highlight rambut

Rambut dengan highlight merupakan salah satu model rambut yang sedang tren saat ini, terutama di kalangan wanita. Banyak wanita yang menggunakan highlight rambut agar dapat tampil berbeda dan tentu saja tampil lebih fresh.

Terdapat bermacam jenis highlight rambut yang bisa jadi rekomendasi.  Warna highlight rambut pun berbeda-beda berdasarkan dengan teknik menggunakannya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi highlight rambut bersama dengan berbagai macam tekniknya.

Pertama-tama kita akan bahas terlebih dahulu berbagai macam jenis highlight rambut yang bisa jadi rekomendasi. Yuk, langsung kita simak rekomendasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Beserta Cara Pakainya

Apa itu highlight rambut?

highlight rambut
Marsha Beauty

Highlight rambut atau juga dikenal dengan hairlight rambut, merupakan sebuah teknik pewarna rambut di beberapa bagian rambut dengan menggunakan warna yang sedikit terang dari warna dasar rambut. Seperti contoh, jika warna dasar rambut adalah cokelat makan highlight yang digunakan adalah warna cokelat terang.

Ada banyak tipe dan teknik yang bisa dicoba. Cara yang paling tradisional adalah teknik foils, yaitu menggunakan aluminium foil secara terpisah pada setiap bagian rambut. Pengaplikasiannya cukup strategis, diletakkan dalam berbagai bentuk dan pola untuk memberikan kontras yang bold atau bahkan soft.

Tujuan utama dari highlight yaitu untuk membuat rambut menjadi lebih tebal dan memberikan kesan lebih hidup terhadap rambut. Tujuan lain juga membuat ilusi rambut yang lebih berkilau, bertekstur, bahkan lebih tebal. Jika dilakukan dengan benar, teknik ini akan menambah dimensi dan membuatmu terlihat fresh.

Selain itu, teknik pewarnaan rambut ini juga low maintenance dibandingkan dengan mewarnai keseluruhan rambut. Tidak perlu terlalu sering touch up warna akar rambut atau khawatir cat rambut highlight jadi memudar di ujung rambut.

1. Warm blonde highlight

Popbela

Rekomendasi highlight rambut pertama adalah warm blonde. Warna rambut ini cocok untuk membuat penampilan jadi beda. Menggunakan model ini juga bisa membuat penampilan seperti sun kissed hair dengan highlight berwarna cokelat muda dan warm blonde.

Agar Sedulur semakin tampil keren dan menawan, Sedulur bisa membuat rambut dengan model sebagai bergelombang. Ini akan membuat rambut terlihat lebih anggun dan elegan.

2. Lit caramel highlight

highlight rambut
Popbela

Lit caramel adalah rekomendasi highlight rambut selanjutnya. Warna ini bisa jadi pilihan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang ini memiliki rambut dengan warna yang bisa memberikan efek gradasi. Dengan warna dasar cokelat, rambut diberi highlight emas sehingga memberikan efek cerah.

Karena perpaduan warna cokelat dan emas bisa memberikan dimensi yang bagus untuk rambut. Perpaduan kedua warna tersebut juga dikenal dengan nama lit caramel highlight.

3. Aubum highlight

Hadviser

Rekomendasi highlight rambut selanjutnya yaitu warna aubum. Warna rambut highlight auburn akan tampak menawan dipadukan dengan warna dasar rambut yang cokelat. Warna auburn yang cokelat sedikit kemerahan ini akan membuat rambut tampak lebih bervolume.

Warna ini akan cocok dengan model rambut yang panjang dan bergelombang dan membuat penampilan menjadi tampak lebih dewasa dan memberikan kesan bijaksana dan kalem.

4. Face-framing highlight

highlight rambut
Popbela

Highlight rambut ini cocok bagi Sedulur yang memiliki rambut tipis dengan volume rambut yang kecil. Sedulur bisa menggunakan warna rambut ini dengan model membingkai wajah disempurnakan dengan warna pirang dan warna dasar coklat tua.

Untuk bagian rambut lainnya, bisa Sedulur tambahkan highlight di bagian ujung untuk memberikan efek gradasi. Dengan model rambut ini, Sedulur akan tampak berbeda dan memberikan wajah efek lebih cerah.

