rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik

Menjaga kebersihan tidak hanya untuk para wanita saja, para pria juga wajib melakukannya. Salah satu yang produk kebersihan diri utama para pria adalah sabun muka. Namun, berbeda dengan beberapa tahun lalu, sekarang sudah ada banyak sekali rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik.

Meski sudah banyak pilihan yang diberikan oleh para produsen, Sedulur tentu harus memilih produk sabun muka yang cocok dengan karakter kulit. Apalagi jenis kulit pria cukup berbeda dengan jenis kulit wanita.

Penasaran apa saja rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik yang bisa Sedulur coba sekarang ini? Mari simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik Paling Mudah Ditemukan

-->

Tips Memilih Sabun Muka Pria

rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik
Unsplash/Curology

Karakteristik kulit pria berbeda dengan wanita. Umumnya, pria memiliki kulit yang lebih tebal dan resistance, sedangkan wanita memiliki kulit yang lebih tipis. Hormon androgen pada pria juga cenderung lebih aktif sehingga aktivasi kelenjar minyak jadi lebih tinggi.

Untuk itu, kulit pria lebih rentan berminyak dan berjerawat. Berdasarkan hal itu, sabun wajah untuk pria biasanya difokuskan untuk membersihkan minyak berlebih, kotoran, dan komedo penyebab jerawat.

Ada beberapa hal yang perlu Sedulur pertimbangkan saat memilih sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Salah satu poin terpentingnya adalah bahan yang terkandung di dalamnya. Jadi simak tips berikut ini.

1. Utama sabun dengan pH 4,7 dan kandungan surfaktan

Surfaktan dan pH pada sabun wajah dapat mengganggu keseimbangan kulit dan meningkatkan risiko iritasi. Karena itu, carilah sabun wajah yang memiliki pH sekitar 4,7-5,7 yang mendekati pH alami kulit. Selain produk yang mencantumkan nilai pH-nya, Sedulur juga dapat memilih sabun wajah dengan keterangan “low pH” atau “pH balance”. 

Cara lainnya adalah dengan memeriksa kandungan surfaktannya. Makin banyak surfaktannya, biasanya pH-nya juga lebih basa. Selain itu, kandungan surfaktan yang terlalu kuat atau tinggi dapat mengiritasi kulit. 

2. Pilih yang mengandung glycerin dan hyaluronic acid

Kulit berminyak tetap bisa kering. Pasalnya, karakteristik kulit berminyak dan kering itu berbeda. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih.

Sementara itu, kulit kering disebabkan oleh kurangnya H2O pada kulit. Oleh sebab itu, kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab. Meski Sedulur mencari sabun wajah yang mengontrol minyak, jangan lupakan pentingnya pelembab.

Pilih sabun wajah yang mengandung bahan pelembab seperti glycerin dan hyaluronic acid. Berbeda dengan pelembab oklusif yang sifatnya mengunci kelembaban, kedua pelembab humektan ini akan menarik kelembaban dari udara ke permukaan kulit. 

3. Vitamin C dan Licorice juga bisa dipertimbangkan

Kurang percaya diri dengan kulit berminyak yang tampak kusam? Jika demikian, Sedulur perlu mencari sabun wajah yang dilengkapi brightening agent seperti vitamin C dan licorice. Kandungan ini dapat membantu meratakan warna kulit dan memberikan tampilan yang lebih cerah.

Pada dasarnya, Sedulur dapat memilih sabun muka berdasarkan bahan-bahan yang sesuai dengan masalah kulit. Namun, untuk mendapatkan kulit yang diinginkan, tidak cukup hanya dengan mencuci wajah dan mengandalkan bahan aktif dari sabun wajah.

Sebagai contoh, orang yang kulitnya kusam dan ingin mencerahkan kulit boleh memilih sabun wajah dengan efek brightening. Tambahan bahan aktif, seperti brightening, oil control, atau lainnya pada sabun wajah berfungsi untuk mendukung tahapan skincare selanjutnya agar lebih optimal.

BACA JUGA: 12 Sabun Terbaik yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Badan

Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik

Agar Sedulur bisa menemukan dengan tepat sabun muka yang cocok. Mari simak beberapa rekomendasi terbaik berikut ini!

1. Garnier Men Icy Scrub

rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik
Pexels/RDNE Stock Project

Rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik yang pertama adalah Garnier Men Acno Fight Facial Foam. Sabun muka ini dapat digunakan oleh pria yang memiliki masalah jerawat. Sabun wajah pria ini juga mampu mengatasi jerawat dan komedo, mengurangi minyak berlebih, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan dan menghaluskan kulit, serta mengecilkan pori-pori.

Skincare untuk pria ini memiliki tambahan herba repair dan purifying salicylic acid. Bahan tambahan tersebut mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah sehingga mampu mengatasi jerawat. Salicylic acid juga dapat menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Sebelum menggunakan Garnier Men Acno Fight Facial Foam, basahi wajah Sedulur terlebih dahulu. Usapkan sabun ini ke wajah secara merata, tetapi jangan sampai mengenai mata. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hingga bersih.

