serum pemutih wajah

Bagi sebagian orang, memiliki wajah yang sehat dan cerah adalah sebuah impian. Hal ini rupanya juga membuat para produsen skin care mulai gencar memproduksi serum pemutih wajah terbaik sebagai solusi dari tingginya minat masyarakat tersebut. 

Tidak ada salahnya menggunakan skin care untuk mencerahkan wajah bila memang dibutuhkan. Namun, Sedulur perlu memperhatikan dengan teliti bahan-bahan yang terkandung dalam suatu produk serum. Selain itu, perlu dipahami juga bagaimana cara menggunakan serum yang tepat agar manfaatnya bisa lebih optimal.

Berikut adalah informasi seputar serum pemutih wajah beserta tips memilih dan cara menggunakannya dengan tepat yang bisa Sedulur pahami dengan baik. Simak, yuk!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Body Lotion Bath and Body Works Terbaik

-->

Cara memilih produk serum terbaik

serum pemutih wajah
iStock

Serum pemutih wajah atau pencerah wajah sebenarnya tidak memberikan efek memutihkan kulit. Produk perawatan wajah ini rupanya bekerja dengan menghambat produksi melanin yang merupakan pigmen utama dalam pembentukan warna kulit. Oleh karena itu, hampir semua whitening agent bekerja dengan menghambat enzim tirosinase sehingga mampu menurunkan produksi pigmen melanin.

Sebelum memilih produk serum pencerah wajah terbaik, ada beberapa hal yang penting untuk Sedulur pahami. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut yang bisa Sedulur simak dengan baik sebelum membeli serum nantinya.

  1. Pahami kandungan bahan pencerah yang digunakan

Secara umum, ada dua jenis kandungan yang biasa digunakan dalam serum pencerah wajah. Ada yang mampu mencegah terjadinya oksidasi melanin, ada pula yang efektif dalam menghambat peningkatan enzim tirosinase. 

Vitamin C dan turunannya merupakan kandungan yang ampuh mencegah terjadinya oksidasi melanin. Bahan pencerah yang sudah sangat dikenal ini sebenarnya baik untuk kulit, namun sayangnya cukup rapuh dan tidak mudah menembus lapisan kulit. Oleh karena itu, diperlukan derivat vitamin C atau whitening agent untuk untuk menyetabilkan vitamin C dalam menghambat pembentukan melanin.

Selain itu, rupanya beberapa orang juga rentan mengalami iritasi ketika menggunakan produk yang berbahan dasar vitamin C. Hal ini karena vitamin C secara umum akan meningkatkan sensitivitas kulit. Namun tak perlu khawatir, karena vitamin C mampu bekerja dengan menurunkan O-quinon untuk mencegah terbentuknya melanin. Serta dapat berinteraksi dengan ion copper pada tyrosinase active site yang akan menghambat kerja enzim tirosinase sehingga menurunkan pembentukan melanin.

Oleh karena vitamin C bersifat tidak stabil, teroksidasi dengan cepat, dan terdekomposisi di larutan air, maka diperlukan sintesis magnesium-L-ascorbyl-2-phospate (VC-PMG) yang lebih stabil di air, terutama di larutan netral atau basa, untuk mengatasinya. VC-PMG ini nantinya akan dihidrolisis menjadi asam askorbat oleh fosfatase untuk menghasilkan aktivitas vitamin C yang mampu menekan pembentukan melanin oleh tirosinase dan sel melanosom.

Selain vitamin C, bahan lain yang ada dalam serum pemutih wajah adalah ekstrak plasenta, arbutin, dan asam ellagic yang efektif dalam mencegah pembentukan enzim tirosinase. Ekstrak plasenta akan bekerja dengan menghambat pengendapan melanin dan mencegah adanya pembentukan bintik-bintik hitam karena faktor usia. 

Sementara itu, arbutin merupakan bahan pencerah yang terbuat dari hydroquinone dengan tingkat iritasi yang lebih rendah. Disisi lain, ada juga asam ellagic (ellagic acid) yang merupakan bahan alami dalam tanaman berry yang memiliki efek whitening tinggi dengan tingkat iritasi yang rendah.

Bahan pencerah lain yang biasanya ada pada serum pemutih wajah adalah anti-inflamasi dipotassium glycyrrhizinate acid, potassium 4-methoxysalicylate, dan tranexamic acid. Selain itu, beberapa produsen juga memiliki formulasi whitening agent sendiri, sehingga Sedulur perlu teliti dan memahami dengan seksama komposisi produk tersebut sebelum membelinya.  

  1. Pilih serum dengan kandungan bahan pelembap

Tak hanya ingin kulit menjadi cerah, Sedulur tentunya juga menginginkan kulit yang lembap dan ternutrisi bukan? Oleh karena itu, pilihlah serum dengan kandungan bahan pelembap. Kulit yang lembap akan lebih terlindungi daripada kulit kering, sebab kulit kering lebih rentan mengalami kerutan dan bintik hitam, serta rentan mengalami iritasi jika bertemu dengan bahan pencerah.  

