serum niacinamide terbaik

Serum yang mengandung niacinamide dapat memiliki daya pikat tersendiri. Niacinamide dianggap merupakan super ingredients yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Seperti contohnya mengatasi produksi minyak berlebihan, kulit berjerawat hingga flek hitam.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi serum niacinamide terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Baik yang berasal dari merek lokal atau internasional. Namun, sebelum kita membahas rekomendasinya, lebih baik kita simak terlebih dahulu apa itu niacinamide.

BACA JUGA: Niacinamide Adalah Kandungan Skincare yang Kaya Manfaat

Apa itu niacinamide?

serum niacinamide terbaik
iStock

Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit, seperti keriput, menjaga kesehatan kulit dan memberikan anti inflamasi. Pertanyaan seputar niacinamide untuk apa, jawabannya adalah untuk kesehatan kulit wajah agar tetap terjaga.

-->

Selain itu, niacin juga merupakan bahan yang berfungsi sebagai pelindung kulit, hal tersebut sangat efektif untuk menangkal polusi dan mencegah dari gangguan eksternal seperti sinar UV dan bahan yang berbahaya lainnya. Dan dapat mencegah kulit tetap sehat.

Setelah mengetahui apa itu niacinamide, kita langsung saja masuk ke pembahasan utama yat tentang rekomendasi serum yang mengandung niacinamide. Berikut ini daftarnya:

1. Deciem The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

My-Best

Rekomendasi serum pertama yaitu dari Deciem melaui produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Produk ini bisa didapatkan mulai dari Rp119.900. Serum ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena merupakan salah satu pelopor untuk serum niacinamide.

Niacinamide sendiri berperan untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Perpaduan kandungan niacinamide dengan zinc terbuki ampun sebagai skin barrier dalam melembutkan kulit secara signifikan.

Selain itu juga, serum ini memiliki pH yang disesuaikan dengan kulit wajah sehingga bisa diserap dengan lebih baik. Apakah Sedulur ingin memiliki kulit yang sehat dan flawless? Produk serum satu ini sangat cocok untuk Sedulur coba!

2. Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

serum niacinamide terbaik
My-Best

Rekomendasi serum kedua dikeluarkan oleh Somethinc dengan produk 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Terutama bagi Sedulur yang tengah membersihkan kulit kusam, produk serum lokal ini sangat cocok untuk Sedulur gunakan.

Kandungan produk ini yaitu memadukan antara niacinamide, SabiWhite, dan beet extract di dalam satu serum yang dapat memberikan hasil optimal untuk mencerahkan kulit. Keluhan kulit kusam yang tampak lelah. Sehingga Sedulur tidak akan pernah minder lagi.

Selain itu, tekstur serum pun lebih nyaman digunakan dan cara kerjanya pun cepat sehingga hasilnya bisa dirasakan dalam waktu singkat. Menurut pengakuan SOMETHINC, pemilik kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat pun tak perlu ragu menggunakan serum, dijamin aman dan akan cocok!

3. Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

My-Best

Bagi Sedulur yang mencari kombinasi niacinamide dan vitamin C untuk wajah yang lebih cerah 5 kali lipat, serum ini cocok untuk Sedulur gunakan. Vitamin C terkenal sangat efektif untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan noda bekas jerawat.

Dengan vitamin C dan dikombinasikan dengan niacinamide, wajah akan tempak lebih sehat dan cerah berseri. Serum dari avoskin ini mengandung % vitamin C dan 2% niacinamide yang diklaim mampu mencerahkan kulit 5 kali lebih cepat.

Selain itu, terdapat kandungan Mandarin orange fruit extract yang membantu merawat kulit agar tampak awet muda. Serum ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp139.000 saja.

4. Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum

serum niacinamide terbaik
My-Best

Rekomendasi serum niacinamide terbaik selanjutnya yaitu 10% Niacinamide Brightening Serum dari Skintific. Sedulur bisa mendapatkan serum ini dengan harga mulai dari Rp169.000. Serum ini memiliki konsentrasi mencapai 10%, namun tidak akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Karena dalam serum ini mengandung bahan pelembab yang mumpuni. Salah satunya adalah ceramide yang dapat menghidrasi kulit dan melindungi skin barrier. Juga terdapat kandungan Centella asiatica yang dapat menenangkan kulit.

