French Crop

French crop adalah potongan rambut cepak atau pendek untuk pria yang termasuk low maintenance alias tak perlu perawatan yang ribet. Cocok untuk Sedulur yang ingin tampil modis tanpa harus styling tiap hari.

Potong rambut french crop ini diwujudkan dengan memotong pendek bahkan memangkas tipis rambut di sisi samping dan bawah kepala. Kemudian bagian atas dirapikan, ditambah poni pada bagian depan yang agak panjang.  Ia sering banget disamakan dengan potongan Caesar, tetapi beda dari segi panjang poni. Ada banyak tipe French crop haircut yang bisa dipilih, lho.

Selain itu, potongan ini juga sedang digandrungi banyak pria karena dianggap bisa menonjolkan rasa maskulin dan aura elegan seorang pria. Anggapan ini tidak lepas dari boomingnya film berjudul Itaewon Class yang dimainkan oleh Park Seo Joon beberapa waktu lalu. Park yang bermain sebagai tokoh utama berhasil mencuri perhatian karena ketampanannya yang begitu terpancar dengan potongan rambut french crop yang sangat pendek. Alhasil, banyak pria di Korea Selatan bahkan di Indonesia juga mengikuti gaya rambut Park Seo Joon tersebut.

Bila Sedulur penasaran dengan gaya potongan rambut satu ini? Berikut belasan variasinya. Langsung ke tukang cukur selesai membaca artikel ini ya! 

BACA JUGA: 10 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Sehat & Mudah Diatur

Fakta dan sejarah French crop

French crop
Ape to Gentleman

Sebelum membahas variasi potongannya, mari mengenal beberapa fakta tentang French crop berikut ini.

1. Potongan rambut sederhana bebas produk kimia 

Mengutip situs penerbit Phaidon, French crop tercipta karena beberapa orang yang menginginkan potongan rambut modis oleh tukang cukur profesional, tetapi bebas dari produk-produk tertentu seperti pomade, hairspray, dan lain sebagainya. Terciptalah potongan rambut yang artistik, tetapi mudah dirawat dan bebas penggunaan produk yang tidak perlu. 

2. Populer di tahun 90an

French crop pernah tren di tahun 1990an, tetapi agak berbeda dengan versi kontemporer tahun 2010-2020an yang lebih fleksibel dan dimodifikasi jadi beragam macam. Potongan ala 90an biasanya tidak disertai dengan proses penipisan rambut di bagian samping dan belakang kepala secara drastis seperti sekarang. Panjang rambut terlihat lebih rata, tetapi tetap dengan ciri khas poni lurus di bagian dahi. 

3. Gaya yang timeless dan fleksibel

Potongan ini cocok untuk semua jenis wajah dan termasuk timeless. Ideal buat Sedulur yang malas gonta-ganti gaya rambut dalam waktu cepat karena mengikuti perkembangan zaman. Mau dipadu dengan jambang pun bisa. Benar-benar potongan yang versatile alias fleksibel dan mudah dimodifikasi. 

4. Diadopsi banyak public figure 

Sudah banyak public figure yang mengadopsi gaya ini, terutama para aktor dan penyanyi yang pernah mewarnai hari-harimu di tahun 1990an dan awal 2000an. Di era kontemporer para aktor di serial laris Peaky Blinders jadi beberapa yang mempelopori kembalinya gaya rambut tersebut.  Namun, dipercaya orang terkenal yang pertama kali mempopulerkannya adalah Raja Henry V dari Inggris. Potongan ini kemudian diadopsi oleh aktor Timothee Chalamet saat memerankan sang raja di film The King rilisan Netflix tahun 2020 lalu.

French Crop bukan Caesar Cut atau Crew Cut

Gaya rambut 2022
Allthingshair

Banyak orang yang sering salah kaprah tentang potongan french, dimana potongan ini sering disamakan dengan gaya rambut crew cut atau pun caesar cut. Bila dilihat secara sepintas, french crop adalah model rambut cepak pada segala sisi, tapi bagian poninya cenderung panjang atau tetap terlihat tebal, bahkan kerap menutupi dahi.

