penyebab jerawat pipi

Pernahkah Sedulur mengalami jerawat di pipi kanan? Jerawat, baik itu di pipi kanan, kiri, atau wilayah lainnya pada kulit wajah kita memang sangat mengganggu. Selain terkadang menyakitkan, jerawat dapat mempengaruhi citra diri dan menyebabkan penderitanya merasa kurang menarik.

Munculnya jerawat di wajah kita memang merupakan fenomena yang wajar. Akan tetapi, jika jerawat tersebut terus-menerus muncul dan sulit dihilangkan, mungkin ada sesuatu yang salah di dalam tubuh kita.

Pada artikel ini Sedulur akan diajak untuk mencari tahu penyebab jerawat di pipi kanan wajah dan juga bagaimana cara mengatasinya. Yuk, langsung simak informasi singkat di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian Moisturizer Beserta Manfaat dan Tips Memilihnya

Penyebab jerawat di pipi kanan

jerawat di pipi kanan
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf di atas, munculnya jerawat pada kulit wajah sebenarnya merupakan fenomena yang wajar. Jerawat itu sendiri dapat muncul karena debu, kotoran, pola makan yang tidak teratur, dan faktor-faktor lainnya.

Pipi pada bagian wajah adalah salah satu tempat favorit tumbuhnya jerawat. Jika sudah tumbuh, biasanya ia akan sangat mudah terlihat dan dikenali. Rasa percaya diri pun dapat memudar karena jerawat tersebut. Lantas, apa yang menjadi penyebab jerawat di pipi kanan muncul?

BACA JUGA: Penyebab Breakout Pada Wajah dan Cara Mengatasi

1. Terlalu sering menggunakan smartphone

jerawat di pipi kanan
Depositphotos

Penyebab yang pertama adalah terlalu sering menggunakan smartphone. Smartphone adalah salah satu perangkat yang tidak bisa lepas dari keseharian kita. Ia dapat membantu komunikasi dengan sesama menggunakan fitur telepon. Nah, dari sinilah ternyata biang munculnya jerawat tersebut.

Ketika kita bertelepon dengan seseorang, pipi biasanya akan menempel pada layar smartphone. Padahal layar tersebut kemungkinan besar didiami oleh kuman dan bakteri dari jari-jari tangan kita. Bakteri tersebut akan berpindah dari layar smartphone ke pipi dan akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Jerawat di pipi kanan karena sarung bantal yang kotor

jerawat di pipi kanan
Depositphotos

Hampir mirip dengan penggunaan smartphone di atas tadi, ketika tidur pasti pipi kita tidak sengaja menempel ke bantal. Padahal, sarung bantal yang kita jadikan alas kepala tersebut tidak 100% bersih. 

Tungau, kutu, debu, dan kotoran lainnya bisa jadi bersarang di sarung bantal itu. Kalau sudah begitu, siap-siap saja jerawat di pipi kanan akan tumbuh.

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Wolf Cut, Rambut Gen Z yang Keren & Trendy

3. Hormon di dalam tubuh yang kurang seimbang

jerawat di pipi kanan
Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa jerawat sejatinya dapat dipengaruhi oleh hormon tubuh? Ya, jerawat di pipi kanan juga dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon pada tubuh, terutama pada hormon androgen.

Hormon androgen yang berlebihan dapat merangsang kelenjar minyak dan menyumbat pori-pori, sehingga kelenjar minyak akan memproduksi sebum yang berlebihan.

4. Jerawat di pipi kanan karena terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan

jerawat di pipi kanan
Depositphotos

Tangan kita memiliki manfaat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Entah itu untuk bekerja, membersihkan rumah, berjabat tangan dengan orang lain, dan lain sebagainya. Jika tidak rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, maka kuman, bakteri, bahkan virus dapat menghinggapi tangan.

Mereka akan berpindah dari tangan ke kulit wajah apabila Sedulur terlalu sering menyentuh muka. Memang, menyentuh wajah dapat terjadi tanpa kita sadari, untuk mengusap keringat, menutup mulut, atau karena gatal. Akan tetapi, aktivitas menyentuh wajah secara sembarangan ini ternyata menjadi faktor kenapa jerawat di pipi kanan tumbuh. 

