film horor korea

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai film horor Indonesia dan Barat, kali ini kita akan membahas film horor Korea yang sangat cocok untuk tontonan Sedulur yang menyukai film dengan genre horor. Korea memang terkenal melahirkan film dengan genre romansa, akan tetapi, film horor Korea juga tak kalah menegangkan lho. 

Berikut rekomendasi film horor Korea terbaru yang dapat Sedulur tonton saat akhir pekan. Yakin berani nonton sendiri? 

 BACA JUGA : Sinopsis The Northman, Kisah Viking yang Haus Balas Dendam

1. Umma (2022)

film horor korea
Pikiran Rakyat

Film horor Korea 2022 yang perlu Sedulur tonton adalah Umma. Film ini merupakan supernatural gabungan antara unsur kebudayaan Korea dan juga Amerika. Umma merupakan film horor yang tayang pada Maret 2022 kemarin. Film horor yang bercerita tentang kehidupan Amanda, seorang ibu tunggal yang tinggal bersama putrinya di sebuah peternakan terpencil di Amerika Serikat. Rumah itu kelak dihantui oleh mendiang ibunya yang akan menjadi kisah dari film tersebut. Film ini merupakan sebuah film horor supernatural dengan unsur kebudayaan Korea dan Amerika.

2. My Cilling Roomate (2022)

film horor korea
Suara.com

Film horor Korea terbaru selanjutnya adalah My Cilling Roomate. Film ini telah rilis pada 19 Juli 2022 di bioskop. Tak hanya bergenre horor, film yang dibintangi oleh Chanwoo iKon dan juga Sowon ini juga menghadirkan drama komedi dan juga romantis.

My Cilling Roommate memiliki dua versi, yaitu versi drama dan juga versi film. Untuk versi filmnya tidak jauh berbeda dari versi dramanya. Film ini mengisahkan tentang hantu pria yang mengalami hilang ingatan, termasuk apa yang menyebabkan dirinya meninggal.

Kemudian, hantu pria tersebut meminta bantuan kepada seorang Wanita yang menjadi manusia satu-satunya yang dapat mendengarnya. Perempuan tersebut bernama Jung Seri, ia memiliki masa lalu kelam yang berhubungan dengan hantu yang membuatnya hingga saat ini dapat melihat arwah orang yang sudah meninggal.

Penasaran bagaimana kisah selanjutnya? Sedulur dapat menyaksikan cerita dari film My Cilling Roomate di Viki.

3. Monstrous (2022)

film horor korea
Sommpi

Film horor Korea 2022 yang selanjutnya adalah Monstrous. Film drama bergenre horor thriller ini tayang pada April 20222 lalu. Pemain film ini diantaranya Koo Kyo Hwan dan Shin Hyun Bin yang dipecaya memerankan tokoh utama.

Film ini bercerita tentang Jung Ki Hoon yang merupakan seorang arkeolog dan sering menyelidiki banyak fenomena yang terjadi. Jung Ki Hoon juga sering mencari fenmena supernatural yang terjadi di masyarakat. Pada suatu waktu, ia mendapatkan kasus tak terduga yang mengubah kehidupannya. Ia kemudian menerbitkan majalah okultisme Monthly Strange Story dan menjalankan saluran YouTube yang sama.

4. The Call (2020)

Bisnis.com

Film horor Korea yang tak kalah menegangkan adalah The Call. Film bergenre horor-thriller ini bercerita tentang teror telepon dari masa lalu yang dapat merubah takdir. Beberapa aktor yang turut membintangi film ini yaitu Jeon Jeong-seo, Park Shin-hye, Lee El dan yang lainnya.

The Call bercerita tentang seorang gadis bernama Seo-yeon yang hidup di masa sekarang. Suatu ketika ia berkunjung ke rumah masa kecilnya. Di rumah itu, ia menemukan beberapa hal ganjil seperti telepon yang tiba-tiba berdering dan juga dinding pokok lantai dua yang sangat mencurigakan.

