film horor korea

Bila kita sempat membahas mengenai film horor Indonesia dan Barat terbaik untuk ditonton. Kali ini Sedulur akan kami sajikan rekomendasi film horor Korea yang bisa meningkatkan adrenalin untuk akhir pekan ini.

Industri film Korea sendiri memang sudah mengalami perkembangan pesat. Tak hanya memiliki deretan drama Korea yang bagus untuk ditonton, film-film dengan genre horor sampai thriler juga tidak bisa dianggap remeh lho. Bila Sedulur tertarik untuk melihat film horor Korea yang memiliki cerita bagus dan bisa memberikan kejutan-kejutan, coba simak rekomendasi film horor Korea terbaru yang dapat Sedulur tonton saat akhir pekan ini! 

 BACA JUGA : Sinopsis The Northman, Kisah Viking yang Haus Balas Dendam

1. Umma (2022)

film horor korea
Pikiran Rakyat

Film horor Korea 2022 yang perlu Sedulur tonton adalah Umma. Film ini merupakan supernatural gabungan antara unsur kebudayaan Korea dan juga Amerika. Umma merupakan film horor yang tayang pada Maret 2022 kemarin. Film horor yang bercerita tentang kehidupan Amanda, seorang ibu tunggal yang tinggal bersama putrinya di sebuah peternakan terpencil di Amerika Serikat. Rumah itu kelak dihantui oleh mendiang ibunya yang akan menjadi kisah dari film tersebut. Film ini merupakan sebuah film horor supernatural dengan unsur kebudayaan Korea dan Amerika.

-->

2. Alive (2020)

film horor korea
Kompas

Bagi Sedulur pecinta film horor yang bercerita tentang zombie, maka film Alive menjadi film yang wajib Sedulur tonton. Film ini mengisahkan tentang Oh Joon Woo (Yoo Ah In) yang merupakan seorang pria yang bekerja sebagai game streamer. Saat keluarganya tidak berada di rumah dan ia sedang bekerja, Joon Woo dikejutkan dengan berita adanya sebuah wabah misterius di televisi. Seluruh kota telah terinfeksi oleh virus tak dikenal yang dapat mengubah manusia menjadi zombie. Semakin hari penyebaran wabah semakin tak terkendali dan Joon Woo pun terjebak sendirian dalam apartemennya.

Jaringan internet yang semakin hilang, aliran air yang mulai terhenti, dan habisnya stok makanan di apartemen membuatnya menjadi frustasi. Hal ini membuatnya memutuskan untuk mengkahiri hidupnya dengan gantung diri. Namun usahanya gagal karena Kim Yoo Bin (Park Shin Hye), tetangga seberang gedung apartemennya mengarahkan laser di rumahnya dan menggagalkan rencana tersebut. Yoo Bin kemudian berbagi bahan makanan dan minuman ke Joon Woo.

Mereka kemudian berkomunikasi menggunakan walkie talkie yang dikirimkan oleh Joon Woo. Suatu ketika mereka kehabisan bahan makanan dan Joon Woo berkata bahwa lantai 8 di apartemennya masih bersih dari serangan zombie. Yoo Bin lantas setuju untuk datang ke apartemen Joon Woo. Namun nahas, ketika mereka sampai ke lantai 8, ternyata ruangan tersebut justru penuh dengan zombie. Karena panik dan takut Yoo Bin tak sengaja menjatuhkan barang dan para zombie mengejar mereka. Seorang pria paruh baya kemudian menyelamatkan mereka dan menyuruh untuk masuk ke apartmennya.

Pria itu kemudian membagi makanan dan minuman dan mengatakan bahwa sebentar lagi akan ada tim penyelamat datang ke gedung ini. Namun ternyata, makanan yang mereka konsumsi ternyata mengandung obat yang membuat mereka pingsan. Pria itu ternyata menyembunyikan istrinya yang sudah berubah menjadi zombie dan berniat menjadikan Yoo Bin sebagai santapan istrinya. Beruntung Yoo Bin berhasil melawan dan kemudian membunuh pria dan istrinya tersebut.

