film korea romantis

Sedang ketagihan hiburan produksi Negeri Ginseng, tetapi malas nonton drama dengan belasan sampai puluhan episode? Film bisa jadi solusinya! Cukup dua jam saja, Sedulur bisa menghibur diri tanpa dibikin penasaran dengan kelanjutannya. 

Butuh genre romantis yang ringan dan bisa mencerahkan akhir pekan atau malammu yang melelahkan setelah seharian kerja. Berikut deretan film korea romantis sepanjang masa dan film korea komedi romantis yang siap Sedulur nikmati sekarang juga di berbagai layanan streaming kesayangan. 

BACA JUGA: Profil & Biodata Lengkap Winter aespa Serta Fakta Uniknya

1. Il Mare (2000)

film korea romantis
IMDb

Daftar dimulai dengan film romantis Korea berjudul Il Mare atau yang berarti laut dalam bahasa Italia. Dirilis lebih dari 20 tahun lalu, layar lebar ini masih jadi favorit banyak orang. Ia bergenre melodrama dengan dua protagonis yang tinggal di rumah yang sama, tetapi terpaut waktu yang berbeda. Secara magis mereka bisa bertukar pesan lewat kotak surat yang ada di depan rumah tersebut. Kisahnya merupakan remake dari film Hollywood berjudul The Lake House yang dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock. 

-->

2. My Sassy Girl (2001)

IMDb

Sassy Girl adalah film korea romantis komedi yang bisa dikategorikan salah satu yang tersukses. Bahkan saking meledaknya, beberapa produsen film dari berbagai negara membeli lisensinya untuk di-remake. Plotnya tentang seorang pria yang tak sengaja menyelamatkan perempuan yang tampak mabuk di jalan. Awalnya hanya menolong, ternyata hubungan mereka makin dalam dan serius walau awalnya saling tak suka. Bagi Sedulur yang terlewat karena terlalu kecil atau belum lahir saat film ini dirilis, silakan bunuh rasa penasaranmu dengan menyaksikannya di layanan streaming Vidio atau Netflix. 

3. Oasis (2002)

film korea romantis
Asian Wiki

Oasis bisa dibilang film Korea pertama yang berhasil menampilkan lakon utama dari kelompok disabilitas mental. Pasangan dalam sinema yang berhasil tayang di berbagai festival film bergengsi ini adalah Jong Du dan Gong Ju. Keduanya tak sengaja bertemu di restoran saat Jong Du bekerja mengantarkan pesanan di sebuah apartemen sederhana. Menyentuh dan penuh pesan kemanusiaan, tak heran kalau Oasis menyabet berbagai penghargaan bergengsi secara global. Harus nonton, sih. 

BACA JUGA: 15 Drama Korea dengan Adegan Ciuman Paling Romantis

4. The Classic (2003)

Netflix

Ingin mengenang cinta pertama lewat film korea romantis dengan latar sekolah? The Classic bisa Sedulur putar akhir pekan ini. Alurnya maju mundur, jadi nggak bikin bosan. Dimulai dengan Jin Hye yang menemukan buku harian ibunya saat membereskan rumah. Di situ ia menuliskan pengalaman pertamanya jatuh cinta yang penuh intrik dan dilema. Berakhir indah dan haru, Sedulur wajib nih nonton The Classic setidaknya sekali seumur hidup. Jangan salahkan kalau mewek di tengah film, ya. 

5. A Moment to Remember (2004)

Asian Wiki

Sinema ini juga bergenre melodrama dengan twist yang menawan. Film romantis ini juga berhasil menyabet gelar salah satu yang terlaris di masanya, bahkan juga mendulang sukses di Jepang. Pasangan di film ini berusia sekitar akhir 20an dan sebenarnya berasal dari kelas sosial yang berbeda, sehingga hubungan mereka pun rapuh dari awal. Ini diperparah dengan kondisi demensia yang diderita salah satu dari keduanya. Akankah mereka tetap bersatu? Jawabannya hanya bisa Sedulur temukan dengan menyaksikannya sampai tamat. 

6. You Are My Sunshine (2005)

film korea romantis
IMDb

Butuh cerita ringan yang heartwarming? Mungkin You Are My Sunshine adalah jawaban untuk Sedulur. Premisnya sederhana, tentang seorang petani yang sudah putus asa dengan keberadaan jodohnya. Ia bahkan sempat gagal menikah, tetapi akhirnya bertemu dengan sosok perempuan lokal yang mencuri hatinya. Saat akhirnya mereka bersatu, cobaan ternyata tak kunjung padam. Saksikan kisah cinta menyayat hati dua sejoli ini di Netflix.

