Salah satu tren hijab yang sekarang sedang naik daun adalah pashmina plisket. Biasanya, jenis kain ini banyak ditemukan di berbagai bawahan seperti rok dan celana. Akan tetapi, modelnya kini bisa juga ditemukan dalam bentuk pashmina hijab.

Pashmina adalah jenis kerudung atau hijab dengan bentuk selendang berukuran panjang dan mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Jenis ini banyak digemari hijabers karena bisa membuat kesan pipi menjadi lebih tirus dan cantik. Selain itu, model ini juga terkesan praktis dan sederhana, karena para penggunanya tidak perlu lagi untuk menyetrika jika ingin memakainya. 

Masih bingung mengenai inspirasi pashmina plisket supaya penampilan menjadi lebih modis ala selebgram hits? Yuk, intip berbagai pilihan modelnya disini.

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish Ala Selebgram yang Mudah

1. Pashmina diikat dan ditarik ke belakang

pashmina plisket
Beautynesia

Model pashmina plisket yang pertama ini adalah dengan cara diikat dan ditarik ke belakang. Sehingga, cocok untuk Sedulur yang tidak suka ribet. Sedulur hanya perlu menggunakannya seperti biasa, lalu kedua sisinya ditarik secara silang ke belakang dan diikat. Terakhir, sisi yang telah diikat ke depan dibawa. 

Karena model yang satu ini cenderung memiliki tekstur, maka pasti ikatannya bisa dibuat dengan lebih kencang dan tidak licin. Salah satu keunggulan utama dari model ini adalah tidak mudah kusut dan gampang dirapikan. Akan tetapi, usahakan untuk selalu menggantungnya setelah pemakaian supaya tidak rusak.

2. Salah satu sisi pashmina ditarik ke belakang

pashmina plisket
Tokopedia

Model yang satu ini merupakan paling mudah untuk digunakan. Biasanya, anak kuliahan akan menggunakan pashmina plisket hitam dan salah satu sisinya ditarik ke belakang karena cenderung sederhana dan tidak ribet. Cara untuk memakainya adalah dengan menyelempangkan satu sisi, sementara sisi yang lainnya dibiarkan menjuntai ke arah depan. 

Umumnya, kedua sisinya mempunyai panjang yang sama. Akan tetapi, jika Sedulur ingin model yang bagian depannya tampak lebih pendek, maka bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika menginginkan tampilan modis untuk gaya yang satu ini, awali dengan membentuk kedua sisinya berbeda panjang. Kemudian, ambil salah satu sisi yang panjang dan arahkan kembali ke depan. Lalu, sisi pendeknya bisa dimasukkan kembali ke dalam baju.

3. Pashmina diikat dan ditarik ke depan

pashmina plisket
Beautynesia

Jika Sedulur bosan dengan pashmina plisket yang modelnya diikat dan ditarik ke belakang, maka bisa mencoba yang satu ini. Caranya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yaitu hanya perlu menggunakannya seperti biasa, lalu menarik kedua sisinya dengan cara silang ke depan dan mengikatnya. 

Terakhir, bawa sisi yang telah terikat ke depan. Karena model ini cenderung lebih licin, maka bisa diikat supaya kencang dan tidak kemana-mana. Kelebihan dari model ini adalah tidak mudah kusut. Akan tetapi, usahakan untuk tetap merawatnya dengan baik, ya.

BACA JUGA: 12 Ide Tutorial Hijab Pashmina Modis & Kekinian Ala Selebgram

4. Kedua sisi pashmina menjuntai ke depan

Detik

Tutorial pashmina plisket dengan model berikut ini adalah kedua sisinya dibiarkan menjuntai ke depan. Kedua sisi dari model ini mempunyai panjang yang berbeda dan dililitkan ke atas kepala. Yang menjadikannya berbeda adalah kedua sisi dibiarkan menjuntai ke arah depan. Maka, tampilannya di bagian belakang akan cenderung lebih pendek.

