film kiamat terbaik

Film kiamat terbaik merupakan genre film yang biasanya menampilkan peristiwa ekstrem seperti bencana ataupun wabah yang mengancam kehidupan manusia. Meski menyajikan cerita yang menegangkan, film-film tentang kiamat rupanya banyak digemari. Tak heran, cukup banyak judul film kiamat yang menjadi populer hingga masuk jajaran film box office.

Apakah Sedulur juga tertarik dengan film tentang kiamat? Berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi film kiamat terbaik yang bisa menjadi referensi hiburan di akhir pekan. 

BACA JUGA: 14 Film Bencana Alam yang Menegangkan & Bikin Deg-degan!

Rekomendasi film tentang kiamat terbaik

Film kiamat terbaik bukanlah sebuah genre film baru. Sebab ada sejumlah film lawas yang mengusung tema kiamat, misalnya Deep Impact yang dirilis pada 1998 silam. Film tersebut menceritakan tentang ancaman tabrakan komet ke planet bumi. Selain itu, ada juga Geostorm (2017), film yang menceritakan soal proyek satelit pengendali cuaca yang malah berujung bencana alam besar.

-->

Lebih lengkapnya, berikut ada 10 rekomendasi film kiamat terbaik beserta sinopsis dan ulasan singkat yang sudah dirangkum khusus untuk Sedulur.

1. Geostorm (2017)

film kiamat terbaik
Netflix

Rekomendasi film kiamat terbaik yang pertama adalah Geostorm. Film bergenre fiksi ilmiah dari Warner Bros ini dirilis pada 2017 lalu.

Cerita film Geostorm berfokus pada proyek pengendalian cuaca dengan menggunakan sebuah satelit. Proyek bernama The Dutchman atau The Dutch Boy itu dilakukan sebagai respon atas perubahan iklim ekstrem.

Satelit yang dirancang dengan teknologi geoengineering tersebut ditujukan untuk mencegah terjadinya bencana alam. Dalam dua tahun pertama, proyek tersebut berhasil memberikan dampak baik bagi kehidupan bumi. Namun di tahun ketiga berjalannya proyek satelit itu, terjadi kerusakan yang menyebabkan bencana mengerikan.

2. Pandora (2016)

Netflix

Pandora merupakan film tentang kiamat terbaik asal Korea Selatan. Film garapan sutradara Park Jung Woo ini menceritakan tentang peristiwa gempa bumi yang menyebabkan terjadinya ledakan reaktor nuklir.

Kisah bermula dari seorang mekanik bernama Kang Jae Hyuk yang bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir. Ia sebenarnya telah lama memiliki keinginan untuk meninggalkan kota tempat tinggal sekarang dan mencari pekerjaan baru.

Sayangnya sebelum keinginannya itu terwujud, terjadi gempa bumi yang menyebabkan sebuah reaktor nuklir di tempat ia bekerja meledak. Ledakan tersebut menewaskan sejumlah orang yang sedang bekerja di ruangan bawah tanah. Jae Hyuk yang selamat dari bencana itu pun berusaha untuk bertahan hidup sembari menyelamatkan orang-orang.

3. San Andreas (2015)

HBO Max

Berikutnya ada film San Andreas yang dibintangi oleh Dwayne Johnson dan Alexandra Daddario. Film garapan sutradara Brad Peyton ini menceritakan tentang gempa bumi dahsyat di Los Angeles. Gempa berkekuatan 9.1 skala richter itu menyebabkan seluruh bangunan hancur.

Adapun San Andreas terutama mengikuti kisah Ray Gaines, seorang pilot helikopter dari tim penyelamat. Ia berupaya mencari keberadaan sang putri, Blake yang berada di sebuah gedung saat gempa terjadi. Selain itu, Ray juga harus menyelamatkan istrinya meski mereka tengah dalam proses perceraian.

Upaya penyelamatan tersebut pun diwarnai dengan berbagai rintangan dan drama. Termasuk adanya gempa susulan hingga tsunami yang menyebabkan kondisi Kota Los Angeles semakin porak-poranda.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Film Tentang Pembunuh Bayaran Terbaik

4. The Book of Eli (2010)

Warner Bros

The Book of Eli merupakan film tentang kiamat yang dirilis pada 2010 silam. Film ini menceritakan tentang kondisi dunia yang hancur setelah terjadi perang besar. Akibatnya, kehidupan seolah kembali pada titik awal di mana tidak ada gedung-gedung tinggi nan megah serta hanya tersisa segelintir orang di muka bumi.

