kesalahan saat mencuci muka

Mencuci muka merupakan salah satu rutinitas yang penting untuk dilakukan setiap hari. Tak hanya membersihkan sisa residu make up, mencuci muka juga bermanfaat untuk membersihkan debu yang menempel akibat beraktivitas seharian. Sayangnya, tak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat mencuci muka.

Meski terlihat sepele, kesalahan saat mencuci muka ternyata bisa berakibat pada munculnya masalah kulit. Mulai dari komedo, jerawat, hingga iritasi. Untuk itu penting bagi Sedulur mengetahui cara mencuci muka yang tepat.

Nah, pada artikel kali ini akan diulas delapan kesalahan yang wajib dihindari saat mencuci muka. Selain itu juga akan dipaparkan beberapa tips mencuci muka yang tepat agar kulit wajah terbebas dari berbagai masalah. Yuk, langsung disimak informasinya berikut ini!

BACA JUGA: Waspada! Bahaya dan Ciri Wajah Rusak Akibat Merkuri Dari Kosmetik

8 kesalahan saat mencuci muka yang bisa merusak kulit

kesalahan saat mencuci muka
iStock

Dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya ada delapan kesalahan saat mencuci muka yang umum dilakukan. Meski terlihat sepele, kesalahan-kesalahan berikut ini perlu dihindari karena dapat merusak kulit serta menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

1. Tidak menghapus make up terlebih dulu

kesalahan saat mencuci muka
iStock

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan saat mencuci muka adalah tidak menghapus make up terlebih dulu. Sabun wajah sebenarnya memang diformulasikan dengan bahan-bahan yang dapat mengangkat kotoran pada kulit. Namun pembersih satu ini rupanya tidak cukup efektif untuk menghilangkan sisa residu make up yang biasanya menutup pori-pori. Untuk itu penting bagi Sedulur menggunakan make up remover yang sesuai untuk mengangkat sisa make up sebelum mencuci muka dengan sabun.

2. Tidak mencuci tangan sebelum mencuci muka

iStock

Mencuci wajah dengan kondisi tangan yang kotor merupakan kesalahan yang juga banyak dilakukan. Perlu diketahui bahwa tangan bisa menjadi sarang kotoran dan bahkan kuman yang bisa menyebabkan masalah pada kulit. Apalagi jika dalam beraktivitas sehari-hari Sedulur kerap memegang benda-benda yang menjadi sarang kotoran, seperti kemudi mobil, gagang pintu, pegangan eskalator, serta kunci.

Oleh karenanya, mencuci tangan setiap habis bepergian merupakan hal yang penting dilakukan. Termasuk jika Sedulur akan mencuci wajah di mana telapak tangan akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah. 

3. Menggunakan sabun muka yang salah

iStock

Memilih sabun muka yang sesuai dengan kondisi kulit juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Meski terlihat sepele, kesalahan dalam memilih sabun muka ternyata bisa menyebabkan dampak yang kurang baik pada wajah Sedulur. Hal ini dikarenakan setiap kondisi atau tipe kulit membutuhkan perawatan yang berbeda. Oleh karena itu, memilih produk yang tepat menjadi salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus.

Adapun dermatolog merekomendasikan pembersih atau sabun wajah yang menghidrasi dan lembut untuk kulit normal hingga kering. Umumnya produk pembersih seperti ini tidak menghasilkan banyak busa. Sementara bagi pemilik kulit cenderung berminyak atau kombinasi, disarankan untuk memilih produk pembersih yang berbusa dan memiliki sifat anti inflamasi.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Serum Anti Aging untuk Segala Usia Terbaik

4. Cara membilas muka yang salah

iStock

Kesalahan saat mencuci muka yang umum dilakukan berikutnya adalah tidak membilas muka secara tepat. Kesalahan dalam membilas muka setelah menggunakan sabun bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Pertama, masih ada sisa sabun maupun kotoran yang menempel pada kulit muka. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat yang kemudian memicu munculnya masalah pada kulit.

Kesalahan lain yang masih berkaitan dengan cara membilas muka adalah membilas dengan air panas. Suhu air yang tidak tepat juga bisa memberikan dampak buruk saat mengenai kulit wajah. Misalnya, membuat kondisi kulit menjadi lebih kering dan mengalami iritasi. Daripada menggunakan air panas, lebih baik Sedulur menggunakan air hangat untuk mencuci muka. Air hangat juga disebut sebagai pilihan terbaik karena dapat memberikan rasa nyaman di kulit.

