Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang sangat penting untuk dimiliki. Moisturizer pun menjadi salah satu produk dalam rangkaian skincare yang memiliki berbagai manfaat. Ia bekerja untuk melembabkan kulit sekaligus menutrisinya.

Pada dasarnya, sistem tubuh manusia secara konstan ‘melepaskan’ partikel-partikel air melalui lapisan kulit. Proses tersebut disebut dengan transepidermal water loss (TEWL). Akibatnya, tidak jarang kulit manusia memiliki kondisi yang kering. Jika sudah begitu, kulit tidak bisa menjadi pelindung yang maksimal dari berbagai partikel luar, seperti debu, cahaya matahari, bakteri, dan lain sebagainya.

Dengan kondisi yang sangat rawan itulah kita membutuhkan moisturizer atau pelembab. Selain memberikan nutrisi untuk kulit, moisturizer akan senantiasa menjaga kandungan air di dalam kulit kita dengan mengontrol TEWL yang sudah disebutkan tadi.

Tetapi, tahukah Sedulur bahwa manfaat moisturizer tidak terbatas pada melembabkan dan menutrisi kulit kita? Apa saja langkah-langkah pertimbangan yang tepat untuk memilih produk moisturizer sehari-hari? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, simak beberapa informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 12 Penyebab Jerawat di Rahang

Pengertian moisturizer adalah

moisturizer adalah
Depositphotos

Secara umum, moisturizer adalah pelembab, yaitu suatu lotion atau krim yang digunakan pada kulit dan fungsinya adalah untuk mencegah serta mengatasi permasalah kulit kering. 

Tidak hanya kulit kering, semua jenis kulit sejatinya membutuhkan penggunaan produk ini. Termasuk juga kulit berminyak, dimana terdapat moisturizer khusus yang dibuat untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih.

BACA JUGA: Bikin Kece Bak Artis Korea! Ini 22 Model Two Block Haircut Pria

Manfaat moisturizer adalah

moisturizer adalah
Depositphotos

Setelah Sedulur mengetahui pengertian dari moisturizer adalah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bersama mengenai manfaat-manfaat produk tersebut bagi kulit. Beberapa manfaat tersebut adalah menjaga kelembaban kulit, memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, mencegah munculnya masalah kesehatan kulit, serta menyamarkan noda pada wajah.

1. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat pertama dari moisturizer adalah untuk menjaga kelembaban kulit. Sesuai dengan namanya, moisturizer yang berarti pelembab, produk ini akan senantiasa mengunci kelembaban dan kandungan air di dalam kulit Sedulur.

Moisturizer umumnya memiliki berbagai formulasi yang berguna untuk menghidrasi lapisan kulit yang terluar, baik itu pada kulit wajah maupun kulit tubuh kita lainnya. Dengan kandungan tersebut, kelembaban kulit akan terus terkunci dan menjaga lapisan dalamnya agar tidak rusak.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit

Selain untuk menghidrasi kulit, manfaat lain dari moisturizer adalah untuk menutrisi. Ya, sudah banyak merek-merek pelembab yang mengintegrasikan berbagai bahan yang bermanfaat untuk kulit kita, seperti vitamin, antioksidan, dan juga SPF. 

SPF yang ada di dalam moisturizer biasanya akan berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah kerusakan akibat sinar UVA dan sinar UVB dari matahari.

BACA JUGA: Tampil Pede & Modis! Ini 35 Model Kebaya untuk Orang Gemuk

3. Mencegah munculnya masalah kesehatan kulit

Depositphotos

Kandungan di dalam moisturizer biasanya kaya akan berbagai formulasi pelembab. Dengan formulasi tersebut, pH kulit akan semakin seimbang dan tidak kering. Beberapa moisturizer juga ada yang dibuat khusus bagi Sedulur dengan kulit berminyak. Jadi, alih-alih kulit memproduksi minyak berlebih, ia akan menekan minyak keluar dari kulit tanpa membuatnya kering.

