film horor terseram

Selain Romance, genre film yang laris di pasaran adalah Horor. Genre yang identik dengan sesuatu yang menyeramkan ini sangat cocok dinikmati siapapun yang ingin merasakan degupan jantung yang lebih kencang. Jika Sedulur bertanya apa saja rekomendasi film horor terseram, maka ini adalah artikel yang tepat.

Ada berbagai macam adegan menegangkan yang bisa Sedulur temukan dari beberapa film bergenre Horor di bawah ini. Bahkan, beberapa judul film juga diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di masa lalu. Baik film dari dalam negeri maupun luar negeri, semuanya akan membuat Sedulur bergidik ngeri.

Penasaran apa saja film horor terseram yang sudah pernah tayang? Berikut adalah daftarnya! 

BACA JUGA: 20 Film Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi

1. Don’t Breathe (2016)

film horor terseram
IMDb

Rekomendasi film horor terseram yang pertama adalah Don’t Breathe. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini disutradarai oleh Fede Alvarez dan diperankan oleh Jane Levy, Dylan Minnette, Daniel Zovatto, dan Stephen Lang. 

Film ini menceritakan tentang kisah Rocky, seorang remaja yang ingin melarikan diri dari rumah karena tidak kuat dengan kelakuan kasar ibunya. Ia memiliki seorang pacar bernama Money dan seorang teman kecil bernama Alex. Berbeda dengan kehidupan remaja seusianya, mereka bertiga ternyata suka melakukan perampokan untuk biaya hidup sehari-hari.

Mendengar kabar seorang tunanetra yang hidup seorang diri di lingkungan yang sepi dengan uang USD 300 ribu, mereka bertiga akhirnya tertarik untuk melancarkan aksinya. Setelah mengumpulkan informasi. Mereka pun mulai merampok rumah kakek tua bernama Nordstrom. Sayangnya, mereka tidak tahu bahwa Nordstrom merupakan veteran perang yang jago menembak. Bagaimana kisah selanjutnya? Saatnya Sedulur menontonnya sendiri.

2. Hush (2016)

film horor terseram
IMDb

Rekomendasi berikutnya adalah Hush, film horor yang disutradarai oleh Mike Flanagan. Dirilis pada tahun 2016, film yang diperankan oleh Kate Siegel, Emma Graves, dan Michael Trucco ini juga masuk dalam genre Mystery, Psychological, Slasher, dan Thriller.

Hush menceritakan tentang seorang penulis novel yang tuli dengan seorang psikopat bertopeng. Perempuan bernama Maddie tersebut tinggal seorang diri di rumahnya. Setelah menjamu tamu bernama Sarah, ia masuk ke dalam rumah dan mulai melakukan aktivitas lain. Padahal, di luar rumahnya sedang ada Sarah yang meminta pertolongan dari serangan psikopat.

Setelah membunuh Sarah, psikopat bertopeng juga ingin membunuh Maddie. Ia mulai mengetuk pintu rumahnya, namun tetap tidak ada jawaban. Mengetahui Maddie adalah seorang yang tuli. Ia akhirnya menyelinap masuk dari pintu depan dan berusaha membunuh mangsa selanjutnya. Apakah sang psikopat berhasil menaklukkan Maddie?

3. In The Tall Grass (2019)

film horor terseram
Cultura Mgazine

In The Tall Grass merupakan film horor yang dirilis pada tahun 2019 berdasarkan novel karya Stephen King dan Joe Hill. Film ini disutradarai oleh Vincenzo Natali dan diperankan oleh Harrison Gilbertson, Laysla De Oliveira, Avery Whitted, dan Will Buie Jr.

In The Tall Grass menceritakan tentang Becky DeMuth yang sedang hamil seorang anak berusia 6 bulan, Bersama saudara laki-lakinya yang bernama Cal DeMuth, ia akan pergi ke San Diego. Karena merasa mual, keduanya berhenti sejenak di sebuah gereja. 

Saat ingin melanjutkan perjalanan lagi, keduanya mendengar suara anak yang meminta bantuan dalam padang rumput yang tinggi. Mereka pun masuk ke dalam dan berniat untuk menolongnya. Namun sayang, Cal dan Becky terpisah dan kesulitan mencari jalan keluar. Apa yang selanjutnya terjadi pada mereka, ya? 

BACA JUGA: 14 Film Bencana Alam yang Menegangkan & Bikin Deg-degan!

4. The Forest (2016)

film horor terseram
Eclectic Pop

The Forest merupakan film horor Amerika Serikat yang disutradarai oleh Jason Zada. Film yang ditulis oleh Ben Ketai, Nick Antosca, dan Sarah Cornwell ini dirilis pada tahun 2016 dan dibintangi oleh Natalie Dormer dan Taylor Kinney.

