model hijab

Bagi Sedulur yang berkerudung, memilih model hijab yang bagus menjadi salah satu unsur yang penting dalam berpenampilan. Sebab, gaya yang berbeda bisa menentukan apakah kamu sedang berpenampilan kasual atau formal. Berbagai inovasi pada jenisnya pun semakin dikembangkan agar penampilan tidak monoton dan terus terlihat modis. 

Beberapa waktu belakangan ini, ada beberapa model hijab yang populer dan tengah menjadi favorit para hijabers. Supaya penampilan Sedulur semakin modis dan bervariasi, berikut adalah beberapa gaya yang bisa dicontoh. Simak di sini, ya.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

1. Model hijab pashmina ceruti

model hijab pashmina ceruti
Tokko

Model hijab pashmina ceruti menjadi idaman banyak wanita di tahun ini. Di samping memiliki model yang sederhana dan mudah dipakai seperti kerudung pada umumnya, pashmina ceruti juga memberikan ragam tampilan yang menarik dan kekinian. Gaya yang satu ini bisa dipakai dengan berbagai cara. Misalnya untuk dijadikan turban hingga ditambahkan anting agar semakin terlihat modern. 

-->

2. Khimar instan

Khimar instan
Ralali

Rekomendasi model jilbab instan terbaru yang satu ini tak kalah populer dengan pashmina ceruti. Dalam Bahasa Arab, khimar berarti kerudung. Akan tetapi, penggunaan katanya di Indonesia merujuk pada kerudung syar’i atau kerudung yang panjang hingga menutup dada serta cara memakainya juga mudah.

Desain khimar instan ini memiliki pilihan yang beragam. Satu dari sekian khimar yang paling terkenal dan populer adalah dengan tambahan pet pada bagian dahinya sehingga bentuknya tampak seperti berongga. Hal ini bertujuan untuk membuat bentuk wajah pemakai menjadi tampak lebih tirus. 

Selain itu, ada pula kerudung khimar instan lainnya yang tidak memiliki tambahan pad. Umumnya, jenis yang satu ini terbuat dari sifon ceruti yang memberikan kesan anggun. Ada pula yang menggunakan tambahan payet agar tampilan semakin istimewa.

3. Hijab bergo

model hijab bergo
Bahan Kain

Salah satu jenis kerudung instan yang penggunaannya cukup mudah dan nyaman adalah model hijab bergo. Yang satu ini cocok digunakan untuk Sedulur yang ingin tampil sederhana, rapi, dan tidak ribet. Jenis yang satu ini menawarkan banyak pilihan dari warna hingga motif yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. 

Beberapa warna yang tersedia diantaranya adalah hitam, kuning, merah muda, cokelat, hijau, ungu, biru, putih, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Sedulur bisa mengoleksi beberapa warna sekaligus supaya bisa digunakan di kemudian hari sesuai dengan warna baju yang sedang digunakan. Tampilan akan menjadi lebih harmonis dan menawan jika penggunaan bajunya sesuai atau selaras dengan warna kerudung. 

Karakter dari kerudung bergo ini cukup unik dan berbeda dengan jenis yang lainnya. Jenis bergo ini mempunyai bantalan khas pada bagian depan kepala. Biasanya, bantalan yang dibuat memiliki bentuk setengah lingkaran. Gunanya adalah agar bisa dipakai dengan lebih mudah dan juga tetap rapi.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab Untuk Tampil Stylish & Trendy

4. Hijab segi empat polos

model hijab segi empat
Carrousel

Rekomendasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para wanita. Model hijab segi empat ini sangat mudah penggunaannya serta bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk dari yang sederhana hingga bentuk yang cukup rumit. Biasanya, bentuk jilbab segi empat polos yang sederhana digunakan untuk kuliah. Sedangkan yang rumit, cocok digunakan untuk jilbab pengantin muslim.

Ukuran standar kerudung segi empat polos ini minimal adalah 115 cm x 115 cm. Jenis ini juga memiliki lebih banyak pilihan jika dibandingkan dengan yang lainnya seperti bahan polycotton. Kain jenis ini gampang untuk dijadikan bermacam-macam kreasi sehingga cukup populer di kalangan wanita untuk melengkapi koleksi kerudungnya. 

