gaya rambut man bun

Gaya rambut man bun akhir-akhir ini menjadi perhatian publik.  Potongan rambut setengah panjang ini memiliki daya tarik utama yang terletak pada tatanan rambut sedikit messy yang diikat ke belakang, serta membentuk fitur wajah yang maskulin. Bagi Sedulur yang memiliki rambut panjang, gaya rambut man bun patut untuk dicoba. 

Gaya rambut ini juga terbilang cukup fleksibel karena cocok untuk pria dengan tipe rambut apa saja. Nah, jika Sedulur tertarik untuk mencoba gaya rambut man bun, simak tips dan modelnya di bawah ini!

BACA JUGA : 10 Model Rambut Mandarin yang Keren, Dijamin Disukai Wanita!

Tutorial model rambut man bun simpel

gaya rambut man bun
All Things Hair

Jika Sedulur memilih gaya rambut yang sedang tren ini, simak tutorialnya berikut ini! 

-->

1. Ratakan gel ke telapak tangan

Sedulur dapat mulai tutorial model rambut man bun ini dengan rambut kering. Setelah itu, gunakan produk styling sesuai selera, seperti pomade, wax, atau gel.

2. Oleskan ke seluruh rambut

Ratakan gel dengan telapak tangan. Sisir rambut dengan jari untuk merapikannya. Langkah ini penting untuk memastikan gaya rambut kuncir pria ini terlihat lebih rapi.

3. Satukan rambut dengan sisir

Gunakan sisir dengan model tail end atau sisir sasak. Ini adalah sisir bergigi rapat yang dapat merapikan model rambut ikat pria dengan lebih baik.

4. Kuncir rambut

Meski terlihat seperti cepol pada umumnya, bukan berarti hanya ditata asal-asalan. Cara mengikat rambut pria dengan model ini adalah dengan menyatukan seluruh rambut, lalu pelintir rambut, kemudian gulung hingga menjadi cepol. Setelah itu, ikat dengan karet rambut. Untuk mendapatkan efek sleek sempurna, pastikan seluruh rambut man bun sudah tersisir rapi dan tidak ada helaian rambut yang menjuntai. Jika mempunyai poni, pilihannya bisa berbeda yaitu ikut disisir ke belakang atau hanya dirapikan ke samping. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering dan Bersisik

Jenis potongan rambut man bun

Berikut beberapa potongan rambut model man bun yang dapat Sedulur coba. 

1. Messy Top Bund and Beard

gaya rambut man bun
Pinterest

Jika Sedulur memiliki  janggut yang tumbuh cukup lebat, cobalah gaya man bun yang satu ini agar terlihat lebih menawan. Gaya rambut ini cukup menarik bagi para perempuan lho Sedulur. Model ini memiliki helaian rambut lurus dan tebal, serta tetap terikat di sanggul dengan rapi. Ditambah lagi, untaian longgar di samping membuatnya terlihat sedikit kasual dalam berbagai cara. Tidak terlalu ketat dan membiarkan beberapa rambut lepas sendiri, menjadikan model rambut ini terlihat natural tapi memberikan kesan yang menawan. 

2. Infinite Man Bun

Orami

Gaya Infinite Man Bun membuat rambut terlihat memiliki sanggul yang penuh. Sedulur dapat mencoba bereksperimen dengan potongan rambut pria ini untuk acara sehari-hari. Sedulur juga dapat menambahkan beberapa gulungan ekstra untuk sanggul yang lebih menarik. 

3. Curly Man Bun

gaya rambut man bun
Pinterest

Jika Sedulur memiliki rambut keriting dan bergelombang, atau keriting dan panjang, jenis gaya rambut yang satu ini juga bisa terlihat bagus untuk dan patut Sedulur coba. Berkat struktur rambut yang dimiliki, model rambut ini juga terlihat lebih menonjol dan kaku. Inilah salah satu alasan yang membuat gaya rambut man bun begitu populer.

4. Loose Open Ended Grizzly Man Bun

Orami

Bisa dibilang, model man bun ini terlihat lebih macho bagi yang mengenakannya. Sanggul di bagian belakang, ‘duduk’ dengan tenang dan mudah diikat longgar. Tak hanya itu, janggut dan kumis juga tampak lebih nyata untuk model rambut pria yang satu ini. Janggut akan terlihat meruncing halus, sedangkan kumis akan tampak lebih bervolume dan juga padat. Garis rambut pada model ini juga terjaga dengan sangat baik. Sangat patut dicoba untuk Sedulur dengan rambut yang diwarnai cokelat kekuningan.

5. Undercut Fade

gaya rambut man bun
All Things Hair

Sedulur mencari cara untuk meningkatkan model rambut sanggul pria agar terlihat lebih keren dan menawan? Sedulur bisa melengkapinya dengan potongan undercut, fade, atau bahkan kombinasi keduanya. Melansir dari laman Mens Haircuts, man bun fade undercut memiliki kontras tinggi dan gaya yang terlihat sangat keren.

BACA JUGA : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dengan Mudah dan Cepat

6. Sleek Bun

Mens Haircuts

Gaya rambut sleek bun ini pada dasarnya adalah gaya kuncir cepol rapi untuk Sedulur yang memiliki rambut panjang. Gaya rambut panjang ini cocok untuk Sedulur yang memiliki chiseled jaw alias rahang kotak, karena bentuknya menonjolkan fitur wajah Sedulur yang satu ini.

