inspirasi baju kondangan casual

Kalau bicara tentang pakaian maupun fashion, tentu sangat beragam jenisnya, mulai dari pakaian yang digunakan hanya untuk nongkrong, ke acara resmi, hingga pakaian kondangan. Dengan makin mulai munculnya keinginan tampil santai, inspirasi baju kondangan casual juga semakin banyak dikembangkan.

Khusus untuk pakaian kondangan, bisa dibilang sebagai OOTD atau outfit of the day yang digunakan untuk pergi ke pesta pernikahan. Nah, biasanya di sini kita kerap bingung dalam memilih OOTD yang seperti apa. Tentu Sedulur ingin pakai baju yang cocok supaya tetap pede dan cantik dengan style kondangan yang Sedulur kenakan.

BACA JUGA: Tutorial Makeup Kondangan yang Simple Tapi Elegan

Tren Baju Kondangan Casual

inspirasi baju kondangan casual
Pexels/Jonathan Borba

Seiring dengan perkembangan zaman, tren OOTD kondangan juga ikut berkembang. Sedulur pun akan memiliki lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi, bagi para wanita yang sulit menentukan baju kondangan yang pas.

Biasanya, para wanita selalu fokus untuk pilih baju yang paling cocok agar tidak membuatnya mati gaya. Selain itu, baju kondangan yang digunakan juga takut jika tidak pas dengan tubuh kita.

Tidak jarang kalau ada sebagian wanita yang inginnya tampil mewah, tapi takut terlihat berlebihan. Atau ingin tampil simpel, tapi takut malah kurang on point. Padahal, sebenarnya Sedulur tetep bisa tampil casual tanpa ribet saat kondangan. Mau pakai dress, batik, atau justru celana, tetap oke oke saja.

Untuk itu, berikut ini inspirasi baju kondangan casual yang bisa Sedulur coba untuk bisa tampil elegan dan menawan!

1. Tunik dengan detail spesial

Pexels/Toan Van

Tunik sudah menjadi tren sejak tahun 2019. Tunik juga jadi pilihan menarik untuk menghadiri undangan pernikahan. Agar terlihat berbeda, pilih tunik dengan jenis bahan yang spesial seperti lace.

Selain bahannya, detail unik seperti payet juga bisa jadi pilihan menarik. Tunik bisa dipadukan dengan celana, rok, atau kain batik. Pilih desain tunik yang longgar agar tetap sopan.

2. OOTD wastra tradisional

Wastra tradisional adalah salah satu ide OOTD kondangan yang simple tapi tetap casual. Nuansa tradisional yang santai dengan rok batik dan kebaya pendek yang sederhana membuat look Sedulur lebih segar dan trendy. Agar vibenya tetap terlihat anak muda benget, Sedulur bisa pilih warna-warna pastel atau nude yang lebih soft.

Sedulur juga bisa kombinasikan dengan aksesoris yang semakin memperkuat penampilanmu terlihat lebih trendy. Seperti sling bag, sepatu, kalung gelang, dan sebagainya. Agar kesan simpelnya tetap ada, maka Sedulur tidak perlu make up terlalu tebal dan biarkan rambutmu terurai.

3. Setelan tunik dan celana panjang 

Bajunya yang nyaman dan kombinasinya yang fleksibel jadi rekomendasi yang bagus buat dipakai di acara kondangan. Salah satu style yang bisa kalian coba adalah baju tunik dan celana panjang berwarna identik.

Tidak heran fashion monokrom semacam ini sudah jadi tren sejak dulu karena memang tak jarang memperlihatkan aura chic-nya tersendiri. Pasangkan dengan kerudung warna netral, seperti hitam atau putih.

4. Puff sleeve blouse dan baggy pants

Ketika mau kondangan tidak mau terlihat ribet, maka Sedulur bisa coba style simpel bernuansa adem berikut ini. Atasan puff sleeve blouse warna ungu pastel yang dipadukan dengan baggy pants warna beige ini memperlihatkan image lembut dan berkelas.

