potongan rambut quiff

Bagi Sedulur yang ingin tampil dengan rambut maskulin namun tetap kece, tidak ada salahnya untuk mencoba potongan rambut Quiff. Model Quiff sangat lekat dengan ciri khasnya yaitu jambul tinggi di atas. Walaupun berjambul, potongan rambut ini tetap terlihat rapi karena rambut di sisi kepala yang dicukur rata.

Apakah Sedulur tertarik dengan potongan rambut Quiff ini? Kalau iya, coba simak dulu pembahasan mengenai rekomendasi gaya rambut Quiff yang dapat Sedulur terapkan.

BACA JUGA: 18 Inspirasi Model Rambut Pendek Pria yang Stylish dan Trendi

Asal mula munculnya model potongan rambut Quiff

Depositphotos

Sebelum masuk ke dalam beberapa rekomendasi dari potongan rambut Quiff, rasanya tidak mengapa jika kita sedikit mengulas tentang asal mula munculnya model rambut ini. Disinyalir, tren gaya rambut Quiff awalnya muncul dari Amerika Serikat. Model tersebut dipopulerkan oleh para tentara yang telah pulang dari medan perang pada tahun 1900-an.

-->

Seperti yang kita ketahui bersama, orang-orang militer memang diharuskan untuk mencukur cepak rambutnya pada saat bertugas. Selain cepak, mereka juga menerapkan model Buzz Cut agar terlihat tegas dan rapi.

Ketika tugas militer selesai dan para tentara sudah kembali ke kampung halaman, tidak ada lagi kewajiban untuk menjaga rambut agar tetap cepak. Banyak dari tentara-tentara Amerika Serikat tersebut yang membiarkan rambutnya tumbuh panjang. Nah, karena berangkat dari model cepak atau Buzz Cut, rambut bagian atas pasti akan terlihat mengembang dan lebih panjang dulu.

Alhasil terlihat sedikit jambul dengan potongan rambut samping yang masih tipis dan rapi. Pun era musik rock juga mempengaruhi perkembangan potongan rambut Quiff. Maka dari itu, jambul khas Quiff sangat mencolok pada masa-masa tersebut.

BACA JUGA: 20 Model Rambut Man Bun yang Bikin Makin Keren dan Trendi

Perbedaan model potongan rambut Quiff dengan Pompadour

Depositphotos

Banyak yang mengira bahwa potongan rambut Quiff sama dengan potongan rambut Pompadour. Ya, hal tersebut lazim terjadi karena keduanya sama-sama memiliki jambul yang menjadi fokus perhatian. Akan tetapi, tahukah Sedulur letak perbedaan antara kedua model potongan rambut tersebut?

Perbedaan dari kedua gaya rambut tersebut terletak pada cara menatanya. Gaya rambut Quiff hanya cukup menyisir bagian depan rambut ke rahang atas dan juga belakang. Sedangkan untuk gaya rambut Pompadour, ia memerlukan keseluruhan rambut untuk disisir ke arah atas dan belakang.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Muka yang Aman untuk Ibu Hamil

Gaya-gaya rambut Quiff yang cocok untuk pria Indonesia

Berikut ini adalah beberapa model potongan rambut Quiff yang dapat Sedulur coba.

1. Classic Quiff

potongan rambut quiff
All Things Hair

Gaya klasik Quiff ini paling cocok jika rambut bagian depan Sedulur sudah tumbuh panjang. Dengan begitu, rambut akan mudah ditata dengan rapi! Nah, model rambut pendek pria yang klasik ini memang sering disebut-sebut mirip dengan gaya Pompadour. Untuk mendapatkan gaya rambut Classic Quiff, Sedulur harus menyisir seluruh bagian rambut ke depan lalu ke atas.

2. Textured Quiff

potongan rambut quiff
All Things Hair

Sesuai dengan namanya, Textured Quiff memiliki arti tekstur rambut yang dibentuk. Dengan kata lain, bentuk rambut tidak sampai berantakan seperti gaya Messy Quiff, tetapi juga tidak terlalu rapi seperti pada Classic Quiff. Tentunya, potongan rambut Quiff ini membuat rambut Sedulur menjadi tidak kempis.

Tahukah Sedulur bahwa Textured Quiff sangat cocok untuk tipikal rambut pria Indonesia? Ya, banyak pria Indonesia yang memiliki rambut tipis dan halus. Jenis rambut tersebut akan sangat cocok jika dimodel Textured Quiff.Pun, bisa juga untuk yang punya rambut ikal mengembang.