Problematika kulit lainnya seperti kusam dan keriput juga akan teratasi oleh moisturizer. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk merutinkan penggunaan produk ini.

4. Menyamarkan noda di wajah

Apakah Sedulur tahu bahwa moisturizer dapat menyamarkan noda di wajah? Ya, beberapa merek moisturizer khusus wajah memang biasanya diformulasikan untuk mengatasi serangkaian masalah kulit, termasuk noda-noda hitam yang biasanya sangat susah hilang.

Pelembab akan sangat efektif dan cepat diserap oleh kulit. Jadi, tidak heran bahwa kandungan bermanfaat tersebut dapat mengatasi noda-noda di wajah.

Tips memilih moisturizer adalah

moisturizer adalah
Depositphotos

Bagaimana? Sudah tertarik dan sadar akan penggunaan moisturizer beserta manfaatnya? Sebelum membeli produk tersebut, perhatikan beberapa tips memilih moisturizer di bawah ini dulu, yuk!

1. Cari moisturizer yang memiliki kandungan SPF

Tips pertama untuk memilih produk moisturizer yang tepat bagi kulit adalah dengan mencari tulisan kandungan SPF. SPF merupakan singkatan dari sun protection factor, ia sendiri adalah kandungan tertentu dalam sebuah produk kesehatan kulit yang dapat mencegah radiasi sinar UVA dan sinar UVB matahari. Masalah kulit yang dapat dicegah yaitu kulit terbakar karena sinar matahari. Jika Sedulur tidak menggunakan moisturizer ber-SPF, maka risiko terburuknya adalah terkena kanker kulit. Pun kulit akan selalu terjaga kekencangannya sampai nanti di hari tua jika Sedulur rutin menggunakan produk yang mengandung SPF.

2. Cari moisturizer yang memiliki kandungan antioksidan

Antioksidan bagi kulit juga memiliki peran signifikan. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit bagian dalam.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! 8 Rekomendasi Masker Pengecil Pori Pori Wajah

3. Pilih moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit

Depositphotos

Setelah yakin bahwa terdapat kandungan SPF dan antioksidan di dalam produk moisturizer yang Sedulur pilih, jangan lupa juga mencari tahu produk tersebut diformulasikan untuk kulit jenis apa.

Biasanya moisturizer akan dibagi sesuai dengan tipe-tipe kulit, mulai dari normal, berminyak, kering, dan juga kulit kombinasi. Untuk kulit kering, biasanya moisturizer tersebut akan menghidrasi kulit secara maksimal. Ia tidak akan cocok dipakai oleh Sedulur yang memiliki kulit berminyak karena hanya akan menambah produksi minyak. Jadi, perhatikan dulu jenis pelembab mana yang cocok untuk kulit Sedulur, ya!

4. Jangan pilih moisturizer yang mengandung parfum

Satu hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih moisturizer adalah kandungan parfum di dalamnya. Sebenarnya sah-sah saja jika Sedulur menggunakan produk yang terdapat parfum. 

Akan tetapi, beberapa jenis kulit manusia terkadang lebih sensitif ketimbang yang lain. Parfum dapat menyebabkan iritasi jika digunakan pada kulit, terutama kulit wajah. Ada baiknya bahwa Sedulur menghindari kandungan tersebut, ya!

Nah Sedulur, di atas merupakan ulasan singkat mengenai moisturizer adalah. Pembahasan di atas juga menyebutkan tentang manfaat dari produk perawatan kulit tersebut, seperti menjaga kelembaban serta kebutuhan nutrisi kulit, dan mencegah berbagai masalah kulit muncul.

Sedulur harus berhati-hati pada saat memilih produk moisturizer. Pastikan produk tersebut mengandung SPF, antioksidan, serta komposisi lain yang sesuai dengan keadaan kulit Sedulur. Selain itu, usahakan hindari menggunakan moisturizer yang berparfum, ya! Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan terhadap kesehatan kulit kita. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.