film misteri terbaik indonesia

Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai untuk mengisi waktu menjelang buka puasa. Apalagi ada banyak judul film dari berbagai genre yang kini bisa ditonton di rumah melalui layanan OTT. Misalnya deretan film misteri terbaik Indonesia yang memiliki jalan cerita menarik sekaligus menegangkan.

Tertarik untuk menonton film misteri saat ngabuburit? Berikut sudah dirangkum daftar 25 film misteri terbaik Indonesia sebagai referensi pilihan hiburan untuk Sedulur. Yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Horor Korea yang Seru dan Menegangkan

Rekomendasi film misteri terbaik Indonesia

Ada banyak pilihan judul film misteri terbaik Indonesia yang bisa menjadi referensi tontonan hiburan Sedulur saat ngabuburit. Mulai dari film lawas Rumah Dara, film serial Danur dengan beberapa spin off-nya, hingga KKN Desa Penari yang sempat viral hingga mendapat predikat sebagai salah satu film horor terlaris sepanjang sejarah bioskop Indonesia.  Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar 25 film misteri atau horor terbaik Indonesia beserta sinopsis singkatnya.

-->

1. Rumah Dara (2010)

film misteri terbaik indonesia
Suara.com

Pemeran: Shareefa Daanish, Julie Estelle, Imelda Therinne, Ario Bayu, Arifin Putra

Rumah Dara merupakan salah satu film misteri terbaik Indonesia yang cukup populer dan banyak direkomendasikan sebagai film terseram. Kisah film ini dimulai dari sepasang suami istri yang hendak pergi ke luar negeri untuk memulai hidup baru. Mereka berangkat dari Bandung menuju bandara di Jakarta bersama beberapa orang teman. Mulanya perjalanan mereka menuju bandara berjalan lancar. Hingga mereka tak sengaja bertemu dengan seorang perempuan bernama Maya yang mengaku sebagai korban perampokan. Lantaran merasa kasihan, mereka lantas memberikan tumpangan dan mengantar perempuan tersebut untuk pulang. Tanpa disangka, kedatangan mereka ke rumah Maya membawa mereka pada petaka yang mengerikan.

2. Modus Anomali (2012)

film misteri terbaik indonesia
Netflix

Pemeran: Rio Dewanto, Hannah Al Rasyid, Surya Saputra, Marsha Timothy

Modus Anomali merupakan rekomendasi film misteri berikutnya yang cocok bagi Sedulur yang mencari tontonan dengan cerita menegangkan. Kisah film ini berpusat pada seorang pria yang berlibur bersama keluarganya di sebuah kabin di hutan. Tiba-tiba keanehan terjadi dan pria tersebut mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Tak hanya itu, ia juga dihadapkan pada fakta mengerikan di mana baru saja terjadi pembunuhan sadis di tempat tersebut.

3. Mata Batin (2017)

Liputan 6

Pemeran: Jessica Mila, Bianca Hello, Denny Sumargo

Mata Batin menceritakan tentang Alia dan Abel, kakak beradik yang memutuskan untuk kembali ke Jakarta setelah kepergian kedua orang tua mereka. Mereka pindah ke sebuah rumah yang merupakan tempat tinggal mereka semasa kecil. Namun keadaan rumah tersebut sudah jauh berbeda dibandingkan saat mereka tinggali dulu. Bahkan, Abel merasa ketakutan karena menurutnya ada sosok lain di sana. Hal itu mendorong Alia untuk mendatangi seorang paranormal. Di sana, mata batin Alia pun dibuka dan ia mulai melihat sosok yang selama ini dilihat oleh sang adik. Akan tetapi masalah tidak lantas selesai begitu saja. Sebab, sosok yang menghuni rumah mereka ternyata memiliki energi negatif yang dapat membahayakan Alia dan Abel.

4. The Doll 2 (2017)

Netflix

Pemeran: Luna Maya, Herjunot Ali, Shandy Aulia, Denny Sumargo, Sara Wijayanto

Film misteri dengan tema boneka seperti selalu sukses menyita perhatian, seperti The Doll 2 yang juga masuk dalam jajaran film horor terlaris. Film ini menceritakan tentang pasangan suami istri, Maira dan Aldo yang kehilangan putri mereka akibat kecelakaan. Maira yang tidak bisa melepaskan kepergian sang putri kemudian melakukan ritual pemanggilan arwah bersama sahabatnya. Namun ritual tersebut gagal. Meski begitu, kejadian aneh mulai menimpa kehidupan Maira. Selain itu, arwah Kayla seolah mendekat melalui Sabrina, boneka kesayangannya.

