Rekomendasi Skincare yang Mengandung Retinol Anti Penuaan

Bagi yang sudah menginjak usia 25-an, sudah saatnya untuk mengaplikasikan skincare yang mengandung retinol ke wajah. Senyawa turunan vitamin A ini terbukti mampu menangkal penuaan dini. Kandungan ini juga selalu ada di produk antiaging keluaran banyak brand.

 Dari brand lokal sendiri, sudah banyak yang mengeluarkan produk wajah yang mengandung retinol yang minim iritasi. Bagi pemula yang ingin mencoba, kamu bisa memilih produk retinol yang ramah dan mengandung kadar yang tidak terlalu tinggi. Berikut rekomendasi produk buatan merek lokal beserta harganya.

Rekomendasi skincare yang mengandung Retinol keluaran brand lokal

1. Avoskin Miraculous Retinol Toner

produk wajah yang mengandung retinol Avoskin Miraculous Retinol Toner
image source: www.avoskinbeauty.com

Harga: Rp199 ribu

Sebagai salah satu pioneer skincare brand di tanah air, Avoskin sudah memiliki lini produk retinolnya yang terdiri dari toner dan serum. Sejak pertama kali dirilis sampai sekarang, Avoskin Miraculous Retinol Toner memiliki banyak penggemar. Pasalnya, kadar retinol produk ini yang rendah sangat aman dipakai oleh pemula.

Selain itu, skincare yang mengandung Retinol dan Niacinamide ini juga dikombinasikan dengan Peptide untuk menumpas tanda penuaan dini. Perpaduan kandungan aktif di produk ini diklaim mampu menyamarkan garis halus, memperbaiki tekstur, dan mencerahkan kulit. Pakai toner ini 3 kali dalam seminggu pada malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal, ya.

2. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

skincare yang mengandung retinol Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
image source: www.avoskinbeauty.com

Harga: Rp249 ribu

Selain tonernya, serum di series ini juga banyak disukai oleh pengguna setianya. Kandungan Actosome Retinol sebesar 3% tidak menimbulkan iritasi dan breakout bila dipakai oleh pemula. Dipadukan dengan ekstrak pomegrante, green tea, dan vitamin E-nya mampu memberikan banyak efek baik pada kulit.

Penggunaan produknya sama dengan produk toner-nya. Aplikasikan serum yang mengandung retinol ini di wajah setelah memakai toner. Pakai maksimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen di pagi hari setelah memakai retinol di malam sebelumnya.

3. Bhumi HPR Retinol Serum

serum yang mengandung retinol Bhumi HPR Retinol Serum
image source: studio.femaledaily.com

Harga: Rp285 ribu

Bhumi juga memiliki serum yang mengandung retinol sebagai pilihan produk antiaging. Senyawa 1% Hydroxypinacolone Retinoate (HPR) dan 1% Retinol di setiap kemasannya tidak mengiritasi kulit sembari bertugas untuk mencegah tanda penuaan dini. 

Tak hanya itu, ada Ferulic Acid, Madu, Prickly Pear Stem Extract, dan Wild Pansy-nya yang ikut membantu produksi kolagen pada kulit. Kabar baiknya, kamu bisa memakai serum ini setiap malam hari. Sebelumnya, kamu harus memberi jeda setiap dua hari untuk membuat kulit beradaptasi terlebih dulu. Bila tidak ada efek dan iritasi, baru bisa ditambah intensitasnya untuk dipakai tiap malam.

4. Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract

skincare yang mengandung retinol Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract
image source: www.sociolla.com

Harga: Rp170 ribu

Sebelumnya, Dear Me Beauty fokus merilis di lini makeup-nya. Beberapa waktu lalu, sudah resmi beredar series serum yang hadir dalam 11 varian. Setiap variannya fokus dengan satu bahan aktif supaya lebih efisien untuk permasalahan kulit masing-masing orang. Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract adalah serum yang mengandung Retinol yang sudah melewati proses enkapsulasi membuat kandungannya lebih gantle di kulit. 

Ekstrak blueberry-nya yang kaya akan antioksidan bisa memperbaiki kondisi dan tekstur kulit jadi lebih baik. Teksturnya encer dan muda diserap dan tidak meninggalkan kesan lengket setelah diaplikasikan di wajah.

Baca juga: Hydrating Toner yang Bagus Untuk Melembabkan Kulit Wajah

5. ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

skincare yang mengandung retinol dan niacinamide ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum
image source: reviews.femaledaily.com

Harga: Rp240 ribu

Sekadar informasi, saat ini masih belum ada skincare yang mengandung retinol untuk remaja. Dikhawatirkan justru akan merusak tekstur kulit remaja yang masih belum terlalu bermasalah. yang Produk antiaging memang disarankan untuk dipakai sejak pertengahan usia 20-an. 

Bahan yang dikandung di setiap kemasannya adalah 1% Encapsulated Retinol, Multi-Peptide Complex, Niacinamide, Licorice Extract, Hyaluronic Acid, dan Gluconoactone. Perpaduan semua komposisinya bisa mengurangi kulit kusam, tekstur kasar, dark spot, dan hiperpegmentasi.

6. Ertos Retinol Serum

skincare yang mengandung retinol Ertos Retinol Serum
image source: www.beautywithdummy.com

Harga: Rp120 ribu

Rekomendasi skincare yang mengandung Retinol dan bisa dicoba oleh pemula yakni produk keluaran Ertos. Konsentrasi 0,5% Retinolnya memang lebih aman untuk dicoba oleh yang kulitnya masih belum pernah diberi bahan aktif ini.

