film terbaik sepanjang masa

Apakah Sedulur suka menonton film? Selain menonton film baru yang sedang tayang di bioskop, Sedulur juga bisa, lho, memilih film lawas sebagai pilihan hiburan untuk ditonton di waktu luang. Seperti misalnya deretan film terbaik sepanjang masa berikut ini.

Apalagi saat ini juga terdapat beragam platform layanan streaming yang menyediakan film-film tersebut. Lantas, apa saja rekomendasi film terbaik yang wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup? Berikut rangkuman selengkapnya.

BACA JUGA: Sinopsis Monstrous, Pencarian Fenomena Supernatural Aneh

1. Film terbaik sepanjang masa The Godfather (1972)

film terbaik sepanjang masa
The Hollywood Reporter

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang pertama adalah The Godfather. Film hollywood legendaris ini dianugerahi penghargaan Oscar atau Academy Awards pada tahun 1972. Di sisi lain, film ini juga memperoleh rating tinggi di situs IMDb, yaitu 9.2/10.

-->

Film arahan sutradara Francis Ford Coppola ini menceritakan tentang bos mafia paling berpengaruh, Don Vito Corleone yang mendapat julukan sebagai The Godfather. Ia menjalankan sejumlah bisnis gelap termasuk prostitusi dan narkoba. Namun kejayaan keluarga Corleone berada di ambang kehancuran ketika The Godfather digantikan oleh sang putra setelah ditembak oleh keluarga Tattaglia yang sakit hati karena tawaran kerjasamanya ditolak.

2. Film terbaik sepanjang masa The Shawshank Redemption (1994)

film terbaik sepanjang masa
IMDb

Bisa dikatakan, The Shawshank Redemption merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa versi IMDb. Pasalnya film yang dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman ini mendapatkan rating tinggi di IMDb, yaitu 9.3/10. Adapun cerita film The Shawshank Redemption diadaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption sendiri menceritakan tentang Andy Dufresne, seorang bankir yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Ia didakwa atas pembunuhan terhadap istri dan kekasihnya. Meski dirinya bersikeras menyatakan tidak bersalah, bukti yang ada menunjukkan sebaliknya. Andy yang ditahan di Penjara Shawshank pun mulai menjalani kehidupan barunya.

3. Spirited Away (2001)

film terbaik sepanjang masa
RRI

Film animasi produksi Studio Ghibli ini juga masuk dalam daftar 100 film terbaik sepanjang masa. Spirited Away diketahui memenangkan piala Oscar pada 2003 untuk kategori Best Animated Feature. 

Adapun film animasi karya Hayao Miyazaki ini menceritakan tentang perjalanan magis yang dialami seorang gadis bernama Chihiro. Suatu ketika, ia dan keluarganya pindah ke sebuah pedesaan kecil di Jepang. Namun peristiwa aneh tiba-tiba terjadi ketika keluarganya tiba di sebuah taman bermain yang nampak terbengkalai.

BACA JUGA: Sinopsis The Roundup, Kisah Polisi Mengungkap Pembunuhan

4. Memories of Murder (2003)

film terbaik sepanjang masa
CNN Indonesia

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Memories of Murder. Film Korea bergenre thriller ini merupakan karya dari sutradara kawakan, Bong Joon Ho. Film ini juga turut dibintangi oleh sederet aktor papan atas, di antaranya Song Kang Ho dan Kim Sang Kyung.

Memories of Murder menceritakan tentang upaya pengungkapan kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Kota Hwaseong. Kasus bermula dari ditemukannya tubuh wanita yang diperkosa dan dibunuh secara tragis. Selanjutnya kasus serupa kembali ditemukan di kota tersebut.

Jalan cerita yang menarik dan penampilan para aktor yang memukau pun membawa film ini pada sederet penghargaan bergengsi. Beberapa penghargaan yang berhasil diterima oleh Memories of Murder adalah Best Film, Best Director, dan Best Actor dari Grand Bell Awards 2003, kemudian Best Screenplay dari Torino Film Festival 2003, dan Best Asian Film dari Tokyo International Film Festival 2003.

5. The Davinci Code (2006)

IMDb

The Davinci Code yang dirilis pada 2006 juga patut menyandang gelar film terbaik sepanjang masa. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Dan Brown. Meski sempat dibanjiri kritikan, film ini tetap berhasil menarik minat pecinta film misteri yang penuh akan teka-teki.

Adapun cerita film ini berpusat pada penyelidikan atas pembunuhan terhadap seorang kurator Museum Lovren, Jacques Sauniere. Bukan penyelidikan kasus pembunuhan biasa, kasus tersebut melibatkan simbol dan kode rahasia yang dibuat oleh Sauniere sebelum meninggal. Dalam proses pengungkapannya, kode-kode rahasia itu mengarah pada lukisan terkenal karya Da Vinci, Monalisa.