5. Danur (2017)

Liputan 6

Pemeran: Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Kinaryosih, Indra Brotolaras

Diceritakan bahwa sejak kecil, Risa memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib. Bahkan ia berteman dengan tiga orang hantu yang berwujud sebagai anak laki-laki Indo. Sang ibu yang tidak senang akan hal itu lantas meminta bantuan dukun agar Risa melupakan kemampuannya tersebut.

Selang beberapa tahun, Risa yang kini telah memiliki seorang adik perempuan kembali ke rumah masa kecilnya. Lantaran orang tuanya harus pergi bekerja ke luar kota, Risa dan Riri terpaksa tinggal di sana hanya bersama nenek dan sepupu mereka. Namun peristiwa aneh mulai terjadi ketika seorang wanita bernama Asih mengaku sebagai pengasuh yang diminta untuk bekerja di sana. Apalagi Risa mendapati bahwa sepupunya tidak bisa melihat Asih.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik Paling Bikin Baper

6. Pengabdi Setan (2017)

film misteri terbaik indonesia
Hotstar

Pemeran: Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae, Endy Arfian, Dimas Aditya

Keluarga Rini mengalami kesulitan finansial setelah sang ibu jatuh sakit. Berbagai upaya mereka lakukan termasuk menjual harta benda untuk mendapatkan biaya pengobatan. Namun sang ibu tak kunjung sembuh dan penyakitnya malah semakin parah. Bahkan ia hanya bisa berbaring di tempat tidur. Hingga kemudian sang ibu terjatuh di kamar dan mengembuskan napas terakhirnya.

Tanpa pernah disangka, kematian sang ibu rupanya menjadi awal dari berbagai peristiwa aneh sekaligus menyeramkan yang menimpa keluarga Rini. Apalagi tak lama setelah itu, sang nenek yang juga tinggal di rumah tersebut ditemukan meninggal akibat tenggelam di sumur. Tak berhenti sampai di situ, Rini dan keluarganya harus menghadapi fakta bahwa sang ibu ternyata terlibat dengan sebuah sekte pemuja setan.

7. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

film misteri terbaik indonesia
IDN Times

Pemeran: Luna Maya, Herjunot Ali, Teuku Rifnu Wikana

Film ini menceritakan tentang Suzanna dan Satria yang telah lama menantikan kehadiran seorang buah hati. Selang lima tahun setelah menikah, Suzzanna akhirnya dinyatakan hamil. Namun di tengah masa kehamilannya itu, Satria harus pergi dinas ke luar negeri yang menyebabkan Suzzanna harus tinggal seorang diri.

Situasi rumah yang sepi ternyata dimanfaatkan oleh empat karyawan yang menyimpan dendam kepada Satria. Mereka melancarkan aksi perampokan yang berujung pada kematian Suzanna. Lantaran panik mengetahui istri majikannya meninggal, mereka lantas mengubur jenazahnya di belakang rumah. Semenjak itu, arwah Suzanna meneror mereka untuk meminta pertanggung jawaban.

8. Danur 2: Maddah (2018)

film misteri terbaik indonesia
Kompas.com

Pemeran: Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shawn Adrian, Sophia Latjuba, Bucek

Danur 2: Maddah mengambil latar kejadian satu tahun setelah film yang pertama. Diceritakan Risa dan Riri yang ditinggal orang tuanya bekerja ke luar negeri menjadi sering berkunjung ke rumah bibi mereka, Tina, yang juga tinggal di Bandung. Di sana, Tina tinggal bersama sang suami, Ahmad dan putra mereka, Angki.

Setelah beberapa kali mengunjungi kediaman bibinya, Risa menyadari sang paman memiliki kebiasaan yang tidak wajar. Singkat cerita ia menemukan bahwa pamannya tengah dekat dengan seorang hantu bernama Elizabeth. Namun Elizabeth sebenarnya memiliki niat jahat untuk membunuh Ahmad sebagai pengganti kekasihnya yang mati dibunuh.

9. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

film misteri terbaik indonesia
Tribun Wiki

Pemeran: Chelsea Islan, Pevita Pearce, Karina Suwandi, Ray Sahetapy

Rekomendasi film misteri terbaik Indonesia berikutnya adalah Sebelum Iblis Menjemput. Cerita film ini dimulai dari seorang pria bernama Lesmana yang meminta bantuan iblis untuk mendapatkan kesuksesan. Selang beberapa tahun kemudian, ia mengalami penyakit misterius hingga keluarganya menduga ia akan segera menemui ajalnya. Mereka lantas mencari aset yang ditinggalkan termasuk vila tua miliknya.Namun pencarian mereka malah berujung pada terungkapnya kerjasama Lesmana dengan iblis selama ini. Hal itu juga diduga menjadi penyebab dirinya mengalami penyakit misterius di usia senjanya.