Tak hanya bangunan dan manusia, buku-buku termasuk kitab suci juga musnah. Namun ada satu kitab Injil yang masih tersisa. Buku suci tersebut dibawa oleh seorang pria bernama Eli. Setelah terjadinya perang yang menghancurkan kehidupan di bumi, Eli melakukan perjalanan ke arah barat, di mana peradaban baru dimulai, dengan membawa buku tersebut.

Namun perjalanan yang ditempuh Eli tidaklah mudah. Ia berjalan selama puluhan tahun dan harus menghadapi berbagai hal yang menghalangi. Termasuk anak buah Carnegie, seorang penguasa kota padang pasir yang terobsesi dengan buku yang ia bawa.

5. 2012 (2009)

film kiamat terbaik
Netflix

2012 merupakan salah satu film tentang kiamat yang sempat menjadi perbincangan hangat saat pertama kali dirilis pada 2009 silam. Film bergenre fiksi ilmiah ini menceritakan tentang prediksi kepunahan manusia akibat bencana alam yang terjadi di muka bumi.

Kisah film 2012 dimulai dengan seorang ahli geologi Amerika Serikat yang mengungkapkan bahwa bumi akan diguncang bencana besar dalam waktu dekat. Hal itu berawal dari pertemuannya dengan astrofisikawan yang menghasilkan penemuan bahwa kerak bumi berubah menjadi tidak stabil akibat pergeseran planet-planet. Kondisi tersebut diprediksi akan memicu badai matahari besar yang menyebabkan bumi mengalami peningkatan suhu secara drastis.

Tak berhenti sampai di situ, prediksi tentang akhir kehidupan manusia juga didukung dengan perhitungan kalender suku Maya yang menunjukkan dunia akan berakhir pada 21 Desember 2012. Prediksi tersebut lantas ditanggapi oleh Presiden Amerika Serikat dan pemimpin dunia lainnya dengan membuat proyek bahtera untuk menyelamatkan umat manusia.

6. Knowing (2009)

Cinejour

Film kiamat terbaik yang patut masuk daftar tontonan Sedulur berikutnya adalah Knowing. Film yang dirilis pada 2009 ini dibintangi oleh Nicholas Cage, Rose Byrne, Chandler Canterbury, dan Lara Robinson.

Kisah film Knowing dimulai dengan latar sebuah sekolah yang baru dibuka. Dalam acara pembukaan, dilakukan pembuatan kapsul waktu yang kemudian ditanam dan rencananya akan dibuka 50 tahun kemudian. Setiap murid diminta untuk menggambar apa saja yang akan terjadi di masa depan. Seorang murid bernama Lucinda menuliskan sejumlah angka acak di kertas yang kemudian turut dimasukkan ke dalam kapsul.

50 tahun kemudian, sekolah tersebut menggelar perayaan hari jadi yang diisi dengan acara pembukaan kapsul waktu yang ditanam puluhan tahun silam. Kertas milik Lucinda itu ditemukan oleh seorang anak laki-laki bernama Caleb. Namun ia tidak memahami apa arti deretan angka di kertas yang didapatkannya itu.

Sementara, ayah Caleb ternyata menaruh perhatian pada tulisan Lucinda saat tak sengaja menemukannya di rumah. Tanpa disangka, angka-angka tersebut ternyata merujuk pada tanggal, koordinat lokasi, hingga jumlah korban dari berbagai bencana yang pernah maupun akan terjadi.

Tak hanya itu, terdapat ramalan tentang terjadinya badai matahari yang disebut akan menghancurkan bumi. Temuan tersebut pun membuat ayah Caleb memutuskan untuk mencari tahu tentang sosok Lucinda dan bagaimana angka-angka tersebut dapat ditulis olehnya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix, Bikin Takut!

7. I Am Legend (2007)

Kompa

Berikutnya ada I Am Legend, film tentang serangan zombie yang dibintangi oleh aktor kawakan, Will Smith. Kisah dimulai ketika kota tempat tinggal Robert Neville mendadak menjadi kota mati akibat infeksi virus.

Virus yang berasal dari vaksin untuk kanker itu menyebabkan manusia yang terinfeksi menjadi makhluk mengerikan bernama Darkseeker. Sementara, Neville yang juga seorang ilmuwan menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari infeksi virus tersebut. Namun hal itu juga membuatnya harus bertahan hidup di tengah kota mati dan serangan makhluk mengerikan yang terutama muncul di malam hari.

