Jerawat di rahang jadi salah satu masalah yang bisa mengurangi rasa percaya diri kita di depan umum. Apalagi jika kulit rahang Sedulur berwarna cerah, maka bekas dari jerawat tersebut akan nampak mengganggu penampilan.

Banyak orang yang kesulitan ketika berkutat dengan jerawat di area ini. Akan tetapi, sebagian dari mereka tidak mengetahui apa sejatinya yang menyebabkan jerawat itu muncul di bagian rahang. Pembahasan di artikel ini akan mengajak Sedulur untuk menyelami berbagai faktor yang dapat memicu jerawat di rahang. Yuk, simak ulasan di bawah bersama-sama!

BACA JUGA:  Wajib Dicoba! 8 Rekomendasi Masker Pengecil Pori Pori Wajah

1. Menjelang datang bulan

Depositphotos

Jerawat di rahang dan juga di bagian leher biasanya terjadi ketika kaum perempuan hendak memasuki masa menstruasi. Sebelum dimulainya siklus datang bulan tersebut, kulit Sedulur akan lebih banyak memproduksi progesteron. Fenomena tersebut pada akhirnya menyebabkan retensi air dan mengakibatkan kulit bisa terlihat tampak lebih bengkak seperti jerawat.

2. Perubahan hormon

jerawat di rahang
Depositphotos

Jerawat hormon adalah salah satu jenis jerawat yang paling lazim diidap kebanyakan orang. Ia dapat tumbuh juga di sekitar area rahang. Jerawat tersebut tumbuh sebagai reaksi atas tidak seimbangnya hormon yang ada di dalam tubuh kita.

Ketika hormon tidak seimbang, maka kinerja tubuh kita juga tidak maksimal. Salah satunya adalah kelenjar minyak yang kelebihan produksi. Alhasil, jerawat pun dapat tumbuh di sekitar area rahang.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Lipstik Perawatan Bibir Hitam Terbaik!

3. Kebiasaan jorok

jerawat di rahang
Depositphotos

Beberapa kebiasaan jorok dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di rahang. Salah satu dari kebiasaan tersebut adalah menaruh tangan dengan sembarangan di area wajah.

Jerawat di rahang bisa muncul akibat sering menaruh tangan di area wajah. Ada banyak kuman dan bakteri yang terdapat di tangan. Alhasil, bakteri dan kuman akan menempel di wajah dan membuat rahang berjerawat jika sering menaruh tangan di wajah.

4. Pola makan yang sembarangan

Depositphotos

Pola makan ternyata dapat menjadi biang kerok dari munculnya jerawat, loh! Betul sekali, pola makan yang tidak seimbang secara tidak langsung akan berpengaruh ke tubuh kita. Salah satu pengaruh yang paling kentara adalah munculnya berbagai jerawat di bagian tubuh, termasuk rahang.

Mengonsumsi makanan pemicu jerawat, tubuh tidak memiliki cairan yang cukup, hingga alergi dari makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur.

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Salicylic Acid & Panduan Penggunaanya!

5. Tidak menjaga kebersihan diri dengan baik

jerawat di rahang
Depositphotos

Kebersihan diri adalah salah satu faktor penting yang harus dipelihara agar tidak terjangkit jerawat. Apabila Sedulur kurang menjaga kebersihan, maka jerawat akan lebih sering muncul.

6. Produk makeup atau skincare yang kurang cocok

Depositphotos

Salah satu penyebab jerawat di rahang yang paling lazim adalah karena kulit yang tidak cocok terhadap formulasi makeup atau skincare tertentu. Ya, makeup dan skincare memang ditujukan untuk menjaga penampilan dan kesehatan kulit. Akan tetapi, beberapa kandungannya mungkin terlalu keras bagi kulit Sedulur.

Kalau sudah begitu, biasanya reaksi yang akan dimunculkan oleh kulit adalah jerawat yang biasa disebut sebagai jerawat breakout. Jerawat itu dapat tumbuh di bagian kulit yang terpapar produk, terutama bagian rahang.

BACA JUGA: 20 Model Rambut Pendek Bob Terbaru & Terpopuler

7. Ciri-ciri penyakit PCOS

Depositphotos

Pernahkah Sedulur mendengar tentang penyakit PCOS? PCOS merupakan singkatan dalam dunia medis yang merujuk pada penyakit ovarium polikistik. Secara garis besar, wanita yang terjangkit penyakit tersebut memiliki level hormon pria yang lebih tinggi ketimbang biasanya. Hormon yang tinggi tersebut akan menyebabkan pertumbuhan kista kecil di bagian ovarium.

