Sedulur yang senang menonton film pasti sudah tahu bahwa terdapat banyak genre film yang ada saat ini. Ya, genre tersebut membagi-bagikan film ke dalam beberapa kategori sesuai dengan isi film itu sendiri. 

Berkat kategorisasi tersebut, penonton akan lebih mudah untuk mengetahui informasi atau deskripsi umum dari film yang hendak ditonton. Selain itu, genre juga dapat dimanfaatkan oleh para sineas untuk menentukan teknik pembuatan film apa yang cocok dilakukan.

Penasaran apa saja genre film yang lazim dijumpai di bioskop atau streaming media services resmi? Berikut ini merupakan penjelasan singkatnya!

BACA JUGA: Cheat Downhill PS2 Terlengkap, Dijamin Makin GG Saat Main!

-->

Sejarah genre film

Vulture

Genre film adalah kategori gaya atau tema dari film berdasarkan kemiripannya, baik itu dalam elemen narasi, pendekatan tokoh atau cerita, serta emosi yang dihasilkan dari film tersebut. 

Kategorisasi ini dapat bermanfaat bagi para penonton untuk menentukan film mana yang hendak disaksikan. Selain itu, kategori film ini dapat dimanfaatkan para pembuat film untuk menentukan teknik mana yang tepat agar film dapat menghasilkan cerita yang sempurna.

Sejak era manusia pertama kali menciptakan film, penggunaan genre untuk memisahkan jenis-jenis film sudah dilakukan. Pada waktu itu, film hanya dibagi menjadi tiga kategori; naratif, avant-garde, dan dokumenter.

BACA JUGA: Sinopsis On Your Wedding Day, Kisah Mengejar Cinta Sejati

Contoh-contoh genre film

Seiring berkembangnya zaman, film tidak hanya terbagi menjadi tiga kategori yang telah disebutkan tadi. Ada banyak genre film yang sudah beredar dan lazim diketahui saat ini. Beberapa faktor yang menentukan pembagian film tersebut adalah latar belakang film (tempat, waktu, kejadian), tema, mood, target audiens, serta tipe produksi film.

Di bawah ini adalah 10 genre film yang paling sering diproduksi di era modern ini. Yuk, simak bersama-sama, Sedulur!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Biografi Tentang Tokoh Terkenal Dunia

1. Drama

VOI

Genre film yang akan kita bahas pertama adalah drama. Sesuai dengan namanya, film yang termasuk ke dalam kategori ini akan berkisah tentang drama kehidupan sehari-hari, baik itu dalam hubungan asmara, keluarga, pertemanan, situasi lainnya. 

Sepanjang film berjalan, biasanya ia akan berfokus untuk menguak bagaimana emosi para tokoh ketika dihadapkan dengan situasi sulit tertentu. Dengan begitu, penonton lebih tertarik untuk mengetahui akhir ceritanya karena merasa relate dengan tokoh film.

Kategori drama dalam film dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian, mulai dari legal drama, medical drama, melodrama, political drama, docudrama, dan juga teen drama. Beberapa film yang dapat dijadikan contoh untuk genre ini yaitu Citizen Kane (1941), Marty (1955), Kramer vs. Kramer (1979), Changeling (2008), dan House of Gucci (2021).

2. Komedi

Vulture

Genre film komedi rasa-rasanya menjadi salah satu jenis film yang paling digemari banyak orang. Selain membuat tertawa, film komedi biasanya juga dapat memberikan pesan tersirat kepada para penontonnya. Film jenis ini dapat dengan mudah Sedulur temukan karena banyak kejadian di film yang dibuat agar penontonnya tertawa.

Film komedi dapat masuk ke berbagai genre yang lainnya, seperti film action-comedy, buddy comedy, dark comedy, mockumentary, film parodi, romantic comedy, atau slapstick film. Beberapa contoh dari genre ini yaitu Some Like It Hot (1959), Three Amigos (1986), Four Weddings and a Funeral (1994), David Brent: Life on the Road (2016), dan Free Guy (2021).

3. Horor

TNT Drama

Secara garis besar, film horor berusaha menggugah rasa takut dan jijik dari para penonton sebagai ajang hiburannya.