Di sisi lain, Neville juga tidak ingin menjalani hidupnya dengan penuh rasa takut akibat ancaman serangan para Darkseeker. Ia lantas melakukan percobaan untuk menemukan obat yang bisa memulihkan kondisi manusia yang sudah terinfeksi virus misterius tersebut. Sayangnya, upaya Neville tidak berjalan mulus lantaran para zombie mulai menyadari keberadaannya. Tak hanya itu, Sam, anjing peliharaannya juga terinfeksi virus tersebut.

8. Krakatoa: The Last Days (2006)

film kiamat terbaik
IMDb

Krakatoa: The Last Days adalah film dokumenter dari BBC yang diangkat dari peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada 1883 silam. Film ini didasarkan pada catatan dari Rogier Diederik Marius Verbeek, seorang ilmuwan geologi Belanda yang telah mengkaji kawasan tersebut selama dua tahun sebelum peristiwa itu terjadi. Selain itu, catatan dari korban selamat juga menjadi dasar cerita yang disajikan dalam film dokumenter tersebut.

Selain mengungkapkan sejarah meletusnya Gunung Krakatau, film Krakatoa: The Last Days juga menyoroti keluarga Willem Beijerinck yang merupakan seorang pengawas Bank Kapas. Diceritakan, saat itu wilayah tersebut dihuni oleh penduduk asli dan kolonial Belanda.

Peristiwa meletusnya Gunung Krakatau sendiri disebut dimulai dengan letusan besar yang menggemparkan warga sekitar. Tak lama berselang, terjadi tsunami dahsyat yang menyapu daratan di sekitar Gunung Krakatau. Sementara menurut catatan sejarah, setidaknya ada 36.500 korban jiwa akibat letusan Gunung Krakatau dan tsunami kala itu.

9. The Day After Tomorrow (2004)

Disney Plus

The Day After Tomorrow merupakan salah satu film kiamat terbaik yang cukup populer. Film arahan sutradara Roland Emmerich ini diangkat dari buku berjudul The Coming Global Superstorm.

Film The Day After Tomorrow menceritakan tentang seorang ahli paleoclimatology yang melakukan penelitian terkait retakan besar di Benua Antartika. Di sisi lain, terjadi fenomena perubahan cuaca secara ekstrem di berbagai belahan bumi. Di antaranya hujan es berukuran besar di Jepang, angin topan di Los Angeles, dan penurunan suhu air di Atlantik Utara. Rangkaian peristiwa itu berujung pada penurunan suhu bumi hingga menyebabkan dunia membeku dalam waktu cepat.

10. Deep Impact (1998)

film kiamat terbaik
HULU

Terakhir ada Deep Impact, film kiamat terbaik yang menceritakan tentang ancaman tabrakan komet ke bumi. Film yang dirilis pada 1998 ini disutradarai oleh Mimi Leder dan dibintangi sederet bintang kenamaan Hollywood, di antaranya Elijah Wood, Morgan Freeman, dan Leelee Sobieski.

Cerita film Deep Impact dimulai ketika terdapat sebuah objek aneh di langit. Objek yang diidentifikasi sebagai komet tersebut diprediksi akan segera menabrak bumi. Menanggapi hal itu, NASA menyatakan bahwa pihaknya akan segera mengirim astronot untuk melakukan misi ke luar angkasa.

Dalam misi tersebut, tim astronot mendapat tugas untuk menanamkan bom nuklir di bawah permukaan komet. Namun rencana tersebut tidak berjalan mulus. Sebab terjadi ledakan besar akibat sengatan sinar matahari yang memanaskan komet. Hal itu juga membuat kru yang dikirim ke luar angkasa mengalami luka dan kehilangan kontak dengan bumi.

Itu dia 10 rekomendasi film kiamat terbaik yang bisa menjadi referensi hiburan untuk Sedulur. Film-film yang sudah diulas di atas dapat Sedulur saksikan melalui berbagai platform layanan streaming.

Nah, agar nonton film makin seru, jangan lupa siapkan kudapan sebagai teman nonton. Sedulur bisa membeli aneka camilan dan minuman ringan dengan harga murah di Aplikasi Super.

Tak hanya murah, belanja di Aplikasi Super juga super mudah. Sedulur cukup pesan lewat aplikasi dan barang pesanan akan langsung dikirim sampai depan rumah. Praktis bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja camilan serta minuman untuk teman nonton film di rumah sepuasnya.