Sabun untuk jerawat badan

Sebagaimana Sedulur ketahui, bahwa jerawat tidak hanya terdapat di wajah saja. Namun jerawat juga bisa didapatkan di dalam badan. Tentu jerawat di badan perlu disembuhkan dan Sedulur tidak bisa menggunakan sabun untuk jerawat wajah. Ada khusus sabun untuk jerawat badan yang bisa digunakan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar rekomendasi sabun untuk jerawat badan terbaik yang ampuh untuk mengatasi hingga menghilangkan jerawat di dalam badan. Apa saja daftarnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 14 Merk Sabun Muka Pria Terbaik, Bikin Wajah Cerah dan Segar

Cara memilih sabun untuk mengatasi jerawat badan

sabun untuk jerawat
iStock

Namun sebelum masuk ke pembahasan utama terkait daftar rekomendasi sabun untuk jerawat badan terbaik yang bisa Sedulur gunakan, alangkah lebih baik Sedulur mengetahui bagaimana cara memilih sabun untuk mengatasi jerawat badan.

-->

Karena banyak produk sabun untuk jerawat badan yang tersedia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit Sedulur. Maka dari itu, agar tidak salah pilih, Sedulur wajib mengetahui apa saja tips memilihnya. Berikut ini tipsnya:

1. Pastikan sabun mengandung tea tree oil dan sulfur

Cara memilih yang pertama yaitu dengan memastikan sabun mengandung tea tree oil, niacinamide dan sulfur. Karena senyawa tersebut merupakan senyawa anti jerawat yang mampu melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat muncul.

Sedulur juga dapat memilih produk dengan senyawa yang dapat mempercepat penyembuhan luka, misalnya ekstrak rumput laut dan tamanu oil. Kedua senyawa tersebut mampu membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga jaringan yang rusak akibat jerawat dapat segera pulih.

Jika Sedulur sering dan sedang mengalami jerawat yang meradang, pilihlah senyawa anti-acne yang juga berfungsi sebagai antiperadangan. Senyawa anti-acne seperti BHA, AHA, dan PHA dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang serta mencegah munculnya jerawat baru.

2. Pilih produk yang dapat mengontrol produksi minyak

Cara memilih selanjutnya yaitu dengan pilih produk yang dapat mengontrol produksi minyak tubuh. Jenis kulit berminyak memang rentan terserang jerawat, apalagi jika Sedulur sering berkeringat dan tidak menjaga kebersihan badan dengan baik.

Kuman dan bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur dalam kondisi tersebut. Jika Sedulur memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilihlah produk dengan kandungan oil control. Kandungan oil control ini dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit.

Selain itu, produk dengan oil control juga dapat membantu membersihkan minyak berlebih sehingga tidak menyumbat pori-pori. Contoh bahan yang dapat mengontrol minyak di kulit adalah charcoal, tea tree extract, dan castor oil.

3. Pilih produk dengan senyawa whitening

Jerawat badan dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan pigmentasi sehingga menyebabkan munculnya noda berwarna cokelat ataupun hitam pada kulit. Hal itu tentunya mengganggu penampilan.

Jika Sedulur sedang mengalami masalah tersebut, sebaiknya pilih produk yang mengandung whitening agent. Senyawa whitening, seperti citric acid dan lactid acid, dapat menghambat pembentukan melanin akibat kerusakan jaringan kulit.

Dengan demikian, noda bekas jerawat dapat berangsur-angsur pudar. Selain itu, senyawa whitening ini juga mampu mengatasi masalah kulit kusam dan warna kulit tidak merata.

4. Pilih sabun dengan kandungan aloe vera hingga glycerin

Beberapa sabun jerawat menggunakan bahan yang dapat mengurangi kontrol minyak di kulit sehingga kulit menjadi lebih kering. Untuk membuat kelembapan kulit tetap seimbang, sebaiknya Sedulur memilih produk dengan kandungan moisturizer.

Produk dengan kandungan moisturizer dapat membantu menjaga kadar air di kulit. Efeknya, kulit senantiasa lembap dan tidak mudah kering meski terkena senyawa anti-acne yang bisa membuat kulit kering. Sedulur dapat memilih produk dengan kandungan moisturizer, seperti Aloe vera, vitamin E, dan glycerin yang efektif melembapkan kulit.