Sementara itu caesar cut tergolong crop cut yang memiliki poni pendek, sedangkan poni pada french crop biasanya tumbuh panjang sampai berukuran tanggung hingga menutupi dahi. Karena sama-sama pendek di bagian samping, banyak yang masih belum bisa membedakan berbagai style, seperti crew cut, undercut, hingga two blocks.

Crew cut juga memiliki potongan pendek dengan poni yang panjang yang bergradasi hingga menyerupai mini pompadour. Lalu, undercut adalah potongan yang memangkas rambut dengan sangat pendek pada bagian bawah dan samping, sedangkan bagian atasnya dibiarkan panjang. Tidak jarang semakin panjangnya sisi rambut ini bisa menyerupai gaya mohawk.

Lalu ada juga gaya two blocks yang cukup mirip dengan rambut di atas. Two block sendiri adalah model rambut khas pria Korea dengan cutting mirip undercut. Hanya saja, two blocks haircut punya gradasi yang lebih dramatis dan menebal pada bagian atas.

Jenis wajah yang cocok

French crop
InStyle

Dalam memilih gaya rambut, biasanya orang-orang akan menyesuaikan dengan bentuk wajah. Hal ini cukup relevan karena gaya rambut bisa membuat seseorang terlihat lebih tirus ataupun gemuk. Untuk itu, memilih gaya rambut kadang harus dengan banyak pertimbangan.

Namun hal ini tidak terjadi pada gaya rambut french crop. Dimana trend potongan ini bisa menyesuaikan semua macam jenis wajah. Berikut ini beberapa tips supaya gaya french crop bisa cocok dengan wajah Sedulur.

  • Untuk wajah yag memiliki bentuk bulat, maka bisa menambahkan tekstur atau volime di bagian samping potongan french crop sehingga wajah terlihat lebih ramping.
  • Untuk wajah yang memiliki bentuk oval atau panjang, maka buatlah potongan yang lebih flat seperti keberadaan poni depan yang bentuk rata atau blunt bangs. Ini akan menciptakan ilusi wajah menjadi lebih sempit.
  • French crop bisa diterapkan pada banyak jenis rambut baik itu ikal, lurus, maupun kasar.

Sedulur tentu penasaran seperti apa gaya potongan french crop yang bisa diterapkan pada rambut. Supaya tidak bingung, langsung saja ini inspirasi potongan french crop yang bisa dicoba di rumah.

1. Klasik

french crop
Redken

Tipe pertama tentu yang klasik. Gaya ini memuncaki popularitasnya di tahun 1990an. Bedanya dengan potongan rambut French crop kontemporer adalah pada poni yang dipotong rapi dan lebih pendek untuk menutupi bagian atas dahi serta menyamarkan garis rambut yang menipis atau tampak kurang bagus bentuknya. Potongan ini umumnya cocok buat orang-orang yang mulai mengalami tanda-tanda kebotakan atau rambut depannya mulai menipis. Ia juga pas untuk orang yang ingin rambutnya tampak lebih tebal dan ingin menutupi dahi yang terlalu lebar. 

BACA JUGA: 12 Pilihan Cat Rambut yang Bagus Tidak Merusak & Tahan Lama

2. French crop pendek

Instagram @thebasicbarbersg

Potongan yang ini akan menciptakan kesan rapi pada penampilanmu, tetapi tak kelewat membosankan dan formal. Masih ada nuansa stylish yang tersisa, kok. Poni dan rambutmu akan dipotong pendek sehingga sangat mudah disisir dan dirapikan tanpa teknik khusus. Pas untuk orang yang ingin kenyamanan dan kesederhanaan hakiki. 

3. French crop mullet

french crop
Instagram @alex_colorworks

Mullet adalah jenis rambut shaggy yang pernah tren di tahun 1970an. Namun, beberapa waktu belakangan kembali ke permukaan terutama untuk gaya rambut perempuan. Meski begitu, laki-laki bisa kok membangkitkan gaya rambut lawas ini. Caranya, padukan dengan french crop. Rambut gondrongmu bisa dipotong shaggy pendek, kemudian bagian atasnya ditata mengarah ke dahi  dan sebagian jadi poni yang menutup sebagian kening. Jangan lupa untuk menipiskan sebagian rambut di atas telinga. 