Tiba-tiba mereka mendengar suara helikopter di atas gedung apartemen mereka. Dengan tekad yang kuat untuk bertahan hidup, mereka berlari ke atap dengan kejaran zombie yang semakin menggila. Mampukah mereka berhasil selamat? 

3. Forgotten (2017)

film horor korea
Drakor Class

Rekomendasi film horor Korea terbaik selanjutnya yaitu Forgotten. Film ini mengisahkan tentang pria bernama Jin Suk (Kang Ha Neul). Ia mempunyai keluarga yang bahagia bersama ayah, ibu dan kakak laki-lakinya, Yoo Suk (Kim Mu Yeol). Jin Suk sangat mengagumi dan menyayangi kakaknya. Menurut pandangan Jin Suk, Yoo Suk merupakan sosok kakak yang sempurna dengan kecerdasan dan bakat luar biasa yang tidak dimiliki banyak orang.

Suatu hari, keluarga bahagia ini pindah ke hunia baru. Jin Suk merasa familiar dengan rumah tersebut meski baru pertama kali melihatnya. Di rumah tersebut, pemilik rumah sebelumnya juga berpesan untuk tidak membuka satu kamar yang berada di sebelah kamar Jin Suk. Esoknya, saat makan malam bersama, Jin Suk mendengar adanya suara dentuman dari arah kamar terlarang tersebut. Namun anehnya, ayah, ibu, dan Yoo Suk mengaku tidak mendengarnya. Ketika hari semakin malam, Jin Suk semakin terganggu dengan suara itu hingga Yoo Suk mengajaknya ke luar rumah untuk melihat lingkungan sekitar sembari menghidrup udara segar. Ketika hendak pulang ke rumah, Yoo Suk tiba-tiba diculik sekelompok orang menggunakan mobil.

Jin Suk kemudian melaporkan insiden tersebut kepada orang tuanya. Mereka pun menyewa detektif untuk mencari keberadaan Yoo Suk, namun hasilnya nihil. Sembilan belas hari kemudian, Yoo Suk tiba-tiba pulang ke rumah. Ia pulang dengan kondisi selamat, namun sayangnya ia tidak bisa mengingat peristiwa penculikan yang dialaminya. Sejak Yoo Suk kembali, Jin Suk merasa ada yang aneh pada sang kakak tersebut.  Jin Suk sering kali mendapati kakaknya pergi saat tengah malam buta. Namun, saat ditanya, Yoo Suk tak mau mengakui apa yang ia lakukan. Suatu malam, Jin Suk nekat membuntuti kakaknya ke luar rumah dan akhirnya mulai terkuaklah siapa dia sebenarnya. Jin Suk pun mengetahui fakta baru mengenai kakak dan kedua orang tuanga? Fakta dan misteri apa yang sebenarnya terjadi dalam keluarga Jin Suk? 

4. The Call (2020)

Bisnis.com

Film horor Korea yang tak kalah menegangkan adalah The Call. Film bergenre horor-thriller ini bercerita tentang teror telepon dari masa lalu yang dapat merubah takdir. Beberapa aktor yang turut membintangi film ini yaitu Jeon Jeong-seo, Park Shin-hye, Lee El dan yang lainnya.

The Call bercerita tentang seorang gadis bernama Seo-yeon yang hidup di masa sekarang. Suatu ketika ia berkunjung ke rumah masa kecilnya. Di rumah itu, ia menemukan beberapa hal ganjil seperti telepon yang tiba-tiba berdering dan juga dinding pokok lantai dua yang sangat mencurigakan.

Ia pun lalu menghancurkan dinding tersebut dan menemukan sebuah bunker yang tersembunyi. Di dalam bunker itu, See-yeon menemukan boneka, bangku dan buku harian milik seorang remaja.

Tha Call menjadi film yang wajib ditonton untuk Sedulur yang menyukai genre horor-thriller, karena film ini menyajikan banyak misteri-misteri dan juga adegan yang sangat mendebarkan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

5.Hellbound (2021)

Pikiran Rakyat

Film horor Hellbound  berkisah tentang manusia saat menghadapi fenomena supranatural, yang mana muncul monster utusan dari neraka dan kemudian menyeret manusia ke neraka. Manusia yang berdosa akan diberitahu kapan kematian akan menghampiri mereka dan setelah mendekati waktu tersebut mereka akan dikejar oleh monster. Di tengah kekacauan tersebut, muncul agama baru yang meraih simpati dan dukungan penduduk kota.