Film horor terseram ini menceritakan tentang seorang wanita yang datang ke Aokigahara, yakni sebuah hutan yang dikenal sebagai tempat bunuh diri, untuk mencari saudara kembarnya. Sara Price, pergi ke hutan tersebut setelah mendapatkan telepon dari Kepolisian Jepang yang menyatakan bahwa adiknya, Jess Price, bunuh diri di hutan tersebut. 

Saat mendatangi hotel tempat menginap sang adik, Sara bertemu dengan seorang reporter bernama Aiden. Mereka akhirnya berbincang-bincang dan memutuskan untuk pergi ke hutan Aokigahara bersama seorang pemandu bernama Michi untuk melihat jasad sang adik. 

5. US (2019)

film horor terseram
IMDb

US merupakan film horor yang disutradarai oleh Jordan Peele dan diperankan oleh Lupita Nyong’o, Winston Duke, Shahadi Wright Joseph, Evan Alex, dan Elisabeth Moss. Dirilis pada tahun 2019, US menceritakan tentang kisah keluarga Wilson yang pergi berlibur ke rumah Adelaide sewaktu kecil.

Keluarga ini terdiri dari Wilson, Adelaide, dan dua anaknya yang bernama Jason, dan Zora. Sesampainya di sana, semua terasa biasa saja. Hingga akhirnya muncul Tethered yang datang dengan pakaian serba merah, dengan tatapan yang dingin dan senjata berupa gunting. 

Mereka memiliki fisik yang sama dengan keluarga Wilson, dimana Abraham menyerupai Wilson, Pluto yang menyerupai Jason, Umbrae menyerupai Zora, dan Red menyerupai Adelaide. Apakah keberadaan doppelganger (saudara kembar) tersebut membuat liburan keluarga Wilson tetap baik-baik saja?

6. The Conjuring (2013)

film horor terseram
The Conjuring

Disutradarai oleh James Wan, film The Conjuring sukses menjadi salah satu film horor terseram sepanjang masa. Film ini diperankan oleh Vera Farmiga, Patrick Wilson, Lili Anne Taylor, Ron Livingston, dan Shanley Caswell.

Film ini menceritakan sebuah keluarga yang mendapatkan kutukan karena menempati rumah bekas penyihir yang terbunuh dalam Pembantaian Salem. Karena kutukan penyihir tersebut, mereka mendapatkan ancaman pembunuhan dari sosok makhluk yang menyeramkan. 

Bagaimana kisah keluarga pasangan bernama Roger dan Carolyn Perron dan kelima anak mereka yang bernama Andrea, Nancy, Cindy, Christine, dan April? Tonton The Conjuring dan rasakan sensasi menegangkan di setiap adegannya. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix, Bikin Takut!

7. Sinister (2012)

film horor terseram
Rotten Tomattoes

Film horor terseram berikutnya adalah Sinister, sebuah film yang disutradarai oleh  Scott Derrickson. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor, yakni Ethan Hawke, Juliet Rylance, James Ransone, Fred Thompson, Clare Foley, Michael Hall D’Addario, Cameron Ocasio, Blake Mizrahi, Nick King, dan Victoria Leigh.  

Film ini menceritakan seorang penulis bergenre kriminal, Ellison Oswalt, yang menemukan sekotak film di rumah barunya. Hal tersebut memberikan petunjuk atas sebuah kasus pembunuhan yang sedang ia teliti, yakni kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pembunuh berantai di sekitar tahun 1960-an. 

8. Halloween (2018)

film horor terseram
Bloody Disgusting

Halloween menjadi salah satu film horor terseram yang dirilis pada tahun 2018. Film yang disutradarai oleh David Gordon Green ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris, yakni Jamie Lee Curtis, Judy Greer, Andi Matichak, Will Patton, Haluk Bilginer, dan Virginia Gardner.

Film ini menceritakan tentang seorang pasien di Smith’s Grove Psychiatric Hospital bernama Michael Myers. Selama 40 tahun, ia telah berupaya melakukan serangkaian tindakan pembunuhan di Haddonfield. Karena kasus itulah, ia akan segera dipindahkan ke penjara dengan tingkat keamanan ekstra ketat.

Sebelum dipindahkan, ia didatangi oleh dua orang podcaster bernama Aaron Korey dan Dana Haines. Keduanya memperlihatkan topeng yang digunakan oleh Michael pada tahun 1978, namun dirinya tidak memberikan respon apapun. Hingga akhirnya ia dipindahkan, bus yang membawanya mengalami kecelakaan hingga membuatnya bisa kabur dan pulang ke Haddonfield. Apakah ia akan menuntaskan rencana pembunuhan yang selama ini gagal?

