kebaya untuk orang gemuk

Kebaya masih menjadi busana pilihan banyak orang ketika menghadiri acara penting seperti undangan pernikahan dan kegiatan formal lainnya. Kebaya juga kerap dipilih sebagai seragam untuk sanak keluarga dalam pesta pernikahan. Sayangnya, tak sedikit yang merasa kurang percaya diri mengenakan kebaya lantaran modelnya yang ketat dan membentuk tubuh. Tapi masalah ini sudah menemukan solusi karena makin banyaknya model kebaya untuk orang gemuk yang mudah dijumpai.

Berbagai model kebaya untuk orang gemuk yang bisa Sedulur gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut pun sangat beragam dan mengikuti tren fashion zaman sekarang. Sehingga jika memilih model kebaya yang tepat, maka bisa memberikan kesan ramping pada penampilan Sedulur.

Penasaran seperti apa saja model kebaya yang cocok untuk orang gemuk? Yuk, langsung simak aneka model kebaya yang sudah Super rangkum berikut ini!

BACA JUGA: 25+ Model Baju Batik Terbaru 2022 yang Stylish untuk Pesta

-->

1. Kebaya longgar toska

1. kebaya untuk orang gemuk
bergaya

Rekomendasi model kebaya untuk orang gemuk yang pertama yaitu kebaya dengan model longgar dan berwarna terang. Model kebaya satu ini cocok untuk Sedulur yang ingin menciptakan kesan penampilan yang elegan sekaligus terlihat ramping. Sebab, dengan kebaya berukuran longgar, kita dapat menyembunyikan bentuk badan kita. Ditambah dengan sentuhan warna toska yang terang namun tetap kalem akan memberikan kesan ramping saat menggunakannya.

Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas, sentuhan tradisional dan modern membuat kebaya ini sempurna untuk kita gunakna dan tidak akan membuat kita tidak percaya diri saat menggunakannya.

2. Kebaya longgar warna cerah

Popbela

Rekomendasi model kebaya untuk orang gemuk selanjutnya masih dengan kebaya longgar, namun menggunakan warna cenderung lebih cerah sehingga dapat memberikan kesan ceria. Model yang diusung pun masih dengan konsep tradisional modern. Sama seperti model sebelumnya, bentuk tubuh kita akan dapat disembunyikan dengan menggunakan kebaya model ini.

Untuk mempercantik penampilan saat mengenakan kebaya tersebut, Sedulur bisa menambahkan beragam aksesori. Seperti kalung, gelang, dan dompet atau tas berukuran kecil agar penampilan Sedulur semakin prima saat mengenakan kebaya ini.

3. Kebaya aksen ruffle dada

Pinterest

Rekomendasi model kebaya untuk orang gemuk berikutnya cocok untuk Sedulur yang mengenakan hijab.  Model kebaya modern hijab untuk orang gemuk ini memadukan sentuhan aksen ruffle pada bagian dada. Hal ini merupakan trik yang dapat membuat tubuh kita terlihat langsing.

Ditambah dengan penggunaan kobinasi brokat, dapat membuat kebaya ini cocok untuk digunakan saat kondangan maupun wisudaan dan acara formal lainnya. Jangan lupa untuk memadukan kebaya dengan menggunakan aksesori dan lain sebagainya.

4. Kebaya model kelelawar

4. Kebaya model kelelawar
bergaya

Model kebaya brokat untuk orang gemuk agar terlihat langsing satu ini memiliki nama yang agak unik, yaitu model kelelawar. Namun percaya, bahwa model ini dirancang khusus bagi yang memiliki badan agak lebar. Potongan kebaya terlihat seperti sayap kelelawar, dan memang hal tersebut yang membuat kita tidak akan terlihat begitu lebar. Ajaibnya, dengan menggunakan model ini, kita akan terlihat lebih langsing, lho!