5. Partial caramel highlight

Hadviser

Rekomendasi highlight rambut selanjutnya yaitu partial caramel highlight. Warna rambut yang dapat membuatmu lebih kalem dan terlihat lebih dewasa. Untuk mendapatkan warna rambut ini, Sedulur bisa memulainya dengan warna dasar rambut cokelat.

Selanjutnya, Sedulur tambahkan warna highlight partial caramel yang akan membuat rambut lebih berkilau dan memiliki tekstur. Bagi Sedulur dengan rambut tidak terlalu panjang sangat cocok menggunakan warna rambut ini.

6. Purple highligts

highlight rambut
Pinterest

Dari warna-warna yang natural dan lebih memberikan kesan alami, kita beralih ke warna-warna yang tegas, seperti warna ungi. Highlight warna ini akan sangat cocok dengan warna dasar gelap. Bagi Sedulur yang memang memiliki rambut warna gelapp sepeti hitam, tidak perlu memberikan warna dasar lagi.

Sedulur tinggal menambahkan highlight rambut ungu dan jangan lupa menambahkan efek gelmbang agar rambut terlihat semakin keren dan menawan.

7. Chestnut highlights

Hadviser

Chestnut Highlights menjadi warna rambut highlight selanjutnya. Warna campuran antara cokelat dan kastanye ini memberikan tampilan yang trendi. Pilihan untuk membuat highlight warna chestnut akan membuat penampilan Sedulur lebih fresh dan alami.

8. Green hihglights

highlight rambut
Pinterest

Jika Sedulur mencari highlight rambut berwarna tegas dan tajam, warna rambut hijau merupakan pilihan tepat yang bisa Sedulur pilih. Warna rambut ini akan memberikan kesan terang dan mengkilap, terutama jika dilengkapi dengan dasar warna rambut yang gelap.

Perpaduan warna dasar gelap (seperti warna hitam misalnya) dengan warna hijau yang terang dan alami, bisa memberikan kesan penampilan yang ikonik. Rambut ini juga sangat cocok diterapkan di rambut pendek atau rambut panjang.

9. Subtle brown highlights

Popbela

Highlight rambut selanjutnya yaitu warna highlight subtle brown, atau warna coklat muda. Warna ini pada dasarnya menggabungkan dua warna antara warna rambut brunette yang gelap dengan warna cokelat mudah sebagai highlightnya.

Agar tidak memberikan kesan monoton, highlight rambut ini bisa dikombinasikan dengan modifikasikan dengan potongan rambut dengan gaya 70-an. Selanjutnya bisa ditambahkan dengan highlight pada ujung poni dan ujung rambut.

10. Blue highlights

highlight rambut
Urban Company

Highlight rambut selanutnya yaitu highligt rambut biru, cocok untuk warna dasar rambut hitam dan akan memberikan kesan penampilan yang menawan.

Sebab, warna biru tersebut akan menangkap cahaya dan membuat rambut tampak lebih mengilap. Dengan warna yang cukup berani ini, penampilan pun akan terlihat fresh dan memesona. Warna highlight rambut ini sangat cocok bagi Sedulur yang percaya diri dan ingin tampil beda.

11. Red highlights

Urban Company

Highlight rambut selanjutnya yaitu red highligts yang dapat memberikan kesan rambut lebih fresh dan edgy. Warna merah yang Sedulur pakai bisa memakai warna yang tidak terlalu mencolok supaya tetap menyatu dengan warna dasar rambut yang hitam.

Dengan highlight warna merah, rambut akan semakin menawan jika diberi aksen curly di ujungnya. Penampilan pun akan menjadi lebih sempurna.

12. Pink pastel highlight

highlight rambut
Pinterest

Rekomendasi terakhir highlight rambut yaitu pink pastel highlight. Pink pastel merpakan warna yang cocok untuk setiap model rambut, baik rambut panjang atau rambut pendek. Hal ini disebabkan harga pink pastel merupakan warna yang fleksibel.

Untuk menerapkan highlight rambut ini, Sedulur bisa menggunakan teknik highlight hair streak atau sapuan highlight baisa. Jika Sedulur menggunakan dasar rambut dengan warna terang, warna pink pastel tidak akan terlalu mencolok sebagai highlight.

