urutan make up untuk remaja

Sekarang ini banyak remaja yang mulai belajar menggunakan make up. Namun, dalam kegiatan mempercantik diri ini, ternyata perlu beberapa langkah yang tidak boleh dilewatkan agar penampilan bisa sempurna. Walaupun demikian, urutan make up untuk remaja sebenarnya cukup sederhana dan tidak mencolok seperti orang dewasa.

Nah, untuk Sedulur yang ingin mengajarkan teknik make up sejak dini untuk saudara atau anak yang masih remaja. Coba simak urutan make up  remaja yang simpel dan tampak lebih flawless berikut ini. Jangan sampai salah ya! 

BACA JUGA : Perbedaan Lip Tint, Lip Cream dan Lip Gloss Dalam Make Up!

Urutan make up remaja simpel

Agar Sedulur tidak keliru dalam menggunakan make up, berikut urutannya yang harus Sedulur perhatikan. 

1. Cuci muka

urutan make up untuk remaja
iStock

Urutan make up untuk remaja yang pertama adalah pastikan Sedulur sudah mencuci muka terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan make up. Jangan pernah sekali-kali menggunakan make up pada wajah yang kotor dan belum dibersihkan ya Sedulur!

Sebab, menggunakan make up dengan wajah yang koter justru akan membuat make up natural lebih cepat luntur. Parahnya lagi, menggunakan make up pada wajah yang kotor juga berisiko menimbulkan jerawat.  Untuk itu, sebelum mengaplikasikan make up, pastikan Sedulur sudah membersihkan wajah terlebih dahulu. Bersihkan wajah dengan facial wash sesuai dengan jenis kulit untuk meminimalkan risiko iritasi. 

2. Pelembab

iStock

Urutan make up untuk remaja selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Sebelum merias wajah, pastikan kulit wajah dalam keadaan lembab. Tuangkan sedikit pelembab ke jari-jari, kemudian mulailah dengan mengoleskan pelembap di dahi, dari bagian tengah wajah, dan bergerak ke luar dan ke atas. Selama proses ini, Sedulur juga sebaiknya memberikan pijatan-pijatan kecil agar kulit rileks dan menjadi lebih kenyal.

Setelah itu, lakukan hal yang sama mulai dari hidung, oleskan pelembap ke seluruh pipi. Pastikan Sedulur juga telah mengoleskan pelembap secara merata ke seluruh kulit untuk menghindari penyumbatan pori-pori. Setelah mengoleskan pelembab, lanjutkan dengan mengusap perlahan membentuk gerakan melingkar, dan biarkan beberapa menit hingga kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Primer

iprice

Setelah kulit lembab, persiapkan wajah dengan primer. Menggunakan primer sangat penting, baik ketika akan mengaplikasikan foundation dengan tipis atau lebih tebal, primer menjadi langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan. Menggunakan primer di bawah riasan akan membuat make up akan bertahan lebih lama.

Untuk mengaplikasikan primer, Sedulur dapat memulai dengan memeras sedikit ke ujung jari, atau ke kuas atau spons riasan pilihan. Pastikan juga untuk menggunakan primer sedikit demi sedikit di area tengah wajah, kemudian perlahan-lahan aplikasikan ke arah pipi, dahi, dan dagu.

Jika Sedulur akan mengaplikasikan primer pada kulit sensitif di kelopak mata (untuk menjaga agar eyeshadow tidak hilang sepanjang hari), pastikan untuk menemukan produk khusus untuk area wajah ini. Hal ini karena kelopak mata dapat mengumpulkan minyak sepanjang hari yang menyebabkan tampilan “berkerut” di eyeshadow. Jika Sedulur memiliki kelopak mata mudah berminyak, mengaplikasikan eyeshadow tanpa primer justru dapat menyebabkan eyeshadow tidak merata.