Selain itu, Sedulur bisa juga memadukannya dengan kerudung pashmina warna ungu mauve. Supaya lebih anggun, maka Sedulur bisa gunakan heels yang cukup tinggi. Biar tambah kece lagi, perhiasan dengan aksesoris seperti kacamata dan tas selempang.

5. Dress berpotongan a-line

Dress menjadi busana yang tak lekang oleh waktu. Busana ini tetap menjadi pilihan tepat untuk menghadiri undangan pernikahan. Sejak dulu dress jenis ini cocok untuk menghadiri kondangan hijab memiliki detail yang lebih simple.

Mirip dengan desain tunik yang sebelumnya diulas, dress yang menjadi tren baju kondangan ini banyak memakai bahan lace dan detail payet. Bedanya, pola dress lebih loose dengan warna payet yang tidak bertabrakan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi OOTD Kondangan Remaja Casual Simpel

6. Kombinasi baju tunik, belt, dan celana kulot

Pexels/Kha Ruxury

Untuk Sedulur yang suka tampil anggun, coba gaya inspirasi baju kondangan casual ini. Dengan tunik yang jadi atasan, fashion kulot ini berhasil memberikan visual yang elegan. Paduan warna coklat dari baju serta warna hitam dari celana kulot dan kerudungnya sudah terjamin ke modiasannya.

Modifikasi tunik Sedulur agar lebih menarik dengan memakai ikat pinggang. Style ini cocok untuk wanita bertubuh tinggi.

7. Baju tunik asimetris dengan celana panjang putih

Sesekali coba pakai baju bermotif saat kondangan. Misalnya, tunik bermotif yang terlihat anggun saat dipakai. Apalagi dengan model yang asimetris, tampilan Sedulur akan menjadi tidak monoton.

Padukan dengan celana panjang berwarna netral seperti putih. Pilih kerudung berwarna senada sebagai penyempurna. Sepatu sandal, flat shoes atau hak tinggi bisa jadi opsi untuk alas kakinya.

8. Baju tunik brokat dan straight pants

Brokat dikenal sebagai kain yang mewah. Karena harga kain brokat sendiri lumayan mahal. Kain yang awalnya hanya digunakan sebagai bahan kebaya ini kini sudah beraneka ragam wujudnya, salah satunya tunik.

Kemudian, atasan bisa dikombinasikan dengan straight pants berwarna putih yang mana tampak serasi sekali. Kerudungnya adalah segi empat biasa yang punya warna senada. Tampilan mewah ini bisa dipermanis dengan handbag imut warna abu-abu juga.

9. Tampil chic dengan baju setelan motif etnik

Makin ke sini tren baju setelan khususnya untuk wanita, kian berkembang. Banyak desain-desain cantik bermunculan. Misalnya baju setelan motif etnik, selain bahannya yang nyaman dipakai, visualnya juga menunjukkan kesan modis dan chic.

Pakailah kerudung berwarna senada. Lengkapi dengan sepatu sandal atau flat shoes agar makin manis saat kondangan.

10. Paduan high waist pants garis dengan cardigan

Motif garis-garis memang lumayan mencolok, tapi fashion itu tentang rasa pede. Bagaimana pun, seperti yang Sedulur tahu, motif garis-garis vertikal menawarkan efek kaki jenjang yang lumayan menggiurkan untuk dicoba.

Padukan bawahan tersebut dengan kaos polos yang dibalut dengan cardigan panjang medium berwarna senada, misalnya abu-abu. Pilih juga warna kerudung yang bernuansa. Hiasi penampilan Sedulur dengan jam tangan agar makin cool di tempat kondangan.

11. Paduan modis dari warna gelap

inspirasi baju kondangan casual
Unsplash/Tessa Mendes

Warna-warna gelap punya daya tariknya tersendiri. Ia memberikan kesan elegan dan misterius yang tidak bisa digantikan oleh warna-warna cerah dan cocok banget dijadikan inspirasi baju kondangan casual. Untuk kondangan nanti, Sedulur mungkin bisa memakai atasan kaos hitam yang dilapisi oleh cardigan panjang warna hitam.

