Urutan Skincare

Beberapa tahun belakangan, penggunaan skincare semakin masif. Artinya, semakin banyak orang yang sadar bahwa memakai skincare untuk menjaga kesehatan kulit wajah sangat penting. Melihat hal tersebut, tentu makin banyak brand skincare baik lokal mau import yang berlomba-lomba mengeluarkan produk perawatan kulit wajah terbaik menurut mereka. Namun bersamaan dengan hadirnya berbagai macam produk, urutan skincare seringkali masih membuat banyak orang bingung. Hal ini dikarenakan, satu brand kosmetik bisa mengeluarkan bermacam-macam jenis skincare. Mulai dari toner, serum, essence, dan sebagainya.

Salah satu hal terpenting dalam merawat wajah yang harus Sedulur tahu yakni selain memilih produk yang tepat, juga harus mengetahui apa saja urutan yang benar saat mengaplikasikan produk perawatan kulit pada wajah. Sebab hasil yang maksimal akan didapatkan jika Sedulur juga menggunakan skincare dengan benar.

Kira-kira urutan seperti apa sih yang benar dalam mengaplikasikan skincare? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Urutan skincare pagi

Sebelum memulai hari, perlindungan untuk kulit wajah tentu penting untuk dilakukan. Apalagi bagi Sedulur yang sering berkegiatan di luar ruangan, maka perlindungan pada kulit wajah wajib dilakukan.

-->

Lalu apa saja sih skincare yang harus diaplikasikan saat pagi hari? Berikut daftarnya!

BACA JUGA: 10 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari Ini Wajib Dilakukan!

1. Facial foam

urutan skincare
Fimela

Meski wajah terlihat bersih saat Sedulur bangun tidur di pagi hari, membersihkan wajah tetap tak boleh dilewatkan. Sebab selama tidur, bukan tak mungkin debu-debu halus yang berasal dari kamar dan kasur akan menempel pada wajah Sedulur.

Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan menggunakan sabun muka adalah langkah pertama dari rutinitas skincare yang harus Sedulur lakukan. Mencuci wajah dengan sabun muka dipercaya efektif dalam mengangkat kotoran dan minyak dari kulit.

Namun, jika malam sebelumnya Sedulur tak menggunakan riasan wajah yang tebal, di pagi hari Sedulur juga bisa hanya dengan mencuci wajah dengan air bersih.

2. Cleanser

urutan skincare
PinkVilla

Setelah mencuci wajah dengan sabun, urutan skincare selanjutnya yang harus Sedulur lakukan adalah kembali membersihkan wajah dengan cleanser. Hal ini dilakukan agar kulit wajah Sedulur lebih bersih dengan sempurna. Langkah ini juga bisa disebut dengan double cleansing.

Dilansir dari Healthline, ada dua macam cleanser yang bisa Sedulur gunakan, tentu dengan menyesuaikan kulit wajah Sedulur.

Jenis yang pertama adalah oil-based cleanser. Cleanser jenis ini terbuat dari gabungan antara air dan minyak dan berfungsi untuk mengangkat semua minyak keluar dari kulit wajah. Sebelum melakukan urutan skincare dengan menggunakan oil-based cleanser, Sedulur harus membaca petunjuk yang ada di dalam kemasan. Sebab ada beberapa jenis cleanser ini yang ampuh digunakan saat kulit masih basah, namun ada pula yang akan berfungsi dengan baik di permukaan kulit yang sudah kering.

Jenis kedua adalah water-based cleanser. Dilansir dari Healthline, kandungan utama cleanser ini adalah surfaktan, yakni bahan yang memungkinkan air untuk bisa membilas semua kotoran dan keringat yang menempel pada wajah.

Cara penggunaan water-based cleanser adalah dengan mengaplikasikannya pada kulit kering, lalu kembali membilas wajah dengan air bersih sebelum mengering di wajah.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

3. Toner

Fimela

Urutan skincare pagi selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan toner pada wajah yang sudah dibersihkan. Toner berfungsi untuk memberikan hidrasi pada kulit aja. Penggunaan toner pun ada dua macam, yakni toner yang dipakai dengan menggunakan kapas dan ada pula toner yang digunakan dengan cara menuangkan pada telapak tangan lalu menepuk-nepuk pada kulit wajah.

