cara memakai foundation wardah

Dalam proses makeup, brush menjadi kunci penting untuk mendapat tampilan makeup yang flawless. Akan tetapi, mungkin ada dari Sedulur yang masih bingung akan jenis brush makeup itu sendiri. Apalagi secara sekilas setiap brush makeup memiliki bentuk yang hampir sama.

Nah, perlu untuk diketahui, jika jenis brush makeup yang digunakan dari tahap awal hingga akhir itu berbeda-beda. Terlebih bagi yang ingin memperoleh hasil makeup yang lebih detail dan kompleks, tentu harus paham akan bentuk dan fungsi dari masing-masing brush makeup.

Oleh sebab itu, simak penjelasan mengenai beberapa jenis brush makeup yang ada di bawah ini. Dengan begitu, Sedulur bisa menggunakan brush sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: 6 Fungsi Setting Spray untuk Hasil Makeup Flawless

1. Foundation Brush

foundation untuk kulit sawo matang
Unsplash/Rendy Novantino

Jenis brush makeup yang pertama adalah foundation brush. Sesuai dengan namanya, foundation brush merupakan kuas makeup yang dirancang secara khusus untuk mengaplikasikan foundation atau alas bedak cair ke wajah dengan presisi dan merata.

Dengan brush ini, Sedulur akan lebih mudah dalam mengaplikasikan foundation di seluruh wajah. Foundation brush juga bisa membantu mengontrol jumlah produk yang diaplikasikan dan memastikan tampilan yang ter-blend dengan baik dan natural.

2. Concealer Brush

Kemudian ada concealer brush, yang merupakan brush atau kuas makeup yang berfungsi untuk mengaplikasikan concealer alias produk penutup noda pada kulit. Kuas ini membantu Sedulur untuk menyamarkan noda dan memperbaiki tampilan kulit.

Concealer brush juga membantu dalam memberikan presisi pada saat mengaplikasikan concealer di area tertentu seperti bawah mata, noda hitam, atau imperfeksi kulit lainnya. Selain itu, brush ini juga dapat digunakan untuk membingkai bibir setelah penggunaan lipstik.

3. Angled Contour Brush

Angled contour brush adalah kuas makeup yang memiliki bentuk sudut khusus. Sudut tersebut memang sengaja dirancang untuk mengaplikasikan dan membaurkan produk kontur di wajah. Membantu mendefinisikan dan membaurkan produk kontur di area seperti rahang, pipi, dan garis rambut.

Penggunaan dari brush ini juga memberikan presisi dalam mengaplikasikan produk kontur pada area tertentu untuk menciptakan dimensi pada wajah. Bentuk sudutnya juga memungkinkan penggunaan produk makeup yang lebih mudah di area-area tertentu wajah.

4. Powder Brush

Jenis brush makeup yang berikutnya adalah powder brush. Powder brush ini adalah kuas makeup yang digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur atau bedak padat ke seluruh wajah. Brush ini akan membantu Sedulur untuk mengaplikasikan bedak secara merata ke seluruh wajah.

Tidak hanya itu, powder brush juga dapat digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada makeup, untuk mengurangi kilap dan menjaga tampilan matte. Pada intinya, kuas ini membantu mengatur penggunaan bedak dengan lebih mudah dan presisi.

5. Sponge Applicator

Sponge applicator atau aplikator spons merupakan alat aplikator makeup berbentuk spons yang biasanya digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow atau produk eye makeup lainnya. Brush ini memudahkan Sedulur pada saat mengaplikasikan eyeshadow dengan tepat di kelopak mata.

Sedulur dapat menggunakan sponge applicator untuk mengaplikasikan produk krim atau pigmen ke mata. Dengan begitu, maka pengaplikasian produk-produk tersebut bisa lebih intens dan presisi pada area tertentu di sekitar mata.

BACA JUGA: Jenis Bedak Pixy untuk Kulit Kering agar Terlihat Lebih Lembab

6. Eyeshadow Brush

cara memakai foundation wardah
Pexels/Thirdman

Dilihat dari namanya saja, tentu Sedulur sudah paham jika eyeshadow brush adalah kuas makeup yang dirancang khusus untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata. Penggunaannya memberikan presisi dalam mengaplikasikan eyeshadow di area kelopak mata.

Sedulur bisa memanfaatkan eyeshadow brush untuk blending atau pencampuran eyeshadow dengan lebih baik. Brush makeup ini juga bisa digunakan untuk membuat tampilan mata yang beragam, seperti smokey eyes atau gradient eyeshadow.

7. Blending Brush for Eyeshadow

Blending brush for eyeshadow merupakan sebuah brush khusus yang dirancang untuk mencampur dan meratakan eyeshadow di area lipatan mata, atau untuk menciptakan tampilan eyeshadow yang lebih halus dan ter-blend dengan baik.

Brush ini akan membantu mencampur eyeshadow dengan lembut sehingga tidak ada garis yang terlihat di antara warna, dan memberikan tampilan eyeshadow yang lebih alami dan halus. Sedulur juga bisa menggunakannya untuk menciptakan efek gradasi dan blending yang baik di area mata.

8. Angled Eyeliner Brush

Angled eyeliner brush adalah kuas dengan ujung miring. Nah, ujung yang miring tersebut bisa digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner, baik yang berbentuk gel, cair, atau bubuk, dengan presisi di sepanjang garis mata.

Sedulur bisa memanfaatkan brush ini untuk menciptakan garis eyeliner dengan sudut atau kecuraman tertentu, memberikan presisi ekstra saat mengaplikasikan eyeliner. Bagi yang ingin menciptakan berbagai gaya eyeliner seperti sayap (winged) atau garis tipis, maka dapat menggunakan kuas ini.