10. Sabrina (2018)

Netflix

Pemeran: Luna Maya, Christian Sugiono, Sara Wijayanto, Jeremy Thomas

Film Sabrina mengikuti kisah Maira yang tengah dirundung kebahagiaan atas pernikahannya dengan Aiden. Sebagai tanda cinta untuk sang istri, Aiden membuat boneka Sabrina yang merupakan boneka kesukaan mendiang anak Maira. Di sisi lain, anak angkat sekaligus keponakan Aiden, Vanya yang ikut bersama mereka belum bisa menerima Maira sepenuhnya lantaran masih merindukan sang ibu yang meninggal.

Suatu ketika, Vanya melakukan sebuah permainan untuk memanggil almarhum ibunya. Hal ini rupanya memicu terjadinya rentetan peristiwa aneh di rumah tersebut, termasuk berpindahnya boneka Sabrina dari satu tempat ke tempat yang lain.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Sedih yang Dijamin Menguras Air Mata

11. Asih (2018)

Tribun Wiki

Pemeran: Shareefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya, Alex Abbad, Marini

Asih merupakan spin off dari film serial Danur yang terutama menyoroti sosok Asih dengan mengambil latar 37 tahun sebelum cerita dalam Danur. Asih sebenarnya memiliki nama asli Kasih, seorang gadis desa yang merantau ke kota dan kemudian kembali dalam kondisi hamil tanpa suami. Ia kemudian membunuh bayinya dan mengakhiri hidupnya sendiri. Semenjak itu, ia mencari anak lain untuk menggantikan bayinya yang telah meninggal.

Sementara itu, Ita yang sedang hamil tua hidup bersama Andi dan ibunya di Kota Bandung. Ita mendapat peringatan dari bidan setempat untuk berhati-hati dengan makhluk gaib setelah mendengar kabar kematian Asih. Benar saja, setelah putrinya lahir, Ita dan keluarganya mendapat teror dari arwah Asih yang menginginkan anaknya.

12. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Suara.com

Pemeran: Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim

Maya dan Dini merupakan sahabat karib yang sama-sama mengadu nasib di kota dengan mendirikan usaha toko baju. Sayangnya bisnis tersebut tidak berjalan lancar hingga keduanya kehabisan uang. Di tengah situasi tersebut, Maya teringat dengan warisan dari orang tuanya yang mungkin masih tersimpan di desa.

Keduanya lantas pergi ke kampung halaman Maya untuk mencari warisan. Namun rencana mereka tidak berjalan mulus karena banyak hal yang tidak mereka ketahui mengenai desa tersebut. Termasuk kutukan yang melibatkan keluarga Maya.

13. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 (2020)

Hotstar

Pemeran: Chelsea Islan, Widika Sidmore, Hadijah Shahab, Baskara Mahendra, Shareefa Daanish

Setelah mengalami teror mengerikan di vila tua milik sang ayah, Alfie dan Nara mencoba melanjutkan hidup mereka dengan normal. Namun Alfie ternyata masih dihantui rasa bersalah atas kematian saudara-saudara tirinya. Ia juga sering mengalami mimpi buruk dan penglihatan yang tidak wajar yang berhubungan dengan peristiwa teror tersebut.

14. Makmum 2 (2021)

film misteri terbaik indonesia
Kompas.com

Pemeran: Titi Kamal, Rizal Pahlevi, Samuel Rizal, Marcella Zalianty, Jason Doulez Beunaya Bangun

Rekomendasi film misteri terbaik Indonesia yang berikutnya adalah Makmum 2. Film ini menceritakan tentang Rini yang memilih kembali ke kampung halamannya setelah kepergian sang suami. Apalagi saat itu ia juga mendapat kabar bahwa Bude Yanti yang merawatnya sewaktu kecil meninggal dunia.

Suatu ketika, sang putra yakni Hafiz bermain petak umpet bersama anak-anak desa lainnya. Tanpa ada yang tahu, mereka masuk ke hutan larangan yang telah lama dikenal sebagai daerah angker. Mereka pun sempat dinyatakan hilang sebelum akhirnya ditemukan di tengah hutan dalam keadaan tak sadarkan diri. Di sisi lain, kejadian aneh kerap menimpa Rini di mana ia diganggu oleh hantu yang hadir sebagai makmum ketika ia melaksanakan salat.