4. Foundation

Makeup Forever

Ketika menggunakan foundation pastikam Sedulur memilih warna yang dapat menyatu dengan kulit. Hal ini Ini mungkin membutuhkan sedikit percobaan dan kesalahan, tetapi meluangkan waktu untuk memilih warna yang tepat tentu sangat penting. Setelah memilih produk yang cocok, pertimbangkan alat digunakan untuk menerapkannya. Beberapa perempuan lebih menyukai menggunakan jari, sementara yang lain memilih alat kecantikan seperti kuas dan spons.

Jika Sedulur mencari tampilan makeup yang lebih ringan, menggunakan jari merupakan solusi yang tepat. Namun perlu diingat, agar jangan pernah menyentuh wajah tanpa mencuci tangan secara menyeluruh. Untuk make up yang lebih tebal, pilihlah kuas aplikator atau beauty blender. Mulailah dari bagian tengah wajah kemudian ratakan foundation cair ke arah luar. Pastikan juga agar Sedulur mengaplikasikannya di lipatan hidung dan leher.

5. Concealer

BLP Beauty

Sedulur mungkin sudah mengetahui bahwa terdapat dua jenis concealer, yaitu cair dan stick atau compact. Concealer cair menjadi pilihan yang tepat jika Sedulur ingin make up yang lebih ringan. Concealer cair juga cocok jika Sedulur ingin membuat hasil akhir yang ringan, terutama pada area kerutan, seperti di sekitar mata dan mulut.

Sedangkan untuk concealer berbentuk stick dan compact sangat cocok untuk coverage yang lebih tebal pada area wajah yang lebih kecil dan lebih spesifik. Gunakan jari, kuas, atau beauty blender untuk meratakan concealer serta untuk menutupi area-area wajah yang gelap, seperti bintik hitam, jerawat, dan noda wajah lainnya.

BACA JUGA : Cara dan Tips Agar Punya Bibir Plumpy, Bisa Dilakukan di Rumah!

6. Loose powder

urutan make up untuk remaja
iStock

Urutan make up untuk remaja berikutnya loose powder. Penggunaan loose powder bertujuan untuk mengunci base makeup agar tetap sempurna dan menempel sepanjang hari meski sudah beraktivitas seharian. Mungkin Sedulur akan bertanya mengapa tidak menggunakan two way cake atau compact powder saja?

Dibandingkan dengan two way cake atau compact powder, loose powder jauh lebih ringan di kulit remaja. Sebab, jenis bedak satu ini dapat menyerap minyak, sehingga wajah tidak terlihat oily meskipun banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

7. Eyeliner

iStock

Pnggunakan eyeliner kelihatannya merupakan hal yang sulit, karena satu kesalahan kecil bisa membuat penampilan seperti memiliki mata “panda”.  Terdapat beberapa jenis eyeliner seperti eyeliner cair, gel, dan pensil. Akan tetapi, cara menggunakannya pun tetap sama.

Mulai tipis di sudut dalam mata, kemudian buat aplikasi lebih tebal ke arah sudut luar. Sedulur uga bisa mulai melapisi di tengah mata, atau di sudut dalam, dan menjaga ujung liner atau sikat sedekat mungkin dengan garis bulu mata. Gunakanlah sapuan kecil liner untuk membuat garis kecil di sepanjang garis bulu mata, setelah itu sambungkan untuk mengisi celahnya. Jika tangan tergelincir, jangan khawatir! Sedulur dapat mengoleskan sedikit micellar water ke cotton bud dan bersihkan area tersebut.

8. Maskara

iStock

Menggunakan maskara dapat membuat mata terlihat lebih cerah hanya dalam satu langkah. Sedulur dapat menemukan maskara dalam berbagai warna, tetapi hitam dan coklat masih menjadi warna andalan. Mulailah dengan menjepit bulu mata dengan penjepit bulu mata sebelum menggunnakan maskara. Setelah bulu mata melengkung, Sedulur dapat mulai mengaplikasaikan maskara. 