Bukan hanya itu, serum ini juga mengandung  alpha arbutin yang efektif dalam mencerahkan kulit dari dalam. Jika Sedulur mencari niacinamide berkonsentrasi tinggi yang bisa merawat skin barrier, Produk ini sangat cocok untuk Sedulur gunakan.

5. Some By Mi Yuja Niacin 30 Days Blemish Care Serum

My-Best

Produk serum niacinamide terbaik selanjutnya adalah Yuja Niacin yang dikeluarkan oleh Some By Mi. Serum ini dapat membuat wajah yang cerah dan menyamarkan flek hitam secara perlahan sehingga akhirnya kulit wajah bisa bersih dan tampak cerah.

Serum ini tentu cocok bagi Sedulur yang memiliki masalah flek hitam dan warna kulit yang tidak merata. Karena produk ini mengandung ekstrak buah lemon yaang dapat memberikan efek cerah dan melembabkan pada kulit.

Sehingga kulit wajah akan memiliki tekstur lembut dan tampak sehat. Ditambah lagi kandungan glutathione dan arbutin, produk ini pun akan membantu mengatasi masalah noda hitam di wajah.

6. Avoskin Miraculous Refining Serum

serum niacinamide terbaik
My-Best

Rekomendasi serum niacinamide terbaik lainnya yaitu Avoskin Miraculous Refining Serum. Serum ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp249.000. Dengan menggunakan serum ini, kulit wajah Sedulur akan lebih halus dan tampak cerah sekaligus.

Kandungan AHA dan BHA dalam serum ini akan membantu mengeksfoliasi kulit mati serta menstimulasi regenerasi kulit. Selain itu, kandungan niacinamide akan merawat noda hitam bekas jerawat yang mengganggu penampilan Sedulur. Hasilnya, wajah pun akan lebih bersih, halus, dan sehat.

7. Whitelab Brightening Face Serum – Niacinamide

My-Best

Sebagai serum niacinamide terbaik, Whitelab Brightening Face Serum merupakan salah satu serum wajah yang terjangkau, bisa Sedulur dapatkan mulai dari harga Rp66.000. Bagi Sedulur yang membutuhkan serum yang dapat membuat lebih percaya diri dengan wajah glowing, serum ini bisa jadi pilihan.

Karena, wajah yang glowing ditandai dengan kulit cerah yang berseri, lembab dan halus. Serum ini mengandung hyaluronic acid ini memiliki dua jenis konsentrasi niacinamide yaitu 5% dan 10%.

Bagi Sedulyang yang masih pemula dan memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan serum dengan konsentrasi niacinamide 5% terlebih dahulu. Baru ketika seudah terbiasa, Sedulur melanjutkan dengan niacinamide 10% untuk hasil yang lebih optimal.

8. Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum

serum niacinamide terbaik
My-Best

Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum merupakan rekomendasi selanjutnya. Serum ini bisa Sedulur dapatkan hanya dengan harga Rp150.000. Menggunakan serum ini secara rutin dapat membuat kulit tetap sehat kendati pun sering terpapar sinar matahari.

Serum ini mampu merawat kulit yang bermasalah akibat paparan sinar matahari, seperti kulit wajah kusam dan penuaan dini. Selain itu, serum ini juga mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan marine collagen yang bagus untuk memperkuat skin barrier.

Kulit tetap sehat, terawat, dan terjaga kelembabannya dengan menggunakan serum niacinamide terbaik ini secara rutin.

9. Wardah Lightening Serum Ampoule

My-Best

Serum niacinamide terbaik juga bisa Sedulur dapatkan dari Wardah melalui produk Lightening Serum Ampoule. Serum ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp62.000. Serum ini dapat membantu melindungi kulit dari paparan blue light.

Paparan blue light yang terlalu lama dapat mempercepat penuaan dini hingga menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Sinar ini bersumber dari perangkat elektronik yang memancarkan cahaya seperti ponsel dan laptop.

Untuk merawatnya, gunakan Wardah Lightening Serum Ampoule. Serum ini mengandung 10 kali advanced niacinamide lebih banyak di setiap tetesnya. Selain melindungi kulit dari paparan blue light, serum ini bekerja optimal untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan bekas jerawat.

Tekstur serum ini juga ringan dan cepat meresap ke dalam lapisan epidermal kulit sehingga nyaman dipakai.