Tips memilih warna highlight

All Things Hair

Bagi Sedulur yang baru pertama kali mencoba mewarnai rambut atau termasuk seseorang yang jarang merawat rambut, Sedulur harus memilih warna yang tidak terlalu jauh dari warna asli rambut Sedulur. Minimal 2-3 level di atas warna rambut asli.

Sederhananya, Sedulur bisa mencoba beberapa variasi warna rambut. Misal, jika Sedulur memiliki warna rambut pirang, Sedulur bisa menggunakan warna highlight yaitu golden blonde atau buttery blonde. Semakin tinggi level yang Sedulur pilih, semakin sering jadwal retouch ke salonnya.

Untuk menentukan level warna, Sedulur juga perlu bantuan profesional. Ini dibutuhkan untuk mengarahkan bahan-bahan yang digunakan . Karena biasanya, bahan-bahan yang digunakan adalah campuran hydrogen peroxide dengan pigmen warna rambut.

Hairstylist tahu takaran yang tepat untuk menghasilkan warna pirang sesuai level yang diinginkan. Jika Sedulur masih seorang pemula, sebaiknya jangan coba highlight sendiri di rumah ya. Jika pun ingin mencoba sendiri, dampingi dengan yang menguasai dengan baik caranya.

Untuk menjaga warna rambut, Sedulur perlu menjaganya dengan menggunakan shampo yang cocok dan sesuai dengan kondisi rambut. Nah, Sedulur bisa mendapatkan berbagai shampo dengan kualitas terbaik dengan belanja di Aplikasi Super, ya!

Cara mendapatkan highlight rambut sendiri

highlight rambut
Shutterstock

Jika memang ingin hasil yang baik dan sempurna tentu Sedulur harus menggunakan tangan ahli di salon. Namun hal tersebut bukan berarti Sedulur tidak bisa mendapatkan highlight sempurna dengan melakukannya sendiri di rumah.

Terdapat beberapa cara yang perlu Sedulur perhatikan untuk mendapatkan highlight rambut sendiri di rumah. Berikut ini cara dan langkahnya:

1. Siapkan bleach kit

Sebelum membuat highlight rambut, Sedulur bisa menggunakan bleach kit terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat pewarna rambut menjadi lebih menyala dan meningkatkan keberhasilan. Cara penggunaannya pun hampir sama seperti di salon, jadi Sedulur bisa mengikutinya.

Sedulur juga perlu menyiapkan sarung tangan, mangkuk dan sikat sehingga Sedulur dapat lebih mudah melakukan highlighting rambut. Perhatikan penggunaan bleaching dan jauhkan dari kulit dan mata, ya!

2. Siapkan dua jenis kuas

Dua jenis kuas ini mempunyai fungsi yang berbeda, satu untuk bleach dan satu lagi untuk blend. Kebanyakan bleach kit akan ada kuas, maka dari itu beli kuas satu lagi berukuran lima sentimeter dengan ujung yang lancip.

Bentuk lancip akan membuat lebih mudah memisahkan rambut yang ingin di highlight. Selain sikat pewarna standar, siapkan juga sikat spoolie untuk membantu membaurkan warna saat menggunakan bleach. Jika tidak ingin membeli, bisa memilih sikat gigi yang sudah tidak terpakai sebagai alternatif lain.

3. Highlight rambut dengan gaya andalan

Sebelum mengeluarkan bleach kit dan highlight kit, pastikan rambut telah ditata dengan gaya sehari-hari. Bisa sebebasnya, mulai dari lurus, bergelombang, ikal hingga keriting. Hal ini agar memastikan dan melihat dimana potongan rambut yang bisa dipakai highlight.