5. Kebaya tradisional

5. kebaya untuk orang gemuk
bergaya

Meski saat ini kebaya tradisional sudah mulai ditinggalkan, karena banyak variasi dan kombinasi dari model lainnya. Salah satu faktor yang membuat kebaya tradisional mulai ditinggalkan adalah potongannya yang kaku yang membentuk ukuran tubuh. Namun, justru hal tersebut yang membuat kebaya tradisional menarik.

Kita bisa menyesuaikan kebaya dengan ukuran tubuh kita. Baik ukuran tubuh kita yang langsing atau gemuk sekalipun. Pada dasarnya, pakaian apapun ketika digunakan oleh kita akan terlihat cocok. Hanya saja kuncinya satu, yaitu kita harus terlihat percaya diri.

BACA JUGA: Kenali 5 Macam Pakaian Adat Bali, Ciri, dan Filosofinya

6. Kebaya modern simpel

Pinterest

Coba Sedulur perhatikan ibu yang menggunakan kebaya di atas. Terlihat cocok dan serasi ‘kan? Ditaambah ibu pada gambar di atas juga terlihat begitu percaya diri. Kebaya modern dan simbel di atas sangat cocok digunakan sebagai model kebaya untuk orang gemuk dan elegan. Sedulur bisa mengukuti gaya di atas, dengan menggunakan tas kecil sebagai aksesoris. Jangan lupa gunakan sepatu dengan hak tinggi, agar semakin memberikan kesan ramping

7. Model kebaya hijab celana

Pinterest

Sedulur yang berbadan gemuk, bisa menggunakan model kebaya satu ini. Model kebaya kebanyak sering dipadukan dengan menggunakan rok, seakan tidak boleh dipadukan dengan menggunakan celana. Namun, model satu ini, kebaya modern dengan menggunakan celana memberikan inspirasi bahwa kebaya bisa digunakan tidak hanya dengan rok saja.

Atasan kain kebaya dengan menggunakan celana model kulot juga bisa memberikan kesan formal. Namun, biasanya penggunaan setelan busana satu ini agak jarang untuk acara formal. Namun, untuk acara semi formal penggunaan kain satu ini sangat cocok digunakan. Penggunaan celana bisa mengatasi bentuk tubuh Sedulur yang agak gemuk.

8. Kebaya hijab outer

8. kebaya hijab outer
bergaya

Penggunaan outer dengan kebaya bisa menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang gemuk. Selain itu, kebaya ini juga sedang tren saat ini. Kain busana juga bisa ditambah dengan menggunakan outer. Penggunaan outer dengan kain busana dan baik dalamnya menggunakan kain polos yang senada dengan warna outer yang digunakan. Perpaduan ini bisa memberikan kesan yang menawan, dan kita dijamin bisa menjadi pusat perhatian dengan menggunakan busana ini.

9. Kebaya long dress

Pinterest

Model baju kebaya sebenarnya hampir mirip dengan model kebaya kelelawar. Dengan model longdress akan memberikan aksen bordir yang dapat memperkuat kesan elegan dan tentu saja menyamarkan bentuk tubuh Sedulur. Model ini juga bisa divariasikan dengan memnggunakan brokat dan bordir yang penuh, tetapi jika menggunakan busana tersebut, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan, seperti cincin dan jam tangan.

10. Model hijab klasik

10. model hijab klasik
orami

Meskipun klasik, ini juga merupakan model baju kebaya terbaru yang cocok digunakan oleh Sedulur yang memiliki tubuh agak lebar. Aksen klasik muncul dari penggunaan payet yang dapat memberikan kesan mewah dan berkilauan. Sementara itu, padanan rok batik akan memberikan kesan modern tradisional. Cocok untuk digunakan menghadiri acara resmi seperti wisuda dan pernikahan.