Ia pun lalu menghancurkan dinding tersebut dan menemukan sebuah bunker yang tersembunyi. Di dalam bunker itu, See-yeon menemukan boneka, bangku dan buku harian milik seorang remaja.

Tha Call menjadi film yang wajib ditonton untuk Sedulur yang menyukai genre horor-thriller, karena film ini menyajikan banyak misteri-misteri dan juga adegan yang sangat mendebarkan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

5. The 8th Night (2021)

Sindonews

Film Korea horor terbaik yang wajib Sedulur tonton selanjutnya adalah The 8th Night. Film yang tayang pada 2021 ini dibintangi oleh Lee Sung-min, Park Hae-joon dan Kim Yoo-jun. Sedangkan sutradaranya yaitu Kim Tae-hyung.

Film ini mengisahkan tentang dua makhluk misterius yang membuka gerbang neraka pada 25 abad silam. Kedua makhluk tersebut berusaha untuk mendatangkan rasa sakit dan penderitaan bagi manusia. Kemudian ada sang Buddha yang menangkap dua makhluk yang sangat berbahaya itu. Ia kemudian menyegel kedua roh jahat itu di tempat yang berbeda, yaitu di gurun ujung barat dan gurun ujung timur.

Suatu ketika roh jahat tersebut bebas karena segelnya terlepas. Ia kemudian berusaha untuk mencari kawannya dan menargetkan manusia menjadi tumbalnya. 

6. The Closet (2020)

film horor korea
CNN

Terbaik dan Layak Ditonton selanjutnya yaitu The Closet. Film yang disutradari oleh Kwang Bin Kim ini menyajikan cerita yang cukup seram dan juga menegangkan. Film dengan durasi 100 menit ini berkisah tentang seorang arsitek yang bernama Sang Won yang sedang bersedih karena baru saja kehilangan istrinya akibat kecelakaan mobil.

Kini, ia hanya tinggal Bersama dengan putrinya yang bernama Yi-na. Hubungan keduanya tidak terlalu dekat layaknya ayah dan nak. Hal ini dikarenakan Sang Won lebih mengutamakan pekerjaan dari pada keluarganya.

Hubungan keduanya semakin renggang setelah ibu Yi-na meninggal. Untuk memperbaiki hubungan dengan anaknya, Sang Won dan Yi-na kemudian pindah ke rumah baru. Di rumah baru inilah banyak terjadi hal-hal di luar nalar. Di rumah baru itu sering terjadi suara aneh dari dalam lemari, dan Yi-na sering berperilaku tak seperti biasanya. Suatu ketika, Yi-na tiba-tiba menghilang. Sang ayah meminta bantuan kepada dukun untuk menemukan anaknya. Ternyata Yi-na sedang berada di dalam sebuah lemari yang ada di rumah tersebut.

7. Warning: Do Not Play (2019)

Asianwiki.com

Rekomendasi film horor Korea yang wajib Sedulur tonton saat akhir pekan adalah Warning: Do Not Play. Film ini dibintangi oleh Seo Ye Ji yang berperan sebagai Mi Jung. Sedangkan untuk sutradaranya adalah Kim jin Won.

Film ini bercerita tentang seorang sutradara film horor yang mempunyai obsesi besar. Ia hanya diberi waktu dua bulan untuk menyelesaikan naskah film dengan matang. Ketika kehabisan ide, ia justru bertemu dengan juniornya yang bernama Joo Seo. Joon Seo menceritakan sebuah film horor yang dibuat seorang mahasiswa berjudul Warning.

Konon kabarnya, film tersebut dibuat oleh hantu. Bahkan saking seramnya, saat pemutaran film tersebut ada penonton yang pingsan dan meninggal dunia lantaran mengalami serangan jantung. Krena tertarik dengan film tersebut, Mi Jung mencari tahu dan bersahil bertemu dengan sutradara dari film tersebut. Akan tetapi, Mi Jung justru mendapatkan peringatan keras agar mencari film lain.

8. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Femina

Film Gonjiam: Haunted Asylum merupakan salah satu film horor yang sukses di Korea Selatan. Film yang disutradarai oleh Jung Bum ini diangkat dari urban legend yang ada di negara tersebut. Film horor ini mengisahkan tentang dua anak remaja SMP yang hilang setelah mengunjungi rumah sakit jiwa terbengkalai Gonjiam di Gwangju, Korea Selatan.

Rumah sakit jiwa ini memang menjadi tempat paling angker yang ada di Korea Selatan, dan tempat ini masih sering digunakan untuk uji nyali. Rumah Sakit Jiwa ini dibangun di wilayah perbukitan dan dikelilingi hutan yang lebat. Pada tahun 1996 rumah sakit tersebut resmi ditutup.

Kemudian banyak rumor yang berdear di masyarakat tentang penutupan tempat ini karena banyaknya pasien yang meninggal dengan cara yang tidak wajar. Di lain sisi, banyak juga yang mengatakan bahwa pengelolaan limbah rumah sakit ini tidak baik sehingga tidak layak untuk digunakan.

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

9. The Mimic (2017)

Primevideo

Film horor Korea terseram dan menegangkan yang wajib Sedulur tonton adalah The Mimic. Film ini disutradarai oleh Huh Jung dan dibintangi oleh Yum Jung-Ah dan juga Park Hyuk-Kwon. Film yang berdurasi 1,5 jam ini pertama kali rilis pada Agustus 2017 lalu.

Film The Mimic mengangkat kisah misteri Jangsanbum, sosok arwah yang berwujud macan. Arwah ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara manusia yang telah meninggal untuk memikat korbannya. Jangsanbum tinggal di sebuah gua. Sudah sejak lama gua ini memikat orang-orang untuk datang karena mendengar suara orang yang mereka cintai. Akan tetapi, begitu masuk, mereka akan terjebak di dalam gua itu untuk selamanya.

Film horor Korea tentang sekolah

Berikut rekomendasi film horor Korea bertema sekolah yang dapat Sedulur tonton ketika akhir pekan.

10. The Silenced (2015)

Tribun

Film horor Korea tentang sekolah yang perlu Sedulur tonton adalah The Silenced. Film ini mengisahkan tentang seorang murid pindahan dari Tokyo Jepang yang bernama Shizuko. Ia pindah ketika tengah semester ke sebuah sekolah asrama putri yang tersembunyi di tengah hutan.

DI sekolah asrama tersebut, semua sissi bersaing ketat untuk bisa dikirim ke Tokyo. Shizuko ini lemah dan sepertinya memiliki penyakit parah, batuk batuk berdarah. Dia sempat di bully saat pertama kali datang oleh teman temannya karena sikapnya yang pendiam.

Sekolah ini sepertinya penuh dengan orang-orang yang menderita sakit. Di sekolah ini pun semua  murid diwajibkan untuk meminum obat. Shizuko perlahan mengetahui dulu ada sebuah  wanita bernama shizuko juga di sekolah itu, yang sepertinya kisahnya menjadi tabu. Semua murid muridnya aneh dan kelihatan tidak normal.

11. Mourning Grave (2014)

IniKpop

Film horor Korea yang bertema sekolah selanjutnya adalah Mourning Grave. Film ini pertama kali tayang pada 2014 lalu. Mourning Grave menceritakan tentang seorang remaja yang bernama In Soo. Dirinya memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan tinggal Bersama sang paman. Paman In Soo memiliki kemampuan dapat melihat hantu.

Suatu ketika, saat In Soo ingin pergi ke sekolah, ia bertemu dengan sosok hantu Wanita yang sangat cantik bernama Sae Hee. Keduanya akhirnya menjalin pertemanan. Hingga pada suatu hari ia mendengar kabar bahwa ada salah satu temannya yang hilang secara misterius. Yang mana temannya itu hilang karena sosok hantu bertopeng yang memiliki niat balas dendam yang kuat.

