tutorial makeup kondangan

Datang ke sebuah acara pernikahan atau biasa dikenal dengan kondangan memang tidak bisa sembarangan. Sedulur harus bisa tampil proper, untuk bisa menghormati pemilik acara yang sudah mengundang. Supaya tidak penampilan maksimal, kamu bisa mencoba tutorial makeup kondangan yang simple tapi elegan.

Tutorial kali ini juga bisa menjadi solusi untuk Sedulur yang tidak ingin ribet dan repot dalam berdandan ketika ingin datang ke sebuah acara. Penasaran seperti apa tutorial makeup kondangan yang mudah tapi tetap elegan ini? Yuk, simak bersama!

BACA JUGA: Inspirasi Outfit Kondangan yang Stylish dan Simple Anti Ribet

Tips Makeup Kondangan

Wedding Diaries

Sebelum kita masuk ke tutorial makeup kondangan yang elegan dan cepat, Sedulur sebaiknya menyimak beberapa tips berikut ini.

1. Awali dengan basic skincare

Supaya makeup lebih awet, sebaiknya jangan pernah lupa untuk mengawalinya dengan basic skincare. Contoh basic skincare, antara lain toner, pelembab, dan sunscreen. Selain itu, jangan lupa juga mencuci wajah supaya lebih segar dan terhidrasi maksimal.

Mengawalinya dengan basic skincare membuat wajah terhidrasi sekaligus lembab, sehingga membuat riasan gampang menempel dan tak mudah tergeser.

2. Gunakan primer wajah

Tips makeup kondangan selanjutnya yaitu pakailah primer supaya produk riasan lebih awet, tidak menggumpal, maupun tak bergeser. Selain itu, fungsi primer adalah untuk menyamarkan pori-pori dengan baik, jadi tak terlihat ketika sudah diaplikasikan foundation setelahnya.

3. Jangan lupa cushion

Saat kondangan, terkadang minyak tak terkontrol lalu membuat wajah jadi kusam. Solusinya yaitu memakai bedak tabur setelah foundation. Selain lebih awet, kemampuan bedak untuk menahan minyak termasuk sangat baik.

4. Sesuaikan makeup dengan skintone

Mau itu makeup  kondangan natural ataupun versi bold, memilih warna pada produk riasan sangatlah penting. Tentu saja supaya hasilnya tak terlihat menor, pucat, atau mungkin seperti abu-abu. Lakukan tester terlebih dahulu sebelum membeli produk makeup agar sesuai dengan tone kulit!

5. Awas foundation terlalu tebal

Mengaplikasikan foundation berlebihan justru membuat wajah terlihat tebal seperti topeng dan tampak menor. Gunakan secukupnya saja, sapukan secara tipis-tipis di area wajah. Supaya hasilnya lebih rata dan tidak menumpuk, cobalah memakai brush khusus atau spons agak basah.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi OOTD Kondangan Remaja Casual Simpel

Tutorial Makeup Kondangan yang Simple Elegan

tutorial makeup kondangan
Make Me Bridal

Nah, agar Sedulur tidak bingung. Kami sudah menyiapkan beberapa tutorial lengkap dengan langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa menciptakan tutorial makeup kondangan yang simple dan elegan.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum mengaplikasikan makeup  kondangan, pastikan Sedulur sudah melakukan perawatan dasar pada kulit wajah dengan skincare. Tahap awal yang perlu dilakukan adalah mencuci wajah dengan face wash, kemudian gunakan toner, pelembab, dan tabir surya.

Setidaknya gunakan basic skincare setengah jam sebelum mengaplikasikan makeup , terutama tabir surya yang penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Siapkan primer yang cocok untuk kulitmu

makeup wisuda natural ala korea
CoverClap

Agar makeup  kondangan bertahan lama, bahkan sampai acara selesai sekalipun, kulit kamu harus berada dalam kondisi yang bersih dan lembap terlebih dahulu. Untuk mencegah hasil riasan yang terlalu padat, kamu bisa pakai primer yang sekaligus mengandung moisturizer.

Biarkan sejenak dan pastikan primer tersebut menyerap sempurna. Primer ini juga berfungsi untuk memadukan produk makeup  lainnya dengan sempurna.

Jangan lupa untuk pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit, seperti matte untuk kulit berminyak dan glow dewy untuk kulit kering. Setelah itu, aplikasikan secara merata pada area wajah tertentu seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu. Tunggu beberapa saat agar primer menempel sempurna pada kulit.

3. Gunakan concealer

Sedulur juga disarankan untuk menggunakan concealer dalam makeup  untuk kondangan. Pasalnya, concealer dapat membantu menutupi bekas jerawat, kemerahan, lingkaran hitam di sekitar mata, dan bintik-bintik pada wajah. 