2. Kahf Triple Action

Dilengkapi dengan UltraAbsorb Charcoal dan HydroBalance, produk ini mampu menyerap sebum berlebih dengan optimal. Kami merekomendasikan sabun muka ini untuk para pria yang ingin mengatasi masalah kulit berminyak dan tampil lebih percaya diri.

Sedulur bisa pula mengandalkan produk merek Kahf ini sebagai sabun cuci muka untuk komedo. Formula AHA, BHA, dan PHA di dalamnya akan membantu membersihkan komedo Sedulur dalam 7 hari! Di samping sebagai face wash, Sedulur pun bisa memakainya sebagai masker wajah dan mild peeling solution. 

3. Somethinc Low pH Gentle Cleanser

Facial wash SOMETHINC ini bisa dikatakan sebagai salah satu produk best seller yang banyak di-repurchase. Khasiatnya tak kalah bagus dengan produk facial wash Korea. Produk ini memiliki pH rendah dan Centella asiatica yang dipercaya sangat bagus untuk menjaga skin barrier.

Selain itu, ada kandungan calendula dan Japanese mugwort yang dapat memberi efek calming pada kulit iritasi atau kemerahan. Teksturnya pun unik, mirip gel kental yang menyerupai jelly. Bila Sedulur menginginkan facial wash yang lembut dan ringan, pertimbangkan produk ini.

4. Pond’s Ultra Bright

Sedulur pastinya akan menghabiskan waktu minimal delapan jam di kantor. Supaya penampilan tetap maksimal, Sedulur dapat menggunakan facial foam ini sebelum berangkat kerja. Kandungan activated charcoal-nya dapat membantu mengendalikan minyak berlebih hingga delapan jam ke depan.

Sementara itu, kandungan vitamin B3 di dalamnya diklaim dapat membuat wajah Sedulur dua kali lebih cerah dan bebas kusam. Ditambah dengan kandungan mint dan menthol yang memberi efek segar, wajah Sedulur akan tampak maksimal seharian. Jadi, tidak perlu khawatir, deh, kalau tiba-tiba harus hangout bersama teman-teman secara mendadak.

5. Nivea Men Facial Wash

Rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik selanjutnya adalah Nivea Men Facial Wash. Sabun ini diklaim dapat membantu membersihkan wajah dari jerawat, komedo, dan noda bekas jerawat.

Produk ini mengandung butiran garam himalayan yang bekerja untuk membersihkan wajah dengan mengangkat kotoran serta minyak berlebih secara maksimal. Sedulur pun dapat menggunakanya secara rutin setiap hari untuk mendapatkan sensasi wajah yang bersih dan segar.

BACA JUGA: 14 Merk Sabun Muka Pria Terbaik, Bikin Wajah Cerah dan Segar

6. Himalaya Men Power Glow Licorice

rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik
Freepik/Wayhomestudio

Selain memiliki rangkaian perawatan wajah untuk wanita, Himalaya juga menyediakan varian pembersih wajah pria yang bisa Sedulur pilih. Bahkan, produk satu ini juga bisa jadi sabun muka untuk jerawat pria.

Himalaya Men Power Glow Licorice Face Wash mengandung bahan perpaduan antara licorice dan wood apple. Kedua bahan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus memberikan efek cerah. Tidak hanya itu, Himalaya Men Power Glow Licorice Face Wash diklaim cocok untuk semua jenis kulit.

7. COSRX Good Morning Cleanser

Jika kulit Sedulur mengalami dehidrasi dan kehilangan kelembaban alaminya, carilah sabun wajah yang lembut. Pembersih wajah ini memiliki kadar acid yang mirip dengan kadar pH kulit. Kandungannya mampu menenangkan, melembapkan, serta membersihkan kulit wajah hingga mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih.

Kandungan tea tree oil dan BHA-nya membantu mengobati sekaligus mencegah jerawat. Sementara itu, formula citric acid-nya dapat mengangkat sel kulit mati sehingga akan kembali beregenerasi menjadi kulit baru. Sabun ini boleh dipakai semua jenis kulit, termasuk yang sensitif.

8. Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel

Lelah dengan bekas jerawat yang tak kunjung pudar? Coba pertimbangkan cleansing gel untuk mencerahkan wajah sekaligus menghilangkan bekas jerawat dari Kleveru. Sabun muka ini diperkaya sea buckthorn yang mengandung vitamin C 15x lebih banyak dari jeruk.

Selain itu, sabun cuci muka ini juga diperkaya dengan vitamin E. Keduanya mampu mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat. Produk ini bebas dari alkohol, paraben, SLS/SLES, pewarna buatan, dan parfum. Dengan demikian, sabun muka ini aman untuk para pemilik kulit sensitif.

Jika Sedulur juga menggunakan rangkaian skincare lain, sabun wajah ini dapat membantu mempersiapkan kulit untuk menerima tahapan skincare selanjutnya.