BACA JUGA: Ini Film Drama Korea Park Seo Joon yang Wajib Kamu Tonton

7. Spellbound (2011)

film korea romantis
Hancinema

Hiburan lainnya yang bisa dijajal akhir pekan ini adalah film Korea romantis komedi Spellbound. Dengan skor tinggi dari penonton, Sedulur akan menikmati kisah romantis yang juga kocak antara Yeo Ri dan Jo Goo. Takdir mempertemukan mereka karena ketertarikan Jo Goo pada kemampuan supranatural Yeo Ri. Padahal selama ini Yeo Ri berusaha menyembunyikannya dari orang karena ia sering dirundung dan dikucilkan. Akhir ceritanya memang tertebak, tetapi mengikuti keseruan mereka tetap bikin betah. 

8. Always (2011)

Asian Wiki

Dilepas di tahun 2011, film yang sudah berusia lebih dari 10 tahun ini masih seru dinikmati. Lakonnya adalah seorang mantan petinju bernama Cheol Min yang jatuh hati pada perempuan yang hampir buta. So Ji Sub dan Han Hyo Joo didapuk jadi protagonis utama di sini. Keduanya dipertemukan saat sang mantan petinju bekerja menjadi tukang parkir menggantikan seorang pria paruh baya. Saat itulah, seorang perempuan datang mengaku bahwa biasanya ia menonton televisi di pos tersebut bersama petugas parkir sebelum Cheol Min.

9. A Werewolf Boy (2012)

film korea romantis
IMDb

A Werewolf Boy bisa rekomendasi film Korea romantis yang dibintangi Song Joong Ki. Aktor kawakan tersebut dikenal lewat banyak drama laris mulai dari Descendant of the Sun sampai yang terbaru Vincenzo. Kali ini ia berperan sebagai seorang pemuda bernama Chul Soo yang sejak kecil hidup di hutan tanpa orang tua. Ini membuat perilakunya berbeda dengan kebanyakan orang. Suatu hari ia bertemu dengan keluarga yang dengan senang hati bersedia mengasuh dan mengajarinya membaca dan bertingkah layaknya orang normal. Namun, sebuah insiden terjadi dan keluarga tersebut akhirnya memutuskan untuk melindungi Chul Soo dengan pindah dari rumah tersebut. Film produksi Korea ini berhasil tayang di berbagai festival film internasional dan menuai pujian. 

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

10. Be With You (2018)

Korea Herald

Be With You adalah film remake dari sinema asal Jepang berjudul sama yang pernah tayang di tahun 2004. Selain romansa, layar lebar yang laris manis di tahun perilisannya tersebut memasukkan unsur magis. Plotnya berkutat pada kehidupan sepasang suami istri dan satu anak. Soo Ah, sang istri pernah berjanji sebelum meninggal bahwa ia akan kembali pada keluarganya pada musim hujan mendatang. Tak disangka, ia benar-benar mendapatkan kesempatan kembali. Mengandung bawang, siapkan tisu kalau niat menontonnya, Sedulur.

11. Tune in for Love (2019)

film korea romantis
IMDb

Sedulur juga boleh coba film Korea yang dibintangi Jung Hae In dan Kim Go Eun. Keduanya diceritakan sebagai warga kelas bawah Korea yang tak sengaja bertemu dan saling tertarik. Di tengah kesulitan ekonomi dan berbagai tekanan kehidupan modern, cerita cinta keduanya ternyata sukses menghipnotis penonton. Filmnya beralur lambat dan tak banyak dialog, tertarik buat nonton?

12. Waiting for Rain (2021)

film korea romantis
Mubi

Waiting for Rain adalah film Korea romantis terbaik yang tayang di tahun 2021. Singkatnya ini tentang Young Ho, mahasiswa tahun terakhir yang mulai bimbang dengan masa depannya. Ia kemudian memutuskan untuk mengirim surat pada salah satu kawan masa kecilnya. Tanpa ia sadari, bukan sang kawan lama yang membalas surat-suratnya, melainkan sang adik yang berpura-pura menjadi sang kakak karena tak tega memberi tahu Young Ho.

