cara mencairkan kutek yang kering

Sedulur punya nail polish alias kutek yang sudah kering? Jangan buru-buru dibuang, coba dulu beberapa cara mencairkan kutek yang kering berikut. Namun sebelum itu, pastikan kutek tersebut belum kadaluarsa, sehingga tetap aman digunakan.

Seperti yang telah kita ketahui, setiap produk kecantikan memiliki masa pakainya masing-masing. Untuk kutek, masa pakainya sekitar 1 tahun setelah diproduksi. Nah, kutek yang sudah kedaluwarsa tentu tidak boleh digunakan lagi, karena berpotensi merusak kuku dan juga jaringan kulit yang ada di sekitarnya.

Ciri-ciri utama kutek yang kedaluwarsa adalah kering dan terdapat berjamur. Akan tetapi, kutek juga dapat mengering sebelum masa kadaluarsa, loh. Jika tutup botol kutek tidak tertutup dengan rapat, udara yang masuk dapat membuatnya menjadi kering.

BACA JUGA: Cantik, Inilah 15+ Inspirasi Desain Henna Simple untuk Pemula!

Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Oleh sebab itu, pastikan dulu kutek yang Sedulur miliki belum melewati masa kedaluwarsa. Jika sudah dipastikan, langsung saja ikuti beberapa cara mencairkan kutek yang kering di bawah ini!

1. Gulingkan di telapak tangan

cara mencairkan kutek yang kering
Unsplash/Maria Lupan

Cara mencairkan kutek yang kering pertama, adalah dengan menggulingkan botol kutek di telapak tangan. Hal ini dapat memberikan sedikit panas dari sentuhan kulit Sedulur. Pemanasan ringan ini dapat membantu melunakkan kutek yang mungkin menjadi lebih kental atau mengeras akibat suhu lingkungan yang rendah.

Selain itu, gerakan gulingan di telapak tangan juga menciptakan gaya gesekan antara botol kutek dan kulit. Gesekan tersebut dapat menghasilkan sedikit panas dan memungkinkan adanya perubahan kecil pada tekstur kutek.

Terkadang, kutek yang mengering atau mengental cenderung menempel pada dinding botol. Dengan menggulingkan botol kutek di telapak tangan, maka akan memisahkan kutek dari dinding botol, memberikan ruang untuk kembali ke konsistensi semula.

2. Rendam air panas

Air panas memberikan pemanasan pada kutek yang mengering. Nah, pemanasan inilah yang akan membuat kutek menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk diaplikasikan. Kenaikan suhu air juga dapat menyebabkan ekspansi termal pada kutek.

Artinya, molekul-molekul yang ada pada kutek akan bergerak dan mengembang, yang dapat mengurangi kekentalannya. Beberapa kutek mengandung bahan-bahan tertentu, seperti resin atau polimer, yang cenderung mengeras atau mengental seiring waktu.

Nah, pemanasan dapat menyebabkan pencairan bahan-bahan ini, sehingga kutek dapat kembali ke konsistensi semula. Namun pastikan cara mencairkan kutek yang kering ini dilakukan dengan tepat. Jangan gunakan air terlalu panas, karena berbahaya.

3. Pengencer cat kuku

Pengencer cat kuku seperti aseton merupakan pelarut yang sangat efektif. Pelarut ini mampu melarutkan atau meremukkan bahan-bahan dalam kutek yang mungkin telah mengeras atau mengental. Aseton mampu mengatasi ikatan kimia dalam kutek, membuatnya lebih mudah diaplikasikan.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kutek biasanya mengandung bahan resin atau polimer yang memberikan kekentalan pada produk. Dalam hal ini, aseton dapat menyebabkan pencairan atau pelunakan pada bahan-bahan ini, mengembalikan kutek ke konsistensi yang lebih cair.

Tidak hanya itu, aseton juga dapat dimanfaatkan untuk melepaskan kutek yang melekat pada permukaan botol atau tutup. Pengencer cat kuku ini dapat dengan mudah meresap ke dalam struktur kutek yang keras atau kering, membantu meremukkan kutek dari dalam.