9. Whitelab pH Balanced

WhiteLab pH-Balanced Facial Cleanser adalah pilihan sempurna untuk membersihkan kulit wajah Sedulur dengan lembut dan efektif. Dengan formula yang dirancang untuk menjaga keseimbangan pH kulit, produk ini dapat membantu mengatasi kemerahan dan minyak berlebih.

Diperkaya dengan bahan-bahan alami yang lembut, produk ini mampu membersihkan sisa makeup dan kotoran tanpa mengeringkan kulit. Dengan WhiteLab pH-Balanced Facial Cleanser, Sedulur dapat merasakan kulit yang bersih, sehat, dan segar setiap hari.

10. Gatsby Face Wash Skin Tonic Oil Control

Rekomendasi pembersih wajah pria selanjutnya yaitu Gatsby Face Wash Skin Tonic Oil Control. Produk ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Dengan teknologi Smooth Power membuat tekstur kulit wajah Sedulur menjadi lebih mulus dan lembut.

Tidak hanya itu, produk ini mampu mengangkat berbagai kotoran dan minyak sehingga menghindarkan wajah dari kusam. Kandungan clay powdernya menjaga kulit supaya tidak mudah berminyak sehingga berkilau lebih lama. 

BACA JUGA: Wajib Dihindari! Kesalahan Mencuci Muka yang Merusak Kulit

11. Vaseline Men Facial Wash

Unsplash/Safia Shakil

Rekomendasi face wash pria yang pertama adalah Vaseline Men Anti Acne Face. Produk ini merupakan salah satu sabun cuci muka pria terbaik dari Vaseline. Dapat mengatasi wajah yang berjerawat sekaligus mengurangi noda bekas jerawat.

Memiliki kandungan salicylic acid dan herbal clay, Sedulur tidak perlu khawatir jerawat kembali. Dengan pemakain rutin, wajah Sedulur akan terbebas dari berbagai jenis jerawat serta bruntusan. Sehingga Sedulur tidak perlu risau dan galau saat jerawat muncul.

Kabar baiknya, produk ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, dari mulai kering hingga berminyak.

12. Clean & Clear Foaming Face Wash Men

Rekomendasi sabun cuci muka pria terakhir jatuh kepada Clean & Clear Foaming Face Wash Men. Diformulasikan untuk mengurangi minyak, jerawat dan komedo, produk ini sangat cocok untuk digunakan pria dengan berbagai jenis kulit.

Memiliki busa yang lembut sehingga nyaman digunakan dan tidak akan membuat kulit wajah menjadi kering dan terasa tertarik-tarik. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung anti-bacterial yang dapat mencegah agar bakteri yang menyebabkan wajah berjerawat menjadi terhempas. Kulit menjadi tidak kusam, tampak bersih cerah bersinar dan halus.

13. MS Glow for Men

Jika Sedulur suka step skincare yang ringkas, kuncinya adalah memilih produk perawatan wajah yang multifungsi. Salah satu contohnya adalah sabun muka dari MS Glow ini. Selain sebagai sabun cuci muka, produk perawatan khusus pria ini juga dapat digunakan untuk eksfoliasi atau dijadikan face mask.

Untuk eksfoliasi, aplikasikan produk pada wajah dan gosok perlahan tanpa menggunakan air. Proses ini akan membuat sel kulit mati terangkat optimal. Untuk masker, aplikasikan produk ini pada wajah secara merata, tunggu hingga mengering, kemudian bilas.

14. Men’s Biore Bright Energy

Men’s Biore Bright Energy adalah solusi pembersih wajah terbaik bagi pria yang menginginkan kulit segar dan bersinar. Dengan kandungan vitamin B3 dan micro bright scrub, produk ini mampu mengangkat kotoran serta minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit. 

Men’s Biore Bright Energy adalah pilihan tepat untuk menjaga kulit wajah tetap cerah dan revitalisasi. Produk ini memberikan hasil optimal bagi para pria yang peduli akan penampilan.

15. Natasha Men’s Facial Wash

Unsplash/Supply

Kebanyakan pria tidak neko-neko saat memilih pembersih wajah, cukup membersihkan secara maksimal dari kotoran dan debu. Jika Sedulur mencari facial wash yang dapat membersihkan wajah secara maksimal, pilihlah produk dari Natasha ini. 

Facial wash ini memiliki kandungan glycolic acid yang mampu membersihkan kotoran secara mendalam. Alhasil, komedo atau jerawat pun tidak berani muncul. Di samping itu, kandungan horse chestnut dan Aloe vera extract dapat melembabkan kulit. Kulit Sedulur jadi tampak lebih segar, tidak kusam, dan terjaga kelembabannya. 

Nah, itu tadi deretan Rekomendasi brand pembersih wajah pria terbaik yang bisa Sedulur coba. Untuk bisa menemukan sabun cuci muka terbaik, Sedulur harus memperhatikan betul kandungan dari tiap produk di atas. Jadi selamat memilih ya!