  1. Pilih serum dengan tekstur sesuai kenyamanan 

Harga serum yang biasanya lebih tinggi daripada harga produk skin care lainnya membuat Sedulur harus bisa mendapatkan produk yang sesuai keinginan. Salah satu poin yang harus Sedulur perhatikan selain packaging adalah teksturnya. Jika Sedulur kurang nyaman dengan serum yang memiliki tekstur rich dan lengket, cobalah menggunakan serum dengan tekstur yang ringan.

Tekstur serum ini bisa Sedulur sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pribadi masing-masing. Pada kulit kering, tekstur krim biasanya akan lebih nyaman digunakan. Sementara bagi kulit berminyak, serum dengan tekstur gel adalah pilihan yang tepat. Disisi lain, pemilik kulit normal bisa menggunakan serum bertekstur seperti lotion atau emulsi. Untuk mengetahuinya, Sedulur bisa membaca dari ulasan pembeli lain sebelumnya, ya! 

Cara menggunakan serum yang tepat

iStock

Setelah mengetahui cara memilih produk serum pemutih wajah yang ada di pasaran, berikut adalah cara yang tepat dalam menggunakan serum agar bisa bekerja dengan lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal.

  1. Bersihkan wajah dari berbagai kotoran 

Serum biasanya digunakan pada pagi hari setelah mandi atau malam hari sebelum tidur. Dalam penggunaanya, kebersihan wajah perlu diperhatikan, sehingga berbagai kotoran, seperti polusi udara, debu, dan sebagainya, bisa hilang sebelum penggunaan serum. 

Gunakan produk micellar water atau pembersih lainnya untuk membersihkan wajah dengan bantuan kapas. Setelah itu, cuci muka dengan facial foam yang cocok dengan kulit wajah, lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.  

  1. Gunakan serum pencerah wajah  

Bila kulit wajah sudah bersih dari berbagai kotoran, kini saatnya mengaplikasikan serum pencerah wajah ke atasnya. Sedulur bisa menuangkan beberapa tetes serum pada telapak tangan terlebih dahulu atau langsung saja teteskan serum pada kulit wajah secara merata. Selanjutnya, usap dengan lembut menggunakan tangan agar serum bisa meresap dengan baik, ya! 

  1. Pijat lembut kulit wajah

Tak hanya mengusapnya, Sedulur juga bisa memberikan pijatan lembut pada kulit wajah yang sudah diberikan serum pencerah. Hal ini berguna agar serum bisa meresap lebih baik ke dalam kulit wajah dan mampu bekerja lebih efektif. 

Untuk gerakannya, Sedulur bisa menekan pipi bagian kanan dan kiri dengan semua jari tangan kanan dan kiri. Selanjutnya, tarik ke atas hingga bagian kening. Jika sudah, letakkan kedua tangan pada kening dan tekan menggunakan jari-jari dari bagian kening hingga dagu.

Berikutnya, Sedulur bisa meletakkan kedua telapak tangan di kedua sisi hidung dengan menggunakan empat jari di bagian pipi dan dua jempol di bagian bawah rahang. Setelah itu, tekan dan usap area tersebut dengan gerakan tangan yang mengarah ke luar dan atas. Lakukan gerakan ini secara teratur ketikan menggunakan serum setiap hari.  

  1. Gunakan rangkaian skincare lain setelah serum pencerah wajah

Agar efek yang dihasilkan lebih terlihat, Sedulur tentu perlu mengimbanginya dengan rangkaian skincare lainnya. Sedulur bisa melanjutkan dengan penggunaan produk eye cream, moisturizer, atau produk skincare lain agar kulit wajah bisa berproses menjadi lebih cerah secara alami dan sehat ternutrisi.  

BACA JUGA: 20 Model Baju Gamis Terbaru Kekinian, Bikin Makin Stylish!

12 rekomendasi serum pemutih wajah terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi serum pemutih wajah terbaik dan terbaru yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi sebelum membeli.

1. BHUMI GWP Beneath Very Berry Brightening Serum

serum pemutih wajah
beautyhaulindo

Rekomendasi serum pencerah wajah yang pertama datang dari brand lokal BHUMI. Serum ini mengandung Acerola Berry dan Niacinamide yang diklaim mampu mencerahkan kulit secara maksimal. Tak hanya itu, serum ini juga mampu mengatasi permasalahan kulit lain, seperti flek hitam, garis halus, kulit kering, hingga kulit kusam. 