6. Film terbaik sepanjang masa The Dark Knight (2008)

Kompas

Pecinta film superhero tentu sudah tidak asing dengan film satu ini. The Dark Knight merupakan film karya Christopher Nolan yang menceritakan tentang pertarungan Batman dan Joker serta merupakan sekuel dari The Batman Begins.

Adapun film yang dibintangi oleh Christian Bale dan Heath Ledger ini berhasil mengumpulkan sejumlah penghargaan. Mulai dari piala Academy Awards 2009, British Academy Film Awards 2009, serta Golden Globe Awards 2009 dan Grammy Awards 2009.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Fantasi Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

7. Interstellar (2014)

HBO Max

Film bergenre fantasi Interstellar juga patut masuk daftar film barat terbaik sepanjang masa. Film yang dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Anne Hathaway ini mengusung genre science fiction (sci-fi) dengan latar ketika bumi mulai kehilangan kemampuannya sebagai tempat tinggal manusia.

Adapun film ini dianugerahi sederet penghargaan bergengsi. Sebut saja piala Academy Awards atau Oscar 2015 untuk kategori Best Visual Effects, British Academy Film Awards (BAFTA) 2015 untuk Best Special Visual Effects, dan Critics’ Choice Movie Awards 2015 untuk Best Sci-Fi/Horror Movie.

8. Don’t Breathe (2016)

TribunnewsWiki

Rekomendasi film terbaik berikut ini cocok menjadi referensi hiburan untuk Sedulur yang menyukai film pemicu adrenalin. Sebab film bergenre horor ini menceritakan tentang tiga pencuri yang terjebak di dalam rumah seorang pria tuna netra. Tanpa diduga, pria yang mereka remehkan itu merupakan seorang veteran perang. adapun film ini mendapat penghargaan sebagai film horor terbaik dari Saturn Awards di samping beragam nominasi dari ajang penghargaan lainnya.

9. Avengers: Endgame (2019)

BBC

Film terbaik sepanjang masa di dunia selanjutnya adalah Avengers: Endgame. Film yang dirilis pada 24 April 2019 ini menampilkan hampir seluruh superhero Avengers. Film ini pun menjadi perbincangan hangat jelang penayangannya. Bukan sekadar karena membuat penasaran pecinta film Avengers, namun juga soal durasinya yang terbilang cukup panjang yakni 180 menit atau tiga jam. Hal ini sekaligus menjadikan Avengers: Endgame sebagai film superhero terpanjang yang diproduksi oleh Marvel Cinematic Universe (MCU).

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik untuk Ditonton Akhir Pekan

10. Parasite (2019)

liputan6.com

Sama seperti Memories of Murder, Parasite juga merupakan film Korea arahan sutradara andal Bong Joon Ho. Parasiter sendiri layak dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa dengan serenteng penghargaan yang diperolehnya, termasuk Academy Awards atau Oscar. Film yang dibintangi oleh Song Kang Ho, Park So Dam, dan Choi Woo Shik itu dinobatkan sebagai mendapat gelar Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Naskah Asli Terbaik pada gelaran Oscar 2020. Di samping itu, masih banyak lagi penghargaan internasional yang dibawa pulang oleh film bergenre black-comedy tersebut.

11. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

Hotstar

Sementara itu, film terbaik sepanjang masa Indonesia yang pertama adalah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang dirilis pada 2016 lalu. Menurut Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), film yang diadaptasi dari film-film lawas Warkop DKI itu ditonton oleh 6,8 juta penonton. Angka tersebut merupakan pencapaian tertinggi per Mei 2021.

Tak hanya ditonton oleh jutaan orang, film arahan sutradara Anggy Umbara itu juga memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia untuk kategori jumlah penonton terbanyak dalam satu hari, yaitu 556 ribu orang. Di sisi lain, film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 juga menjadi film tercepat yang menembus 6,5 juta penonton.

Sekadar informasi, film ini dibintangi oleh Abimana Aryasatya sebagai Dono, Vino G. Bastian sebagai Kasino, dan Tora Sudiro sebagai Indro.

12. Film terbaik sepanjang masa Laskar Pelangi (2008)

Vidio

Film terbaik sepanjang masa Indonesia berikutnya adalah Laskar Pelangi. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata itu diproduksi oleh Miles Films dengan arahan sutradara Riri Riza.

Laskar Pelangi yang dirilis pada 2008 ini disebut sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 4,6 juta penonton. Rekor tersebut dipegang oleh Laskar Pelangi selama delapan tahun sebelum akhirnya dipatahkan oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Namun, apabila melihat daftar yang dirilis oleh Parfi, Laskar Pelangi merupakan satu-satunya film yang diproduksi sebelum 2010 yang berhasil masuk ke lima besar sebagai film terlaris.

Demikian tadi ulasan mengenai 12 film terbaik sepanjang masa. Film-film tersebut bisa Sedulur akses melalui platform layanan streaming. Sedulur berminat nonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.