cara mengecilkan pori pori

Cara mengecilkan pori-pori menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh kaum hawa maupun adam beberapa waktu terakhir. Ini menjadi hal yang penting karena bisa mempengaruhi penampilan seseorang ketika di depan umum.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah baik itu secara alami maupun menggunakan zat kimia. Masalah pori-pori sendiri biasanya banyak terjadi disekitar hidung, pipi dan dagu. Jika masalah ini tak diselesaikan, bukan tidak mungkin akan membuat seseorang tidak nyaman dan mengganggu penampilan sehingga berdampak pada kepercayaan diri seseorang.

Lalu seperti apa sih cara mengecilkan pori-pori yang aman dan cepat? Yuk simak tips jitunya di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Facial Wash untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

-->

1. Menggunakan madu

Cara mengecilkan pori pori
Halodoc

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Kandungan antioksidan dalam madu mampu menangani beberapa masalah kulit, salah satunya mengecilkan pori-pori. 

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori dengan madu:

  • Siapkan madu alami yang masih kental satu sendok makan
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama kurang 5-10 menit
  • Bilas dengan air hangat. 

2. Menggunakan es batu

cara mengecilkan pori-pori
Pexels

Bila Sedulur memiliki masalah pori wajah yang besar. Maka cara mengecilkan pori-pori besar terbaik dan mudah bisa dengan mengompres kulit menggunakan es batu. Simak langkah-langkah cara mengecilkan pori pori wajah dengan es batu berikut ini.

  • Gunakan tisu untuk melapisi es batu.
  • Tempelkan pada bagian wajah yang terdapat pori-pori
  • Jangan menepelkan es batu secara langsung. 

3. Menggunakan masker jeruk nipis

jeruk nipis
Pexels

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang sama seperti madu sehingga dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Namun, penggunaan jeruk nipis seperti ini kurang cocok untuk dijadikan cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat. Hal ini karena beberapa kandungan zat dalam jeruk yang asam bisa memberikan efek iritasi pada bekas jerawat yang belum kering.

aNamun, bagi Sedulur yang memiliki kulit berminyak dengan pori pori besar maka masker wajah ini akan sangat cocok. Berikut cara mengecilkan pori pori wajah menggunakan jerus nipis.

  • Peras sari jeruk nipis kemudian saring bulir jeruk nipis
  • Oleskan pada wajah secara tipis
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Mudah & Cepat

4. Masker gula dan kopi

Cara mengecilkan pori pori
Fimela

Bila Sedulur mencari cara mengecilkan pori-pori pria yang paling ampuh. Maka masker gula dan kopi adalah pilihan yang tepat. Butiran kopi dapat berfungsi sebagai scrub yang mampu mengangkat kulit mati. Berikut cara membuat masker gula kopi:

  • Campur satu sendok kopi dan gula pasir
  • Tambahkan air agar menjadi scrub
  • Gosok perlahan di area wajah 
  • Bilas dengan air hangat

5. Menggunakan rendaman air beras

beras
Unsplash

Air rendaman beras ternyata bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori karena mengandung ferulic dan allotonin.Berikut cara mengecilkan pori pori menggunakan air rendaman beras:

  • Oleskan air endapan beras pada wajauh sekitar 10 menit.
  • Bilas wajah menggunakan sabun cuci muka.
  • Gunakan air hangat saat mencuci wajah, kemudian bias dengan air dingin.

6. Masker alpulat alami

Cara mengecilkan pori pori
Think Acovado

Cara mengecilkan pori-pori secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Alpukat biasanya digunakan sebagai masker wajah karena mengandung vitamin C dan E. Belum lagi ada kandungan zat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas sehingga membuat kulit terlihat lebih kencang. 

