Apakah Sedulur sudah tahu retinol? Sebuah kandungan yang terdapat dalam kosmetik dan skincare yang bisa mencegah penuaan. Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Bagi para perempuan, terutama yang sudah memasuki kepala tiga, tentu saja akan muncul ketakutan dan kekhawatiran tanda-tanda penuaan pada wajah. Seperti keriput, garis-garis halus pada wajah dan gejala-gejala lainnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentu saja Sedulur akan melakukan pencegahan dengan menggunakan berbagai kosmetik dan skincare.

Salah satu kandungan dalam skincare dan kosmetik untuk mencegah penuaan bernama retinol. Retinol adalah kandungan bahan aktif turunan dari vitamin A yang terdapat dalam skincare dan kosmetik. Pertanyaan seputar apa itu retinol, pasti menjawab terkait dari fungsi retinol untuk apa.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan salah satu fungsi retinol, yaitu kegunaan retinol untuk mencegah penuaan dini dalam setiap skincare retinol dan serum retinol. Bagi Sedulur yang sudah memasuki usia berkepala tiga, Sedulur bisa mulai menggunakan skincare yang mengandung retinol, produk yang mengandung retinol dan lain sebagainya. Yuk, mari kita langsung simak penjelasan mengenai manfaat retinol untuk wajah dan cegah penuaan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Wajah Berjerawat? 7 Produk Some By Mi Ini Bisa Kamu Coba

Manfaat Retinol untuk Mencegah Penuaan pada Wajah

1. Meningkatkan Produksi Kolagen

1. Meningkatkan Produksi Kolagen
liputan6.com

Manfaat pertama yaitu dapat meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Keriput dan garis-garis halus yang muncul pada wajah sebagai gelaja penuaan diakibatkan kurangnya kolagen pada wajah. Bukan hanya wajah kekurangan kolagen, namun juga wajah tidak memiliki kolagen yang berfungsi secara optimal. Hal tersebut bisa membuat gejala penuaan pada wajah semakin terlihat jelas. Perbanyak produksi kolagen pada wajah merupakan salah satu syarat untuk mencegah penuaan pada wajah.

2. Mempercepat Regenerasi Kulit

2. Mempercepat Regenerasi Kulit
bisnis.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mempercepat regenerasi kulit wajah. Selain dapat membuat kulit wajah tampak sehat, bersih dan bersinar, gejala penuaan pun semakin tidak mungkin akan muncul pada wajah jika memiliki sistem dan pola regenerasi kulit yang sangat cepat dan baik. Hal tersebut bisa dirangsang oleh kandungan retinol.

Hal tersebut yang membuat banyak produk skincare sangat dibutuhkan oleh wajah. Karena bukan hanya baik untuk mencegah penuaan pada wajah, regenerasi kulit juga sangat baik untuk membuat wajah agar tampak muda, sehat dan tetap bersinar.

3. Menghentikan Pigmentasi

3. Menghentikan Pigmentasi
merdeka.com

Salah satu fungsi retinol untuk wajah adalah dapat menghentikan pigmentasi. Pigmentasi merupakan proses penggelapan kulit yang dapat membuat warna kulit tidak merata. Karena kandungan bahan aktif turunan dari vitamin A, dapat sangat efektif untuk menghentikan proses pigmentasi dan membuat wajah tampak tua.

Pigmentasi terjadi akibat produksi melanin pada wajah sangat tinggi dan tidak adanya regenerasi kulit yang terjadi. Hal tersebut dapat membuat wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya. Alih-alih tampak muda, wajah pun terlihat tua sebelum waktunya. Salah satunya adalah dengan menggunakan skincare yang bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit wajah tampak cerah.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Kopi yang Bikin Wajah Glowing

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit Wajah

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit Wajah
kompas.com

Wajah tidak sehat dan tampak kusam diakibatkan oleh pori-pori wajah yang kotor, hal tersebut diakibatkan karena pori-pori wajah yang terbuka lebar yang membuat wajah menjadi kusam dan tampak tua tidak seperti umurnya. Baik itu kotoran, minyak dan polusi yang menjadi penyebab utamanya.

Salah satu manfaat dari skincare yang bisa mencegah penuaan adalah dapat membersihkan pori-pori kulit dan membuatnya tampak sehat dan terlihat cerah. Bukan hanya itu, kulit wajah pun akan terlihat menjadi muda dan jauh dari kusam dan tampak tua.

5. Mengandung Antioksidan

5. Mengandung Antioksidan
popbela.com

Selain antioksidan sangat baik untuk memperkuat imunitas tubuh, antioksidan juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini pada wajah. Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dari menggunakan skincare yang mengandung retinol yang dapat mencegah wajah mengalami penuaan sebelum waktunya.

Antioksidan tersebut berasal dari vitamin A dan dapat membuat sel kulit muda saling terhubung dan membuatnya muncul ke permukaan kulit wajah dan membuat wajah selalu tampak awet muda. Selain mengandung beberapa manfaat, terdapat juga beberapa hal yang perlu Sedulur pahami dan ketahui terkait retinol. Simak penjelasannya di bawah ini.

Retinol Tidak Boleh Digabung Dengan Beberapa Bahan Dibawah Ini

1. Retinol dan AHA/BHA

1. Retinol dan AHA/BHA
detik.com

Jika skincare yang Sedulur gunakan memiliki dua kandungan di atas, Sedulur tidak boleh mencampurnya, hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada wajah. Karena kedua kandungan di atas memiliki senyawa yang sangat bertentangan dan akan memberikan dampak buruk pada wajah jika digunakan secara bersamaan. Seperti membuat kulit wajah menjadi kemerahan, mengelupas hingga iritasi.

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide
kabartangsel.com

Kedua bahan di atas juga tidak boleh digabungkan, karena mengandung senyawa yang bertentangan. Dampak buruknya akan dapat membuat wajah menjadi kering, kemerahan dan mengelupas. Terutama jika Sedulur sedang dalam proses mengobati jerawat hal tersebut bisa membuat jerawat akan semakin banyak dan semakin parah.

Selain kedua bahan di atas, terdapat beberapa campuran bahan lain yang tidak boleh dicampur dengan retinol, yaitu retinol dan asam salisilat juga retinol dan vitamin C. Alangkah lebih baiknya untuk menanyakan kepada ahli terkait kandungan senyawa untuk menyehatkan kulit dan mencegah penuaan.

Semoga penjelasan di atas terkait retinol bisa membantu Sedulur untuk memahami fungsinya, terutama untuk mencegah penuaan dini. Sedulur juga bisa cek obat lainnya dan perlengkapan lainnya untuk membuat wajah semakin cantik dan bersinar. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakannya untuk setiap kebutuhan Sedulur. Selamat mencoba!