4. Long French crop 

Instagram @voux.pelo

French crop ini pas untuk yang berwajah tembem dan gemuk. Mirip dengan yang klasik, tetapi poni dan rambut bagian atas dibiarkan agak panjang sehingga menciptakan kesan rambut yang lebat. Dengan poni yang panjang, wajah yang bulat akan tersamarkan dengan baik. Silakan jadikan alternatif potongan rambut berikutnya. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik yang Bagus & Awet

5. Textured 

french crop
Instagram @sodahairstudio

Textured French crop terwujud dengan cara memotong rambut sengaja tak rata panjangnya. Dengan begitu, akan tercipta tekstur yang menawan. Potongan ini pas untuk si rambut lebat dan ikal yang biasanya rambutnya sudah memiliki tekstur alami. Namun, pemilik rambut lurus pun bisa mencobanya, kok. 

6. French crop undercut

french crop
Instagram @chopchop.haircut

Dengan gaya undercut, rambut bagian sisi samping kepala akan dipangkas lebih tipis dibanding bagian atas. Lalu, seperti biasa bagian atas akan disisir ke arah dahi ditambah poni. Tidak harus lurus, poni bisa dibuat tidak lurus agak berantakan atau dibikin bergelombang dan bertekstur. Tergantung preferensi Sedulur saja pokoknya. 

7. French crop keriting 

french crop
Instagram @tom.grennan

Pemilik rambut keriting pun bisa mencoba gaya rambut ini. Bahkan rambut keritingmu akan terlihat lebih mencolok dan artsy. Rambut keriting seringkali memberikan kesan acak-acakan, tetapi dengan French crop kesan itu akan lenyap seketika. Modis dan rapi langsung menggantikannya. Silakan dicoba sendiri, Sedulur.

8. Skin fade 

Instagram @attabasuki

Skin fade merupakan potongan rambut yang memberikan kesan sembur pada rambut. Caranya dengan menciptakan gradasi antara rambut dengan kulit kepala. Ini bisa dipadu dengan potongan rambut French crop. Mau rambutmu lurus, ikal, atau keriting, potongan ini bisa diaplikasikan. 

BACA JUGA: 12 Penyebab Rambut Rontok Ini Perlu Kamu Waspadai

9. Disconnected undercut 

Instagram @dhafystylisrambut

Biasanya potongan rambut skin fade dan undercut dipadu pula dengan gaya cukur disconnected. Disconnected sendiri diciptakan dari garis belah yang dibuat manual oleh barber. Rambut akan terlihat lebih preppy dan artsy dalam satu waktu. Kamu bisa membuat garis tersebut di bagian sisi kepala. 

10. Fangs fringe 

haircutinspiration.com

Untuk yang ingin tampil nyeleneh, fangs fringe bisa dicoba. Ini adalah istilah untuk menggambarkan poni lurus yang diberi tambahan poni lebih panjang di kedua ujungnya, mirip taring atau fangs. Silakan beri warna agar tampilan nyentrik Sedulur makin maksimal. Berani coba, gak? 

11. Spikes 

french crop
Instagram @arseny_chutker

Untuk gaya yang satu ini, rambut bagian atas akan ditata ke atas seperti jabrik. Lebih cocok untuk pemilik rambut lurus. Untuk mempertahankan spikes, agar tetap tampak dan tidak turun setelah beberapa jam, Sedulur bisa menggunakan bantuan pomade. Namun, tanpanya pun sebenarnya rambut bisa tetap terlihat berdiri bila panjangnya pas.

BACA JUGA: 25 Model Rambut Pria Keren yang Trendi yang Disukai Wanita

12. Asimetris dan messy 

french crop
Instagram @self_critical_barber

Selain potongan klasik yang rapi, Sedulur bisa menciptakan potongan rambut French crop yang asimetris dan messy. Kesannya lebih santai atau casual, ia juga tidak perlu dirawat khusus. Hanya sisir saja sesekali. Bisa pula dirapikan sedikit dengan tangan. Gaya ini bisa dipakai untuk rambut yang tebalnya sedang, lebat, atau tipis. Silakan konsultasikan dengan barber langganan Sedulur, deh. 