Jika Sedulur ingin memakai model ini, pastikan untuk tidak menggunakan lingkar leher baju yang lebar, ya. Alasannya, supaya bagian punggungnya tidak terlihat terbuka. Opsi lainnya Sedulur juga bisa memakai ninja dan manset pada bagian dalam, supaya aurat tetap tidak terlihat. Cara memakai model yang satu ini cukup praktis karena tidak mudah licin.

5. Pashmina dililitkan di atas kepala

pashmina plisket
Line Today

Seringkali, model pashmina plisket yang satu ini banyak digunakan untuk pecinta pashmina. Alasannya adalah model ini dianggap lebih rapi dan ringkas. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah. Sedulur hanya perlu memastikan kedua sisinya berbeda, ada yang lebih pendek dan yang lebih panjang.

Kemudian, sisi yang lebih panjang dililitkan ke bagian belakang kepala. Sementara itu, sisi yang lainnya ditarik ke belakang serta dimasukkan ke dalam blus baju. Jangan lupa untuk juga menambahkan jarum pentul pada bagian atas kepala dan sisi kepala, supaya modelnya tetap rapi dan tidak kemana-mana. Model ini sangat cocok digunakan untuk kuliah dan kerja, agar tidak ribet dan tetap nyaman.

6. Lebar di bagian dada

pashmina plisket
Tribun Sumsel

Model pashmina plisket berikutnya ini cukup mudah untuk digunakan. Caranya adalah dengan mengenakan pashmina seperti biasa, kemudian kedua sisinya dikaitkan ke bagian bawah dagu dengan menggunakan jarum pentul atau peniti. Kemudian, sisi yang satunya ditarik ke belakang dan sisi lainnya dilebarkan ke depan dada. Walaupun sederhana, model ini memberikan kesan santun dan anggun bagi pemakainya. 

Tak sampai disitu saja, model ini juga cocok untuk digunakan ketika menghadiri acara formal seperti arisan keluarga dan ke kondangan. Ketika sedang memakainya, jangan lupa untuk diatur sesuai dengan bentuk wajah.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Model Hijab Paling Stylish & Terpopuler

7. Hijab plisket satu jarum pentul

pashmina plisket
Popmama

Tutorial pashmina plisket selanjutnya adalah dengan menggunakan jarum pentul berjumlah satu biji saja. Model ini cocok dipakai untuk Sedulur yang anti ribet dan menginginkan tampilan sederhana. Caranya adalah dengan mengambil kedua sisi kerudung sama panjang, kemudian disematkan menggunakan jarum pentul dengan mengambil sedikit lebih dalam bagian hijabnya. Kemudian, sampirkan sisi sebelah kiri ke arah belakang dan juga sebelah kanan. Terakhir, ikat ke bagian belakang dan bentuk dengan rapi. Gampang, kan?

8. Hijab plisket untuk pipi lebih tirus

Beautynesia

Karena ukuran pashmina plisket cenderung memanjang, maka cocok untuk Sedulur yang ingin menyamarkan pipi yang tembem. Cara pertamanya adalah dengan menyamakan kedua sisi kerudung. Lalu ambil sedikit sisi sebelah kanan untuk disematkan jarum peniti atau pentul pada bagian bawah dagu. Kemudian, tarik sisi kerudung sebelah kiri dengan cara memutar sampai menuju belakang leher. Kemudian, biarkan sisi hijab bagian kanan sedikit ke depan hingga menutupi pipi, lalu bagian ujungnya ditarik ke depan. Agar semakin cantik dan menawan, Sedulur bisa menambahkan aksesori anting juga.

9. Membentuk pashmina plisket sederhana

Kompas Lifestyle

Untuk gaya keseharian, model yang satu ini bisa dicoba karena mudah untuk diterapkan. Caranya adalah dengan memastikan terlebih dahulu sisi lainnya berbeda panjang. Kemudian, sisi yang lebih panjang dililitkan ke bagian belakang kepala. Setelah itu, sisi yang lainnya ditarik ke belakang dan dimasukkan ke dalam inner supaya menjadi lebih rapi.

Lalu, tambahkan jarum pentul atau peniti pada bagian sisi telinga atau di atas kerudung agar tampilannya lebih tahan lama dan rapi. Model pashmina plisket yang simpel ini akan memberikan kesan elegan pada tampilan yang formal maupun kasual. Jangan lupa untuk menggunakan dalaman ciput supaya terkesan lebih rapi, ya.