4. Tambahkan tetes minyak almond

Minyak almond mempunyai sifat pelarut yang dapat membantu melarutkan atau melunakkan bahan-bahan dalam kutek yang telah mengering dan mengental. Walaupun efektivitasnya tidak sebaik aseton, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mencairkan kutek yang kering ini.

Nah, Minyak almond juga membuat kutek menjadi lebih mudah diaplikasikan. Minyak almond dapat memberikan kelembaban dan nutrisi tambahan pada kutek dan kuku. Beberapa kutek mengandung bahan yang bisa membuat kuku kering.

Dengan menambahkan minyak almond, maka kelembapan alami kuku bisa dikembalikan dan kuku tidak menjadi terlalu kering. Minyak almond dapat meresap ke dalam kuku dan meningkatkan kekuatan cat kuku, sehingga kutek lebih tahan terhadap pecah atau pengelupasan.

5. Cairkan dengan kondisioner rambut

Kondisioner rambut sejatinya dirancang untuk memberikan kelembaban dan nutrisi pada rambut. Namun ternyata bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, dapat dimanfaatkan untuk mencarikan dan mengembalikan elastisitas kutek.

Kebanyakan kondisioner rambut mengandung bahan pelunak yang dapat memberikan tekstur yang lebih lembut pada kutek. Hal ini tentu saja dapat membantu melunakkan kutek yang telah mengering dan mengurangi kekakuannya.

Namun bagi Sedulur yang ingin mencoba cara mencairkan kutek yang kering satu ini, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Pasalnya, kondisioner sendiri dikenal dengan bahan-bahan yang dapat membuat kulit mengelupas.

BACA JUGA: 7 Warna Lipstik yang Membuat Wajah Cerah, Bikin Lebih Pede!

6. Gunakan air alkohol

Unsplash/Pure Julia

Bisa dibilang jika alkohol memiliki sifat sebagai pelarut yang efektif. Tidak jarang orang menggunakan cairan alkohol ini untuk menghapus kutek yang telah diaplikasikan pada kuku. Dengan mengoleskan alkohol ke permukaan kutek, biasanya akan membuatnya langsung mencair.

Hal ini berarti alkohol bisa dimanfaatkan untuk melarutkan atau melunakkan bahan-bahan dalam kutek yang telah mengering dan mengental, membuatnya menjadi bisa diaplikasikan kembali. Ya, alkohol memang menguap dalam waktu yang cepat.

Proses penguapan ini dapat memberikan efek pemanasan pada kutek. Pemanasan tersebut dapat membantu melunakkan kutek yang telah mengering dan membuatnya menjadi lebih fleksibel. Dengan begitu, penggunaan alkohol bisa menjadi cara mencairkan kutek yang kering paling efektif.

7. Oleskan hand sanitizer

Secara umum, di dalam larutan hand sanitizer terkandung alkohol, seperti etanol atau isopropil alkohol. Seperti yang sebelumnya dikatakan, alkohol memiliki sifat pelarut yang kuat dan dapat membantu melarutkan atau melunakkan bahan-bahan dalam kutek yang telah mengering atau mengental.

Alkohol yang ada di dalam hand sanitizer ini, tentu saja dapat memberikan efek pemanasan pada kutek. Walaupun tidak semaksimal penggunaan alkohol murni, namun pemanasan ini cukup mampu membuat kutek lebih lunak.

Kandungan alkohol yang ada pada hand sanitizer juga mampu menghilangkan dan meleburkan bahan-bahan pengeras pada kutek, seperti resin atau polimer. Dengan begitu, maka kutek yang kering pun bisa menjadi lunak, cair, dan dapat digunakan lagi.

8. Oleskan gliserin

Bagi yang belum tahu, gliserin merupakan suatu zat yang memiliki sifat pelarut, yang berarti dapat digunakan untuk melunakkan atau melarutkan bahan-bahan kutek yang mengeras. Selain itu, gliserin juga memiliki kemampuan untuk menarik kelembaban dari udara.

Nah, gliserin ini dapat menyegarkan dan melembutkan kutek yang kering. Gliserin dapat membantu mengembalikan kutek ke konsistensi aslinya yang lebih cair dan mudah diaplikasikan. Hal ini berguna terutama jika kutek telah mengering dan mengalami perubahan konsistensi akibat paparan udara.