BACA JUGA : Sinopsis Age of Youth, Kisah Tentang Lima Mahasiswa

12. A Blood Pledge : Broken Promise (2009)

film horor korea
IMDB

Film Blood Pledge : Broken Promise pertama tayang pada 2009 lalu. Film yang disutradarai oleh Jong Yoong Lee ini diperankan oleh beberapa aktor ternama seperti So Eun Soo, Song Chae Yoo dan yang lainnya.

A Blood Pledge : Broken Promise menceritakan tentang seorang Wanita yang bernama Eon Joo yang akan melakukan aksi bunuh diri dengan cara melompat dari Gedung khusus perempuan saat malam hari. Hal yang mengejutkan tersebut juga disaksikan oleh adiknya yang bernama Eon Joo saat menunggu sang kakak pulang.

Pada keesokan harinya, di kantor kepala sekolah beberapa siswi dipanggil untuk dimintai keterangan perihal kematian dari Eun Joo. Akan tetapi,  mereka bersumpah bahwa mereka tidak mengetahui tentang alasan mengapa Eon Jo melakukan bunuh diri. 

13. Dead Bell (2008)

Kompas

Dead Bell merupakan film dari Korea Selatan yang bergenre horor dan juga thriller. Film Garapan sutradara ini Yoon Hong Seung ini menceritakan tentang terror yang harus dihadapi oleh murid pintar di Chang-in High School. Tak hanya murid, para guru pun ikut merasakan terror tersebut.

Teror pun dimulai ketika para murid sedang menerima pelajaran. Televisi yang awalnya menayangkan pelajaran untuk para murid tersebut justru berubah channel dan menampilkan salah seorang murid, yakni Hye -young terjebak dalam sebuah tangki yang airnya mulai penuh.

14. Bloody Reunion (2006)

IMDb

Film horor Korea tentang sekolah selanjutnya adalah Bloody Reunion. Film Garapan sutradara Dae Woong Lim ini menghadirkan kisah horor dan juga misteri yang akan membuat penontonnya penasaran.

Bloody Reunion mengisahkan tentang Mrs. Park yang meerupakan mantan guru SD dan kini sedang mengalami sakit parah. Ia llau dirawat oleh mantan muridnya karena ia sudah tidak mempunyai saudara lagi. Hingga pada suatu ketika banyak mantan muridnya yang datang untuk menjenguknya. Namun ternyata para murid tersebut mempunyai dendam kepada Mrs Park. Akan tetapi mereka justru mendapatkan hal buruk satu persatu. Penasaran denga napa yang sebenarnya terjadi? Sedulur dapat menemukan jawabannya dalam film Bloody Reunion. Jangan lupa nonton ya!

15. Wishing Stairs (2003)

IMDb

Meski sudah tayang 2003 silam, film Wishing Stairs menjadi salah satu film horor Korea yang wajib Sedulur tonton. Film ini menceritakan tentang kisah dua orang sahabat yaitu Kim So Hee dan Yun Jin Sung.

Diketahui bahwa keduanya sama-sama mengikuti les balet. Persahabatan mereka berdua sudah terjalin sejak lama dan seolah-olah mereka telah mengikat janji untuk sama-sama berjuang dalam memenangkan sebuah beasiswa.

Namun tak disangka Yun Ji justru merasa begitu iri kepada So Hee, karena ia berhasil memenangkan kontes balet. Dan hal tersebut sangat ia khawatirkan karena bisa membuat beasiswa jatuh ketangan So Hee. Pada suatu ketika, saat malam hari ia datang ke sebuah tangga. Yang memiliki mitos mampu dalam mengabulkan permintaan. Dan akhirnya Yun Ji memohon sebuah permintaan terhadap tangga itu. Lantas apa yang diminta oleh Yun Jin? Sedulur dapat menyaksikan kisah lengkapnya dalam film Wishing Stairs ya.

Itulah 6 Film Horor Korea Terbaik dan layak ditonton, apalagi buat Sedulur yang menyukai film horor yang bertema sekolah.Sedulur dapat menonton rekomendasi film di atas melalui aplikasi atau situs web. Jangan nonton yang bajakan ya Sedulur! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.