film bencana alam

Film bencana alam atau juga disebut dengan disaster movie merupakan salah satu genre yang banyak diminati. Sesuai namanya, film-film dengan genre tersebut menampilkan kisah tentang peristiwa bencana alam yang umumnya diikuti dengan perjuangan para tokoh untuk menyelamatkan diri.

Tak sekadar hadir sebagai karya fiksi yang menghibur, beberapa di antaranya bahkan disebut diangkat atau terinspirasi dari kisah nyata. Ingin tahu apa saja rekomendasi film bencana alam terbaru 2022? Simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 20 Film Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi

1. Dante’s Peak

film bencana alam
Tribun Jateng

Rekomendasi film bencana alam yang pertama adalah Dante’s Peak. Film yang dirilis pada tahun 1997 ini sempat beberapa kali ditayangkan di salah satu saluran televisi (TV) Indonesia.

Film ini menceritakan tentang letusan gunung berapi yang terletak di Puncak Dante. Potensi soal letusan ini mulanya tidak diketahui hingga seorang ahli vulkanologi melakukan penelitian di kawasan itu. Kala itu ia menemukan hal-hal aneh seperti penemuan mayat pendaki yang terpanggang di pemandian air panas serta beberapa bangkai tupai dan pepohonan yang mati.

Sayangnya dalam penelitian awal, ia dan timnya tidak menemukan jawaban soal arti dari penemuan aneh tersebut. Hingga kemudian ditemukan tanda-tanda akan terjadinya letusan gunung. 

Adapun film ini dibintangi oleh Pierce Brosnan, Linda Hamilton, Jamie Renee Smith, dan Charles Hallahan.

2. San Andreas

Liputan 6

Rekomendasi selanjutnya adalah San Andreas yang dibintangi oleh Dwayne Johnson dan Alexandra Daddario. Film ini sendiri dirilis pada 2015 dengan arahan sutradara Brad Peyton.

San Andreas menceritakan tentang gempa bumi besar berskala 9.1 Richter yang melanda Los Angeles. Gempa tersebut pun langsung menyebabkan berbagai bangunan di sana hancur. Di tengah situasi bencana itu, seorang pilot helikopter sekaligus anggota tim penyelamat berupaya menyelamatkan keluarganya yang terpisah. Kisah penyelamatan itu pun menjadi semakin dramatis dengan terjadinya bencana tsunami yang menyusul gempa bumi besar itu. 

3. The Impossible

film bencana alam
Kompas

Berikutnya ada The Impossible yang disebut sebagai film bencana alam kisah nyata. Film yang dirilis pada 2012 ini disebut diangkat dari bencana tsunami yang melanda negara-negara di kawasan Lautan Hindia pada akhir tahun 2004 silam. The Impossible sendiri diangkat dari kisah keluarga wisatawan asal Spanyol yang saat kejadian sedang berlibur di Thailand.

Diceritakan, sebuah keluarga sedang menghabiskan masa libur Natal dan akhir tahun di Khao Lak, Thailand. Mereka menginap di sebuah resort yang terletak di pinggir pantai. Saat sedang menikmati masa liburannya, tsunami tidak melanda kawasan itu dan menyebabkan keluarga tersebut saling terpisah.

Adapun film The Impossible dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland.

BACA JUGA: 25 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa yang Mengaduk Emosi

4. 2012

Viva

2012 merupakan film bencana alam yang sempat menjadi perbincangan hangat saat dirilis pada 2009 silam. Pasalnya film ini menceritakan tentang serangkaian peristiwa bencana yang disebut sebagai tanda akan akhir dunia.

Film ini sendiri dirilis di tengah ramainya kabar soal prediksi kiamat yang disebut akan terjadi pada tahun 2012. Hal itu didasarkan pada kalender Suku Maya yang disebut berakhir pada tahun 2012.