Jika Sedulur berniat untuk menerapkan potongan rambut ini, pastikan tekstur rambut terbentuk dengan menyisir rapi terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan wax atau pomade, dan ratakan pada telapak tangan. Baurkan pada rambut dan sisir dengan tangan.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Warna Rambut Ombre Pendek, Bikin Makin Stylish!

3. Messy Quiff

potongan rambut quiff
All Things Hair

Rambut pada model Messy Quiff memang sengaja diacak untuk memberikan tekstur yang berantakan. Bukan dengan sisir, melainkan Sedulur harus mengacak-acak rambut menggunakan tangan. Agar lebih bervolume, gunakan hairdryer dan hair powder. 

4. Curly Quiff

potongan rambut quiff
All Things Hair

Siapa nih di antara Sedulur yang memiliki jenis rambut keriting? Jenis rambut keriting ternyata memang membutuhkan perhatian khusus jika berbicara tentang perawatan serta model cukurnya. Jika Sedulur bosan dengan potongan rambut keriting yang itu-itu saja, mungkin Curly Quiff ini bisa menjadi alternatifnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Model Quiff tidak hanya terbatas untuk rambut lurus. Kalau rambut Sedulur tergolong keriting, tidak ada salahnya untuk mencoba gaya ini. Sedikit saran agar potongan rambut terlihat cakep, coba untuk tipiskan bagian samping rambut dengan model Fade atau Undercut agar memudahkan penataan rambut Curly Quiff sehari-hari.

Nah, untuk penataan dan perawatan rambut keriting model Quiff ini, Sedulur bisa menggunakan wax untuk membentuk rambut. Produk styling rambut tersebut cenderung memiliki daya hold yang lebih kuat ketimbang lainnya. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik?

BACA JUGA: 15 Model Rambut Bondol Wanita yang Bisa Dicoba Tahun Ini

5. Side-parted Quiff

potongan rambut quiff
All Things Hair

Quiff dikenal dengan jambul yang selalu ke atas. Namun, jika Sedulur lebih menyenangi jambul yang disisir ke samping, maka gaya tersebut disebut dengan Side-parted Quiff. Model ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki wajah panjang.

6. Quiff dengan Fade

potongan rambut quiff
All Things Hair

Potongan rambut Quiff selanjutnya yang dapat Sedulur coba adalah Quiff dengan Fade. Yang dimaksud dengan Fade sendiri yaitu teknik cukuran untuk menipiskan rambut. Penipisan ini berguna untuk menonjolkan bentuk rambut atau bentuk wajah karena secara tidak langsung ia bisa membuat wajah tampak tirus. Selain itu, model Fade juga mampu merapikan rambut yang cenderung sulit diatur atau mengembang.

Dalam potongan Quiff dengan Fade, Sedulur bisa memilih dua pilihan model Fade. Model Fade yang pertama adalah Low Fade (penipisan dengan ukuran satu jari), atau model Fade yang kedua yaitu  Mid Fade (penipisan dengan ukuran satu jari). Model rambut ini tergolong mudah untuk di-styling, kok! Jadi pas banget buat Sedulur yang enggan memiliki gaya rambut ribet.

7. Quiff Undercut

All Things Hair

Model Quiff Undercut adalah salah satu gaya rambut yang tergolong modern. Alih-alih seperti Fade yang memiliki gradasi ketipisan, Undercut membuat rambut tipis dengan ukuran yang sama tanpa gradasi. Disebut dengan Quiff Undercut sendiri karena memang pada bagian atas rambut berbentuk seperti jambul.

8. Spiky Quiff

All Things Hair

Sekarang kita beralih ke rekomendasi baru dari potongan rambut Quiff. Ya, ini adalah Spiky Quiff, salah satu model rambut Quiff yang sangat mirip dengan Faux Hawk. Walaupun terkesan mirip, ternyata terdapat sedikit perbedaan yang mencolok di antara Spiky Quiff dengan Faux Hawk, loh Sedulur!

Perbedaan tersebut terletak pada area spike yang dibentuk. Jika pada Spiky Quiff, spike yang dibentuk hanya bagian depannya saja agar berbentuk lancip. Sedangkan untuk Faux Hawk sendiri seluruh bagian rambut atas dibentuk meruncing.

Bagaimana untuk penataan rambutnya? Tenang, Sedulur tidak perlu repot-repot menggunakan berbagai macam hair product untuk menata Spiky Quiff. Menggunakan wax atau hair powder saja sudah cukup guna memperlihatkan Spiky Quiff lancip yang bervolume.