15. Ghost Writer 2 (2022)

film misteri terbaik indonesia
Cultura Magazine

Pemeran: Tatjana Saphira, Deva Mahenra, Endy Arfian, Moh Iqbal Sulaiman

Ghost Writer 2 merupakan film misteri terbaik Indonesia yang bisa menjadi pilihan Sedulur yang menginginkan tontonan bergenre horor dengan bumbu komedi. Diceritakan, Naya adalah seorang penulis novel horor yang kerap dianggap sebagai cenayang. Ia tengah dirundung duka atas kepergian tunangannya, Vino yang meninggal akibat kecelakaan.

Akan tetapi, hantu Vino ternyata masih bergentayangan. Vino menduga dirinya tidak bisa pergi ke alam baka karena harus membantu hantu lainnya. Ia lantas meminta bantuan Naya untuk membantu hantu lain sehingga nantinya ia juga bisa pergi ke alam baka.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Tentang Kiamat Terbaik, Menegangkan Banget!

16. Qorin (2022)

film misteri terbaik indonesia
Suara.com

Pemeran: Zulfa Maharani, Omar Daniel, Aghniny Haque

Qorin merupakan film misteri dengan lantar religi yang disutradarai oleh Gianti Rona. Film ini menyoroti seorang siswi teladan di sebuah pesantren. Ia selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya, termasuk melakukan ritual Qorin bersama para siswi lainnya.

Akan tetapi, tugas melakukan ritual Qorin itu ternyata membawa petaka bagi para siswi. Mereka mulai dihantui oleh sosok jin yang menyerupai diri mereka masing-masing. Tak hanya itu, hidup mereka juga seolah diambil alih oleh jin qorin sehingga mereka melakukan perbuatan yang melanggar aturan agama.

17. Jailangkung: Sandekala (2022)

film misteri terbaik indonesia
Hotstar

Pemeran: Titi Kamal, Syifa Hadju, Muzakki Ramdhan, Giulio Parengkuan, Dwi Sasono

Sepasang suami istri beserta kedua anak mereka sedang menikmati liburan ke luar kota. Mereka kemudian mengunjungi sebuah danau untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Tiba-tiba saat matahari terbenam, Kinan si bungsu menghilang secara misterius. Di tengah upaya pencarian, mereka malah menemukan sebuah boneka jailangkung.

18. The Doll 3 (2022)

CNN Indonesia

Pemeran: Jessica Mila, Winky Wiryawan

The Doll 3 menceritakan tentang Tara, seorang gadis yang hidup seorang diri setelah kepergian kedua orang tuanya akibat kecelakaan. Ia sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Gian namun memilih mengakhiri hidupnya akibat mengalami trauma. Tara yang terus dirundung duka lantas meminta bantuan dukun untuk memasukkan arwah Gian ke dalam sebuah boneka bernama Bobby.

Semenjak itu Tara kembali bersemangat dan bahkan hubungannya dengan sang tunangan kembali membaik. Akan tetapi lambat laun, arwah Gian yang hidup di dalam boneka mulai menunjukkan sikap berbeda dan bahkan membahayakan nyaman orang-orang di sekitar Tara.

19. Ivanna (2022)

CNN Indonesia

Pemeran: Caitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Shandy William, Sonia Alyssa

Ivanna merupakan spin off dari film serial Danur yang menyoroti sosok hantu Ivanna. Ia merupakan seorang perempuan asal Belanda yang dibunuh oleh tentara Jepang yang mengakibatkannya kehilangan kepala. Ivanna pun menyimpan dendam karena merasa terkhianati semasa hidupnya.

Upaya pembalasan dendam Ivanna membahayakan hidup Ambar dan Dika yang kini hidup di sebuah panti jompo milik kerabat pasca kematian kedua orang tua mereka. Ambar dan seluruh penghuni panti mengalami serangkaian kejadian mistis yang menyeramkan. Apalagi mereka menemukan sebuah patung tanpa kepala.

20. KKN Desa Penari (2022)

Hotstar

Pemeran: Tissa Biani, Adinda Thomas, Achmad Megantara

Film ini dibuat berdasarkan cerita mistis yang sempat viral beberapa tahun lalu. Diceritakan sekelompok mahasiswa menjalankan KKN di sebuah desa terpencil. Tanpa pernah disangka, desa tersebut ternyata menyimpan sejumlah hal mistis termasuk sosok penari misterius yang menyeramkan. Bahkan, mereka terancam tidak bisa keluar dari desa tersebut setelah berbagai peristiwa misterius yang mereka alami.

BACA JUGA: Rekomendasi Film Bertahan Hidup, Ada yang dari Kisah Nyata!

21. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

film misteri terbaik indonesia
Suara.com

Pemeran: Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, Bront Palarae

Setelah berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa menyeramkan dalam film pertama, Rini beserta kedua adik dan ayahnya memutuskan untuk pindah ke rumah susun milik pemerintah. Sayangnya, keadaan rumah susun yang ramai dan dihuni banyak orang ternyata tidak menjamin kehidupan yang menenangkan untuk mereka. Sebab mereka juga harus menghadapi teror dari makhluk misterius yang ikut menghuni rumah susun tersebut.

22. Jagat Arwah (2022)

film misteri terbaik indonesia
Kompas.com

Pemeran: Oka Antara, Cinta Laura, Ari Irham, Ganindra Bimo, Sheila Dara

Jagat Arwah bisa menjadi rekomendasi film misteri terbaik Indonesia untuk Sedulur yang menyukai film petualangan dengan bumbu horor yang menegangkan. Diceritakan, Raga berusaha mengungkap penyebab kematian sang ayah yang meninggal secara misterius. Perjalanannya mengungkap misteri tersebut membuat mata batinnya terbuka. Tak hanya itu, ia juga harus menghadapi dua jagat, yaitu jagat manusia dan jagat arwah.

23. Inang (2022)

film misteri terbaik indonesia
CNN Indonesia

Pemeran: Naysilla Mirdad, Lydia Kandou, Rukman Rosadi, Dimas Anggara

Inang merupakan film misteri yang mengisahkan tentang mitos Rebo Wekasan. Diceritakan, Wulan merupakan seorang karyawan supermarket yang ditinggalkan kekasihnya dalam kondisi hamil. Kendati begitu, ia tidak berniat untuk menggugurkan kandungannya dan bertekad untuk menjaga anaknya tersebut. Ia kemudian mencari informasi seputar kehamilan yang malah membawanya pada sebuah grup berisi sekumpulan orang yang bersedia membantu para calon ibu seperti Wulan.

Dari sana, ia bertemu dengan Keluarga Santoso yang kelah akan mengadopsi anaknya. Namun bukan mendapat kedamaian, ia malah dihadapkan pada hal-hal menakutkan saat tinggal bersama keluarga tersebut.

24. Qodrat (2022)

CNN Indonesia

Pemeran: Vino G. Bastian, Marsha Timothy

Ustaz Qodrat dikenal sebagai pemuka agama yang juga memiliki ilmu rukiah. Namun ia memiliki pengalaman pahit di mana dirinya gagal merukiah Ali Al Fatanah, anaknya sendiri. Ia pun memutuskan untuk kembali ke pesantren yang menjadi tempatnya menimba ilmu dahulu. Akan tetapi pesantren tersebut telah dipenuhi oleh gangguan-gangguan makhluk halus. Hal itu membuatnya harus melakukan ritual rukiah kepada seorang anak bernama Alif Amri yang memiliki nama yang mirip dengan nama sang anak yang sudah meninggal dunia.

25. Bayi Ajaib (2023)

Kompas.com

Pemeran:  Vino G Bastian, Adipati Dolken, Sara Fajira, Desy Ratnasari, Teuku Rifnu Wikana

Rekomendasi film misteri terbaik Indonesia yang terakhir adalah Bayi Ajaib. Film ini menceritakan tentang Kosim yang menjadi kaya mendadak setelah menemukan emas di sungai. Ia pun langsung mempersunting gadis pujaannya dan hidup makmur sebagai juragan tanah. Kebahagiaan kembali menyelimuti Kosim saat sang istri mengandung anak laki-laki.

Namun ketika anak itu lahir, ternyata ia telah dirasuki oleh arwah laki-laki tua berdarah Portugis. Kosim lantas berupaya menutupi hal itu karena ia berencana mencalonkan diri sebagai kepala desa. Akan tetapi sang putra lambat laun mulai mengancam keselamatan keluarga Kosim.

Itu dia 25 rekomendasi film misteri terbaik Indonesia yang bisa menjadi referensi hiburan Sedulur saat ngabuburit. Apalagi kini film-film tersebut telah tersedia di berbagai platform layanan streaming atau OTT sehingga bisa ditonton di rumah.

Selain menonton saat ngabuburit, deretan film misteri di atas juga cocok dipilih sebagai hiburan saat berkumpul bersama keluarga selepas berbuka atau saat lebaran nanti. Agar nonton film makin seru, jangan lupa sediakan beragam camilan seperti Udalado yang memiliki cita rasa gurih dan pedas khas Nusantara.

Udalado bisa Sedulur beli hanya di Aplikasi Super yang juga menyediakan beraneka macam camilan, minuman, hingga kebutuhan rumah tangga. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!