5. Pilih sabun berdasarkan jenisnya

Tips memilih sabun terakhir yang perlu menjadi pertimbangan Sedulur adalah memilih sabun mandi berdasarkan jenisnya. Terdapat beberapa jenis sabun mandi yang umum digunakan. Beberapa jenis sabun mandi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Sabun cair yang lebih higienis saat digunakan karena tersimpan dalam botol yang tertutup sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh kotoran.
  • Sabun batan yang lebih ekonomis karena harganya yang relatif murah.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Sabun Cuci Muka, Bagus Untuk Remaja!

Rekomendasi sabun jerawat badan

Lantas apa saja rekomendasi sabun untuk jerawat badan yang ampuh dan efektif? Sedulur bisa simak dengan seksama daftarnya di bawah ini:

1. Grace and Glow English Pear and Freesia Anti Acne Body Wash

Today

Rekomendasi sabun untuk jerawat yang pertama adalah Grace and Glow English Pear and Freesia Anti Acne Body Wash. Sabun ini merupakan sabun mandi yang memiliki wangi mewah dan diklaim dapat mengurangi jerawat badan dalam waktu 7 hari.

Mengandung bahan aktif berupa AHA, BHA, PHA, dan Centella asiatica untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi inflamasi, serta melembapkan kulit. Kisaran harga sabun mandi untuk jerawat ini adalah sekitar Rp55.000.

2. Biotalk Sabun Natural Herbal

Mommypotamus

Rekomendasi sabun untuk jerawat yang kedua yaitu Biotalk Sabun Natural herbal. Sabun ini memiliki kandungan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, bahkan juga memiliki keamanan yang terjamin bagi anak-anak. Sabun ini memiliki harga sekitar Rp.50.000.

Beberapa kelebihan dari sabun ini yaitu terbuat dari bahan alami yang aman digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan anak-anak sertta tidak mengandung paraben, SLS, SLES sehingga aman dipakai oleh kulit yang supersensitif sekalipun.

Namun sabun ini juga memiliki kekurangan, yaitu perlu ditaruh dalam wadah khusus agar sabun tahan lama. Tidak bisa disimpan disembarang wadah.

3. The Bath Box Goats Don’t Lie Tea Tree

Spongelle

Rekomendasi sabun mandi selanjutnya yaitu The Bath Box Goats Don’t Lie Tea Tree. Sabun mandi ini dibanderol dengan harga yang cukup lumayan, sekitar Rp150.000. Namun dengan harga tersebut, Sedulur bisa mendapatkan jaminan kulit tubuh yang bersih dari jerawat.

Adapun kelebihan dari sabun ini yaitu bisa menghilangkan jerawat hingga membantu mengatasi eksem. Serta kandungan dari sabun yang menggunakan susu kambing asli dan bahan alami lainnya sehingga aman untuk kulit sensitif, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa sabun ini menyisakan rasa licin setelah mandi, yang mana kondisi ini tidak begitu disukai oleh sebagian orang. Namun bagi Sedulur yang tidak masalah, sabun ini cocok untuk dicoba.

4. Neutrogena Body Clear Oil Free Acne Body Wash

Oily House

Sedulur wajib rawat dan bersihkan jerawat badan dengan sabun Neutrogena Body Clear Oil Free Acne Body Wash. Diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat, sabun mandi bebas minyak ini membantu melawanjerawat punggung, dada, bahu, dan leher.

Kandungan utama salicylic acid dapat merawat dan membantu mencegah jerawat, tidak memberikan efek kering, tidak menyumbat pori-pori, atau mengiritasi kulit. Dilengkapi dengan kandungan gliserin untuk melembapkan dan menutrisi kulit kering. Kisaran harga Neutrogena Body Clear Oil Free Acne Body Wash adalah sekitar Rp150.000.