9. Fringe Quiff

All Things Hair

Selanjutnya ada model potongan rambut Fringe Quff. Gaya Quiff ini sebenarnya memanfaatkan model potongan Fringe yang Sedulur terapkan pada rambut. Yang dimaksud dengan Fringe sendiri adalah gaya rambut berponi. Maka dari itu, Sedulur cukup membentuk Quiff dari poni yang sudah ada. Cara membentuknya juga gampang kok, sisir rambut ke depan lalu angkat ke atas.

10. Short Quiff atau Modern Quiff

All Things Hair

Sedari tadi memang mayoritas pembahasan potongan rambut Quiff berfokus pada model rambut yang berjambul sedikit tipis. Akan tetapi, ada beberapa orang yang merasa dirinya tidak cocok untuk menggunakan gaya potong Quiff tersebut. Bisa jadi karena struktur wajah akan terlihat membulat, tidak ada volume rambut di samping kepala dekat pipi. Atau juga karena jidat yang terpampang terlalu lebar, jadi malah mengurangi kepercayaan diri.

Nah, jika Sedulur tidak mau potongan Quiff biasa yang berjambul tinggi, bagaimana kalau mencoba alternatif Short Quiff atau Modern Quiff ini? Sepintas, model potongan Short Quiff atau Modern Quiff memperlihatkan rambut atas yang lebih pendek. Selain itu, ia lebih terkesan rapi dan tidak terlalu bervariasi. Jadi Short Quiff atau Modern Quiff sangat cocok bagi Sedulur yang tak ingin terlihat mencolok dengan gaya rambut baru.

11. Long Quiff atau Morrissey

All Things Hair

Long Quiff atau Morrissey ini sejatinya merupakan gaya Quiff yang sedikit lebih edgy namun dengan rambut atas yang panjang menjulang. Tidak perlu susah payah menggulung rambut seperti pada gaya Pompadour, Sedulur hanya perlu menyisirnya ke atas dan biarkan rambut mengembang. Cakep, kan?

12. High Pompadour Quiff

Pinterest

Terakhir, Sedulur bisa mencoba untuk bergaya dengan potongan High Pompadour Quiff. Gaya rambut Quiff ini sejatinya merupakan perpaduan antara gaya rambut Quiff dengan gaya rambut Pompadour. Sedulur yang gemar bergaya retro atau rockabilly tentunya akan sangat cocok dengan gaya rambut ini. Namun, demi mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai keinginan, Sedulur harus berhati-hati dalam proses penataan dan ketika rambut disisir.

Proses penataan akan membutuhkan hairspray supaya mendapatkan bentuk jambul yang rapi dan sesuai dengan keinginan. Bentuk jambul tersebut akan sedikit membutuhkan ketelitian lebih dalam proses penataannya. Jika Sedulur ragu, sebaiknya datangi dulu barber shop langganan yang sudah biasa menata rambut dengan gaya seperti ini.

Cara menata potongan rambut model Quiff

Depositphotos

Sebenarnya cara menata potongan rambut model Quiff tergolong mudah. Karena volume jambul pada Quiff tidak begitu besar, Sedulur tidak perlu memiliki rambut atas yang begitu panjang. Cukup panjangkan saja poni depan Sedulur. 

Penataannya sendiri hanya perlu disisir ke depan dahulu, kemudian dibentuk atas. Bagi Sedulur yang ingin mempertahankan volume dari model Quiff, Sedulur bisa memanfaatkan produk styling rambut seperti wax atau hair powder.

Sedulur, demikian ulasan singkat mengenai rekomendasi potongan rambut Quiff yang sangat cocok bagi tipikal rambut pria di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Rambut yang cakep memang menambah nilai plus pada penampilan. Akan tetapi, ia menjadi tidak maksimal apabila Sedulur mengabaikan perawatan tubuh yang lain. Sebagai pria, Sedulur harus rutin merawat diri sendiri agar tidak terlihat kusam, kucel, dan kurang percaya diri.

Makanya, selalu beli produk perawatan tubuh pria di Aplikasi Super. Aplikasi Super bikin belanja kebutuhan perawatan diri menjadi lebih mudah. Tinggal cari, pesan, bayar, tunggu produk sampai di depan pintu rumah, deh!

Biar gaya makin oke, Sedulur bisa belanja sabun cuci muka, krim perawatan, conditioner rambut, dan masih banyak lagi produk lainnya di Aplikasi SuperTunggu apa lagi? Unduh dari Google Play Store sekarang dan nikmati promo serta voucher belanjanya! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!