4. Aksi

TBS

Salah satu genre film yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah film aksi. Dalam genre ini, film biasanya berkisah tentang konfrontasi fisik antara tokoh-tokohnya. Konfrontasi tersebut semakin menarik karena dibumbui berbagai macam aksi yang membuat para penonton terkesima. 

Berbagai ledakan, kejar-kejaran dengan menggunakan kendaraan, dan juga perkelahian sengit tentunya akan terus membuat Sedulur berpegang erat ke sandaran tangan di kursi bioskop karena saking tegangnya.

Genre aksi ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa genre yang lebih spesifik, seperti film bencana, film pertumpahan darah yang heroik, film seni bela diri, film mata-mata, film pahlawan super, dan juga film perang. Beberapa contoh dari film aksi ini adalah Commando (1985), Face/Off (1997), The Dark Knight (2008), Abduction (2011), The Avengers (2012, dan Nobody (2021).

BACA JUGA: Kisah Bonnie and Clyde, Pasangan Kriminal yang Bikin Heboh!

5. Animasi

Review Apa Saja

Genre film animasi adalah ketika gambar-gambar di film tersebut sebagian besar diciptakan oleh komputer atau tangan, serta suara karakter film yang diisi oleh aktor. Dari genre ini, film animasi kemudian dapat merangkap berbagai genre lain sesuai dengan alur ceritanya.

Beberapa film animasi yang ada terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti animasi CGI (computer-generated imagery), animasi cutout, film animasi live-acton, film stop motion, claymation (clay animation), dan animasi tradisional.

Jika Sedulur ingin menonton film dari kategori ini, coba saja cari judul-judul berikut ini:

  • Snow White and the Seven Dwarfs (1937)
  • Toy Story (1995)
  • A Bug’s Life (1998)
  • South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)
  • Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005)
  • Luca (2021)

6. Dokumenter

genre film
Netflix

Genre dokumenter menyajikan film dalam bentuk dokumentasi yang faktual dan diulas secara rinci.

7. Fantasi

genre film
Sobekan Tiket Bioskop

Film fantasi biasanya akan mengajak para penontonnya untuk masuk ke sebuah dunia baru yang murni fiksi, dimana terkadang hukum-hukum alam di dunia nyata tidak berlaku. Narasi yang biasa terdapat dalam film bergenre tersebut sering terinspirasi dari cerita legenda atau mitos.

Film fantasi masih dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis lagi, seperti fantasi kontemporer, dark fantasy, epic fantasy, dan juga urban fantasy. Contohnya adalah Venom: Let There Be Carnage (2021).

8. Sci-fi (science-fiction)

genre film
Polygon

Secara garis besar film yang dikategorikan sebagai genre sci-fi berusaha untuk memunculkan imajinasi tentang suatu fenomena yang berkaitan dengan ilmu sains dan teknologi.

BACA JUGA: 150 Nama Squad Keren untuk Berbagai Game, Yuk Dicoba!

9. Thriller

genre film
Rolling Stone

Film thriller biasanya membangkitkan keseruan serta ketegangan pada penontonnya. Beberapa kategori dari film thriller ini adalah psychological thriller, film misteri, dan juga techno-thriller.

10. Musikal

genre film
Netflix

Film dengan kategori musikal biasanya memanjakan para penontonnya dengan berbagai adegan menyanyi dan menari sebagai pelengkap jalan cerita.

11. Western

genre film
AMC Central Europe

Film western biasanya berlatar belakang tempat, waktu, serta cerita di Amerika era abad ke-19.

12. Noir film

genre film
Yahoo News

Noir film adalah kategori film yang menceritakan drama kriminal klasik bergaya lama yang pernah populer di tahun 1940-an hingga 1950-an.

Nah Sedulur, di atas merupakan sekilas informasi mengenai genre film yang paling sering ditonton oleh orang-orang. Sejatinya, genre tersebut tidak terbatas pada itu-itu saja. Banyak sekali genre yang dapat Sedulur saksikan karena satu genre dapat digabungkan dengan genre yang lain, sesuai jalannya cerita. 

Yang terpenting, selalu ingat untuk menonton film secara legal di bioskop atau streaming media services yang resmi, ya! Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.