Sementara, film 2012 menceritakan tentang ahli astrofisika dari India yang menemukan kemungkinan terjadinya badai matahari di 2012. Badai matahari itu disebut akan membuat suhu Bumi naik secara cepat. Di sisi lain, Suku Maya menyebut akan terjadi bencana besar di tahun yang sama.

5. The Wave

Kompas

The Wave merupakan film bencana alam kisah nyata selanjutnya yang dirilis pada 2015. Film ini sendiri diangkat dari kisah nyata bencana tsunami yang terjadi di Norwegia pada 1934 silam.

Adapun cerita film ini dimulai ketika seorang ahli geologi yang mendapati sensor di gunung menunjukkan air tanah menghilang. Ia kemudian pergi ke gunung bersama rekannya dan menemukan kabel sensor telah putus. Namun saat ini mereka memutuskan untuk menetapkan status siaga tanpa membunyikan alarm peringatan evakuasi.

Di luar dugaan, bencana datang lebih awal dari prakiraan. Bahkan longsoran salju juga telah mulai terlihat dari atas gunung.

6. Geostorm

TribunnewsWiki

Berikutnya ada film Geostorm, film bencana alam tentang perubahan iklim dahsyat. Film yang dirilis pada 2017 ini dibintangi oleh Gerard Butler, Jim Sturgess, Abbie Cornish, dan Alexandra Maria Lara.

Film ini menceritakan tentang perubahan iklim yang membahayakan kehidupan di Bumi. Hal ini mendorong para pemimpin dunia untuk bersatu dan membuat sebuah program bernama Dutch Boy. Program berupa jaringan satelit itu ditujukan untuk mengendalikan cuaca.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Sniper Terbaik yang Seru & Wajib Ditonton

7. The Day After Tomorrow

Tribunnews

The Day After Tomorrow merupakan film fiksi ilmiah tentang bencana yang diadaptasi dari buku The Coming Global Superstorm karya Art Bell dan Whitley Strieber. Film ini dirilis pada tahun 2004 dengan dibintangi oleh Dennis Quaid, Jay O. Sanders, dan Dash Mihok.

Diceritakan seorang ahli paleoclimatology melakukan penelitian di Benua Antartika. Dalam penelitiannya itu, ia mendapati terjadi retakan besar di benua tersebut. Sayangnya tidak ada orang yang mempercayai laporannya itu.

Di sisi lain, seorang ahli iklim lainnya juga mendapati terjadinya penurunan suhu di Atlantik Utara. Perubahan suhu ekstrem ini kemudian mulai menunjukkan dampak di berbagai belahan dunia. Mulai dari hujan es parah di Jepang hingga angin topan yang menghancurkan sebagian wilayah di Los Angeles.

8. The Perfect Storm

IMDb

The Perfect Storm adalah film bencana yang dirilis pada tahun 2000 silam. Film ini digarap berdasarkan buku non fiksi berjudul sama yang diterbitkan pada 1997.

Film ini sendiri menceritakan tentang para nelayan yang menghadapi badai besar di lautan. Mulanya, seorang kapten kapal ikan memutuskan untuk tetap berlayar meski cuaca sedang tidak baik. Ia dan sejumlah nelayan lain kemudian mengarungi lautan untuk menangkap ikan. Sayangnya cuaca buruk yang telah diprediksi sebelumnya benar terjadi dan mereka harus menghadapi badai di tengah lautan.

9. Into The Storm

Liputan 6

Into The Storm adalah film yang juga mengangkat soal bencana badai. Cerita dimulai dengan perayaan wisuda yang tiba-tiba hancur karena diterjang badai. Namun di saat orang-orang berupaya menyelamatkan diri dari badai, sekelompok orang malah berusaha mendekat ke arah pusaran. Mereka merupakan para pemburu badai yang berusaha untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut.