Putar secara perlahan tongkat untuk memastikan semua bulu terlapisi maskara. Pastikan juga untuk tidak memompa tongkat ke dalam tabung, karena ini memungkinkan untuk udara bisa masuk dan dapat menyebabkan maskara lebih mudah menggumpal. Setelah itu goyangkan sikat maskara ke arah kanan dan kiri dengan lembut di sepanjang akar bulu mata. Ini akan menciptakan lebih banyak volume, kemudian Sedulur dapat tarik ke ujung bulu mata. Oleskan lapisan kedua untuk volume yang lebih banyak. Jika bulu mata menggumpal, ambilah spoolie bersih dan sikat di bagian yang menggumpal.

9. Bronzer

makeup.com 

Salah satu kesalahan menggunakan bronzer paling umum adalah memilih warna yang salah. Jika Sedulur tidak terbiasa menggunakan bronzer, carilah warna yang memiliki dua tingkat lebih gelap dari kulit. Setelah Sedulur mendapatkan warna yang tepat, aplikasikan bronzer dalam bentuk angka “3” pada kedua sisi wajah.

Mulailah dari dahi, di sepanjang tulang pipi bawah, lalu sapukan di sepanjang garis rahang, sampai ke dagu. Pastikan juga untuk membaurkannya ke leher. Ulangi langkah tersebut di sisi yang berlawanan. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Sunscreen SPF 50, Lindungi Kulit dari Sinar UV

 10. Blush on

iStock

Meskipun hanya sekedar make up natural , bukan berarti Sedulur tidak membutuhkan blush on. Justru, blush on dibutuhkan untuk menciptakan kesan segar pada wajah lho. Akan tetapi urutan makeup untuk remaja satu ini cukup tricky. Kita harus menggunakan blush on dengan benar agar tidak terlihat menor. Khusus remaja disarankan untuk memilih blush on berwarna pink atau coral. Setelah itu, cukup aplikasikan blush on tipis-tipis di sekitar tulang pipi untuk menciptakan kesan makeup remaja natural.

11. Highlighter

Araceli Beauty

Hlighter yang tepat akan membuat penampilan menjadi lebih glowing. Highlighter tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk cairan, krim, dan bubuk. Sedulur dapat memilih untuk menggunakan satu, atau menemukan kombinasi favorit dari dua atau tiga  Apa pun jenis yang dipilih, proses aplikasi tetap sama.

Setelah menemukan highlighter yang akan digunakan, ratakan menggunakan ujung jari atau spons. Untuk memaksimalkan efek highlight, Sedulur dapat melapisi highlighter krim atau bubuk di atas area yang ingin ditonjolkan. Sedulur dapat menggunakan highlighter pada batang hidung, bagian atas tulang pipi, sudut dalam kelopak mata, di tulang alis, lekukan di atas bibir atas (juga disebut Cupid’s Bow), bagian tengah dahi, dan bagian tengah dagu.

12. Gunakan lip tint

urutan make up untuk remaja
Sociolla

Urutan make up untuk remaja yang tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan lip tint. Mengoleskan lip tint pada bibir dapat memberikan tampilan yang fresh, natural, dan pastinya tahan lama. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu repot touch up saat sedang beraktivitas di luar rumah.  Sekarang ini sudah banyak lip tint dengan berbagai warna dan memiliki rasa buah-buahan. 

13. Setting spray

iStcok

Setting spray menjadi sentuhan akhir untuk rutinitas make up. Jika Sedulur menginginkan riasan yang bertahan sepanjang hari, penting untuk menggunakan setting spray terbaik dan berkulaitas. Setting spray dapat digunakan untuk mengatur berbagai penampilan, seperti makeup ringan maupun makeup yang lebih tebal. Setting spray menjaga riasan tetap di tempatnya, membantumu mengurangi kebutuhan aplikasi ulang dan juga membantu menjaga riasan terlihat sempurna selama berjam-jam.

Untuk menggunakannya, pegang botol setidaknya dengan jarak 30 cm dari wajah, lalu semprotkan sedikit beberapa kali untuk memastikan semua bagian wajah telah tertutup. Jika Sedulur ingin memastikan makeup tertutup dari dahi hingga dagu, semprotkan terlebih dahulu dalam bentuk X di wajah, kemudian lanjutkan dengan menyemprotkan bentuk T. Tidak perlu mengeringkan setting spray dengan tissue ya Sedulur, karena ini akan mengering secara alami dalam hitungan detik

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Bedak Untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Tips make up awet

urutan make up untuk remaja
iStock

Setelah mengetahui urutan make up untuk remaja yang simpel, berikut tips yang dapat Sedulur lakukan agar make up awet seharian.