BACA JUGA: 20 Model Baju Gamis Terbaru 2021 yang Modis dan Trendy

11. Kebaya modern hijab model capelet dress

10. kebaya untuk orang gemuk
beautynesia

Bagian pinggul dan dada merupakan bagian yang seringkali memberi bentuk pada bagian tubuh kita. Dengan model capelet dress, hal tersebut bisa diatasi. Dan bentuk tubuh kita yang gemuk pun demikian. Selain itu, biasanya model ini banyak digunakan oleh para hijabers muslimah, yang menjaga lekukan tubuh agar tidak menonjol. Penggunaan payet pada bagian dada dan kerah akan menambah kesan elegan untuk model baju satu ini.

12. Model kebaya lengan balon

12. model kebaya lengan balon
orami

Model ini selain merupakan model kebaya simple dan cantik, juga merupakan model kebaya yang cocok digunakan oleh Sedulur yang bertubuh gemuk. Model lengan balon dan juga bagian pinggul yang longgar bisa menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang lebar. Sedulur juga bisa memberikan kesan sederhana dengan menggunakan dress kebaya ini.

13. Kebaya modern hijab dengan selendang

13. Kebaya untuk orang gemuk
orami

Selendang berfungsi untuk membuat model baju pesta untuk orang gemuk agar terlihat langsing. Kebaya yang dipasang berfungsi sebagai kamuflase, dan membuat Sedulur terlihat langsing. Model ini sering digunakan oleh para istri pejabat, dan memang efektif memberikan kesan yang elegan.

14. Kebaya aksen bordir

Pinterest

Tampaknya, model kebaya dengan aksen bordir sedikit dihindari, terutama bagi yang tidak menyukai motif-motif timbul yang ramai. Namun, satu hal yang sering dilupakan, aksen bordir pada kebaya dapat memberikan kesan yang cantik dan elegan. Terutama, ketika bordir diaplikasi dengan motif yang menonjol. Aksen menonjol tersebut dapat menyamarkan bentuk tubuh kita yang agak gemuk. Coba deh gunakan model kebaya untuk orang gemuk ini, dijamin nyaman.

15. Kebaya lapis tile

15. kebaya untuk orang gemuk
orami

Sedulur bisa lihat pada gambar di atas, lapis tile yang ada pada gambar di atas bisa menyamarkan ukuran tubuh Sedulur yang agak besar. Model kebaya untuk orang gemuk ini sangat cocok untuk digunakan. Terutama bagi Sedulur yang sangat tidak percaya diri dengan bentuk tubuh Sedulur itu sendiri. Kebaya ini bukan hanya diperuntukan bagi yang memiliki tubuh mungil, namun justru untuk yang memiliki bentuk tubuh yang agak gemuk.

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish ala Selebgram yang Mudah

16. Kebaya brokat pola asimetris

16. kebaya brokat asimetris
thegorbalsla

Jenis kebaya ini juga cocok sebagai model kebaya untuk orang gemuk untuk Sedulur gunakan. Pola asimetris dapat menyamarkan bentuk ukuran tubuh Sedulur yang agak lebar. Dengan ukuran seperti potongan gaun, membuat Sedulur tidak perlu khawatir saat menggunakan bentuk kebaya satu ini.

17. Kebaya wisuda jubah ruffle

17. kebaya untuk orang gemuk
bergaya

Sedulur juga bisa menggunakan model kebaya untuk orang gemuk satu ini. Bagi Sedulur yang ingin memadukan kebaya dan gamis, dengan jubah brokat bernuansa ruffle bisa menggunakan contoh model kebaya satu ini. Keberadaan jubah serta paduan gamis akan sempurna menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang agak lebar. Sedulur bisa menggunakan model kebaya ini untuk menghadiri acara formal dan non-formal.

18. Kebaya dekorasi merak

18. kebaya dekorasi merak
bergaya

Model kebaya untuk orang gemuk ini terinspirasi dari kibasan ekor merak. Dapat terlihat dari model jubahnya. Model jubah ini bisa menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang agak lebar. Selain itu, pakaian ini akan dapat membuat Sedulur terlihat anggun, seperti kibasan ekor merak. Motif yang digunakan pun motif merak.