Jung Jin Soo, (Yoo Ah In) yang merupakan seorang pemimpin agama Saejinrihwe dan sedang mencoba mencari jejak Tuhan. Ia menyebut datangnya malaikat maut dari neraka sebagai wahyu. Min Hye Jin (Kim Hyun Joo) , seorang pengacara yang melawan agama baru tersebut dan menentang adanya grup Hwasalchok yang terdiri dari pengikut agama Saejinrihwe. Dalm film ini juga dikisahkan Park Jung Min dan Won Jin Ah berperan sebagai pasangan suami istri yang mencoba bertahan hidup di tengah kekacauan.

6.Nightmare High (2016)

Viki

Rekomendasi film horor yang selanjutnya yaitu Nightmare High. Serial ini mengisahkan kisah surealis yang terdiri dari 12 episode. Nightmare High menceritakan tentang siswa yang menenmukan banyak fenomena aneh dalam hidupnya.

Kisah berawal dari Di sekolah Yosan High, seorang wali kelas mengalami kecelakaan dan harus digantikan oleh guru pengganti bernama Han Bong Goo. Ia membawa aura misterius yang menakutkan setiap kali memasuki kelas. Tampaknya, Han Bong Goo merupakan soosk misterius yang dapat membaca pikiran para siswa. Ia juga memiliki citra yang cukup baik di sekolah, namun ternyata namnya tidak terdaftar dalam staf pengajar.

Kehadiran Han Bong Gu membuat perubahan pada siswa yang diajarnya. Ia berusaha membangkitkan keinginan muridnya untuk pergi ke dunia ilusi. Ye Rim (Kim So Hyun) selaku ketua kelas, harus memecahkan misteri aneh dan menakutkan sebelum terlambat. Mampukah ia mengungkap identitas guru Han Bong Gu?

7. Sweet Home (2020)

CNBC

Sweet Home sudah rilis sejak 2020 lalu, namun drama Korea bergenre horor ini menjadi salah satu drama yang paling banyak ditonton hingga saat ini.  Sweet Home (2020) diadaptasi dari webtoon Naver populer yang berjudul sama dan hadir dengan 10 episode.

Sweet Home yang mengusung genre horor, misteri, dan juga thriller ini akan menonjolkan kisah pemuda bernama Cha Hyun Soo (Song Kaang). Ia hidup sebatang kara karena seluruh keluarganya tewas akibat insiden kecelakaan, Hyun Soo harus pindah ke sebuah apartemen kumuh bernama Green Home. Hyun Soo merupakan siswa SMA yang sangat pendiam dan mengidap suicidal thought. Ia selalu berusaha membunuh dirinya sendiri karena ia sering menjadi korban perundungan. Akibat peristiwa traumatis tersebut, ia sekali lagi berencana untuk mengakhiri hidup di kediaman barunya itu. Namun, rencana tersebut gagal akibat adanya sebuah fenomena misterius yang melanda Korea. Entah fenomena apa yang terjadi, seluruh manusia tiba-tiba berubah menjadi monster yang menyeramkan.

7. The Guest (2014)

film horor korea
Tribun

Film The Guest menjadi film horor thriller yang wajib Sedulur tonton. Film yang dibintangi Dan Stevens dan Maika Monroe yang rilis sejak 2014 ini menghadirkan cerita dengan plot yang cukup misterius.

Ceritawa bermula ketika keluarga pasangan Spencer dan Laura Peterson sedang berkabung lantaran anak pertama mereka yang bernama Caleb meninggal dunia ketika mengikuti perang di Afganistan. Pasangan suami istri tersbut lantas kedatangan seorang mantan tentara yang Bernama David Collins dan mengaku sebagai teman Caleb.

