fungsi setting spray

Tutorial hingga trik makeup atau merias wajah selalu menarik untuk disimak. Misalnya terkait cara mendapatkan hasil makeup yang flawless sekaligus tahan lama dengan menggunakan setting spray. Sesuai namanya, fungsi setting spray adalah untuk mengunci riasan sehingga tidak mudah luntur dan tahan lama.

Menariknya, fungsi setting spray ternyata tidak sekedar membuat riasan awet, lho. Melainkan masih ada berbagai fungsi lain dari produk berupa cairan tersebut untuk menunjang riasan Sedulur. Penasaran apa saja fungsi setting spray? Yuk, langsung simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 7 Cara Memakai Foundation Wardah yang Benar untuk Pemula

Apa itu Setting Spray?

fungsi setting spray
Pexels/Cotonbro Studio

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, tak ada salahnya Sedulur mengenal apa itu setting spray lebih dulu. Dihimpun dari berbagai sumber, setting spray adalah produk makeup berupa cairan yang digunakan dengan cara disemprotkan ke wajah. Penggunaan setting spray sendiri dimaksudkan agar hasil riasan dapat bertahan lama.

Hal ini dikarenakan setting spray memiliki fungsi untuk mencegah riasan cepat luntur meski telah digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama. Dengan demikian, riasan Sedulur akan tetap sama seperti saat awal diaplikasikan tanpa perlu sering-sering melakukan retouchup.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Peeling Body Gel Terbaik, Kulit Mati Terangkat!

Fungsi Setting Spray

Pexels/Godisable Jacob

Sebagaimana dipaparkan sebelumnya, setting spray merupakan produk yang dirancang dengan berbagai bahan yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil riasan sehingga tidak mudah luntur. Di sisi lain, masih banyak fungsi setting spray yang perlu Sedulur ketahui. Agar tak makin penasaran, yuk, langsung simak informasinya berikut ini.

1. Menjaga hasil riasan agar tahan lama

Seperti diketahui, setting spray telah lama dikenal akan kegunaannya untuk menjaga hasil riasan menjadi tahan lama. Hal ini dikarenakan setting spray mengandung bahan-bahan yang dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah. Oleh karenanya, riasan pun menjadi tidak mudah luntur meski sudah digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama.

Adapun untuk mendapatkan manfaat tersebut, biasanya setting spray digunakan setelah make up selesai diaplikasikan. Sehingga dalam hal ini setting spray seolah berperan menjadi pengunci make up agar hasil riasan lebih tahan lama dan terlihat sama seperti saat awal diaplikasikan.

2. Membantu agar riasan menempel sempurna di kulit wajah

Selain digunakan setelah selesai merias wajah, setting spray ternyata juga bisa, lho, digunakan sebelum mengaplikasikan makeup. Dengan kata lain, Sedulur juga bisa menggunakan setting spray layaknya primer.

Penggunaan setting spray sebelum merias dapat membantu melembabkan tekstur kulit. Sehingga, makeup yang diaplikasikan nanti dapat menempel secara sempurna dengan kulit. Hal ini pun akan mencegah makeup tampak crack atau pecah-pecah bahkan menggumpal.

Di sisi lain, setting spray juga bisa menjadi solusi untuk Sedulur yang memiliki tipe kulit cenderung berminyak. Sebab, setting spray akan membantu mengontrol produksi minyak sehingga riasan tidak mudah luntur meski berada di cuaca panas.

3. Mencegah hasil riasan terlihat cakey

Fungsi setting spray yang selanjutnya adalah mencegah hasil riasan terlihat cakey atau seperti dempul. Kondisi ini terutama sering terjadi ketika Sedulur mengaplikasikan makeup khususnya foundation dengan cukup tebal. Meski ampuh menyamarkan warna kulit yang tidak rata ataupun bekas jerawat, penggunaan makeup yang terlalu tebal juga bisa membuat hasil riasan seperti tidak menyatu dengan kulit.

Namun, Sedulur tidak perlu khawatir. Sebab, Sedulur bisa menggunakan setting spray untuk menciptakan hasil riasan yang lebih natural dan tentunya tidak cakey. Bagaimana caranya?

Cukup semprotkan setting spray setelah makeup selesai. Selain itu, Sedulur juga dapat menyemprotkan setting spray saat akan touch up foundation. Adapun Sedulur bisa menyemprotkannya langsung ke wajah ataupun ke beauty blender.

4. Membuat highlighter lebih berkilau

Sedulur yang kerap menggunakan highlighter powder mungkin sudah tidak asing dengan permasalahan satu ini, yaitu highlighter kurang berkilau dan malah tampak powdery. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilanmu, terlebih highlighter seharusnya membuat hasil riasan lebih berkilau.

Sebagai solusinya, Sedulur bisa menyemprotkan setting spray pada kuas atau brush yang akan digunakan untuk mengaplikasikan highlighter. Kondisi kuas yang agak basah akan membuat highlighter menjadi lebih intens dan menyatu dengan kulit. Dengan begitu, wajah Sedulur juga akan terlihat glowing.

5. Membuat eyeshadow lebih pigmented

Selain membuat highlighter lebih berkilau, setting spray juga dapat membuat hasil polesan eyeshadow Sedulur menjadi lebih pigmented. Seperti diketahui, mengaplikasikan eyeshadow kerap menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, warna eyeshadow yang tampak pigmented di palette ternyata bisa terlihat tipis ketika diusapkan pada kelopak mata.

Sementara itu, setting spray ternyata bisa menjadi solusi untuk membuat hasil aplikasi eyeshadow Sedulur tampak pigmented sekaligus menempel sempurna di kelopak mata. Adapun caranya hampir sama dengan tips sebelumnya, yaitu cukup semprotkan setting spray ke brush atau kuas eyeshadow sebelum diaplikasikan ke kelopak mata.

6. Membuat kulit terlihat lembab

Kulit tampak flawless, lembab, dan glowing saat menggunakan make up tentu menjadi dambaan setiap orang. Beberapa orang biasanya akan menggunakan skincare khususnya pelembab untuk mendapatkan kulit dengan kondisi serupa.

Nah, Sedulur sebenarnya juga bisa memanfaatkan setting spray, lho. Sedulur bisa menyemprotkan setting spray setelah selesai merias wajah. Kandungan di dalam setting spray akan membantu membuat kulit menjadi lembab tanpa memberikan kesan berminyak karena sekaligus dapat mengontrol produksi minyak. Dengan demikian, hasil riasan Sedulur juga akan terlihat lebih natural.

Itu dia 6 fungsi setting spray yang bisa membuat hasil riasan Sedulur menjadi tampak flawless sekaligus tahan lama. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Oia, produk kecantikan seperti setting spray dan kebutuhan makeup lainnya ini juga tidak sulit ditemukan kok. Sedulur bisa membelinya langsung secara online di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.