Sebelum Sedulur memilih toner, ada baiknya pilih toner yang tidak memiliki kandungan alkohol. Sebab kandungan alkohol dalam toner dikhawatirkan akan membuat kulit wajah menjadi iritasi.

4. Essence

urutan skincare
Unsplash

Sedulur mungkin sering bingung antara toner dan essence. Sebab sekilas, essence memang hampir mirip dengan toner. Namun meski mirip, essence memiliki fungsi yang berbeda. Pemakaian essence digunakan setelah mengaplikasikan toner pada wajah.

Essence memiliki kandungan air yang sama tingginya dengan toner. Namun, kandungannya bisa membantu hidrasi kulit lebih maksimal dan menyeimbangkan kembali lapisan kulit. Essence juga akan lebih efektif bekerja saat dipakai saat pagi hari. Cara pemakaiannya adalah dengan menuangkan beberapa tetes di telapak tangan lalu tepuk-tepukkan pada wajah dengan merata.

5. Serum

urutan skincare
Unsplash

Urutan skincare selanjutnya yang tak kalah penting dan tak boleh ketinggalan adalah pengaplikasian serum wajah. Dilansir dari Alodokter, serum berguna untuk menutrisi kulit sehingga kesehatan kulit bisa terawat dalam jangka waktu yang panjang.

Dikutip dari Healthline, serum memiliki kandungan dengan konsentrasi tinggi. Sehingga penggunaan serum secara rutin bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tips untuk memilih serum yang cocok adalah dengan mengoleskan serum di sebagian area pada wajah, lalu tunggu bagaimana reaksinya pada kulit wajah Sedulur.

BACA JUGA: 10 Skincare yang Mengandung Retinol Atasi Penuaan

6. Moisturizer

urutan skincare
Unsplash

Setelah mengaplikasikan serum, Sedulur bisa menggunakan moisturizer. Skincare ini berguna untuk menenangkan dan melembutkan kulit. Pilih moisturizer sesuai dengan jenis kulit Sedulur. Jika memiliki kulit yang cenderung kering, pilih moisturizer yang berbentuk cream atau balm. Sementara untuk kulit normal atau kombinasi, bisa menggunakan moisturizer yang creamnya lebih padat atau tebal.

Dan bagi Sedulur yang memiliki tipe kulit berminyak, bisa pilih moisturizer yang cenderung cair atau berbentuk gel.

7. Sunscreen

Sunscreen
Unsplash

Urutan skincare terakhir di pagi hari adalah penggunaan sunscreen. Penggunaan sunscreen dalam rutinitas skincare seringkali dilupakan karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal anggapan ini sangat salah.

Sunscreen justru menjadi salah satu step penting yang tak boleh dilupakan. Sebab penggunaan sunscreen bisa melindungi kulit wajah Sedulur dari risiko kanker kulit karena paparan sinar UV. Tak hanya itu, juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

The American Cancer Society menyarankan untuk memakai sunscreen dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi untuk perlindungan maksimal.

Cara menggunakan sunscreen pun mudah. Setelah semua urutan skincare diaplikasikan, paling terakhir aplikasikan sunscreen pada wajah. Tuangkan sunscreen pada jari telunjuk dan jari tengah, lalu oleskan pada wajah. Pastikan gunakan sunscreen 15 – 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA: Mengenal Retinol, Kandungan Skincare Untuk Cegah Penuaan

Urutan skincare malam

Setelah seharian berkegiatan dengan wajah full make up, di malam hari waktunya kulit wajah Sedulur beristirahat dengan diberikan nutrisi yang tepat. Dibandingkan urutan skincare pagi hari, skincare malam hari biasanya lebih sederhana. Yuk simak apa saja yang harus Sedulur gunakan saat malam hari.

1. Make-up remover atau micellar water

urutan skincare
Unsplash

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, yang pertama kali Sedulur harus lakukan adalah membersihkan wajah dengan make-up remover atau micellar water. Sebab make-up yang menempel seharian di wajah harus segera dibersihkan setelah selesai berkegiatan.

Selain itu, make-up remover atau micellar water tak hanya berguna untuk membersihkan make up, tetapi juga bisa untuk membersihkan kotoran selain make up yang menempel di wajah setelah beraktivitas di luar rumah seharian.