Simak langkah-langkah membuat masker alpukat berikut:

  • Haluskan seperempat buah alpukat hingga lembut dan tambahkan satu sendok madu alami
  • Oleskan secara merata pada wajah 
  • Diamkan 10-15 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat

7. Menggunakan tomat 

tomat
Pexels

Selain madu dan alpukat, tomat juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori sekaligus mengencangkan kulit wajah. Vitamin E dalam tomat dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan awet muda. Cara membuat masker tomat sebagai berikut:

  • Haluskan satu buah tomat
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit
  • Setelah mengering, bilas dengan air hangat

8. Masker kulit jeruk

Jeruk
Headtopics

Berdasarkan dari beberapa riset, kulit jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi dibandingkan dengan dagingnya. Sari dari kulit jeruk sudah banyak digunakan untuk ramuan kecantikan sejak zaman dahulu. 

Berikut cara membuat masker dari kulit jeruk:

  • Jemur kulit jeruk hingga kering
  • Setelah kering dan mengeras, tumbuk kulit jeruk lalu campur dengan sedikit air. 
  • Ambil dua sendok bubuk kulit jeruk yang sudah ditumbuk lalucampur dengan air hingga menjadi pasta
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

9. Pepaya

pepaya
Unsplash

Pepaya mengandung banyak enzim dan vitamin seperti vitamin A, B dan E yang dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Antioksidan pada pepaya juga dapat membantu melembapkan kulit. Buah pepaya juga sangat cocok sebagai alternatif cara mengecilkan pori-pori di hidung. Berikut cara membuat masker dari pepaya:

  • Potong buah pepaya, lalu tumbuk hingga halus
  • Campurkan dengan sedikit madu (opsional) 
  • Oleskan masker pepaya pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat

10. Menggunakan retinol

Cara mengecilkan pori pori
Pinterest

Salah satu penyebab adanya pori-pori adalah karena wajah yang kurang terawat. Salah satu bahan yang digunakan untuk merawat kulit wajah adalah Retinol. Manfaat Retinol bagi kulit wajah antara lain:

  • Mencegah kerutan
  • Menyamarkan bekas luka
  • Memudarkan flek hitam.
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengencangkan kulit

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pemutih Ketiak Gelap Terbaik di 2022

Atur kebiasaan

Selain melakukan perawatan menggunakan masker seperti di atas, untuk cara mengecilkan pori pori lainnya Sedulur juga bisa mencoba untuk mengatur dan mengubah pola kebiasaan. Hal ini karena pori-pori di tubuh bisa mengecil dan normal dengan mengubah kebiasan dalam hidup. Berikut ini kebiasaan yang biasa membantu dalam mengecilkan pori di tubuh khususnya wajah.

1. Istirahat Cukup

Cara mengecilkan pori pori
Class Pass

Selain bahan-bahan alami, mengecilkan pori-pori juga dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup.

Saat tidur, kulit kita melalui proses regenerasi, menggantikan sel-sel kulit lama dengan yang baru. Sel-sel kulit lama tersebut akan berubah menjadi sel kulit mati yang mengelupas dari kulit lapisan luar. Apabila waktu jam tidur kita terpotong, kulit tidak akan melakukan regenerasi dengan sempurna. Alhasil, pori-pori pun tetap besar dan wajah akan kendor.

2. Gunakan Sunscreen

Sinar UV sangat berbahaya bagi wajah. Selain menyebabkan pori-pori membesar, sinar UV bahkan dapat memicu kanker kulit. Sebaiknya gunakan sunscreen setaip hari baik di dalam maupun di luar rungan untuk mencegah pori-pori membesar. 

3. Gunakan Poduk Lembut  saat Cuci Muka

Jangan menggunakan produk facial wash yang mengandung butiran keras atau scrub karena butiran ini hanya akan menyayat wajah secara tipis. Lama kelamaan, hasil sayatan akan mempengaruhi pori-pori dan membuatnya lebih besar. Gunakan produk lembut saat cuci muka agar pori-pori di wajah tidak semakin membesar. 

4. Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembab dapat membantu mengatasi masalah pori-pori besar pada wajah. Pastikan gunakan pelembap setaip selesai membersihkan wajah agar kulit wajah tetap lembab. Pastikan pelembab wajah yang Sedulur gunakan sesuai dengan kulit wajah, misalnya pada kulit berminyak dapat menggunakan kulit wajah yang ringan dan berbahan dasar air.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Merawat kulit wajah harus dilakukan dengan perawatan luar maupun dalam. Jika perawatan dari luar dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis julit, makan perawatan dalamnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari mengonsumsi makan yang berlemak, karena dapat memicu tersumbatnya pori-pori pada wajah. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Peel Off Terbaik Untuk Wajah Cerah

6. Konsumsi air putih yang cukup

Cara mengecilkan pori pori
Signalzas

Pastikan pula Sedulur mengonsumsiair putih yang cukup yaitu minimal dua liter per hari. Air putih dapat membuat kulit menjadi lembap serta dapat menghilangkan racun dan kotoran dan pori-pori sehingga membuat pori-pori nampak lebih kecil.

7. Biarkan pori-pori Bernafas

Memakai sabun muka, pelembab dan make up membuat kulit sulit untuk bernafas. Hal ini menyebabkan pori-pori meradang dan semakin membesar. Mencuci muka terlebih dahulu sebelum tidur dan olahraga akan membantu membersihkan kotoran sehingga kulit dapat bernafas dengan baik. 

8.  Gunakan pembersih wajah yang tepat

Menggunakan pembersih wajah yang tepat membantu Seduluruntuk mengecilkan pori-pori. Jika memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak, carilah pembersih wajah yang berbasis gel. Sementara jika memiliki jenis kulit normal cenderung kering, Sedulur dapat menggunakan pembersih yang berbentuk krim.Tidak peduli apa pun jenis kulit yang Sedulur miliki, hindari pembersih yang mengandung sabun atau scrub. Pasalnya, kedua bahan tersebut justru membuat pori-pori Sedulur terlihat semakin membesar.

9. Konsultasi kepada dokter spesialis kulit

Jika sudah merasa pori-pori terlalu besar dan sulit diatasi dengan bahan alami maupun skincare, segera konsultasikan keluhan Sedulur dengan dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan untuk mendapatkan solusi yang tepat. 

10. Jangan menggunakan makeup saat tidur

Untuk menghindari pori-pori besar, sebaiknya jangan menggunakan make up saat tidur. Tidur dengan menggunaan make up yang belum dibersihkan membuat kotoran menumpuk yang akan mengakibatkan pori-pori tersembat. 

BACA JUGA: 12 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berseri dan Sehat

Penyebab Pori-pori Besar di Wajah

Cara mengecilkan pori pori
First Cry

Ada banyak faktor yang menyebabkan pori-pori di wajah bertambah besar. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Genetik

Genetik menjadi salah satu faktor penyebab pori-pori di wajah besar. Kulit wajah tebal dan berminyak merupakan faktor genetik yang sudah tidak dapat diubah. Hal itu yang membuat kulit wajah sulit ernafas sehingga pori-pori kian membesar. 

2. Sinar UV

Faktor penyebab pori-pori besar pada kulit wajah adalah terpaparnya sinar UV. Radikal bebasa pada sinar UV membuat kulit menjadi tebal dan pori-pori menjadi membengkak. Sinar UV juga mengakibatkan melemahnya pembentukan kolagen.

3. Hormon yang Tidak Menentu

Hormon yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab pori-pori besar pada wajah. Cara mengatasi hormon yang tidak menentu adalah istirahat dengan cukup dan kurangi begadang.

4. Sering Cuci Muka

Cuci muka memang baik untuk mengangkat kotoran setelah beraktivitas seharian. Akan tetapi mencuci muka terlalu sering justru akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Terlalu sering cuci muka membuat pori-pori besar di wajah dan membuat kulit wajah menjadi kering. 

5. Merokok

Tidak hanya menyebabkan penyakit jantung dan paru, paru, merokok ternyata juga dapat membuat pori-pori besar pada wajah Sedulur. Racun yang terkandung pada rokok bisa mengancam keelastisan kulit dan memperbesar pori-pori. Selain itu, merokok juga bisa membuat wajah kusam. Maka dari itu,sebaiknya hindari merokok agar kulit dan tubuh tetap sehat.

Demikian tadi deretan tips terbaik soal cara mengecilkan pori-pori di kulit Sedulur. Semoga dengan ulasan di atas, segala macam masalah pori-pori yang Sedulur alami bisa terselesaikan dengan jitu dan cepat ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!