liman dan mengambil setting di Irak.

Ceritanya, dua orang sniper Amerika Serikat, Sersan Allen Isaac (Aaron) dan Sersan Shane Matthews (John) sedang diberi tugas untuk mengintai sebuah desa yang membuat rombongan PBB diserang dan dibunuh oleh penembak jitu pasukan lawan.

Meskipun sudah berhati-hati dengan mengendap-endap dan bersembunyi selama berhari-hari, akhirnya posisi mereka diketahui oleh sniper Irak. Hanya ada satu tempat yang dapat mereka jadikan perlindungan di tengah gurun yang panas tersebut, yakni sebuah tembok bekas bangunan yang sudah hancur.

Karena posisi yang sudah terjepit dan tidak bisa berbuat banyak, dua tentara AS tersebut hanya mengandalkan tembok sebagai tempat persembunyian. Mampukan mereka berdua bertahan dari incaran peluru sniper lawan sampai bala bantuan datang? 

9. Gemini Man (2019)

Gemini Man (2019)
IMDb

Rekomendasi film selanjutnya adalah film berjudul Gemini Man. Film ini merupakan salah satu film sniper terbaik Netflix yang menceritakan kisah penembak jitu bernama Henry Brogan. Ia merupakan mantan Marine Scout Sniper yang bekerja sebagai pembunuh luar biasa untuk Defense Intelligence Agency (DIA).

Brogan kemudian dikirim dalam misi untuk membunuh bio-teroris anonim di atas kereta api di Belgia. Namun karena misi yang tidak sesuai, membuatnya kecewa dengan pembunuhan dan akhirnya pensiun dari pelayanan pemerintah.

Beberapa saat kemudian, Brogan bertemu manajer persewaan perahu bernama Danny dan kembali berhubungan dengan teman lamanya bernama Jack. Jack kemudian mengungkapkan bahwa pria yang telah dibunuh oleh Brogan ternyata tidak bersalah. Brogan kemudian meminta Jack untuk mengatur pertemuan dengan Yuri. Bagaimana kisah selanjutnya? 

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

10. Sniper: Legacy (2014)

Sniper Legacy (2014)
IMDb

Film selanjutnya adalah Sniper: Legacy yang disutradarai oleh Don Michael Paul dengan pemain Tom Berenger, Chad Michael Collins, dan Dominic Mafham. Film bergenre drama dan action ini menceritakan tentang Brandon yang memiliki misi menangkap para komplotan yang telah membunuh rekan-rekannya di Kongo.

Setelah berhasil membunuh dalang dari komplotan tersebut, Brandon berpikir bahwa semua masalah akan selesai, namun ternyata tidak. Ayahnya yang bernama Thomas, seorang sniper handal harus terbunuh juga oleh kelompok misterius. 

Brandon yang tidak terima kemudian berjuang untuk menangkap pelaku pembunuhan ayahnya. Namun ditengah perjalanan, ia malah menemukan banyak hal yang seharusnya tidak diketahuinya. Bagaimana selanjutnya? Sedulur lebih baik menonton filmnya, ya!

11. Sniper: Ultimate Kill (2017)

film sniper terbaik
IMDb

Film Sniper: Ultimate Kill merupakan film bergenre action yang disutradarai oleh Claudio Fah dan diperankan oleh Chad Michael Collins, Billy Zane, dan Tom Berenger. Film ini menceritakan tentang seorang sniper bernama Brandon yang ditugaskan untuk pergi ke Kolombia guna membunuh Jesus Morales, seorang bandar narkoba dan The Devil, sniper pelindungnya.

Karena aksi The Devil dalam melindungi Jesus sangat cepat dan mematikan, Jesus menjadi semakin berkuasa untuk mengedarkan narkoba di seluruh dunia. Oleh karena itu, Brandon kemudian dibantu oleh seorang anggota DEA (Drug Enforcement Administration) bernama Kate yang kemudian bersama memburu Jesus dan The Devil.

12. Sniper: Ghost Shooter (2016)

film sniper terbaik
IMDb

Rekomendasi terakhir yaitu Sniper: Ghost Shooter yang juga merupakan film sniper terbaik Netflix. Sama-sama disutradarai oleh Don Michael Paul seperti pada film Sniper: Legacy, namun kali ini pemeran utamanya menjadi Chad Michael Collins, Billy Zane, dan Nick Gomez.

Dalam film ini, Brandon berjuang untuk menemukan pemberontak dan mata-mata dari perusahaan Transjordan, sebuah perusahaan di industri gas yang kerap kecolongan pipa gas oleh pemberontak lokal. 

Brandon dan teman-temannya kemudian ditugaskan untuk melindungi pipa dari para pemberontak lokal. Namun sayangnya, para pemberontak selalu tahu rencana Brandon dan akhirnya berhasil lolos. Brandon kemudian merasa curiga dengan keberadaan mata-mata di perusahaan sehingga menyebarkan kepada para pemberontak. Apakah ia akan menemukannya?

Nah, itulah 12 rekomendasi film sniper terbaik yang ada sejak dulu hingga sekarang selain film sniper korea. Meskipun sudah dirilis lama, namun film-film tersebut tetap menjadi film terbaik hingga tahun 2022 ini. Jika Sedulur tertarik, tidak ada salahnya untuk mencoba menonton salah satunya, loh. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.