Kandungan 10% Niacinamide akan mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit akibat jerawat atau iritasi, dan menjaga produksi minyak agar tidak berlebih pada wajah. Sementara itu, kandungan 3% Acerola Berry yang dikenal sebagai superfruit tinggi antioksidan juga memiliki khasiat mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta menjaga lapisan kulit agar tetap elastis. 

Disamping itu, Acerola Berry juga mampu mendetoksifikasi kulit dan menjaganya dari efek penuaan dini. Lebih dari itu, kandungan Hyaluronic Acid dan Glycerin  juga akan menghidrasi dan melembapkan kulit wajah, serta membantu mencegah terjadinya pertumbuhan jerawat. Bila Sedulur tertarik, serum ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp88.000.

2. Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

serum pemutih wajah
Wardah Beauty

Berikutnya ada Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum. Kombinasi dari alpha arbutin, niacinamide, dan edelweiss extract akan membantu mencerahkan kulit secara menyeluruh. Tak hanya mencerahkan wajah, produk dari Wardah ini juga ampuh mengatasi masalah kulit lain, seperti flek hitam, bekas jerawat, dan warna kulit yang tidak merata. 

Serum pencerah wajah ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Selain itu, serum ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan pada malam hari maupun siang hari. Bila Sedulur tertarik, harga serum ini mulai dari Rp88.000 saja, lho! 

3. Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Somethinc

Apakah Sedulur sedang mencari serum pencerah wajah yang sekaligus bisa mengatasi beruntusan di kulit? Cobalah Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol. Serum dengan kandungan bakuchiol ini akan melindungi kulit dari serangan radikal bebas dan polusi, mengatasi penuaan dini, dan tentunya melawan beruntusan. 

Kandungan tiga whitening agent pada serum ini juga mampu mengurangi masalah hiperpigmentasi pada wajah. Selain itu, serum yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga bisa digunakan oleh para pria. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp99.000. 

BACA JUGA: 12 Ide OOTD Hijab Pakai Celana Jeans Hitam Paling Kekinian!

4. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin

Avoskin Official Blog

Siapa yang tak kenal dengan Avoskin? Brand kecantikan yang populer dengan produk retinolnya ini ternyata juga memiliki serum pencerah wajah yang bagus. Sedulur bisa menggunakan salah satu varian dari Avoskin Your Skin Bae, yaitu YBS Alpha Arbutin yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp139.000.

Kandungan alpha arbutin dan grapeseed pada serum ini sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit. Selain itu, serum ini juga memberikan manfaat antioksidan yang baik untuk mengurangi bercak hitam, kulit kusam, dan meratakan bekas jerawat. Lebih dari itu, serum yang diklaim sensitive skin-friendly ini juga akan membuat kulit semakin kencang, pori-pori tersamarkan, dan terlindung dari efek buruk sinar matahari.  

5. Emina Cosmetics Bright Stuff Serum

serum pemutih wajah
Beauty Journal

Bagi remaja, Emina merupakan brand kecantikan yang sangat merakyat. Dengan harga mulai dari Rp17.000 saja, Sedulur sudah bisa mendapatkan serum Emina Cosmetics Bright Stuff Serum yang mampu membantu mencerahkan wajah. Selain itu, serum ini juga dapat membantu melawan tujuh masalah kulit kusam.

Kandungan 7% concentrated niacinamide dan ekstrak summer plum inilah yang akan bekerja dalam mencerahkan kulit. Serum ini juga akan menghidrasi kulit dan menjaganya dari polusi. Serum yang diklaim non comedogenic, non-acnegenic, dan 0% alkohol ini juga mampu membuat kulit terhindar dari munculnya jerawat dan komedo, lho! 

6. Whitelab N5-Dose+Brightening Serum – Niacinamide 5%

Whitelab

Whitelab N5-Dose+Brightening Serum – Niacinamide 5% merupakan serum pencerah wajah yang mengandung perpaduan antara niacinamide, marine collagen, dan cybright. Kandungan cybright ini akan mengurangi proses pembentukan melanin dan meratakan warna kulit wajah. 

Lebih dari itu, serum ini juga mengandung HyaluComplex-10 yang dapat menghidrasi kulit sehingga kelembapan kulit lebih terjaga. Selain mendapatkan kulit yang cerah dan kenyal, Sedulur juga akan terbebas dari masalah kulit kusam. Serum ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp73.200. 

BACA JUGA: Wajib Dihindari! Kesalahan Mencuci Muka yang Merusak Kulit

7. Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

serum pemutih wajah
Beauty Journal

Rekomendasi serum pemutih wajah berikutnya datang dari brand Garnier, yakni Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum. Dengan 30x vitamin C murni dari lemon yuzu Jepang, kulit akan menjadi cerah dalam waktu singkat. Bahkan, serum ini juga diklaim mampu memberikan hasil nyata setelah 3x pemakaian.

