baju brokat untuk orang gemuk

Inspirasi model baju brokat untuk orang gemuk menjadi salah satu topik yang banyak dicari. Sekadar diketahui, brokat merupakan jenis kain yang kerap dipilih sebagai bahan baju pesta. Hal ini tak lepas dari karakter kain brokat itu sendiri yang dibuat dengan metode tenunan ulang-alik yang sangat dekoratif dan memiliki kesan estetik. Sayangnya, penggunaan bahan ini kerap menjadi tantangan tersendiri karena diperlukan pemilihan model baju yang tepat agar menunjang penampilan sesuai bentuk tubuh.

Sedulur yang sedang mencari model baju brokat untuk orang gemuk tak perlu bingung. Sebab pada artikel kali ini telah dirangkum 11 inspirasi model baju dengan bahan brokat yang bisa membuat penampilan menjadi terlihat lebih ramping. Yuk, langsung disimak informasinya berikut ini!

BACA JUGA: Tampil Pede & Modis! Ini 35 Model Kebaya untuk Orang Gemuk

Inspirasi model baju brokat untuk orang gemuk

Secara umum, ada beberapa jenis model baju yang bisa membuat Sedulur terlihat lebih ramping. Misalnya pemilihan kerah bentuk V alias V-neck serta dress atau rok dengan bagian bawah yang melebar. Khusus bahan brokat, Sedulur bisa mengikuti 11 inspirasi berikut dalam merancang baju yang cocok untuk orang gemuk.

1. Baju brokat model v-neck

baju brokat untuk orang gemuk
Pinterest

Model baju dengan kerah berbentuk V atau biasa dikenal dengan V-neck bisa menjadi pilihan Sedulur yang memiliki badan gemuk. Model baju satu ini bisa diterapkan untuk berbagai bahan, termasuk kain brokat.

Kerah berbentuk V dianggap dapat memperkuat garis bahu sehingga menyeimbangkan pinggul dan pada yang lebar. Selain itu, juga dapat memberikan kesan pemisahan bagi Sedulur yang memiliki payudara besar asalkan kerah baju tidak dibuat terlalu rendah.

2. Baju brokat off shoulder

baju brokat untuk orang gemuk
Instagram.com/@botikpanggabean

Berikutnya ada baju brokat model off shoulder yang bisa dipilih untuk membuat Sedulur terlihat ramping. Hal ini dikarenakan model baju tersebut memiliki ciri khas berupa bagian bahu yang terbuka sehingga menonjolkan bagian tulang selangka dan leher.

Baju model off shoulder juga memiliki kelebihan lain, yakni dapat memberikan kesan girly dan feminin pada penampilan. Sehingga, selain terlihat ramping Sedulur juga akan terlihat manis saat mengenakan baju brokat off shoulder. Model baju off shoulder sendiri juga biasa dikenal dengan nama model baju sabrina.

3. Baju brokat model loose

Pinterest

Inspirasi model baju brokat untuk orang gemuk yang selanjutnya adalah atasan loose. Model baju satu ini memiliki ciri khas potongan yang cukup longgar sehingga dapat menyamarkan bentuk tubuh. Selain itu, baju brokat dengan model loose juga mendukung Sedulur untuk bergerak secara leluasa.

Adapun Sedulur bisa memilih model loose untuk blouse maupun outer dengan kancing di bagian atas. Baju brokat loose ini cocok dipadukan dengan bawahan rok batik, celana polos berwarna senada, ataupun dress tanpa lengan.

BACA JUGA: 20 Inspirasi Model Kebaya Wisuda 2023 yang Simpel Elegan

4. Baju brokat mini dress asimetris

Pinterest

Selain dibuat menjadi atasan atau blouse, Sedulur juga bisa mengkreasikan bahan brokat menjadi mini dress. Misalnya baju brokat dengan model mini dress asimetris yang cocok untuk orang gemuk berikut ini.

Mini dress alias dress pendek akan membuat kaki menjadi terlihat lebih jenjang. Selain itu, potongan baju yang asimetris di mana sisi depan lebih pendek akan memberikan kesan indah pada penampilan. Apalagi keberadaan kain furing atau pelapis yang dibuat layaknya kemben sehingga terdapat bagian yang menerawang semakin mempercantik dress yang Sedulur kenakan.

5. Mini dress dengan bahan brokat kaya aksen

baju brokat untuk orang gemuk
Pinterest

Selain mini dress dengan potongan asimetris, ada juga model baju brokat dengan banyak aksen dekorasi yang bisa jadi pilihan. Brokat dengan aksen yang tampak “penuh” ini terutama cocok bagi Sedulur yang menginginkan penampilan tertutup meski mengenakan dress pendek.