13. Afro crop top 

french crop
Instagram @reecejames

Saking fleksibelnya, potongan ini juga bisa diaplikasikan pada pemilik rambut afro atau kribo. Caranya dengan memangkas tipis rambut bagian samping dan belakang, kemudian menyisakan sedikit di bagian atas dan depan. Bentuk sesuai hairline yang diinginkan dan rambut kribo Sedulur bisa tampak rapi serta modis. 

14. Chestnut Crop

Chestnut Crop
Wikitree

Kalau gaya potongan rambut french crop satu ini sangat populer usai dipakai oleh Park Seo Joon dalam film Itaewon Class. Dia berhasil menunjukkan bahwa potongan gaya simpel bisa menunjukkan aura elegan dan maskulin.

Meskipun terlihat seperti potongan pendek biasa, potongan ini masuk dalam kategori french crop lho. Beberapa orang menamai potongan ini sebagai chetnut french crop karena potongannya yang mirip dengan kacang chetnut.

Sayangnya, potongan french crop yang super pendek ini hanya cocok pada beberapa orang yang memiliki karakter wajah tegas. Sementara yang memiliki wajah berbentuk bulat akan bisa terlihat chubby. Namun, bila Sedulur percaya diri, maka tentu itu tidak menjadi masalah.

15. Long poni French Crop

French crop
Dmarge

Potongan ini sebenarnya sangat fleksibel dan memungkinkan Sedulur berkreasi sedemikian rupa. Salah satunya seperti gambar di atas, bila Sedulur tidak nyaman dengan potongan poni yang terlalu pendek atau tanggung maka bisa membuat poni yang lebih panjang.

16. Comb over

French crop
Pinterest

Terakhir ada gaya french crop comb over. Comb over adalah salah satu cara styling poni depan yang disisir kasual ke samping atas. Kalau poni Sedulur cenderung medium atau panjang, cobalah untuk menata dengan hasil yang sleek ini. Pas untuk acara formal karena bisa menciptakan aura maskulin yang rapi dan elegan.

Tips menata

Cara mengatur rambut
Next Luxury

Berbeda dengan gaya rambut lain, potongan french crop merupakan gaya rambut yang cukup mudah diatur dan ditata. Bagi Sedulur yang tidak suka rambut bergaya ribet, maka ini jadi salah satu potongan yang sangat direkomendasikan.

Namun ada beberapa tips yang bisa Sedulur catat agar rambut gaya french crop-mu bisa tetap on point dan flawless. Simak berikut ini.

  • Pastikan rambutmu selalu dalam keadaan bersih dan tidak lepek. Gaya rambut french crop memang pendek, tapi dia harus selalu diatur dalam keadaan yang bersih dan rambut tidak lepek. Hal ini lantaran rambut yang lepek bisa membuat volume rambut menjadi berkurang sehingga french crop menjadi tidak maksimal.
  • Atur saat kondisi kering. Sebenarnya gaya rambut ini bisa diatur dalam keadaan basah maupun kering, tapi bila Sedulur memiliki poni maka sebaiknya atur dalam keadaan kering. Hal ini supaya rambut tidak terlihat tipis dan poni bisa lebih rapi saat ditata.
  • Sisir ke depan. Tujuan volume besar pada bagian tengah french crop bukan tanpa tujuan, dimana Sedulur akan memiliki wajah yang on point dan mengurangi fokus pada bagian samping kepala. Untuk itu, selalu sisir rambutmu ke depan agar bagian rambut yang masih ikal bisa menjadi poin utama pada dirimu.

Sudah tahu serba-serbi French crop hairstyle, Sedulur pun bisa langsung mengadopsinya jika memang tertarik mengubah penampilan. Mumpung ada momen tahun baru, nih. Siapa tahu kamu memegang teguh keyakinan tahun baru penampilan baru, potongan yang ini bisa dicoba. Konsultasi ke barber kesayanganmu dan dapatkan tampilan keren untuk membuka lembaran barumu tahun depan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!