9. Insidious (2010)

film horor terseram
Bilibili

Insidios nampaknya juga cocok untuk dimasukkan ke dalam jajaran film horor terseram sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh James Wan ini diperankan oleh Patrick Wilson, Rose Byrne, Ty Simpkins, Andrew Astor, dan Lin Shaye.

Film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Dalton dari pasangan Renai dan Josh Lambert yang jatuh dari tangga saat berada di loteng rumah barunya. Awalnya, Dalton tidak mengalami luka serius, namun keesokan harinya, ia mulai menunjukkan keanehan.

Dalton yang tidak bangun dari tidurnya, dinyatakan mengalami koma tanpa adanya alasan yang jelas. Setelah tiga bulan, kedua orang tuanya pun memutuskan untuk membawanya pulang ke rumah. Saat pulang tersebut, sang ibu mulai merasakan hal janggal yang terjadi, Seperti kehadiran sosok misterius di kamar Cali, maupun Dalton yang kerap berjalan sendiri di malam hari. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Biografi Tentang Tokoh Terkenal Dunia

10. Paranormal Activity (2007)

film horor terseram
Grave Reviews

Ingin menonton film horor terseram yang berkaitan dengan aktivitas paranormal? Film berjudul Paranormal Activity dapat menjadi pilihan yang tepat. Film yang dirilis pada tahun 2007 ini disutradarai oleh Oren Peli dan dibintangi oleh Katie Featherston, Micah Sloat, Mark Fredrichs, Amber Armstrong, Ashley Palmer, dan Doli Andreas.

Film berdurasi 1 jam 26 menit ini menceritakan tentang sesuatu yang terjadi setelah pasangan muda pindah ke rumah baru  mereka di pinggiran kota. Mereka merasa terganggu dengan kehadiran makhluk astral yang sangat ‘aktif’ di tengah malam dan menunjukkan aktivitas yang menyeramkan. Dengan tagline “What Happens When You Sleep?”, Sedulur berani menontonnya?

11. Friday The 13th (1980)

film horor terseram
Justina Landhiani

Beralih ke film yang dirilis cukup lama, Friday The 13th merupakan film horor terseram yang dirilis pada tahun 1980. Meskipun sudah cukup lama, film yang disutradarai oleh Seans S. Cunningham ini tetap menjadi film horor terbaik yang terkenal sepanjang masa. 

Film ini menceritakan tentang sebuah area camping yang disebut sebagai Crystal Lake. Tempat tersebut baru saja dibuka lagi setelah ditutup selama 21 tahun akibat kejadian mengerikan, yakni pembunuhan yang menimpa pasangan muda-mudi. Film ini dibintangi oleh Kevin Beacon, Betsy Palmer, Adrienne King, Harry Crosby, Laurie Bartram, Mark Nelson, Jeannine Taylor, dan Robbi Morgan.

12. The Ring (1998)

film horor terseram
CNN Indo

The Ring merupakan salah satu film horor terseram sepanjang masa yang berkisah tentang sebuah video misterius. Konon, siapapun orang yang menonton video tersebut, akan mati seminggu setelah menontonnya. Film ini disutradarai oleh Hideo Nakata dan diperankan oleh Nanako Matsushima, Hiroyuki Sanada dan Rikiya Otaka.  

Seorang jurnalis akhirnya melakukan penyelidikan terhadap kabar misterius tersebut, saat menghadiri pemakaman keponakannya yang bernama Tomoko. Sang ponakan merupakan salah satu korban video misterius yang ternyata memang menonton video tersebut seminggu sebelum kematiannya.  

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini 12 Genre Film untuk Kamu Movie Lovers!

13. A Nightmare on Elm Street (1984)

film horor terseram
Encyclopedia Britannica

Berikutnya adalah A Nightmare on Elm Street, sebuah film horor yang dirilis pada tahun 1984. Film ini disutradarai oleh Wes Craven dan dibintangi oleh John Saxon, Ronee Blakley, Heather Langenkamp, Amanda Wyss, Nick Corri, Johnny Depp, dan Robert Englund.

A Nightmare on Elm Street menceritakan tentang seorang remaja bernama Nancy Thompson yang harus mengungkap kebenaran gelap yang selama ini disembunyikannya kepada orang tuanya. Ia dan teman-temannya menjadi target roh pembunuh berantai yang menggunakan sarung tangan berbilah di dalam mimpi mereka. Jika dalam mimpi tersebut mereka mati, maka mereka juga akan terbunuh dalam kehidupan nyata. Apakah semuanya akan selamat?

14. The Exorcist (1973)

film horor terseram
MOVFREAK

Film horor terseram berikutnya adalah The Exorcist yang dirilis pada tahun 1973. Film ini menjadi film horor Amerika Serikat yang sangat menguntungkan sepanjang masa, karena berhasil memperoleh penghasilan kotor sebesar $402.500.000 di seluruh dunia.