Paduan ini cocok dipadukan dengan bawahan celana panjang bertali warna hijau keabu-abuan seperti pada gambar. Lengkapi dengan kerudung pashmina warna hitam serta hak tinggi untuk aksen anggun.

12. Baju model kelelawar tie dye

Tie dye adalah teknik mewarnai kain dengan cara diikat lalu dicelup. Warna yang dihasilkan bisa memiliki pola maupun abstrak. Baju dengan teknik pewarnaan seperti ini punya kelebihan di mana penampilan Sedulur akan terkesan kreatif, segar, sekaligus playful.

Padukan dengan bawahan straight pants warna netral. Untuk kerudungnya, pilih yang warnanya senada dengan atasan. Hiasi penampilan dengan jam tangan dan tas kesayangan.

13. Pakai blazer dan straight pants 

Blazer dianggap sebagai pakaian yang memberikan energi kuat kepada pemakainya. Sedulur pun bisa mengenakannya saat tampil keren dengan blazer di acara kondangan. Gunakan kaos putih polos sebagai dalamannya.

Padukan blazer Sedulur dengan straight pants warna hitam untuk menciptakan image smart-casual yang bergaya, dengan sepatu sports sebagai alas kaki. Ditambah dengan kerudung pashmina warna hitam, visual kecenya pun siap deh.

14. Baju tunik puff sleeves dan celana kulot

Gaya fashion berikut bisa jadi rekomendasi yang bagus buat Sedulur yang ingin tampil kasual saat kondangan. Atasannya adalah baju tunik dengan aksen puff sleeves ala-ala Korea.

Kemudian, bisa Sedulur padukan lagi dengan celana kulot putih yang akan cocok dengan semua warna atasan. Sepatu sengaja dipilih yang warna putih agar warna itu bisa mendominasi bagian bawah tubuh. Bila Sedulur bingung dengan warna kerudung, sebaiknya pilih warna hitam.

15. Baju tunik beraksen plisket dan wide leg pants

Baju tunik yang spesial ini, selain memiliki motif yang kaya, juga dilengkapi aksen plisket yang feminim. Padukan atasan yang cantik dengan leg wide pants untuk tampilan yang semakin dinamis.

Karena atasannya sudah lumayan mencolok, sebaiknya pilih bawahan berwarna netral seperti putih. Serasikan alas kaki dengan bajunya, bisa flat shoes atau hak tinggi. Tambahkan tas selempang biar makin modis.

BACA JUGA: Inspirasi Outfit Kondangan yang Stylish dan Simple Anti Ribet

16. Organza top dan celana

Pexels/Gustavo Fring

Inspirasi baju kondangan casual selanjutnya adalah dengan menggunakan kombinasi organza. OOTD kondangan Sedulur bisa menggunakan celana satin longgar warna nude dipadukan dengan organza top yang warnanya senada. Tampak simpel, tapi tetap terlihat mewah dengan sentuhan motif di bagian atasnya.

Untuk hijabnya, Sedulur bisa memilih model pasmina polos dengan warna yang senada. Tinggal dipakai model ikat belakang, sudah mengubah penampilan Sedulur menjadi makin cantik. Untuk aksesoris, Sedulur bisa memakai tas handbag dan stiletto shoes warna putih tulang. Penampilan Sedulur bakalan terlihat vintage.

Style yang satu ini cocok untuk Sedulur yang bertubuh mungil, jadi bakalan terlihat ramping. Untuk yang bertubuh gemuk juga cocok. Model celana yang A-shape dan lengan yang longgar akan menyamarkan bentuk kaki maupun lengan Sedulur yang agak berisi.

17. Model cape dress

Style kondangan hijab bisa banget menjadi inspirasi. Dress satin warna nude pink manis banget dan bakalan bikin Sedulur tampil anggun saat kondangan. Model cape di bagian atas dan lengannya yang model kerut, membuat dress model ini lebih stand out tapi tidak berlebihan.

Sedulur bisa memadupadankan dress ini dengan hijab segiempat polos yang diikat simpel ke belakang. Supaya makin manis, pilih saja handbag berukuran kecil dengan warna senada.