Selain untuk mencegah penuaan dini dan menyamarkan garis halus yang mulai muncul, produk ini diklaim bisa memudarkan dark spot serta meratakan warna kulit yang banyak bekas jerawat merah PIE (Post-inflammatory Erythema) dan bekas jerawat kehitaman PIH (Post inflammatory hyperpigmentation). 

Harga yang dipatok untuk 20 ml-nya terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, banyak brand membanderol harga di atas Rp150 ribu untuk produk serum retinolnya dengan ukuran botol pipet yang sama.

7. For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream

skincare yang mengandung retinol For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream
image source: journal.sociolla.com

Harga: Rp240 ribu

Untuk saat ini, sunscreen yang mengandung Retinol memang masih belum ada banyak pilihannya. Tapi untuk pelembap yang dipakai di malam hari, ada Retinol Overnight Cream keluaran For Skin’s Sake yang bisa dipakai.

Tak perlu khawatir bakal breakout di pagi harinya. Konsentrasi Retinolnya yang rendah sebesar 0,1% bakal minim iritasi. Selain itu, Hyaluronic Acid, vitamin E, green tea, dan Centella Asiatica Extract-nya bisa melembapkan sekaligus memberi efek calming pada kulit yang kemerahan dan bermasalah.

Melihat harganya, kamu mungkin akan terkejut karena terlalu mahal untuk kemasan jar 30 ml-nya. Tapi kandungannya yang serba bisa untuk menyelesaikan banyak masalah kulit, harga itu bakal worth it jadinya.

8. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

skincare yang mengandung retinol Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol
image source: www.somethinc.com

Harga: Rp155 ribu

Produk wajah yang mengandung Retinol juga dimiliki oleh Somethinc. Brand ini memberikan alternatif serum untuk pemula yang baru mencoba retinol. Kadar 1% yang sudah dienkapsulasi ini punya senyawa yang lebih stabil dan tidak membuat kulit wajah jadi iritasi. Selain itu, ada kandungan Ceramide dan Hyaluronic Acid-nya yang menyeimbangka kelembapan wajah. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelah meratakan di wajah. Beri jeda dan pakai maksimal 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, memakai sunscreen keesokan harinya adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan, ya.

Produk retinol ini dibanderol cukup murah dibandingkan dengan keluaran brand lain dengan jumlah ml yang sama. Kamu bisa mencoba memakainya sebagai produk Retinol bagi pemula. Jika cocok dan tertarik untuk menjadi pengguna advanced, kamu bisa mencoba produk lainnya yang kadar Retinol-nya lebih besar.

Baca juga: Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Berminyak dan Kusam

9. Somethinc 1% Pure Retinol + Squalane

skincare yang mengandung retinol Somethinc 1% Pure Retinol + Squalane
image source: www.somethinc.com

Harga: Rp255 ribu

Beberapa waktu lalu, Somethinc juga merilis 12 varian serum baru untuk masalah kulit yang lebih spesifik. Brand ini juga memformulasikan Retinol dan Squalane yang diracik untuk perawatan antiaging. Meski memakai Retinol bisa membuat kulit kering, tingkat kelembapan kulit bakal tetap terjaga dengan kehadiran senyawa squalane-nya.

Skincare yang mengandung Retinol disarankan untuk pemakai Retinol yang sudah advanced, ya. Bahannya yang berbasis oil ini diklaim lebih stabil dan tidak mudah teroksidasi. Bila dipakai secara rutin, kulitmu bakal semakin cerah, glowing, dan tetap awet muda.

10. Votre Peau Retinol Serum

skincare yang mengandung retinol Votre Peau Retinol Serum
image source: reviews.femaledaily.com

Harga: Rp115 ribu

Rekomendasi serum yang mengandung retinol juga datang dari brand Votre Peau. Produk antiaging ini mengandung retinyl palmitate sebagai senyawa yang gentle di kulit. Selain kandungannya retinolnya, di serum ini juga terdapat ceramide. Kandungan ini mampu memberi kelembapkan ekstra dan mengencangkan kulit yang sudah mulai mengendur.

Sama seperti produk Retinol lainnya, serum ini tidak diperuntukkan kepada ibu hamil dan menyusui. Selain itu, bagi yang belum berusia 20 tahunan juga belum direkomendasikan untuk memakai produk ini, ya.

Rekomendasi skincare yang mengandung Retinol di atas adalah keluaran brand lokal yang kualitasnya tak kalah bagus dengan merek luar negeri. Bukan berarti produk impor tidak bagus, lho. Masih ada juga kok beberapa produk yang bisa dijajal oleh pemula maupun pemakai Retinol yang sudah advanced.

Selain merawat kulit wajah dengan produk antiaging dariluar, kamu juga perlu menjaga asupan makanan dan minuman setiap harinya. Menjaga pola makan dan gaya hidup juga bisa mempengaruhi kondisi kulitmu. Perbanyak menyantap makanan dan minuman bergizi.

Supaya asupan bergizi terpenuhi, kamu bisa mendapatkan kebutuhan sembako dengan mudah. Sesederhana dengan menginstal Aplikasi Super, kebutuhanmu bakal diantar sampai rumah. Pssst, ada banyak promo menarik lho setiap harinya!

Bagi yang sudah berusia 20-an, jangan tunda lagi untuk menghempas kerutan dan garis halus dengan memakai produk dengan kandungan Retinol. Semakin dini pencegahan yang dilakukan, bakal semakin enggan tanda penuaan menyergapmu.