Cara menatanya cukup mudah, Sedulur hanya perlu menggunakan gel untuk merapikan bagian atas rambut dan anak rambut. Hasilnya akan membuat rambut lebih rapi dan tertata.  Cukup oleskan gel rambut ini sedikit pada telapak tangan dan aplikasikan di bagian atas rambut sebelum disisir.

7. Pineapple Bun

Pinterest

Istilah pineapple bun cukup eksklusif untuk rambut keriting atau kriwil. Gaya rambut yang diikat ke atas ini termasuk dalam protective hairstyle, cocok untuk mencegah rambut mudah kusut atau rontok. Jadi model ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki rambut keriting maupun keriwil. 

8. Sharp Edge Man Bun – Dean

Pinterest

Dean menerapkan Sharp Edge Man Bun yang sangat dominan dengan nuansa rebel. Ditambah dengan teknik bleaching rambut dan juga model rambut curly pada bagian poni membuat gaya rambut Dean ini sangat mencuri perhatian. Dijamin pria juga tidak akan terasa gerah ketika mengaplikasikan man bun hairstyle yang satu ini.

9. Disconnected man Bun

Men’s Hairstyle trend

Jika Sedulur menginginkan gaya rambut ikat pria yang terkesan lebih cool dan trendy, cobalah  model disconnected man bun. Bagian sampingnya memang mirip gaya rambut undercut. Gaya rambut cepol pria ini perlu dibentuk di barbershop. Terdapat garis terputus yang kontras antara rambut yang diikat dengan rambut samping yang dicukur tipis.

Untuk Sedulur yang memiliki rambut model man bun, biasanya ujung rambut akan mudah terasa kering. Apalagi saat beraktivitas di luar rumah seharian dari pagi hingga sore. Kulit kepala juga menjadi cukup lembap, berminyak, gatal, serta berisiko munculnya ketombe.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Warna Highlight Rambut dan Macam Tekniknya

10. Low Man Bun

All Thins Hair

Selain style kuncir rambut pria yang posisinya tinggi di atas kepala, Sedulur juga dapat mencoba copolan di bagian bawah. Model rambut pria ikat belakang yang satu ini cocok buat Sedulur yang memiliki rambut setengah panjang dan cenderung tipis. Styling rambut model man bun ini tidak sulit, kok. Sedulur cukup menggunakan sisir bergigi rapat untuk merapikan rambut agar terlihat rapi dan tidak kusut. Kemudian, bawa rambut ke belakang, putar, dan lilitkan dengan karet rambut.

11. Half Man Bun

All Things Hair

Nah, gaya rambut man bun yang satu ini dapat Sedulur coba saat rambut sudah mulai panjang. Cukur bagian samping untuk rambut gondrong yang keren. Kemudian Sedulur dapat membuat cepolan di bagian tengah. 

12. Top Knot

Macho haristyles

Gaya rambut panjang pria diikat ini cocok untuk Sedulur yang ingin memiliki rambut gondrong tapi ingin tetap terlihat rapi. Cara mengikat rambut top knot pria ini juga tidak terlalu sulit. Sedulur hanya perlu merapikan rambutmu dengan sisir atau jari. Lalu, bawa rambutmu ke atas kepala gaya top knot. Setelah itu, lilitkan dengan karet rambut. Cukup mudah kan?

13. Classic Fade

Pinterest

Potongan fade pada gaya rambut pria ikat belakang cocok untuk penyuka gaya klasik atau yang nggak neko-neko. Penipisan bagian samping ini juga pas untuk menipiskan rambut tebal atau keriting. Padukan dengan brewok and you’re good to go!

14. Samurai Haircut

Pinterest

Sanggul model rambut pria yang satu ini merupakan kombinasi simpul di atas kepala dan beberapa potongan longgar di bagian belakang. Sementara itu, sisi-sisinya akan dipangkas pendek agar terlihat lebih ‘segar’. Potongan rambut man bun Samurai menjadi yang disukai kebanyakan pria, karena terlihat rapi dan terkesan natural.

15. Spaces Bun

Men’s Haircuts

Ini bukanlah gaya potongan rambut perempuan pada umumnya. Model rambut ini adalah cara bagi Sedulur untuk terlihat lebih kreatif dan berbeda. Terkadang, untuk terlihat unik, Sedulur perlu mematahkan beberapa stereotip yang ada di masyarakat. Gaya simpul spaces bun ini adalah awal yang baik. Kelihatan menyenangkan dan masih cukup maskulin, terutama jika Sedulur menumbuhkan janggut.

Demikianlah rangkuman informasi tentang gaya rambut man bun yang dapat Sedulur coba. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rambut agar rambut tetap sehat. 

Nah, Sedulur dapat membeli aneka perawatan rambut mulai dari shampo hingga konditioner di Aplikasi Super lho. harganya sudah pasti lebih terjangkau. Cukup download Aplikasi Super di Play Store, Sedulur sudah bisa belanja perawatan rambut dan berbagai kebutuhan lainnya untuk menunjang penampilan agar semakin menarik. Tunggu apalagi, yuk belanja di Aplikasi Super sekarang juga! Dan nikmati promo dan voucher casback menarik lainnya.