The Exorcist diadaptasi dari novel berjudul sama pada tahun 1971 karya William Peter Blatty. Film ini dibintangi oleh Ellen Burstyn, Linda Blair, Max von Sydow, Kitty Winn, Lee J. Cobb, Jason Miller dan Mercedes McCambridge.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis kecil yang kerasukan setan. Ibunya pun nekat untuk menyembuhkan putrinya dengan praktik eksorsisme atau ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh seorang imam Katolik. Apakah upaya yang dilakukan ibunya berhasil? 

15. The Possession (2012)

film horor terseram
Bilibili

Masih dari luar negeri, film horor terseram berikutnya adalah The Possession. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini disutradarai oleh Ole Bornedal dan diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan, Kyra Sedgwick, Madison Davenport, Natasha Calis, Grant Show, Matisyahu, Jay Brazeau, David Hovan, Brenda Crichlow, dan Anna Hagan.

Film berdurasi 1 jam 32 menit ini memiliki tagline “Fear the Demon that doesn’t fear God” yang membuatnya sangat menyeramkan. The Possession menceritakan tentang Clyde dan Stephanie yang telah bercerai, namun tetap menerapkan co-parenting dengan harmonis.  

Kedua anak mereka bernama Hannah dan Em. Pada suatu hari, saat Clyde membelikan Em sebuah kotak antik, ia tidak tahu bahwa kotak itu merupakan Kotak Dibbuk, yakni kotak yang berisikan iblis yang terperangkap di dalamnya. 

BACA JUGA: Mengaduk Emosi! Ini 25 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa

16. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

film horor terseram

Beralih ke film horor dari dalam negeri, ada Keluarga Tak Kasat Mata yang dirilis pada tahun 2017. Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang dialami oleh Bonaventura Genta yang menuliskan pengalaman mistisnya di forum Kaskus.

Film ini disutradarai oleh Hedy Suryawan dan dibintangi oleh beberapa artis, seperti Deva Mahendra, Miller Khan, Kemal Pahlevi, dan Garindra Bimo. Film ini menceritakan kisah Genta, seorang karyawan yang bekerja di Yogyakarta. Cerita bermula saat perusahaannya pindah ke sebuah gedung baru.

Genta dan banyak rekannya mulai mengalami kejadian aneh dan misterius. Hingga pada suatu malam, ia dan karyawan lainnya mulai melihat penampakan dengan sebuah pesan. Banyaknya teror yang terjadi menunjukkan bahwa ada makhluk lain yang berada di sana selain mereka. Bagaimanakah Genta dan teman-teman karyawan yang lainnya menyikapi hal tersebut?

17. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

film horor terseram
Base Indonesia

Berikutnya adalah film berjudul Perempuan Tanah Jahanam, yakni film yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar dan diperankan oleh Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail, dan Ario Bayu. Film ini bukan hanya horor, namun juga memiliki unsur budaya Indonesia di dalamnya.

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan sebuah kisah perjalanan hidup Maya dan Dini, dua orang sahabat yang harus bertahan hidup di kota sebagai petugas gerbang tol. Suatu hari, Maya mengalami penyerangan yang akhirnya membawanya ke sebuah kehidupan yang baru. Bagaimanakah jalan cerita film yang termasuk horor terbaik di Indonesia tersebut?

18. Pengabdi Setan (2017)

film horor terseram
Hotstar

Sama-sama disutradarai oleh Joko Anwar, film Pengabdi Setan juga menjadi salah satu horor terbaik di Indonesia. Dirilis pada tahun 2017, film ini dibintangi oleh beberapa bintang ternama, seperti Tara Basro, Bront Palarae, dan Ayu Laksmi.

Jalan cerita Pengabdi Setan pada intinya menceritakan tentang kehidupan keluarga seorang penyanyi wanita yang mengikut sekte misterius. Hal tersebut membuat keluarga yang terdiri dari enam orang, yakni ayah, ibu, dan empat orang anak, mengalami teror kejadian yang mengerikan. 

Itu tadi daftar film horor terseram sepanjang masa yang bisa Sedulur tonton untuk mengisi waktu luang. Biar suasana makin mirip kayak nonton di bioskop, jangan lupa sediakan beragam cemilan di toples, ya! 

Mulai camilan pedas, asin, gurih, sampai manis, semuanya bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super, lho. Gak cuma itu, tersedia juga berbagai merk minuman ringan yang cocok buat nemenin nonton film horor bareng-bareng.

Bagaimana, seru banget kan? Jadi buruan belanja di Aplikasi Super karena dijamin mudah, murah, dan cepat. Apalagi ada banyak diskon spesial, cashback, hingga gratis ongkir untuk Sedulur. Yuk, download aplikasinya dan belanja sekarang juga!