Selain itu, segi empat polos memiliki tekstur yang dingin dan mudah menyerap keringat. Bahannya pun tidak mudah jatuh. Sehingga, bisa mengurangi risiko kain kerudung bergeser dan sulit untuk diatur.

5. Hijab syar’i

model hijab syar'i
Pinterest

Model hijab syar’i merupakan jenis kerudung yang mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan lainnya. Sehingga, bisa menutupi aurat dengan sempurna. Ukurannya cenderung lebar dan bisa menutupi sebagian tubuh seperti leher, dada, dan pundak. Bahkan, ada beberapa jenis yang memiliki panjang hingga menjuntai di lutut.

Tak hanya bisa menutupi bentuk lekuk tubuh, bahan dari kerudung ini biasanya lebih tebal dan tidak menerawang. Tidak seperti kebanyakan kerudung yang memiliki bahan yang cukup tipis dan tembus pandang. Jenis yang satu ini cocok untuk dipadukan dengan gamis atau kebaya yang tidak terlalu ketat.

6. Hijab segi empat motif

segi empat motif
Beautynesia

Beberapa tahun terakhir, model hijab segi empat motif atau bercorak mulai menjadi tren lagi. Jilbab kekinian ini bisa Sedulur pilih jika bosan dengan segi empat polos. Penggunaannya juga cocok untuk acara informal dan formal, mulai dari nongkrong di cafe sampai menghadiri rapat. 

Sesuaikan corak jilbab dan warnanya sesuai dengan baju yang dikenakan. Supaya terlihat formal, hindari penggunaan jilbab dengan corak warna yang kontras. Agar tidak terlalu berlebihan, padukan dengan busana yang polos.

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish Ala Selebgram yang Mudah

7. Hijab scarf

hijab scarf
Malang Times

Jenis jilbab yang satu ini sebenarnya adalah bagian dari model hijab segi empat. Perbedaannya adalah jilbab scarf menggunakan jenis kain yang lebih jatuh. Desain yang dimilikinya selalu bermotif penuh atau terdapat di bagian tepi. 

Walaupun begitu, ukuran dari jilbab ini sama seperti scarf pada umumnya, yaitu 150 cm x 150 cm. Jenis kain yang dimilikinya adalah mengkilap dengan bahan baku utama voile, satin, sifon, dan kain sutera.

8. Hijab sporty

sporty
Okezone Muslim

Jika Sedulur adalah seseorang yang doyan berolahraga, maka jangan lupakan kesehatan kulit kepala. Apalagi jika Sedulur adalah wanita berkerudung. Pastinya rambut akan rentan terhadap berbagai macam masalah karena keringat saat beraktivitas. 

Namun jangan khawatir, ada salah satu model hijab yang cocok untuk wanita aktif. Jenisnya adalah kerudung sporty yang cocok bila dipadukan dengan hoodie atau jaket untuk berolahraga. Tak cuma terkesan aktif, gaya yang satu ini juga menampilkan kesan muda dan energik. 

9. Clean hijab

model hijab wisuda
Scarf Media

Istilah clean hijab digunakan untuk menyebut model hijab yang tidak ribet, rapi, dan anti badai. Istilah gaul ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang selebgram wanita bernama Rachel Vennya beberapa tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, gaya ini makin digemari dan populer di kalangan anak muda.

Salah satu yang membuat gaya berkerudung ini menjadi populer dan langsung disukai oleh banyak wanita adalah cara menggunakannya yang mudah dan sederhana. Hasilnya pun sangat menawan dan bisa membuat tampilan menjadi lebih rapi. Gaya berkerudung ini juga cocok dipakai di berbagai acara, mulai dari ke kantor, kuliah, ke acara pesta, atau sekadar berkumpul dengan sahabat atau orang terdekat.

BACA JUGA: Mau Baju Rajutmu Tetap Awet? Simak Caranya Disini!

10. Hijab katun voal

model hijab remaja
Kepoisasi

Model hijab katun voal kembali menjadi populer di masa kini karena kenyamanannya, sama seperti pashmina. Saking nyamannya, dipakai seharian penuh saat sedang banyak kerjaan pun tidak akan membuat kepala Sedulur terasa panas. Selain itu, gaya ini juga cocok dipakai untuk pergi keluar rumah, karena memiliki bahan yang tidak gampang bergeser walaupun Sedulur sering melepas-pasang masker.