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

10. Pashmina plisket dua sisi menjuntai ke depan dan bentuk berlawanan

Yahoo Berita

Selanjutnya adalah pashmina plisket dua sisi menjuntai ke depan, namun salah satu sisinya dibentuk berlawanan. Jangan lupa untuk menggunakan ciput atau dalaman yang memiliki warna senada dengan kerudung. Ukur kainnya dengan panjang yang berbeda, kemudian biarkan kain yang lebih panjang untuk dililitkan ke salah satu bagian sisi kepala.

Menyesuaikan pashmina dengan tone kulit dan bahan

Buka Review

Dalam dunia mode muslimah, kerudung merupakan poin yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Alasannya adalah ketika salah dalam pemilihannya, pemakai akan merasa tidak nyaman seharian penuh. Apalagi, jika menggunakan model yang berbahan panas serta tidak menyerap keringat. Maka, pastinya penggunanya tidak akan betah ketika memakainya.

Berbagai bahan dan material kerudung dijamin bisa membuat betah dan nyaman sepanjang hari. Rekomendasi kain tersebut adalah linen, voal, katun, rayon, sifon, dan wolfis. Pemakainya akan merasa nyaman dan adem seharian apabila menggunakan kerudung bahan tersebut. Hal ini dikarenakan bahan tersebut mudah menyerap keringat dan ringan.

Supaya penampilan semakin enak dipandang, Sedulur perlu menyesuaikan warnanya dengan tone kulit wajah. Biasanya, kulit cerah cenderung cocok dengan semua warna. Akan tetapi, warna kulit sawo matang juga tak kalah menarik dengan berbagai pilihan warna yang tepat. Beberapa rekomendasi warna yang cocok untuk jenis kulit tertentu bisa disimak berikut ini.

11. Pashmina plisket milo untuk wajah menjadi lebih segar

SINDO News

Di antara berbagai variasi warna coklat, warna milo cocok untuk dipilih pemilik warna kulit sawo matang. Warna ini cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan mocca dan lebih terang dibandingkan dengan warna coklat susu. Kurang lebih, warnanya seperti susu milo yang dilarutkan ke dalam air. Apabila Sedulur memilih warna ini untuk digunakan sebagai pashmina plisket, maka kesan yang akan ditampilkan akan menjadi lebih segar. 

Jangan lupa untuk selalu memastikan detail kerudung jika akan menggunakan tambahan aksesori anting, ya. Apalagi jika memakai kerudung yang sudah bermotif. Sebaiknya, hindari penggunaan anting. Alasannya, anting akan menjadi lebih mencolok dari motif hijab. Jadi, pakailah warna yang polos jika ingin menggunakan tambahan aksesori.

12. Pashmina plisket warna mocca supaya wajah menjadi lebih bersih dan cerah

BigGo Indonesia

Pashmina plisket warna mocca bisa dipilih untuk Sedulur agar wajah menjadi tampak lebih cerah dan bersih. Mocca merupakan salah satu variasi dari warna coklat. Untuk Sedulur yang memiliki kulit sawo matang, pilihlah warna coklat nude seperti mocca medium. Pilihan pashmina plisket ini akan memberikan kesan cerah dan tetap senada dengan tampilan apapun yang dipakai.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

13. Pashmina plisket warna gelap untuk kesan cerah

Grid

Hitam adalah salah satu warna netral yang akan selalu senada dengan warna lainya, termasuk warna kulit sawo matang. Wajah akan menjadi tampak lebih bersih walau tanpa menggunakan riasan tebal apabila memilih pashmina plisket hitam. Tak sampai disitu saja, warna gelap akan membuat kerudung tidak mudah terlihat kotor.

14. Pashmina plisket bahan sifon yang adem

Popbela

Jika Sedulur ingin tampilan lebih mewah dengan pashmina plisket yang harganya terjangkau, maka solusinya adalah dengan memilih bahan sifon yang adem. Selain adem, bahan sifon juga nyaman dipakai dan super lembut. Plisketnya juga akan menjadi terlihat rapi dan detail. Sedulur bisa memakainya di berbagai acara, seperti acara keluarga, menghadiri kajian, serta ketika kondangan.