Ternyata, salah satu gejala seseorang menderita penyakit PCOS ini adalah munculnya jerawat di rahang dan dagu. Terlebih lagi ketika hendak menstruasi, hormon di dalam tubuh akan tidak seimbang dan jerawat tentunya lebih banyak berdatangan.

8. Efek samping dari penggunaan obat tertentu

Depositphotos

Ketika muncul jerawat di rahang, coba Sedulur ingat-ingat terlebih dahulu tentang obat-obatan yang beberapa waktu ke belakang dikonsumsi. Ya, obat-obatan tertentu dapat menjadi dalang di balik munculnya jerawat rahang.

Apabila Sedulur sedang rutin mengonsumsi obat untuk mengatasi depresi dan gangguan bipolar, Sedulur dapat mencurigai obat tersebut sebagai salah satu pemicu munculnya jerawat di rahang. Selain itu, ada juga penelitian yang mengemukakan bahwa alat kontrasepsi oral, antidepresan, vitamin B, serta kortikosteroid mempunyai efek samping yang serupa dalam hal pertumbuhan jerawat.

BACA JUGA: 10 Insiden Woodstock 99, Festival Terburuk dalam Sejarah!

9. Stres atau perasaan cemas yang berlebihan

Depositphotos

Dalam dunia kesehatan, ternyata sudah banyak penelitian yang menguak keterkaitan antara stres atau perasaan cemas yang tinggi terhadap pertumbuhan jerawat. Salah satu penelitian tersebut dikemukakan oleh Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, yang menemukan kaitan antara hormon stres dan senyawa kimia yang dilepaskan ke aliran darah kulit.

Aliran darah yang mengandung senyawa kimia tertentu tersebut akan memicu ruam dan kemerah di sekitar kulit. Selain itu, ia akan menimbulkan permasalahan jerawat yang cukup akut di sekitar rahang dan leher.

Lebih lanjut lagi, ternyata hormon tubuh pada saat kita mengalami stres atau perasaan cemas yang berlebihan dapat mengubah respon kekebalan tubuh, loh! Alhasil, kondisi kulit yang lebih ekstrim ketimbang jerawat, seperti eksim, dll., dapat muncul sebagai akibatnya.

10. Cara mencukur jenggot yang salah

Depositphotos

Ketika muncul jerawat di rahang, salah satu biang keroknya adalah cara mencukur jenggot yang salah. Faktor ini biasanya dialami para pria yang berkutat dengan jerawat di bagian tubuh tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, kaum pria sangat akrab dengan pisau cukur untuk merapikan kumis dan jenggotnya agar tidak berantakan. Apabila pisau cukur tersebut tidak dijaga kebersihannya (tidak langsung dicuci dan dikeringkan setelah selesai penggunaan), maka risikonya ia akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

Ketika bakteri sudah terkumpul di pisau cukur, maka ia akan dengan mudah berpindah ke wajah dan rahang Sedulur. Terlebih lagi dalam kasus ini, pisau cukur setidaknya akan menggores sedikit permukaan kulit rahang. Bakteri dan infeksi pun akan lebih mudah untuk masuk dan berkembang menjadi jerawat.

Maka dari itu, bagi Sedulur yang sering bercukur jenggot sebaiknya lebih memperhatikan perihal kebersihan alat cukurnya, ya. Dengan begitu, pertumbuhan jerawat pada rahang pun dapat ditekan.

11. Terlalu banyak hormon androgen

jerawat di rahang
Depositphotos

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, terlalu banyak hormon androgen dapat menyebabkan jerawat di area rahang. Hormon androgen biasanya akan lebih banyak dimiliki oleh kaum pria. Akan tetapi, jika porsi hormon androgen dalam tubuh seorang wanita terlalu banyak, maka ia dapat menimbulkan jerawat yang berlebihan.

12. Akibat dari penggunaan helm

Depositphotos

Adakah di antara Sedulur yang sadar bahwa helm sangat berpotensi menyebarkan bakteri dan kuman sehingga kulit menjadi berjerawat? Ya, helm memang difungsikan untuk melindungi kepala kita pada saat perjalanan. Helm biasa terpapar panas matahari, debu, keringat dari kepala, dan lain-lain.

Dari situ, bakteri dan kuman jahat dapat bersarang di helm dan bisa berpindah ke kulit. Jaga terus kebersihan helm dengan rutin mencucinya satu atau dua kali dalam sebulan dan menyimpan helm di tempat yang kering. 

Nah Sedulur, di atas merupakan 12 penyebab jerawat di rahang yang biasanya menjadi dalang dibalik munculnya bentol dan bekas merah tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur untuk terus menjaga kebersihan diri dan kulit sekitar wajah, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.