Selain itu, bahan brokat tersebut juga bisa menyamarkan bentuk tubuh sehingga Sedulur akan tampak lebih ramping. Jangan lupa terapkan jenis potongan dress A-line sehingga bagian perut, pinggul, dan paha yang kerap membuat tidak percaya diri juga tersamarkan.

6. Baju brokat model cape

Beautynesia

Cape sebenarnya pakaian luar atau outer tanpa lengan dengan potongan panjang dan lebar sehingga dapat menyamarkan bentuk badan orang yang mengenakannya. Belakangan, model ini banyak dikreasikan untuk blouse maupun kombinasi pada dress. Sedulur juga bisa mencoba model cape untuk baju brokat seperti pada gambar di atas.

7. Baju brokat model peplum

IDN Times

Model baju peplum memiliki ciri khas berupa aksen mekar dengan rempel pada bagian pinggang. Meski membuat bagian pinggang lebih menonjol, model peplum cocok diterapkan pada baju brokat untuk orang gemuk. Sebab, kesan mekar layaknya sebuah rok mini tersebut akan menutup bagian perut hingga paha, tergantung panjang ruffle. Dengan begitu, Sedulur akan terlihat lebih ramping saat mengenakan baju brokat dengan model peplum tersebut.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab untuk Tampil Lebih Cantik

8. Baju brokat dengan lengan lebar

Pinterest

Lengan yang besar kerap membuat seseorang tidak percaya diri, entah saat mengenakan baju lengan panjang, lengan pendek, ataupun tanpa lengan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sedulur bisa memilih baju brokat dengan lengan lebar yang bisa menyamarkan bentuk lengan.

Di samping membuat lebih percaya diri, lengan lebar juga akan memberikan kenyamanan saat dikenakan. Sebab pakaian tidak terlalu menempel pada kulit.

9. Baju brokat model high-low

Pinterest

Selanjutnya ada blouse brokat dengan model high low yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Model high low memiliki ciri khas berupa bagian depan lebih pendek daripada bagian belakang. Hal ini memberikan kesan layaknya “ekor” yang dapat mempermanis tampilan.

Tak sekadar menampilan potongan yang berbeda antara sisi depan dan belakang pakaian, model high low juga cenderung mengerucut di bagian perut dan melebar pada pinggang. Dengan begitu, penampilan Sedulur akan tampak lebih ramping.

10. Dress brokat dengan bagian bawah lebar

Pinterest

Model baju lain yang juga sedang banyak diminati adalah mermaid dengan ciri khas bagian bawah melebar. Hanya saja model mermaid cenderung ketat pada bagian pinggul dan paha sehingga akan membuat bagian tersebut lebih menonjol. Hal ini biasanya akan membuat seseorang dengan tubuh gemuk kurang percaya diri.

Untuk mengakalinya, Sedulur bisa membuat dress dari bahan brokat dengan model melebar di bagian bawah tanpa memberikan kesan ketat di bagian pinggul dan paha. Model baju satu ini juga cocok untuk Sedulur yang menginginkan dress dengan bawahan lebar namun tidak selebar dress A-line.

11. Baju brokat model kebaya tradisional

baju brokat untuk orang gemuk
Pinterest

Inspirasi baju brokat untuk orang gemuk yang terakhir adalah kebaya tradisional. Model pakaian satu ini sepertinya tak pernah gagal untuk membuat orang yang mengenakannya tampil anggun. Apalagi jika dipadukan dengan kain batik, aksesori, dan tatanan rambut yang pas.

Untuk menyamarkan bentuk tubuh sehingga tampak langsing, Sedulur bisa membuat kebaya menjadi lebih longgar. Selain itu agar mendapat kesan modern, Sedulur bisa memilih model lengan balon atau lengan lebar yang sekaligus dapat menyamarkan lengan yang besar.

Itu dia beberapa inspirasi model baju brokat untuk orang gemuk yang bisa menjadi referensi Sedulur. Selain memilih model baju yang sesuai, pilih warna bahan brokat yang dapat membuat penampilan menjadi lebih ramping. Misalnya warna hitam, merah maroon, ataupun warna-warna pastel.

Sementara itu, untuk menunjang penampilan saat mengenakan baju brokat, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan make up Sedulur di rumah. Kabar baiknya kini Sedulur bisa belanja aneka jenis make up dengan harga terjangkau di Aplikasi Super.

Tidak hanya menawarkan produk yang dijamin murah dan berkualitas, Aplikasi Super juga memiliki layanan pengiriman gratis ongkir yang memudahkan Sedulur dalam berbelanja. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan siap tampil menawan di momen spesial!