1. Pastikan wajah bersih dan lembab

Sebelum menggunakan makeup, sebaiknya Sedulur mencuci wajah terlebih dahulu. Pastikan juga Sedulur menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit ya! Hal ini bisa membantu untuk menghilangkan kotoran pada wajah dan mengontrol minyak berlebih. Jika tidak dibersihkan, kotoran dan minyak akan menyebabkan makeup sulit nempel dan cepat pudar.

Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan pelembap atau moisturizer. Tak hanya melembapkan, moisturizer juga bermanfaat membantu makeup jadi lebih mudah diaplikasikan pada wajahmu.

2. Jangan tinggalkan primer

Masih banyak dari kita yang kadang melewatkan hal penting yang satu ini. Padahal, penggunaan primer penting jikaa Sedulur ingin tampil dengan makeup on point seharian. Primer bermanfaat untuk mengunci kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi lebih lembut sehingga akan lebih gampang untuk memakai makeup.

3. Pilih produk make up yang tahan lama

Sekarang ini sudah banyak jenis make up yang ada di pasaran. Jika Sedulur ingin riasan wajah dapat bertahan lama, gunakanlah produk yang didesain untuk punya staying power yang kuat. Pilihlah make up yang berlabel waterproof, water-resistant, dan long lasting agar Sedulur tetap bisa tampil kece meski sudah seharian beraktivitas.

4. Aplikasikan make up dengan teknik layer

Untuk mengaplikasikan base make up, riasan mata, dan lipstik biasakan untuk menerapkan teknik layer ya Sedulur. Ini artinya , aplikasikanlah produk dengan lapisan tipis dan tambahkan hingga Sedulur mendapat tampilan yang diinginkan. Hal ini dapat membuat makeup bertahan lebih lama dibandingkan ketika Sedulur langsung menggunakan banyak produk sekaligus. Dengan teknik ini makeup Sedulur juga akan terlihat lebih natural.

5. Set make up dengan bedak

Supaya makeup tahan lebih lama, Sedulur dapat menggunakan loose powder. Terlebih kalau Sedulur memiliki  jenis kulit berminyak. Produksi minyak berlebih akan membuat riasan wajah menjadi cepat luntur. Maka dari itu, jangan lupa gunakan loose powder untuk daya tahan makeup yang lebih lama.

6. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Tanpa disadari kita sering menyentuh wajah. Padahal, belum tentu tangan dan jari-jari kita bersih dan bebas dari kuman. Jika Sedulur memiliki kebiasaan buruk seperti ini, lebih baik segera dikurangi. Hal ini karena terlalu sering menyentuh wajah akan membuat riasan menjadi berantakan. 

7. Gunakan setting spray untuk mengunci make up

Selain menggunakan bedak, Sedulur juga dapat menggunakan setting spray untuk mengunci riasan wajah. Setting spray memiliki formula yang ampuh menjaga make up tetap awet dan tak cepat luntur. Sama seperti hairspray, setting spray menjadi step terakhir yang dapat Sedulur lakukan sebelum keluar rumah.

Demikianlah penjelasan mengenai urutan make up untuk remaja yang perlu Sedulur ketahui. Jangan sampai salah lagi ya Sedulur. Selain itu pastikan juga Sedulur menggunakan make up terbaik dan aman ya!

Nah, Sedulur dapat membeli make up  dan skin care di Aplikasi SuperProduknya aman dan harganya sudah pasti terjangkau. Sedulur hanya perlu downlod Aplikasi Super di Play Store, maka Sedulur sudah bisa belanja sepuasnya. Ada banyak promo dan gratis ongkir setiap hari. Yuk belanja di Aplikasi Super sekarang! Dapatkan promo menarik lainnya.