Sikap David yang begitu ramah dan sopan membuat Laura mengajaknya untuk tingga bersama di rumah mereka. Kemudian, David mulai melihat keseharian dan masalah yang dialami para anggota keluarga Namun, banyak kematian yang terjadi setelah David hadir yang membuatnya menjadi orang yang paling dicurigai. Benarkan David yang menyebabkan kematian tersebut?

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

9. The 8th Night (2021)

Netflix

Film Korea horor terbaik yang wajib Sedulur tonton selanjutnya adalah The 8th Night. Film yang tayang pada 2021 ini dibintangi oleh Lee Sung-min, Park Hae-joon dan Kim Yoo-jun. Sedangkan sutradaranya yaitu Kim Tae-hyung.

Film ini mengisahkan tentang dua makhluk misterius yang membuka gerbang neraka pada 25 abad silam. Kedua makhluk tersebut berusaha untuk mendatangkan rasa sakit dan penderitaan bagi manusia. Kemudian ada sang Buddha yang menangkap dua makhluk yang sangat berbahaya itu. Ia kemudian menyegel kedua roh jahat itu di tempat yang berbeda, yaitu di gurun ujung barat dan gurun ujung timur.

Suatu ketika roh jahat tersebut bebas karena segelnya terlepas. Ia kemudian berusaha untuk mencari kawannya dan menargetkan manusia menjadi tumbalnya. 

Film Horor Korea Tentang Sekolah

Berikut rekomendasi film horor Korea bertema sekolah yang dapat Sedulur tonton ketika akhir pekan.

10. The Silenced (2015)

Tribun

Film horor Korea tentang sekolah yang perlu Sedulur tonton adalah The Silenced. Film ini mengisahkan tentang seorang murid pindahan dari Tokyo Jepang yang bernama Shizuko. Ia pindah ketika tengah semester ke sebuah sekolah asrama putri yang tersembunyi di tengah hutan.

DI sekolah asrama tersebut, semua sissi bersaing ketat untuk bisa dikirim ke Tokyo. Shizuko ini lemah dan sepertinya memiliki penyakit parah, batuk batuk berdarah. Dia sempat di bully saat pertama kali datang oleh teman temannya karena sikapnya yang pendiam.

Sekolah ini sepertinya penuh dengan orang-orang yang menderita sakit. Di sekolah ini pun semua  murid diwajibkan untuk meminum obat. Shizuko perlahan mengetahui dulu ada sebuah  wanita bernama shizuko juga di sekolah itu, yang sepertinya kisahnya menjadi tabu. Semua murid muridnya aneh dan kelihatan tidak normal.

11. Mourning Grave (2014)

IniKpop

Film horor Korea yang bertema sekolah selanjutnya adalah Mourning Grave. Film ini pertama kali tayang pada 2014 lalu. Mourning Grave menceritakan tentang seorang remaja yang bernama In Soo. Dirinya memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan tinggal Bersama sang paman. Paman In Soo memiliki kemampuan dapat melihat hantu.

Suatu ketika, saat In Soo ingin pergi ke sekolah, ia bertemu dengan sosok hantu Wanita yang sangat cantik bernama Sae Hee. Keduanya akhirnya menjalin pertemanan. Hingga pada suatu hari ia mendengar kabar bahwa ada salah satu temannya yang hilang secara misterius. Yang mana temannya itu hilang karena sosok hantu bertopeng yang memiliki niat balas dendam yang kuat.

BACA JUGA : Sinopsis Age of Youth, Kisah Tentang Lima Mahasiswa

12. A Blood Pledge : Broken Promise (2009)

film horor korea
IMDB

Film Blood Pledge : Broken Promise pertama tayang pada 2009 lalu. Film yang disutradarai oleh Jong Yoong Lee ini diperankan oleh beberapa aktor ternama seperti So Eun Soo, Song Chae Yoo dan yang lainnya.

A Blood Pledge : Broken Promise menceritakan tentang seorang Wanita yang bernama Eon Joo yang akan melakukan aksi bunuh diri dengan cara melompat dari Gedung khusus perempuan saat malam hari. Hal yang mengejutkan tersebut juga disaksikan oleh adiknya yang bernama Eon Joo saat menunggu sang kakak pulang.