19. Kebaya wisuda letter A

19. kebaya untuk orang gemuk
bergaya

Coba lihat gambar kebaya di atas, Sedulur terbayang bagaimana bentuk huruf A ‘kan? Kebaya model ini menggunakan huruf A sebagai potongan kebaya. Runcing di atas dan melebar ke bawah. Hal tersebut bisa menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang agak lebar, karena semakin ke bawah ukuran kebaya akan semakin lebar.

20. Kebaya ruffle tumpuk

20. Kebaya ruffle tumpuk
bergaya

Model kebaya ruffle tumpuk ini sangat cocok Sedulur gunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh Sedulur. Model kebaya untuk orang gemuk ini dapat membuat tubuh Sedulur tampak ramping. Hal tersebut disebabkan oleh aksen ruffle yang sengaja didesain menumpuk. Cocok untuk tubuh yang gemuk dan Sedulur yang nyaman dengan pakaian longgar.

BACA JUGA: 38 Model Baju Gamis 2022 Terbaru & Kekinian

21. Kebaya tunik batik panjang

IG Clarissaputri

Tunik merupakan model kebaya untuk orang gemuk yang cocok untuk digunakan. Terutama bagi Sedulur yang seorang muslimah dan nyaman dengan busana tertutup. Model satu ini sangat cocok untuk Sedulur gunakan. Sedulur bisa membuat kombinasi batik dengan kain lainnya agar tampak elegan.

22. Kebaya tunik batik jumbo

IG Reinitaarlin

Model kebaya untuk orang gemuk selanjutnya adalah kebaya tunik batik jumbo. Penggunaan kata jumbo sudah cukup mewakili, dan tentu saja cukup menjelaskan bagaimana bentuk tubuh Sedulur yang gemuk akan tersamarkan saat menggunakan motif satu ini. Menarik untuk dicoba, terutama menghadiri acara-acara semi formal.

23. Kebaya tunik batik blouse

Wedding Market

Selanjutnya adalah model kebaya untuk orang gemuk dengan perpaduan tunik, blouse dan penggunaan kain batik. Model satu ini biasanya digunakan oleh ibu hamil, karena menyamarkan bentuk tubuh yang sedang hamil. Oleh karena itu, model ini juga sudah otomatis cocok digunakan bagi Sedulur yang memiliki bentuk tubuh yang lebar.

24. Kebaya tunik batik bawahan rok

model kebaya untuk orang gemuk
Hipwee

Bawahan rok pada model kebaya untuk orang gemuk ini berfungsi untuk menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang gemuk. odel satu ini bisa Sedulur jadikan referensi untuk gaya berpakaian, yaitu tunik batik dengan menggunakan bawahan rok. Dengan perpaduan tersebut, Sedulur bisa memberikan tampilan yang menarik dan mengatasi bentuk tubuh Sedulur yang gemuk.

25. Blazer outer

Pinterest

Rekomendasi model kebaya selanjutnya yaitu blazer atau outer (luaran). Model kebaya berupa outer ini dapat membantu untuk menyamarkan bentuk tubuh Sedulur. Dengan desain yang berbentuk seperti kebaya, membuat outer ini terlihat seperti kebaya. Sedulur juga bisa memadukan busana ini dengan kain batik untuk membuat blazer kebaya, agar dapat memberikan kesan formal seakan Sedulur menggunakan kebaya.

BACA JUGA: 22 Model Kebaya Muslim 2022 yang Simple untuk Kondangan

26. Kebaya batik modern

Beautynesia

Kebaya batik modern bisa dijadikan referensi sebagai model kebaya untuk orang gemuk. Dengan menambahkan nuansa kekikian, dapat membuat Sedulur semakin tampil berbeda. Sentuhan tradisional dan modern dan berpadu menjadi satu dalam pakaian yang Sedulur gunakan ini. Dijamin akan menambah Sedulur percaya diri, dan menghilangkan minder atas bentuk tubuh Sedulur.