9. Precise Eyeliner Brush

Precise eyeliner brush adalah kuas eyeliner yang dirancang untuk memberikan kontrol dan presisi maksimal saat mengaplikasikan eyeliner. Sangat cocok untuk mengaplikasikan eyeliner dengan detail pada area mata yang lebih kecil atau sulit dijangkau.

Jenis brush makeup yang satu ini, memungkinkan Sedulur untuk membentuk garis tipis dan tegas. Selain itu, precise eyeliner brush juga dapat digunakan untuk menciptakan detail artistik pada tampilan mata.

10. Lash Brow Brush

Berikutnya ada lash brow brush, yang merupakan kuas ganda dengan sikat bulu untuk menjaga alis tetap rapi dan sikat rambut bulu untuk menyisir serta merapikan bulu mata. Fungsi dari brush ini untuk mengatur dan membentuk alis dengan sikat bulu.

Sedulur juga dapat memanfaatkannya untuk menyisir dan memisahkan bulu mata untuk tampilan yang lebih rapi, memastikan alis serta bulu mata terlihat teratur dan terjaga.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Tas Kosmetik Terbaik (Terbaru 2024)

11. Mascara Wand

Unsplash/Ashley Piszek

Mascara wand merupakan sebuah alat aplikator mascara yang terdapat pada tutup atau sikat mascara. Jenis brush makeup ini bisa Sedulur gunakan untuk mengaplikasikan mascara ke bulu mata, memisahkan dan memberikan volume pada bulu mata.

Selain itu, para pengguna juga bisa memanfaatkan kuas makeup ini untuk memperpanjang dan melentikkan bulu mata. Jadi memang keberadaannya dalam proses makeup sangat penting.

12. Angled Brow Brush

Di urutan yang berikutnya ada angled brow brush. Bagi yang belum tahu, angled brow brush adalah kuas alis yang memiliki ujung miring atau sudut. Kuas ini cocok digunakan untuk mengisi, membentuk, dan mendefinisikan alis dengan presisi.

Dengan bentuk yang seperti itu, tentu saja sangat cocok untuk mengaplikasikan produk alis seperti pensil alis atau bedak alis. Sedulur juga dapat memberikan kontrol yang baik saat membentuk detail pada alis.

13. Blush Brush

Blush brush adalah jenis brush makeup yang dirancang secara khusus untuk mengaplikasikan blush atau pemerah pipi. Kuas makeup yang satu ini, dapat membantu Sedulur dalam mengaplikasikan blush ke pipi dengan merata.

Sedulur dapat memanfaatkan blush brush untuk memberikan sentuhan alami pada wajah dengan tampilan yang halus. Bahkan kuas ini juga bisa digunakan untuk aplikasi bedak atau produk wajah lainnya, lho.

14. Fan Brush

Fan brush merupakan kuas dengan bulu yang disusun secara rapat dengan bentuk yang melebar seperti halnya fan alias kipas. Brush yang satu ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan highlighter ke area-area tertentu, seperti tulang pipi, hidung, atau tulang dahi.

Dengan memanfaatkan fan brush, Sedulur dapat memberikan efek pencahayaan yang ringan dan natural. Selain itu, kuas ini juga sangat cocok untuk menghapus serbuk atau sisa produk di wajah.

15. Lip Brush

Jenis brush makeup yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah lip brush. Lip brush sendiri merupakan kuas khusus yang dirancang untuk mengaplikasikan lipstik atau lip gloss dengan presisi pada bibir. Sehingga mampu memberikan kontrol yang lebih baik dalam mengaplikasikan warna lipstik pada bibir.

Bagi Sedulur yang ingin menciptakan garis bibir yang lebih tegas atau untuk mencampurkan warna lipstik, maka bisa memanfaatkan brush makeup yang satu ini. Hal ini karena lip brush mampu membantu membaurkan lipstick atau lip gloss pada tepi bibir dengan halus dan rapi.

BACA JUGA: 12 Cara Mencairkan Kutek yang Kering agar Bisa Dipakai Lagi

16. Smudger Brush

Pexels/Adrienn

Smudger brush adalah sebuah kuas makeup dengan bulu yang lembut dan ujung yang runcing. Brush ini dirancang secara khusus untuk mengaburkan atau meratakan eyeliner atau eyeshadow di sepanjang garis bulu mata.

Sedulur dapat menggunakannya untuk menciptakan efek yang lembut dan smoky pada garis bulu mata, serta membaurkan atau meratakan warna pada area mata dengan presisi. Benar-benar sangat ideal untuk menciptakan tampilan mata yang lebih dramatis.

17. Detail Brush

Jenis brush makeup yang terakhir adalah detail brush. Detail brush adalah kuas makeup yang memiliki bentuk kecil dan ujung yang halus, digunakan untuk aplikasi detail pada area tertentu wajah.

Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mengaplikasikan produk makeup pada area yang memerlukan presisi, seperti sudut mata atau garis air mata. Selain itu, kuas ini juga cocok untuk aplikasi highlighter di sudut dalam mata atau tulang hidung. Memberikan kontrol ekstra saat membuat detail makeup.

Mungkin hanya itu beberapa jenis brush makeup yang perlu untuk Sedulur ketahui. Setiap jenis brush memiliki fungsi khusus dalam menciptakan tampilan makeup yang berbeda. Penggunaan yang tepat dari setiap kuas, dapat membantu mencapai hasil yang diinginkan dengan presisi.

Apabila Sedulur mencari kebutuhan makeup seperti foundation, brush, hingga mascara maka bisa menemukannya di  SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.