10. Aubree Skin Niacinamide Skin Booster

serum niacinamide terbaik
My-Best

Aubree Skin Niacinamide Skin Booster juga bisa jadi rekomendasi serum niacinamide terbaik. Serum ini bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp99.000. Komposisi utama dari produk ini adalah 10% niacinamide, 1% panthenol, sodium hyaluronate, dan allantoin.

Perpaduan kandungan tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit wajah tampak kenyal. Selain itu, serum ini juga bisa mengurangi minyak berlebih. Uniknya lagi, serum dari Aubree Skin ini diklaim sebagai skin booster.

Jadi, selain diaplikasikan langsung ke kulit, Sedulur dapat mencampurkan serum ini dengan hydrating serum atau moisturizer. Jika Sedulur membutuhkan serum niacinamide sekaligus skin booster, serum ini bisa menjadi pilihan.

11. Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Fimela

Rekomendasi serum niacinamide terbaik selanjutnya yaitu Nacific Phyto Niacin Whitening Essence. Serum ini diformulasikan khusus untuk membantu mencerahkan dan memberi kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.

Selain Niacinamide, essence ini juga memiliki kandungan Vitamin C yang berasal dari Lemon, Morusalba Bark, dan Rosacanina yang dapat menutrisi dan membuat kulit lebih cerah bersinar. Essence ini juga dilengkapi dengan Hyaluronic Acid dan Bamboo Sap yang dapat memberikan kelembapan secara menyeluruh, membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

12. SNP LAB Niacinamide 10% Serum

serum niacinamide terbaik
Fimela

Rekomendasi serum niacinamide terbaik yang terakhir yaitu SNP LAB Biacinamide 10% Serum. Serum dari SNP ini diformulasikan dengan bahan aktif yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Selain mengandung Niacinamide serum ini juga mengandung Alpha Bisabolol yang dikenal memiliki fungsi anti-inflamasi.

SNP LAB 10% Serum juga efektif untuk mengurangi noda hitam, memperbaiki skin barrier, dan melembapkan kulit wajah. Tekstur yang dimiliki serum ini ringan dan tidak lengket. Bahan yang terkandung dalam serum ini 100% vegan sehingga aman digunakan untuk semua jenis.

BACA JUGA: 15 Eye Cream Terbaik di 2023, Bantu Lawan Mata Panda

Tips dan cara memilih serum niacinamide

iStock

Meskipun kini Sedulur telah mengetahui daftar rekomendasi serum yang mengandung niacinamide di atas. Namun tetap saja Sedulur perlu tahu seperti apa tips dan cara memilih serum agar Sedulur tidak salah pilih.

Berikut ini beberapa tips dan cara memilih yang bisa Sedulur perhatikan agar bisa mendapatkan serum yang tepat sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. Yuk, langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini!

1. Tentukan konsentrasi niacinamide

Hal yang paling pertama harus Sedulur perhatikan yaitu menentukan konsentrasi niacinamide yang terdapat dalam serum. Tujuannya agar Sedulur bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut ini penjelasan lebih lengkap terkait kandungan konsentrasi niacinamide:

  • Niacinamide 2%: Pengguna pemula sebaiknya menggunakan serum berkandungan niacinamide dengan konsentrasi terendah lebih dahulu yaitu 2%. Karena merupakan senyawa aktif, serum dengan niacinamide 2% pun sudah cukup untuk mengatasi masalah kulit yang ringan. Efek mengurangi sebum, merangsang produksi kolagen, dan merangsang sintesis ceramides sudah bisa Sedulur dapatkan.
  • Niacinamide 5%: Serum niacinamide dengan konsentrasi 5% sudah dapat bekerja membantu mengatasi permasalahan kulit yang tergolong ekstrem. Misalnya saja masalah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat yang menghitam, bahkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
  • Niacinamide 10%: Kandungan maksimal niacinamide dalam produk kecantikan adalah 10%. Karena konsentrasinya yang tinggi, serum dengan niacinamide 10% bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Jadi, pastikan kulit Sedulur sudah terbiasa menggunakan niacinamide jika ingin mencobanya.

2. Perhatikan komposisinya dengan baik

Penting bagi Sedulur untuk mempehatikan komposisinya dengan baik. Karena masing-masing serum memilii manfaat yang berbeda-beda, maka dari itu penting untuk menyesuaikan kebutuhan kulit dengan komposisi yang terdapat di dalam serum.