Supaya penampilan bisa terus berganti dan tidak bosan, pastikan untuk memiliki beberapa warnanya, ya. Tambahkan juga beberapa aksesori yang senada agar tampilan semakin manis.

11. Hijab pashmina plisket

Hijab pashmina plisket
Wolipop

Pashmina plisket merupakan salah satu model hijab remaja yang mudah digunakan serta terlihat sederhana. Cara untuk memakainya pun cukup mudah, yaitu digunakan seperti biasa dengan mengaitkan kedua sisi bagian bawah dagu menggunakan peniti ataupun jarum pentul. 

Setelah itu, tarik sisi sebelah kiri atau kanan ke bagian belakang. Kemudian, sisi lainnya dilebarkan ke bagian depan dada. Supaya tidak berantakan dan kuat, sematkan jarum pentul pada bagian bahu. Gaya jilbab pashmina plisket ini memiliki kesan yang anggun, sehingga cocok dipakai ke kondangan. 

12. Hijab polycotton

model hijab modern
Detik

Wisuda merupakan salah satu momen penting dalam hidup. Maka dari itu, diperlukan busana dan penampilan yang menunjang untuk merayakan momen spesial tersebut. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pemakaian jenis model hijab yang akan digunakan.

Selain bahan voal, bahan polycotton juga menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba ketika acara wisuda. Bahan ini merupakan perpaduan dari sintetis polyester dan serat alam katun atau cotton

Biasanya, polycotton berbentuk jilbab segi empat cocok dipadukan bersama warna pastel. Sebelum memakainya, jangan lupa untuk menggunakan dalaman jilbab atau ciput ninja supaya keringat bisa terserap saat acara penting tersebut.

BACA JUGA: 12 Ide Tutorial Hijab Pashmina Modis & Kekinian Ala Selebgram

13. Hijab Arab

model Arab
BukaReview

Model berikutnya adalah hijab arab yang memiliki karakteristik dan ciri khas yang terletak pada penataannya. Penataannya sendiri memiliki bentuk yang berlapis yang membuat wajah semakin cantik dan terlihat anggun. Padukan dengan bahan yang nyaman dan sesuai selera seperti chiffon, paris, atau pashmina. Pada dasarnya, hampir semua jenis bahan kain bisa dikreasikan dengan gaya yang satu ini, selama memiliki bentuk yang mudah diatur dan tidak kaku.

14. Hijab persegi panjang

persegi panjang
IDN Times

Selain polycotton, gaya persegi panjang juga menjadi model hijab wisuda yang cocok untuk digunakan. Sesuai dengan namanya, jilbab tipe ini memiliki jenis segi panjang. Ini menjadi populer di kalangan remaja dan dewasa karena bisa dikreasikan sesuai keinginan dan lebih bervariatif. 

Ukurannya pun sangat bervariasi, mulai dari 160 cm x 50 cm sampai yang ukuran 180 cm x 70 cm. Bahannya pun juga beragam, mulai dari yang tipis sampai yang tebal pun ada. Jika memilih yang tipis, maka bisa dipadukan dengan bahan lain yang cukup tebal supaya tidak menerawang ketika digunakan.

Tak hanya memiliki ukuran yang beragam, jilbab yang satu ini juga mempunyai banyak tipe warna, dari yang polos sampai gradasi dan motif. Bahkan, ada pula motif timbul yang sedang populer saat ini.

15. Pashmina crinkle

model jilbab instan terbaru
Beautynesia

Pashmina crinkle merupakan model hijab modern yang memiliki ciri khas berbahan kerut. Sehingga, kesannya adalah kusut dan tidak rapi. Meskipun begitu, pashmina crinkle ini tengah ramai digunakan banyak wanita muslim. Pasalnya, pashmina yang satu ini memiliki bentuk yang simpel dan tersedia berbagai macam warna. 

Selain itu, jenis pashmina ini juga cocok untuk dipakai di berbagai acara dari yang santai hingga formal. Namun, kebanyakan wanita lebih sering memakainya ke acara semi formal dan santai.

Itu dia berbagai pilihan model hijab yang bisa Sedulur jadikan referensi untuk berbagai acara, mulai dari formal sampai non formal. Padukan dengan busana yang modern dan trendy supaya penampilan semakin menawan. Satu lagi, tambahkan beberapa aksesoris seperti kalung atau gelang supaya terkesan edgy juga. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.