15. Pashmina ceruti yang lembut

Lazada

Selain berbahan sifon, ada juga pilihan pashmina plisket ceruti yang tak kalah lembut ketika dipakai. Bahan ceruti dibagi menjadi tiga pilihan, yaitu sebagai berikut:

  • Babydoll

Kain ceruti babydoll belakangan ini menjadi populer sebagai bahan pashmina plisket. Bahan ini memberikan kesan lentur dan lembut, sehingga, model hijab akan menjadi lebih mudah untuk dibentuk dan diatur sesuai gaya yang diinginkan. Tak sampai disitu saja, kain ceruti tidak mudah kusut. Namun, kain jenis ini tidak terlalu mampu menyerap keringat.

  • Premium

Kain ceruti premium relatif cenderung lebih kuat jika dibanding dengan yang lainnya. Selain itu, kain ini sangat lembut dan halus. Kelebihan lainnya adalah tidak mudah rusak dan robek oleh jarum pentul dan peniti yang dikenakan. Walaupun begitu, ada satu kelemahan dari kain ini, yaitu terlihat agak menerawang. Maka dari itu, Sedulur perlu memakai dalaman atau melilitkannya dua kali supaya tidak menerawang.

  • Diamond

Ceruti diamond memiliki karakter pembeda sebagaimana model yang lainnya, yaitu mudah dibentuk, lembut, dan tidak panas sehingga nyaman ketika dipakai. Sedulur juga bisa menghemat waktu karena karakter ini tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab Untuk Tampil Stylish & Trendy

Tips merawat pashmina plisket

Beautynesia

Walaupun pashmina plisket harganya murah, namun bukan berarti Sedulur menjadi sembarangan ketika merawatnya. Apalagi, kain ini terbuat dari satin sutra yang menonjol dan halus di bagian lipatannya. Semakin hari, ada banyak pilihan yang bisa Sedulur gunakan, seperti berasal dari wol, sutra, dan katun.

Karena terbuat dari berbagai kain pilihan, jenis ini banyak digemari oleh para hijabers. Selain terbuat dari bahan premium, jenis ini juga memiliki kelebihan lainnya, seperti tidak mudah kusut sehingga mudah dibawa ketika sedang melakukan aktivitas, mudah untuk dipadupadankan dengan koleksi lainnya, serta memiliki tampilan yang modis sehingga tampak lebih elegan dan menarik. 

Perawatan yang didapatkan oleh jenis ini tentu harus tepat karena memiliki bahan dasar yang unik dan premium. Tujuannya adalah supaya tidak terdapat perubahan pada teksturnya serta menjadi lebih awet. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sedulur gunakan untuk merawat pashmina plisket.

  • Jangan dijemur terlalu lama. Jenis ini tidak perlu dijemur dengan sinar matahari secara langsung supaya lebih awet. Caranya hanya diangin-anginkan saja. Selain supaya lebih awet, hal ini juga untuk menghindari lekukan pada kerudung menjadi berbeda dengan semulanya.
  • Cuci menggunakan tangan. Supaya lebih awet dalam segi warna dan lipatannya, hindari mencucinya menggunakan mesin. Cukup gunakan teknik celup saja seperti hijab pada umumnya. Teknik ini bisa membantu kain menjadi lebih awet. Caranya adalah direndam selama beberapa menit, lalu gosok perlahan menggunakan tangan selama kurang lebih setengah menit. 
  • Jangan disetrika. Menyetrikanya justru akan merusak lipatan pada kain. Jika terpaksa harus menyetrikanya, maka gunakan setrika dengan suhu yang paling rendah.)

Itu dia berbagai inspirasi, tutorial sederhana, serta cara merawat pashmina plisket yang bisa Sedulur terapkan. Banyaknya ragam jenis ini akan membuat Sedulur menjadi lebih percaya diri ketika memakainya. Maka dari itu, sesuaikan pilihan warna dan bahannya sesuai dengan selera agar lebih percaya diri, ya! Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!