Karena dalam serum, ketika terdapat kandungan niacinamide, juga akan terdapat kandungan lain. Setiap kandungan juga tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti misalnya:

  • Kombinasi niacinamide dan hyaluronic acid yang berfungsi untuk kulit wajah kering.
  • Kombinasi niacinamide dengan kandungan anti-flamasi untuk kulit berjerawat.
  • Kombinasi niacinamide dengan kandungan seperti nc, copper, dan folic acid atau kombinasi Centella asiatica berfungsi untuk kulit wajah lebih sehat dan terhindar dari jerawat.

3. Pilih serum tanpa bahan kimia berbahaya

Penting untuk Sedulur memperhatikan serum dengan kandungan yang tidak memiliki bahan kimia yang berbahaya. Kandungan atau bahan di bawah ini, wajib Sedulur hindari saat memilih serum, yaitu:

  • Silikon memang membuat skincare mampu membentuk skin barrier yang menjaga kelembapan kulit. Namun, bahan ini cenderung sulit dibersihkan sehingga menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori. Alhasil, kulit Sedulur justru akan menjadi acne prone dan berjerawat.
  • Paraben adalah bentuk bahan pengawet dalam produk perawatan kulit. Beberapa jenis paraben dapat memicu reaksi pada kulit sensitif, seperti methylparaben, propylparaben, dan butylparaben.
  • Mineral oil berfungsi untuk mengurangi pelepasan air di kulit serta menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini akan memengaruhi kekentalan formulasi serum. Namun, bagi sebagian orang, mineral oil dapat memicu munculnya comedonal acne.
  • Pewarna dan pewangi sering kali ditambahkan pada produk serum agar lebih menarik bagi konsumen. Padahal, tanpa disadari, pewarna dan parfum tambahan dapat menimbulkan reaksi alergi bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif.
  • Alkohol dapat membuat serum lebih mudah menyerap kulit serta memberi rasa segar. Akan tetapi, ada tipe alkohol yang tidak membuat kulit menjadi kering, yaitu fatty alcohol. Contoh fatty alcohol adalah cetearyl alcohol, cetyl alcohol, glycol, isostearyl alcohol, C12-16, myristyl alcohol, dan lauryl alcohol. Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari alkohol karena memiliki kecenderungan membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi.

4. Pastikan keamanan produk serum

Terakhir yang paling penting adalah memastikan keamanan produk serum. Memastikan keamanan produk bertujuan untuk menghindari kerusakan kulit. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Memeriksa dan memastikan sertifikasi keamanan produk, baik produk lokal dan luar negeri wajib untuk memiliki sertifikasi dari BPOM. Sebaiknya hindari menggunakan produk serum yang belum memiliki sertifikasi dari BPOM.
  • Ketahui PAO (batas waktu produk dapat digunakan setelah kemasan dibuka) dan mengetahui expired date produk atau tanggal kadaluarsa dari produk itu sendiri.

Nah itulah rekomendasi seru niacinamide terbaik yang bisa Sedulur gunakan. Selain rutin menggunakan serum di atas, Sedulur juga perlu menggunakan produk perawatan kulit lainnya. Seperti toner, sunscreen, dan moisturizer. Tujuannya agar Sedulur mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

Jangan khawatir, bagi Sedulur yang ingin memenuhi kebutuhan skincare dan perawatan kulit wajah, Sedulur bisa belanja berbagai peralatan dan kebutuhannya di Aplikasi Super. Bukan hanya serum niacinamide terbaik, terdapat juga serum untuk mencerahkan wajah.

Seperti serum BHUMI Luminight Exfoliating Serum, Gripal Rose Extract Brightening Serum, dan The Juicy Gal ABC Brightening Serum. Belanja di Aplikasi Super bukan hanya membuat Sedulur bisa mendapatkan produk yang berkualitas, namun juga mendapatkan berbagai diskon dan potongan harga menarik!

Maka dari itu, yuk cek Aplikasi Super sekarang juga, langsung belanja kebutuhan skincare Sedulur. Jangan lupa juga, bagi Sedulur yang belum memilki Aplikasi Super, Sedulur bisa segera download aplikasinya di Playstore, ya!