Dengan menggunakan concealer, hasil makeup  akan terlihat lebih rapi dan menyempurnakan tampilan wajah agar lebih flawless. Selain itu, produk makeup  ini dapat digunakan sebagai highlighter untuk memberikan dimensi pada wajah dan membuat wajah terlihat lebih tirus.

4. Mulai paparkan foundation

Beauty On

Foundation merupakan produk makeup  yang sangat penting untuk menyamarkan pori-pori besar, kemerahan, dan bekas jerawat. Untuk makeup  kondangan, kamu tidak perlu mengaplikasikan foundation banyak-banyak. Sesuaikan dengan coverage yang kamu inginkan.

Selain itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan foundation tanpa kandungan SPF agar makeup look kamu tidak tampak pucat di foto. Jika outfit kondangan kamu berleher pendek, jangan lupa aplikasikan foundation ke leher kamu juga, ya.

5. Hias alis dan mata

makeup  mata adalah kunci dari makeup  kondangan. Mata adalah hal pertama yang dilihat; oleh sebab itu, makeup  mata kamu harus cantik dan tegas. Aplikasikan eyeshadow ke kelopak mata menggunakan tip atau ujung jari secara perlahan. Pilihlah warna eyeshadow yang tepat. Kamu bisa sesuaikan juga dengan warna baju yang kamu pakai agar senada.

Setelah eyeshadow selesai, rapikan alis mata menggunakan pensil alis warna hitam atau dark brown. Tidak perlu menggambar alis terlalu besar, sesuaikan dengan bentuk alis asli kamu agar tampak lebih tegas. Jika sudah, tambahkan concealer di sekeliling alis agar lebih on point. 

Berikutnya, buatlah garis mata menggunakan eyeliner. Sesuaikan dengan bentuk mata kamu, ada winged eyeliner, cat-eyes eyeliner, hooded, dan sebagainya. Eksekusi makeup  mata kamu dengan memakai maskara yang waterproof. 

6. Ratakan area T-Zone

Jangan lupa untuk membubuhkan bedak pada area T-Zone untuk membantu menahan kelebihan minyak. Namun, hindari menggunakan bedak terlalu tebal. Sedulur cukup men-tap secukupnya pada area T-Zone. Setelah itu, ratakan dengan memakai brush berukuran besar agar makeup  tampak lebih natural. 

7. Gunakan lipstik untuk bibir

tutorial makeup kondangan
British Vogue

Riasan natural tidak akan lengkap tanpa menggunakan pewarna bibir, seperti lipstik, lip tint, maupun lip cream. Pilihlah shade lipstik yang tepat agar tidak terlihat menor atau pucat.

Sedulur juga bisa menggunakan lip product jenis lain seperti lip balm atau lip velvet. Kamu bahkan bisa mengkombinasikannya. Misalnya, kamu menggunakan lipstik atau lip cream warna nude, lalu timpa dengan warna yang lebih cerah di atasnya. Kemudian, di bagian dalam bibir, tambahkan lip tint warna gelap.

8. Sesuaikan blush on dengan makeup

Langkah berikutnya dalam cara makeup  untuk kondangan, baik berhijab maupun non hijab, adalah menggunakan blush on. Blush on memberikan rona pada pipi dan highlighter, serta bronzer untuk memberikan dimensi pada wajah. 

Pilihlah blush on dengan shade yang cerah dan soft agar makeup  kondangan kamu tampak flawless. Aplikasikan di area pipi mengikuti tulang pipi kamu menggunakan brush. Jika sudah, kamu juga bisa tambahkan highlighter berwarna silver.

9. Lakukan contouring

Hitched

Jika semuanya sudah selesai, lihatlah lagi hasil makeup  kondangan kamu di cermin dan perhatikan struktur wajah kamu. Biasanya, setelah makeup  mata selesai, maka struktur wajah akan terlihat kekurangannya. Gunakan contour untuk memperkuat dan mempertegas struktur wajah kamu. 

Aplikasikan contour berwarna cokelat gelap mengikuti tulang pipi, tulang hidung, dan dagu kamu. Tujuannya adalah agar wajah kamu tampak rata warna kulitnya. Contour juga bisa membuat ilusi agar wajah kamu tampak lebih tirus.

Jangan lupa untuk membuat makeup  tahan lama sepanjang hari pada saat menghadiri acara kondangan, sebaiknya gunakan setting spray. Pemakaian setting spray dapat mengunci riasan, menahan minyak, dan mencegah oksidasi berlebihan. 

Demikian tadi tutorial makeup kondangan yang bisa Sedulur coba. Dengan langkah yang tak sampai belasan, tentu ini menjadi salah satu trik dan tips jitu untuk kamu yang ingin dandan secara cepat tapi tetap on point. Jadi selamat mencoba tips tutorial makeup kondangan di atas ya!