27. Dress batik

Brilio

Sedulur juga bisa menggunakan dress batuk sebagai model kebaya untuk orang gemuk. Sebagaimana yang Sedulur ketahui, dress merupakan busana yang sangat longar dan efektif untuk menyamarkan bentuk tubuh. Model kebaya batik dress ini dapat memberikan nuansa yang sakral dengan sentuhan nilai budaya yang kuat tanpa mengabaikan moderintas yang berlaku.

28. Kebaya blose potongan loose

model kebaya untuk orang gemuk
Pinterest

Model kebaya untuk orang gemuk ini menggunakan potongan loose, yang membuat ukuran tubuh Sedulur akan tersamarkan. Model pakaian ini dapat membuat Sedulur memiliki tampil yang gaya dan menawan, seperti Putri yang berasal dari Kerajaan di masa lalu. Sekaligus dapat memberikan efek tampak langsing.

29. Two Tone Long Cape

Pexels

Model kebaya untuk orang gemuk selanjutnya adalah two tone long cape. Long cape dalam model ini bisa untuk menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang agak lebar. Bukan hanya itu, ditambah dengan slit yang ada di sisi lengan, dapat memberikan Sedulur kesan anggun dan sopan tanpa menghilangkan unsur modernitas dalam berpakaian.

30. Kebaya gamis

IDN Times

Rekomendasi selanjutnya adalah kebaya gamis. Model kebaya untuk orang gemuk ini tentu saja longgar, karena memiliki model gamis yang sering digunakan oleh muslimah saat mendatangi pengajian atau berkumpul arisan bersama.

BACA JUGA: 10 Model Batik Modern Terbaru untuk Pria dan Wanita

31. Kebaya batik tulis lurik

Popbela

Model kebaya untuk orang gemuk satu ini sangat cocok digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh. Karena, motif lurik yang terdapat pada kebaya ini dapat menghilangkan kesan tubuh yang melebar dan membuat tidak percaya diri.

32. Kebaya tunik brokat kombinasi batik

model kebaya untuk orang gemuk
Wedding Market

Terdapat juga model kebaya untuk orang gemuk dengan kombinasi brokat, tunik, dan kain batik. Sebagian besar perempuan dan wanita kantoran banyak yang menggunakan model ini. Terutama untuk acara formal di kantor, karena model ini tetap memberikan kesan modern dan nuansa tradisioanl yang menawan. Kesan gemuk otomatis akan hilang.

33. Kebaya tunik batik sogan

Pinterest

Selain batik panjang gamis, rekomendasi model batik selanjutnya adalah batik tunik sogan. Model satu ini cocok digunakan untuk Ibu Super yang memiliki gaya muslimah. Sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan, terutama kegiatan pengajian atau kegiatan keagamaan lainnya.

34. Gaun kebaya batik lengan panjang

model kebaya untuk orang gemuk
Puru Kambera

Model ini sangat cocok digunakan sebagai model kebaya untuk bekerja. Terutama bagi Sedulur yang berprofesi sebagai guru, menggunakan model baju batik ini akan memberikan Sedulur wibawa sebagai guru. Bagi Sedulur yang memiliki tubuh gemuk, gaun kebaya ini akan menyabarkan hal tersebut.

35. Kebaya tunik kombinasi polos

Grid ID

Rekomendasi terakhir model kebaya untuk orang gemuk adalah kebaya tunik kombinasi polos. Model ini bisa menyamarkan bentuk tubuh Sedulur yang gemuk, dan tentu saja dapat menambah rasa percaya diri. Cocok untuk digunakan menghadiri acara formal dan kasual.

Demikian tadi 35 rekomendasi model kebaya untuk orang gemuk yang bisa menjadi inspirasi busana untuk Sedulur. Berbagai model kebaya tersebut bisa Sedulur pilih sesuai dengan selera dan tema acara yang akan Sedulur hadiri. Di samping itu, Sedulur juga bisa menambahkan aksesori untuk mempercantik penampilan saat mengenakan kebaya. Jangan lupa juga untuk menata rambut ataupun hijab yang dikenakan sehingga penampilan menjadi semakin elegan, ya!