2. Facial foam

urutan skincare
Unsplash

Setelah langkah pertama selesai, urutan skincare selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan sabun muka atau facial foam. Hal ini agar wajah benar-benar bersih dari kotoran yang menempel. Saat memilih sabun muka, pastikan sesuai dengan jenis kulit wajah Sedulur ya.

BACA JUGA: Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya

3. Exfoliator atau clay mask

Clay Mask
Unsplash

Jika Sedulur memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, bisa menambahkan pengaplikasian exfoliator atau clay mask pada skincare routine Sedulur. Exfoliator dan clay mask berfungsi untuk membuka pori-pori, sekaligus menyerap minyak berlebih pada wajah. Sedulur bisa memilih menggunakan salah satu di antara exfoliator atau clay mask, jadi tak perlu menggunakan semuanya.

Namun yang berbeda dari jenis skincare lain, baik exfoliator dan clay mask lebih baik digunakan 1-2 kali seminggu saja. Dan hindari penggunaan keduanya jika Sedulur memiliki jenis kulit wajah yang kering dan mudah iritasi.

4. Toner

Unsplash

Tak hanya dalam rutinitas pagi, toner juga penting digunakan saat malam hari. Sama halnya dengan fungsi toner di pagi hari, dalam urutan skincare malam hari, toner juga berfungsi untuk menghidrasi kulit.

5. Serum

Unsplash

Beberapa produk skincare ada yang memproduksi serum pagi dan malam yang berbeda. Namun ada pula serum yang bisa digunakan saat pagi dan malam hari. Sedulur tinggal menentukan pilihan jenis serum apa yang cocok digunakan di wajah Sedulur.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

6. Eye Cream

Eye cream
Unsplash

Perawatan mata seringkali diabaikan, karena Sedulur mungkin sudah terlalu fokus dengan perawatan wajah secara keseluruhan. Namun seiring bertambahnya usia, perawatan mata juga perlu dilakukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin memberikan eye cream pada bagian kantung mata. Cukup oleskan secukupnya lalu tepuk-tepuk lembut dengan jari.

7. Moisturizer atau face oil

urutan skincare
Unsplash

Jika Sedulur memiliki jenis kulit yang kering, menggunakan moisturizer atau face oil dalam rutinitas skincare malam bisa menjadi pilihan. Keduanya memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit wajah yang kering. Kandungan keduanya akan semakin meresap saat dibawa beristirahat di malam hari.

8. Sleep mask

Sleeping mask
Headtopics

Ini adalah urutan skincare yang paling terakhir, namun juga bisa menjadi opsional. Artinya Sedulur bisa melewatkan langkah ini. Penggunaan sleep mask bisa berfungsi untuk mengunci semua produk skincare yang sudah Sedulur aplikasikan sebelumnya. Selain itu, kulit akan menjadi lebih lembab jika rutin menggunakan sleep mask.

BACA JUGA: 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Aman & Ampuh

Tips memilih skincare yang tepat

Setelah mengetahui urutan skincare pagi dan malam, Sedulur juga harus mengetahui cara memilih skincare yang tepat agar tak merusak kulit wajah Sedulur

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Sebelum memilih skincare, pastikan Sedulur sudah memahami jenis kulit Sedulur. Apakah kulit Sedulur berminyak, kering, atau kombinasi. Mengenal jenis kulit akan membantu Sedulur dalam memilih jenis skincare yang tepat.

2. Pilih skincare yang kandungannya aman dan terdaftar di BPOM

Saat ini mulai bermunculan produk skincare lokal. Ada yang memang memiliki kualitas bagus, namun sayang ada pula yang bisa dikategorikan sebagai produk abal-abal. Agar tak salah memilih produk, pastikan Sedulur memilih produk skincare yang sudah terdaftar BPOM.

Selain itu, pastikan juga memilih penyalur skincare yang terpercaya dan memiliki track record yang baik.

3. Gunakan basic skincare saat pertama kali penggunaan

Bagi Sedulur yang baru pertama kali menggunakan skincare, tak perlu pusing dengan banyaknya produk-produk skincare. Cukup gunakan basic skincare seperti facial foam, serum, toner, serta sunscreen sebagai awalan.

Itu dia sejumlah urutan skincare yang benar. Semoga artikel ini membantu Sedulur yang mulai ingin melakukan perawatan wajah dengan rutin menggunakan skincare.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.