5. Menggosok kulit terlalu keras

kesalahan saat mencuci muka
iStock

Anggapan bahwa semakin keras menggosok kulit maka akan semakin bersih tidaklah benar adanya. Sebaliknya, saat mencuci muka dianjurkan untuk membasuhnya secara perlahan dan lembut. Apalagi sabun terbuat dari bahan yang memang diformulasikan untuk dapat mengangkat kotoran. Sehingga tanpa perlu Sedulur gosok atau tekan dengan keras, kotoran akan terangkat dengan sendirinya. Selain itu, menggosok kulit terlalu keras saat mencuci muka juga malah berpotensi mengalami iritasi hingga meradang.

BACA JUGA: Rekomendasi Foundation yang Tahan Lama

6. Ikut mencuci area mata

kesalahan saat mencuci muka
iStock

Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa mencuci muka hingga mengenai area mata merupakan kesalahan yang perlu dihindari. Bukan tanpa sebab, area mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif.

Bahan kimia dalam produk sabun muka bisa menyebabkan iritasi mata. Selain itu, kulit di sekitar mata juga sangat sensitif dengan gesekan sehingga dibutuhkan sentuhan yang lembut saat membersihkannya.

Untuk itu, hindari menggosok area mata dengan sabun. Adapun Sedulur bisa membasuhnya secara perlahan dan lembut sehingga tidak terjadi iritasi.

7. Terlalu sering mencuci muka

iStock

Kesalahan berikutnya yang banyak dilakukan adalah terlalu sering mencuci muka. Menjaga kebersihan termasuk kebersihan kulit wajah memang merupakan hal yang baik. Namun merupakan hal berbeda jika Sedulur terlalu sering mencuci muka. Sebab, saat mencuci muka dengan sabun Sedulur tidak hanya menghilangkan kotoran. Melainkan juga menghapus minyak alami yang dibutuhkan wajah. Jika dilakukan berulang, hal ini bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit wajah karena kulit terlalu kering.

8. Tidak mengeringkan wajah secara tepat

iStock

Kesalahan saat mencuci muka yang terakhir adalah tidak mengeringkan wajah secara tepat. Setelah mencuci muka dengan sabun, Sedulur perlu mengeringkannya menggunakan handuk khusus ataupun tisu khusus wajah yang memiliki permukaan halus. Selain itu, keringkan wajah dengan menepuk atau mengusapnya secara halus.

Menggosok wajah terlalu kencang dengan handuk dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Apalagi jika handuk yang digunakan tidak memiliki permukaan yang cukup halus. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa memberikan dampak buruk pada elastisitas kulit.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen SPF 50, Lindungi Kulit dari Sinar UV

Tips mencuci muka yang tepat

iStock

Setelah mengetahui berbagai kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci muka, Sedulur tentu ingin tahu bagaimana cara mencuci wajah yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti.

  • Cuci tangan dengan sabun sebelum membersihkan wajah.
  • Bersihkan wajah menggunakan make up remover terlebih dahulu. Double cleansing atau pembersihan ganda merupakan kunci untuk memperoleh kulit wajah yang sehat dan terbebas dari berbagai masalah. Terlebih jika Sedulur memiliki kebiasaan untuk mengenakan make up.
  • Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Sedulur bisa memeriksa label serta komposisi bahan-bahan yang terkandung pada kemasan untuk mendapatkan produk yang sesuai.
  • Perhatikan suhu air yang digunakan saat mencuci wajah. Hindari menggunakan air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.
  • Gunakan handuk khusus atau tisu wajah untuk mengeringkan kulit.

Demikian tadi ulasan mengenai 8 kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci muka. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa tips mencuci wajah yang tepat sehingga Sedulur dapat terhindar dari risiko iritasi hingga berbagai masalah kulit lainnya.

Nah kabar baiknya, Sedulur bisa memperoleh aneka produk skincare termasuk sabun dan pembersih wajah dengan harga murah di Aplikasi Super. Selain murah, belanja produk skincare di Aplikasi Super juga sangat mudah. Sedulur cukup melakukan pemesanan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sampai depan rumah.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan cek katalog skincare selengkapnya!