Serum yang cocok untuk kulit berminyak ini juga mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat membandel. Lebih dari itu, teksturnya yang ringan juga membuat serum ini sangat mudah meresap ke dalam kulit. Untuk mencobanya, Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp80.700 saja, lho!

8. L’Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum

Beauty Journal

L’Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum merupakan serum pemutih wajah yang layak Sedulur coba. Dengan kandungan 1% glycolic acid-nya, noda hitam pada wajah akan tersamarkan hingga 57% dalam 1 bulan. Bahkan, serum ini juga diklaim mampu membuat kulit menjadi glowing atau bercahaya.

Dengan harga mulai dari Rp106.000, Sedulur akan mendapatkan wajah flawless yang diidam-idamkan banyak orang. Lebih dari itu, produk ini juga mampu menghaluskan kulit yang kasar dan bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif.  

9. Scarlett Whitening Serum – Glowtening

serum pemutih wajah
diahask.com

Terlihat dari namanya, Scarlett Whitening merupakan brand yang akan membantu Sedulur untuk mendapatkan kulit wajah cerah. Dengan produk serumnya yang mengandung 16,5% active ingredients, skin barrier yang rusak dan kulit yang kusam akan teratasi dengan baik.

Dengan harga mulai dari Rp75.000, serum ini tidak hanya akan mencerahkan kulit wajah saja. Sedulur juga akan mendapatkan manfaat lain, seperti mampu menyamarkan garis halus dan flek hitam, serta mengurangi bekas jerawat. Dengan pemakaian teratur, kulit wajah akan semakin bercahaya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Mengandung Niacinamide Terbaik

10. The Originote Bright B3 Serum

Marsha Beauty

The Originote Bright B3 Serum merupakan produk serum pencerah wajah yang diformulasikan dengan kandungan niacinamide, glutathione, Jeju hallabong, dan astachiol yang mampu mencerahkan sekaligus mengencangkan kulit. 

Tekstur serum ini juga cair, sehingga membuatnya mudah terserap ke dalam kulit. Hanya dengan harga mulai dari Rp55.000, Sedulur akan mendapatkan kulit yang cerah dan kencang dengan pemakaian teratur dan tepat. 

11. THE JUICY GAL 10% ABC Complex Brightening Serum

the juicy gal

Berikutnya ada THE JUICY GAL 10% ABC Complex Brightening Serum. Serum jus ABC (Apel, Bit & Carrot) dan 5%Niacinamide ini tidak hanya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, namun juga membantu mencegah datangnya jerawat.  

Kandungan Carrot Root Extracts yang kaya akan provitamin A sebagai potent antioxidant dan memiliki kemampuan dalam regenerasi kulit akan membuat skin barrier menjadi lebih sehat dan kencang. Selain itu, kandungan vitamin B3 juga akan meningkatkan kesehatan kulit dan mencerahkan wajah, serta melindungi kulit dari  sinar matahari. 

Serum korea ini juga mengandung Apple Extracts yang kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang secara ilmiah telah terbukti dengan baik sangat efektif dalam mencerahkan kulit yang kusam dan mampu menghaluskan kulit yang kasar. Bila Sedulur tertarik, serum ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp102.900.

12. Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum

serum pemutih wajah
Pixy

Rekomendasi serum pencerah wajah terakhir adalah Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum. Produk serum water based ini diklaim lebih cepat menyerap dalam kulit dan memiliki Skin Bright Activator dengan kandungan Brightening Agent yang lebih banyak. Hal ini tentu saja akan mempercepat proses mencerahkan kulit wajah milik Sedulur.

Lebih dari itu, serum ini juga mampu menjaga kelembapan kulit secara menyeluruh berkat kandungan Intensive Hydra Active. Adanya vitamin C dan vitamin E dalam produk ini juga akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas. Untuk mendapatkannya, cukup siapkan uang mulai dari Rp71.500 saja!

Itu dia 12 rekomendasi serum pemutih wajah yang akan mencerahkan kulit dengan baik. Bila Sedulur tertarik untuk menggunakannya, Sedulur bisa memilih BHUMI GWP Beneath Very Berry Brightening Serum dan THE JUICY GAL 10% ABC Complex Brightening Serum yang bisa didapatkan dengan mudah melalui Aplikasi Super.

Tak hanya menggunakan serum, agar proses mencerahkan wajah bisa berjalan lebih efektif, Sedulur juga perlu menggunakan rangkaian skin care lain seperti moisturizer, toner, dan sunscreen. Agar semakin praktis, Sedulur bisa sekaligus membelinya melalui Aplikasi Super bersama produk serum di atas.

Selain lebih praktis, harga produk yang ditawarkan juga lebih murah. Tak hanya itu, Sedulur juga berkesempatan mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik setiap transaksi hingga voucher gratis ongkir. Yuk, segera download aplikasinya di PlayStore sekarang juga!