13. Sweet and Sour (2021)

Kompas

Jika rekomendasi film di atas belum cukup, mungkin Sedulur ingin sedikit menengok sinopsis singkat dari Sweet and Sour. Film ini bercerita tentang hubungan asmara dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

Jang Hyuk (Jang Ki Yong) selalu berkeinginan untuk memiliki kelancaran dalam kehidupannya, termasuk perihal cinta dan pekerjaan. Namun, perjalanan yang harus pria tersebut tempuh tampaknya begitu sulit. Dalam urusan cinta misalnya, ia harus berhadapan dengan dua wanita sekaligus, Da Eun (Chae Soo bin) dan Bo Yeong (Krystal Jung).

Da Eun adalah seorang perawat pekerja keras yang frustasi dengan pekerjaannya dan sekaligus menjadi kekasih Jang Hyuk. Sementara Bo Yeong adalah rekan kerja Jang Hyuk di kantor.

Ketika hubungan asmara Jang Hyuk dengan Da Eun bermasalah, Bo Yeong siap menjadi sandaran Jang Hyuk. Tetapi, Jang Hyuk juga tidak tega meninggalkan Da Eun begitu saja. Lalu, siapakah yang Jang Hyuk pilih untuk menjadi kekasih sejatinya?

14. Nothing Serious (2021)

Orami

Film selanjutnya yang dapat Sedulur tonton di waktu senggang adalah Nothing Serious. Film ini sempat mendapat banyak pujian karena berhasil menceritakan dengan gamblang fenomena kencan era sekarang.

Woo Ri (Son Seokgu) dan Ham Ja Young (Jeon Jong Seo)adalah dua orang yang merasa sudah putus asa dengan hubungan asmara. Woo Ri bekerja sebagai reporter pemula yang bermimpi menjadi seorang novelis. Di kantornya, Woo Ri selalu gagal dalam urusan asmara. Ia begitu kaku ketika menghadapi wanita.

Sedangkan Ham Ja Young adalah seorang wanita lajang yang hampir menginjak usia 30 tahun. Kepribadiannya yang blak-blakan cenderung membuat pria segan berlama-lama di dalam hubungan bersama dirinya. Hidupnya pun serba ala kadarnya, bertahan dari minggu-minggu di tengah lilitan hutang.

Woo Ri dan Ham Ja Young sama-sama bertekad tidak ingin menjalin hubungan cinta lagi dengan orang. Sampai suatu saat keduanya bertemu melalui aplikasi kencan dan memutuskan untuk terikat pada hubungan tanpa status.

15. Love and Leashes (2022)

Berita DIY

Rekomendasi film Korea romantis terakhir berasal dari streaming platform Netflix. Dari negara tersebut, Netflix menyuguhkan film romantis bercampur komedi yang berjudul Love and Leashes. Film tersebut dibintangi oleh Seohyun SNSD dan Lee Jun Young. Love and Leashes menjadi angin segar di tengah industri hiburan Negeri Ginseng. Film tersebut berani menyajikan cerita romantis yang dibalut komedi namun sedikit provokatif.

Singkat cerita, Jung Ji Hoo (Lee Jun Young) adalah seorang karyawan perusahaan yang selalu berprestasi. Dirinya sangat populer di kalangan rekan-rekan kerja atas kerja keras dan dedikasinya kepada perusahaan selama ini.

Reputasi Jung Ji Hoo yang apik tersebut tiba-tiba terancam hancur ketika teman satu kantornya, Jung Ji Woo (Seohyun), tidak sengaja menerima dan membuka paket milik Jung Ji Hoo. Di dalam paket tersebut, Jung Ji Woo menemukan sebuah kerah dan tali pengikat anjing di dalamnya.

Jung Ji Woo pun terheran-heran, ukuran kerah dan tali pengikat anjing tersebut sama sekali terlalu besar untuk dipakaikan ke anjing peliharaan sungguhan. Jung Ji Hoo yang menyadari paketnya dibuka orang lain pun mendadak panik, berusaha menyembunyikan niat aslinya membeli peralatan tersebut.

Jung Ji Woo pun sadar bahwa Jung Ji Hoo ternyata memiliki preferensi yang cukup unik berkaitan dengan hubungan romansa intimnya. Akankah rahasia tersebut bocor ke orang lain? Atau justru rahasia Jung Ji Hoo membuat keduanya menjadi terikat satu sama lain?

Nah, untuk menemani Sedulur menyaksikan film Korea romantis tadi, tidak ada salah Sedulur belanja camilan dulu di Aplikasi Super! Di Aplikasi Super selain Sedulur bisa belanja sembako, Sedulur juga bisa beli camilan kesayangan buat teman nonton. Mulai dari keripik, biskuit, dan makanan ringan lainnya.

Yuk, segera unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store dan nikmati kemudahan belanja apa saja dari rumah!