5. SOMETHINC Acnedot Clear AC Body Soap

Real Simple

Produk selanjutnya yaitu produk Somethinc Acnedot Clear AC Body Soap. Sabun ini memiliki kandungan antimikroba alami yang dapat melawan jerawat beruntusan yang membandel di tubuh Sedulur. Kelebihan lain yaitu sabun ini dapat mengurangi minyak berlebih sekaligus mencerahkan wajah.

Namun ada sedikit kekurangan yang dirasakan sebagian pengguna, yaitu busa yang dihasilkan sabun hanya sedikit. Tentu akan sangat tidak cocok digunakan oleh Sedulur yang tidak terbiasa mandi dengan sabun tanpa busa.

6. Kahf Acne Fight and Relaxing Body Wash

Spongelle

Rekomendasi sabun untuk jerawat selanjutnya keluaran dari Kahf. Sabun ini memiliki sensasi yang dingin saat digunakan sehingga akan sangat menyegarkan kulit. Cocok digunakan bagi Sedulur yang memiliki aktivitas di luar rumah seharian.

Rasa gerah dan lengket pada kulit akan hilang dengan sempurna jika Sedulur mandi menggunakan sabun satu ini. Cooling sensation yang terdapat dalam sabun ini dapat menghilangkan jerawat di dalam badan dan memberikan kenyamanan pada kulit wajah. Sabun ini juga sangat murah dan terjangkau, memiliki harga kisaran Rp25.000-Rp30.000

7. Galenium JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar

Hello Glow

Rekomendasi sabun selanjutnya yaitu Galenium JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar dengan harga Rp16.000. Kelebihan dari sabun ini yaitu dapat memudarkan bekas jerawat karena mengandung senyawa whitening di dalamnya.

Kelebihan dari sabun ini dapat mengeringkan jerawat yang sedang aktif. Sabun ini cocok digunakan bagi Sedulur yang meninggalkan bekas luka jerawat di dalam tubuh. Namun kekurangan dari sabun ini yaitu akan memberikan reaksi kulit kering, terutama bagi Sedulur yang memiliki kulit supersensitif.

8. Rei Skin Betel Leaf + Glycolic Acid Gentle Acne Body Wash

Unsplash

Rekomendasi salanjutnya yaitu Rei Skin Betel Leaf + Glycolic Acid Gentle Acne Body Wash. Sabun ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp90.000-Rp100.000. Kelebihan dari sabun ini yaitu dapat membasmi minyak berlebih pada kulit tubuh tanpa membuat kulit tubuh kering.

Sabun ini juga dapat membuat kulit terasa lembut dan halus, jerawat pada kulit dapat berkurang dan bekasnya akan memudah. Selain itu sabun ini jugabebas kandungan paraben, alkohol dan pewarna sintetis. Sehingga sangat aman untuk digunakan.

9. Zen Japanese Red Shiso Antibacterial Body Wash

Zen

Rekomendasi lain untuk sabun jerawat badan yang ampuh dan efektif yaitu Zen Japanese Red Shiso Antibacterial Body Wash. Produk sabun ini merupakan produk sabun drugstore yang berfungsi dan dibuat khusus untuk mengatasi jerawat di badan.

Zen Japanese Red Shiso Antibacterial Body Wash adalah sabun cair yang mengandung bahan utama sulfur dan daun shiso merah Jepang. Ini berfungsi sebagai antibakteri alami, meredakan inflamasi, mengurangi iritasi, serta membantu mengurangi jerawat dan bekasnya. Kisaran harga sabun untuk jerawat badan dari Zen ini adalah sekitar Rp25.000-45.000.

10. ERHA Acneact BHA & Mugwort Acne Body Wash

Erha

Produk ERHA juga memiliki produk sabun untuk jerawat yang bisa Sedulur gunakan. Produk sabun ini dikembangkan dengan formula dermatologi Erha, ERHA Acneact BHA & Mugwort Acne Body Wash adalah sabun mandi cair dengan konsistensi gel untuk mengatasi jerawat badan.

Formula pH seimbang dan busa lembut membantu membersihkan dan merawat kulit berjerawat. Kandungan BHA dan mugwort berfungsi mengangkat sel kulit mati, kotoran, menenangkan kulit terinflamasi, mencegah terbentuknya jerawat, dan melembapkan kulit. Kisaran harga ERHA Acneact BHA & Mugwort Acne Body Wash adalah sekitar Rp145.000.