Pada keesokan harinya, di kantor kepala sekolah beberapa siswi dipanggil untuk dimintai keterangan perihal kematian dari Eun Joo. Akan tetapi,  mereka bersumpah bahwa mereka tidak mengetahui tentang alasan mengapa Eon Jo melakukan bunuh diri. 

13. Dead Bell (2008)

Kompas

Dead Bell merupakan film dari Korea Selatan yang bergenre horor dan juga thriller. Film Garapan sutradara ini Yoon Hong Seung ini menceritakan tentang terror yang harus dihadapi oleh murid pintar di Chang-in High School. Tak hanya murid, para guru pun ikut merasakan terror tersebut.

Teror pun dimulai ketika para murid sedang menerima pelajaran. Televisi yang awalnya menayangkan pelajaran untuk para murid tersebut justru berubah channel dan menampilkan salah seorang murid, yakni Hye-young terjebak dalam sebuah tangki yang airnya mulai penuh.

14. Bloody Reunion (2006)

IMDb

Film horor Korea tentang sekolah selanjutnya adalah Bloody Reunion. Film Garapan sutradara Dae Woong Lim ini menghadirkan kisah horor dan juga misteri yang akan membuat penontonnya penasaran.

Bloody Reunion mengisahkan tentang Mrs. Park yang meerupakan mantan guru SD dan kini sedang mengalami sakit parah. Ia llau dirawat oleh mantan muridnya karena ia sudah tidak mempunyai saudara lagi. Hingga pada suatu ketika banyak mantan muridnya yang datang untuk menjenguknya. Namun ternyata para murid tersebut mempunyai dendam kepada Mrs Park. Akan tetapi mereka justru mendapatkan hal buruk satu persatu. Penasaran denga napa yang sebenarnya terjadi? Sedulur dapat menemukan jawabannya dalam film Bloody Reunion. Jangan lupa nonton ya!

15. Wishing Stairs (2003)

IMDb

Meski sudah tayang 2003 silam, film Wishing Stairs menjadi salah satu film horor Korea yang wajib Sedulur tonton. Film ini menceritakan tentang kisah dua orang sahabat yaitu Kim So Hee dan Yun Jin Sung.

Diketahui bahwa keduanya sama-sama mengikuti les balet. Persahabatan mereka berdua sudah terjalin sejak lama dan seolah-olah mereka telah mengikat janji untuk sama-sama berjuang dalam memenangkan sebuah beasiswa.

Namun tak disangka Yun Ji justru merasa begitu iri kepada So Hee, karena ia berhasil memenangkan kontes balet. Dan hal tersebut sangat ia khawatirkan karena bisa membuat beasiswa jatuh ketangan So Hee. Pada suatu ketika, saat malam hari ia datang ke sebuah tangga. Yang memiliki mitos mampu dalam mengabulkan permintaan. Dan akhirnya Yun Ji memohon sebuah permintaan terhadap tangga itu. Lantas apa yang diminta oleh Yun Jin? Sedulur dapat menyaksikan kisah lengkapnya dalam film Wishing Stairs ya.

Itulah Film Horor Korea Terbaik dan layak ditonton saat akhir pekan, apalagi buat Sedulur yang menyukai film horor yang bertema sekolah.Sedulur dapat menonton rekomendasi film di atas melalui aplikasi atau situs web. Jangan nonton yang bajakan ya Sedulur! 

Tidak afdol rasanya jika menonton film tapi tidak sambil nyemil. Jadi pastikan Sedulur sudah menyiapkan berbagai camilan untuk menemani saat nonton film horor agar tidak tegang ya! Sedulur dapat membeli berbagai camilan dan minuman di Aplikasi Super.

Nah, kalau Sedulur pecinta camilan pedas, Aplikasi Super punya produk andalan yaitu Udalado. Rasanya yang lezat dan gurih tentu sangat cocok menemani Sedulur nonton film horor di akhir pekan. Yuk langsung beli Udalado di Aplikasi Super sekarang! Nikmati sendiri kelezatannya.