Lalu, Sedulur bisa memilih wedges untuk alas kaki. Model cape pada dress ini membuat ilusi tubuh lebih ramping. Jadi, style ini cocok untuk Sedulur yang memiliki bentuk tubuh agak berisi.

18. OOTD dengan midi dress

OOTD kondangan simple tapi masih rapi dan formal adalah midi dress dengan warna pastel yang lebih soft. Seperti warna hijau sage yang memiliki kesan lebih soft sehingga tetap anggun untuk outfit kondangan. Sedulur bisa memadukan dengan flat shoes cream atau nuansa gold agar penampilanmu semakin elegan.

Biarkan rambut panjangmu terurai karena akan berkesan simple tetapi tetap elegan. Selain warna pastel, Sedulur juga bisa pilih midi dress dengan warna-warna dusty untuk look yang lebih feminim. Seperti dusty pink, dusty ungu, dan sebagainya. Outfit midi dress juga cocok untuk acara-acara outdoor karena terlihat lebih praktis.

19. Elegan dengan kaftan batik

Style kondangan satu ini pun recommended Sedulur jadikan ide outfit biar makin gaya. Kaftan batik juga bisa Sedulur jadikan outfit kece untuk kondangan. Selain modis, Sedulur juga akan terlihat elegan banget khas wanita Indonesia dengan batik tersebut. Untuk hijab, bisa memilih model segi empat polos yang warnanya senada dengan batik. 

Kondangan Sedulur juga akan semakin vintage dengan handbag rotan yang cocok abis dengan batik. Sedulur tinggal pake inner dan celana skinny supaya semua bagian tubuh tetap tertutup dengan baik. Tambahkan heels sebagai alas kaki dan aksesoris gelang kecil supaya makin anggun. 

OOTD kondangan ini cocok untuk Sedulur yang memiliki postur badan tinggi dan kurus. Untuk yang memiliki lengan atau perut yang agak berisi juga cocok pakai kaftan. Sedulur bisa memakai outfit ini dengan make up nude tapi agak bold supaya tetap terlihat.

20. Kenakan outer brokat

OOTD kondangan yang simple terakhir adalah outer brukat yang dikombinasikan dengan dalaman polos dan rok lilit bermotif batik. Outer brukat dan rok lilit batik jadi point pentingnya, sedangkan dalam polos membuat tampilan Sedulur lebih santai tetapi tetap casual untuk kondangan.

Look ini juga cocok Sedulur kombinasikan dengan sepatu sneakers yang high karena Sedulur bisa atur rok lilitnya agar kaki jenjangmu bisa terlihat. Ide inspirasi ini terlihat fresh dan anak muda benget kerena memadukan nuansa brukat, batik, dan sneakers yang membuat tampilan Sedulur semakin keren.

BACA JUGA: 13+ Inspirasi Style Kondangan Pakai Celana Jeans Hijab

Tips Memilih Outfit Kondangan Biar Nggak Saltum

inspirasi baju kondangan casual
Pexels/Jeremy Wong

Apakah Sedulur suka merasa bingung dalam memilih pakaian untuk menghadiri suatu acara? Dalam memilih kostum yang tepat pada saat menghadiri suatu acara memang menjadi hal yang susah-susah gampang.

Pada saat menghadiri suatu pesta pernikahan, pastinya kita semua ingin tampil menawan dan pantas untuk menghargai pengantin yang mengundang. Akan tetapi, penampilan yang terlalu mencolok juga bisa menyalahi etika sosial dan membuat kita merasa saltum alias salah kostum.

Jadi, terdapat beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan dalam menggunakan outfit kondangan saat menghadiri pesta pernikahan. Jangan sampai Sedulur salah kostum dan mati gaya. Untuk itu, berikut tips memilih baju kondangan.

1. Jangan kenakan pakaian yang terlalu terbuka

Tidak ada alasan untuk Sedulur menggunakan outfit kondangan yang terlalu terbuka dan terlalu menonjol saat menghadiri pesta pernikahan. Sedulur pasti nggak mau merebut perhatian banyak orang, terutama dari pasangan pengantin.