11. The Bath Box Ocha Liquid Soap

Beautynesia

The Bath Box Ocha Liquid Soap merupakan sabun yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. The Bath Box Ocha Liquid Soap adalah sabun mandi natural dengan kandungan shea butter, olive oil, dan jojoba oil untuk membersihkan kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Kandungan susu kambing di dalam sabun ini dapat membantu regenerasi kulit, menghaluskan, mencegah penuaan dini, juga mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan utama berupa teh hijau asli yang kaya antioksidan, menjadikan sabun ini cocok untuk kulit kombinasi, berminyak, serta jerawat badan.

Untuk jenis kulit kering, Sedulur bisa mencoba varian tea tree. Kisaran harga The Bath Box Ocha Liquid Soap adalah sekitar Rp20.000-150.000.

12. Acnes Washing Bar

Hello Glow

Rekomendasi sabun untuk jerawat terakhir yaitu Acnes Washing Bar. Bukan hanya memiliki sabun untuk kulit wajah, Acnes Washing Bar juga memiliki sabun untuk kulit badan dan menghilangkan jerawat yang ada pada tubuh.

Acnes Washing Bar mengandung antibakteri yang dapat membantu merawat kulit berjerawat, terutama pada area punggung dan dada. Sabun ini juga dilengkapi dengan kandungan aloe vera, alantoin, dan vitamin E yang bermanfaat untuk melembutkan sekaligus memberikan nutrisi.

Kisaran harga Acnes Washing Bar adalah sekitar Rp10.000. Produk ini bisa jadi salah satu rekomendasi bagi Sedulur yang ingin menghilangkan jerawat di dalam tubuh. Untuk sabun khusus wajah dari Acnes telah terbukti ampuh menghilangkan jerawat.

BACA JUGA: 10 Sabun Mandi Cair Terbaik untuk Kulit, Bikin Makin Lembut!

Tips mencegah munculnya jerawat badan

sabun untuk jerawat
iStock

Penggunaan sabun untuk jerawat badan di atas memang sangat efektif bukan hanya untuk mengobati namun juga untuk mencegah jerawat badan muncul kembali. Namun, sebagaimana pepatah yang sering mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, tentu Sedulur harus mengetahui beberapa tips mencegah munculnya jerawat badan.

Selain agar dapat melakukan pencegahan lebih ekstra lagi, Sedulur juga bisa lebih baik melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Kurangi konsumsi makanan tertentu

Untuk mencegah jerawat muncul di badan, Sedulur harus mengurangi konsumsi makanan tertentu. Seperti misalnya, makanan yang digoreng dipercaya dapat menyebabkan jerawat muncul di dalam badan. Makanan yang digoreng memiliki indeks glikemik tinggi.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi juga berisiko membuat jerawat badan muncul kembali. Beberapa di antaranya adalah nasi putih, roti putih, pasta, dan kentang. Selain itu, makanan manis dan cepat saji juga perlu dikurangi.

2. Jaga kebersihan badan

Sedulur juga perlu menjaga kebersihan badan, Menjaga kebersihan badan bukan hanya mandi dengan sabun saja. Badan juga perlu dieksfoliasi secara rutin. Sedulur bisa memakai scrub atau peeling gel untuk mengangkat sel kulit mati.

Menggosok tubuh dengan shower puff atau semacamnya keras-keras tidak termasuk karena hanya akan merusak kulit tubuh bukan menjaga kebersihannya.

3. Pola hidup sehat

Terakhir adalah untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Jerawat di badan juga bisa muncul karena hormon, stres, dan pola hidup yang tak sehat. Maka dari itu, bila ingin mencegah jerawat muncul kembali, Sedulur harus olahraga, makan bergizi, dan tidur yang cukup.

Nah itulah daftar rekomendasi sabun untuk jerawat badan berserta tips memilihnya dan cara mencegah jerawat badan agar tubuh Sedulur bisa kembali mulus tanpa harus takut lagi jerawat di badan bermunculan. Semoga penjelasan di atas dapat memberi insipirasi dan membantu Sedulur, ya!