Gliserin juga dapat meningkatkan elastisitas dan fleksibilitas kutek. Cairan ini dapat dimanfaatkan untuk membuat kutek lebih mudah dicairkan, dibentuk, dan diaplikasikan, khususnya jika kutek telah mengalami pengerasan atau kekakuan.

9. Gunakan pemanas rambut

Pemanas rambut memang menghasilkan paparan panas. Nah, paparan panas ini dapat memberikan energi tambahan pada kutek. Proses pemanasan dapat membuat molekul dalam kutek lebih bergerak dan mengurangi kekentalan atau kekakuan yang mungkin terjadi akibat penuaan atau pengeringan.

Pemanasan pada kutek sendiri bisa menyebabkan ekspansi termal, yang berarti kutek bisa sedikit mengembang. Hal ini dapat membantu melunakkan kutek yang telah mengeras dan membuatnya lebih mudah untuk diaplikasikan kembali.

Kutek yang melekat pada bagian dinding botol atau tutup, mungkin juga bisa lebih mudah terlepas dengan pemanasan dari pemanas rambut. Dengan ini, maka Sedulur bisa lebih mudah untuk mencairkan kutek dan menjadikan kondisinya seperti semula.

10. Gunakan cuka

Cuka mengandung asam asetat, yang merupakan senyawa asam lemah. Asam asetat ini bisa berperan sebagai pelarut yang lembut, membantu melunakkan atau melarutkan bahan-bahan dalam kutek yang mungkin telah mengering dan mengental.

Cuka juga dapat memberikan efek pemanasan ringan pada kutek. Meskipun tidak sepanas pemanas rambut atau pengering kuku, paparan panas yang sedikit dapat membantu mengurangi kekakuan atau kekentalan kutek.

Selain itu, asam asetat dapat membantu membuka pori-pori kutek, memungkinkan bahan-bahan yang terkandung di dalam kutek meresap dengan lebih baik. Hal ini dapat memberikan efek pelembab dan memperbaiki konsistensi kutek.

BACA JUGA: 25 Inspirasi Desain Nail Art untuk Pemula, Tanpa Alat Khusus!

11. Gunakan olesan hidratan kulit

cara mencairkan kutek yang kering
Pexels/Element Digital

Mengoleskan hidratan kulit dapat memberikan kelembaban tambahan pada kutek. Kutek yang telah mengalami pengeringan, dapat menjadi lebih lunak dan mudah untuk diaplikasikan kembali. Ini terjadi karena peningkatan kelembaban pada kutek tersebut.

Kutek mengandung bahan-bahan pengering kuku yang dapat membuatnya menjadi keras dan kering. Nah, Sedulur bisa mengoleskan hidratan kulit, untuk membantu memulihkan keseimbangan kandungan air yang ada di dalam kutek.

Olesan hidratan ini dapat membantu memulihkan elastisitas kutek yang telah hilang, karena pengeringan atau penuaan. Dengan kondisi kutek yang lebih cair dan elastis, tentu saja akan lebih mudah diterapkan.

12. Campurkan dengan pewarna kuku yang lain

Cara mencairkan kutek yang kering terakhir, adalah dengan mencampurkannya dengan pewarna kuku yang lain. Pewarna kuku umumnya mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi konsistensi kutek. Dengan mencampurkan pewarna kuku dengan kutek yang kering, Sedulur bisa mengubah konsistensinya.

Pewarna kuku atau cat kuku biasanya mengandung senyawa pelarut yang dapat melunakkan dan melarutkan bahan-bahan di dalam kutek yang telah mengering dan mengental. Hal ini dapat membuat kutek menjadi lebih cair.

Bahan kimia dalam pewarna kuku juga akan berinteraksi dengan bahan-bahan di dalam kutek, mengubah sifat-sifatnya dan membuatnya lebih cair dan mudah diaplikasikan ulang. Namun penggunaan pewarna kuku lain, mungkin juga akan sedikit mengubah warna asli dari kutek tersebut.

Itulah beberapa tips dan cara mencairkan kutek yang kering. Penting untuk diingat jika tidak semua metode tersebut akan berhasil dengan sempurna, untuk setiap jenis kutek. Mungkin Sedulur perlu mencoba beberapa metode untuk menemukan yang paling efektif untuk kutek yang dimiliki.