Dengan menggunakan outfit kondangan yang terlalu terbuka, seperti rok dengan belahan tinggi juga bisa membuat Sedulur menjadi lebih sulit dalam bergerak. Jika ingin menggunakan outfit kondangan rok, sebaiknya Sedulur memilih rok midi, maxi, atau midaxi saja.

2. Hindari outfit terlalu mencolok dan ramai

Etika dasar dalam memilih outfit kondangan adalah jangan berusaha mengungguli pengantin. Hindari menggunakan outfit kondangan yang terlalu meriah, mencolok, dan juga ramai yang bisa membuat Sedulur jadi pusat perhatian.

Misalnya, Sedulur menggunakan gaun pesta berpayet dengan sepatu hak super tinggi atau menggunakan hiasan yang super heboh. Itu termasuk menyalahi aturan dalam berbusana. Sebab, pesta pernikahan bukanlah waktu yang tepat untuk Sedulur membuat fashion statement dalam outfit kondangan yang Sedulur gunakan.

3. Hindari penggunaan gaun berwarna putih

Pengantin wanita pada hari pernikahannya kerap menggunakan gaun atau kebaya berwarna putih di harinya yang istimewa. Jadi, jangan merusak kebahagiaan sang pengantin dengan memakai gaun dengan warna yang serupa atau sama.

Jadi, Sedulur sebaiknya menghindari menggunakan gaun berwarna putih, kecuali pada undangan secara khusus meminta tamunya untuk memakai outfit kondangan dengan warna tersebut. Selain itu, Sedulur juga menghindari untuk menggunakan outfit kondangan dengan warna yang sama dengan keluarga dari pengantin atau bridesmaids-nya.

4. Jangan pakai sepatu yang tidak nyaman

Untuk melengkapi outfit kondangan Sedulur, maka harus menggunakan sepatu yang sesuai dengan pakaian Sedulur. Saat memilih sepatu, hindari menggunakan sepatu yang bisa membuat Sedulur tidak nyaman pada saat menghadiri pesta pernikahan.

Sesuaikanlah sepatu yang akan Sedulur pakai ke lokasi acara dengan format pernikahan yang akan Sedulur datangi.  Jangan bersikap konyol dengan cara memilih menggunakan sepatu jenis stiletto untuk menghadiri pernikahan outdoor.

Sebab, hal ini bisa membuat outfit kondangan Sedulur akan terlihat aneh dan kaki Sedulur akan terasa sakit sepanjang acara.

5. Perhatikan konteks acara

Terdapat begitu banyak pilihan lokasi yang biasa dijadikan sebagai tempat pesta pernikahan, seperti ballroom hotel atau taman terbuka, ditambah lagi dengan beragamnya adat yang digunakan.

Sebelum Sedulur memilih outfit kondangan yang ada di dalam lemari, maka sebaiknya Sedulur mengetahui lokasi pernikahan. Dengan begitu, Sedulur tidak akan salah memilih outfit kondangan.

Misalnya saja, Sedulur menghadiri pesta pernikahan dengan budaya Indonesia, maka Sedulur bisa menggunakan outfit kondangan yang simpel, tidak terlalu glamor seperti dress batik. Namun, lain halnya jika Sedulur menghadiri pesta pernikahan di sebuah ballroom hotel dengan budaya internasional, maka Sedulur bisa menggunakan gaun pesta agar bisa terlihat glamor.

Itulah tadi inspirasi baju kondangan casual yang bisa menjadi referensi. Penting untuk diingat bahwa tampil percaya diri merupakan kunci utama dalam menentukan keberhasilan penampilan Sedulur.

Jadi, jangan ragu untuk mengeksplorasi gayamu sendiri dan mencoba hal-hal baru. Jangan takut untuk mencoba kombinasi busana dan mengekspresikan diri dengan cara yang unik. Tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan beberapa tips tadi dalam memilih OOTD kondangan biar Sedulur gak salah kostum.