Selain menjadi film bergenre bencana dengan cerita drama, Into The Storm juga menampilkan kisah aksi sekaligus thriller yang tentunya memberikan warna tersendiri pada cerita. Film ini sendiri diproduksi oleh Warner Bros Picture dan dirilis pada 2014.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

10. Hafalan Shalat Delisa

Hotstar

Selanjutnya ada film bencana alam Indonesia, yaitu Hafalan Shalat Delisa. Film yang dirilis pada 2011 ini diangkat dari novel berjudul sama karya penulis Tere Liye. Adapun film ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Chantiq Schagerl, dan Nirina Zubir.

Cerita dimulai ketika seorang anak bernama Delisa sedang bersiap untuk ujian praktik salat. Namun tiba-tiba terjadi gempa bumi dahsyat yang kemudian disusul oleh tsunami besar. Delisa yang hanyut terpisah dari keluarganya sebelumnya akhirnya terdampar di cadas bukit.

11. Pandora

Netflix

Selanjutnya ada rekomendasi film bencana alam Korea berjudul Pandora (판도라). Film yang dirilis pada 2016 ini dibintangi oleh aktor Kim Nam Gil dan Jung Jin Young.

Diceritakan, Kang Jae Hyuk (Kim Nam Gil) adalah seorang mekanik di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir. Suatu ketika terjadi gempa bumi besar ketika Jae Hyuk tengah bekerja. Goncangan akibat bencana itu menyebabkan ledakan reaktor di area pembangkit listrik tempatnya bekerja.

Ledakan reaktor nuklir yang berada di bawah tanah pun mengakibatkan tewasnya sejumlah pekerja. Sementara, Jae Hyuk yang selamat dari kejadian itu berupaya mencegah terjadinya bencana lanjutan akibat gempa bumi dan ledakan tersebut.

12. Haeundae

CNN Indonesia

Haeundae atau juga dikenal dengan judul Tidal Wave adalah film bencana alam tsunami produksi Korea Selatan. Tepatnya film ini dirilis pada 2009 silam dengan menampilkan Sol Kyung Gu, Ha Ji Won, Park Joong Hoon, Uhm Jung Hwa, dan Lee Min Ki. 

Film ini menceritakan tentang sebuah tsunami besar yang melanda daerah kawasan wisata Haeundae. Risiko bencana tersebut sebelumnya telah dilaporkan ke pihak berwenang namun diabaikan karena mereka menganggap Korea Selatan aman dari tsunami. Sayangnya, prediksi tersebut salah besar dan tsunami seperti menyapu kawasan tersebut.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

13. Ashfall

TribunSultra

Selanjutnya adalah film tentang erupsi gunung, yaitu Ashfall. Film yang dibintangi oleh Lee Byung Hun, Ha Jung Woo, Ma Dong Seok, Jeon Hye Jin, dan Bae Suzy ini terbilang baru karena baru dirilis pada akhir 2019 lalu.

Ashfall menceritakan tentang erupsi sebuah gunung berapi bernama Gunung Baekdu yang terletak di semenanjung Korea. Erupsi gunung tersebut pun diyakini bakal berdampak besar di dua negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Adapun untuk meminimalisasi risiko, pemerintah Korea Selatan menyusun rencana berdasarkan hasil penelitian seorang profesor tentang aktivitas gunung tersebut.

14. Sinkhole

CNN Indonesia

Terakhir adalah Sinkhole, film asal Korea Selatan yang dirilis pada 2021 lalu. Film bencana alam terbaru menceritakan tentang peristiwa sinkhole, yaitu terbentuknya lubang besar akibat amblesnya tanah di suatu wilayah. Akibatnya, sebuah bangunan apartemen amblas dan para penghuni jatuh ke dasar tanah.

Meski mengangkat kisah tentang bencana, Sinkhole disajikan dalam balutan cerita komedi. Film ini sendiri dibintangi oleh Cha Seung Won, Kim Sung Kyun, dan Lee Kwang Soo.

Demikian tadi rekomendasi 14 film bencana alam terbaik yang bisa menjadi referensi pilihan tontonan untuk Sedulur. Tertarik untuk nonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.