Cara mengatasi jerawat di pipi kanan

Depositphotos

Jangan panik terlebih dahulu ketika jerawat tiba-tiba muncul di pipi kanan, ya! Terdapat beberapa cara sederhana untuk menekan pertumbuhan jerawat di wajah tersebut. Apa saja cara-cara mengatasi jerawat yang dapat dilakukan?

BACA JUGA: 16 Gaya Model Rambut French Crop yang Kekinian & Trendi

1. Menjaga asupan makanan

Depositphotos

Langkah yang pertama adalah menjaga asupan makanan. Ya, layaknya anggota tubuh kita yang lain, wajah juga membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat mempertahankan kesehatannya dari faktor luar. 

Jika Sedulur mengalami jerawat yang tidak berkesudahan, coba perhatikan kembali makanan yang rutin dikonsumsi. Kurangi makanan yang mengandung susu, daging merah, dan memperbanyak konsumsi sayuran hijau.

2. Rutin mencuci muka

Depositphotos

Rutin mencuci muka juga dapat menekan perkembangan jerawat di wajah. Setiap hari, wajah kita pasti terpapar bakteri, kuman, debu, kotoran, asap, dan lain sebagainya. Jika dibiarkan saja, jerawat pun akan muncul. Cucilah muka setidaknya 2 atau 3 kali dalam sehari. Gunakan sabun muka anti jerawat yang cocok bagi tipe kulit Sedulur, ya!

3. Rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Depositphotos

Cara ketiga untuk mengatasi jerawat di pipi kanan adalah rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Ya, langkah ketiga ini mungkin terdengar sangat klise di telinga Sedulur. Akan tetapi, justru inilah yang harus menjadi perhatian penderita jerawat di wajah.

Kebersihan adalah salah satu faktor penting untuk menekan pertumbuhan jerawat. Baik itu kebersihan diri maupun lingkungan, keduanya ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit kita. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa faktor dari munculnya jerawat di wajah adalah karena kita terlalu sering menggunakan smartphone untuk menelpon dan jarang mengganti sarung bantal. Jika Sedulur mengamati, kedua faktor tersebut sangat berkaitan erat dengan kebersihan. Maka dari itu, usahakan untuk rutin mengelap layar smartphone dengan tisu antiseptik untuk mencegah bakteri tumbuh banyak. Pun rutin mengganti sarung bantal, handuk, dan barang-barang lain yang sekiranya menyentuh kulit wajah kulit juga sangat dianjurkan.

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 12 Penyebab Jerawat di Rahang

4. Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan sembarangan

Depositphotos

Salah satu kesalahan umum yang sering penderita jerawat lakukan adalah terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan secara sembarangan. Sebaiknya Sedulur menghindari perilaku ini, ya! Kita tidak ada yang tahu berapa kuman dan bakteri yang bersarang di tangan kita pada saat beraktivitas sehari-hari.

Kuman dan bakteri tersebut dapat ditransfer dari tangan ke kulit wajah karena sentuhan tersebut. Maka dari itu, hindari menyentuh wajah terlalu sering. Ataupun ketika dalam keadaan mendesak, Sedulur dapat mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer sebelum memegang kulit wajah.

5. Menggunakan krim khusus untuk jerawat

Depositphotos

Berkat perkembangan teknologi di dalam dunia medis, terutama kesehatan kulit, saat ini sudah banyak obat-obatan yang diformulasikan untuk jerawat di pipi kanan. Mayoritas dari obat tersebut berbentuk krim yang harus dioleskan ke titik jerawat secara langsung.

Beberapa merek krim khusus jerawat yang dapat Sedulur temukan di pusat perbelanjaan atau apotik terdekat adalah Emina Ms. Pimple Spot Gel, Erha Acne Spot Gel, Acnes Sealing Gel, Verile Acne Gel, dan Acnol Lotion for Acne.

Nah Sedulur, demikian ulasan singkat mengenai penyebab jerawat di pipi kanan dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.