Selain itu, pastikan potongan rambut yang akan di highlight tidak lebih besar dari tali sepatu. Mulai highlight dengan kuas pewarna untuk mengaplikasikan bleaching, lalu spoolie untuk membaurkannya, dan membuat garis halus.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik Bikin Rambut Sehat dan Kuat

Macam-macam teknik highlight rambut

Shutterstock

Tentu Sedulur juga penasaran dengan berbagai teknik highlight rambut yang bisa digunakan. Karena teknik yang digunakan dapat mempengaruhi hasil highlight itu sendiri. Berikut ini berbagai teknik highlight rambut yang umum digunakan, yaitu:

1. Foiling

Foiling adalah cara mengaplikasikan warna pada batang rambut dengan menggunakan foil khusus. Biasanya hairstylist akan membagi beberapa bagian rambut, mengaplikasikan bleach atau pewarna rambut, lalu menutupnya dengan foil untuk menjaga kelembabannya.

2. Balayage

Balayage merupakan teknik pewarnaan rambut ketika saat pengerjaannya pewarna rambut disapukan dengan kuas secara vertikal pada rambut agar menghasilkan dua atau lebih warna. Jika hasil pewarnaan highlight terlihat lebih mirip garis-garis warna yang tegas, hasil balayage menyatu lebih halus, tampak seperti gradasi warna yang terlihat alami.

3. Foilyage

Foilyage merupakan teknik yang menggabungkan teknik foiling dan balayage. Biasanya, teknik ini digunakan oleh hairstylist untuk rambut yang gelap dan ingin mendapat hasil yang smooth dan natural. Dengan teknik blending yang tepat, dan foil yang berguna untuk memerangkap kelembaban, hasilnya akan lebih alami.

4. Teasylights

Teknik satu ini merupakan tekni yang digunakan untuk mendapatkan soft blending effect. Saat pengerjaannya, haristylist akan menyasak sebagian rambut tersebut dari bawah ke atas, sebelum mengaplikasikan bleach rambut. Hasilnya terlihat lebih masuk dan natural.

5. Babylights

Teknik highlight ini akan menghasilkan warna yang cenderung lebih padat. Teknik ini memang digunakan untuk membuat kesan warna yang berubah, bukan lagi perkara kontras. Bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang ingin mendapatkan warna rambut yang berubah.

6. Color lights

Teknik ini membebaskan Sedulur untuk memilih warna rambut bebas sesuka hati. Tidak perlu banyak yang dipertimbangkan, apakah warna gold, silver atau warna cokelat. Karena teknik ini tidak mengikuti pakem dari berbagai teknik yang tersedia. Bebas sebebas bebasnya!

7. Money piece

Money Piece adalah teknik pewarnaan rambut dengan warna kontras yang hanya diaplikasikan pada bagian depan wajah. Gaya pewarnaan ini semakin populer di Korea ketika Jennie Blackpink mengubah warna rambutnya dengan warna pirang dan pink yang kontras dengan warna rambut hitam pekatnya.

8. Peek a boo

Peekaboo hair (yang juga punya nama lain hidden colour atau hide and seek) adalah teknik pewarnaan rambut, dengan rambut yang diwarnai pada bagian dalamnya saja seperti atas telinga atau atas tengkuk. Salah satu pilihan warna peekaboo yang bisa dicoba pada warna rambut hitam adalah pirang, abu-abu, platinum blonde, hingga warna-warna pastel.

9. Splashlight

Splashlight adalah teknik mewarnai rambut dengan warna pirang di bagian tengah rambut yang memiliki warna gelap di bagian ujung bawah dan pangkal rambut.

Tujuan menggunakan warna ini adalah untuk memberi kesan sunkissed pada bagian tengah rambut secara horizontal. Jadi, warna cat rambut yang bisa kamu gunakan adalah pirang atau cokelat terang.

10. Chunky highlight

Chunky highlight biasanya terlihat sangat kontras dengan warna rambut dasar. Bentuk chunky highlight biasanya lebih blocky dibandingkan dengan highlight biasa. Namun, ada sentuhan modern yang terdapat pada variasi besar dan kecilnya highlight pada rambut.

Perbedaan highlight, lowlight dan balayage

Dari berbagai teknik teknik highlight di atas, terlihat dari beberapa teknik memiliki kesamaan dan sulit dibedakan, bahkan ada dua penggabungan teknik yang semakin bingung membedakannya. Terutama untuk teknik highlight, lowlight dan balayage.

Bagi Sedulur yang masih baru dalam mewarnai rambut, tentu akan sulit membedakan ketiga teknik di atas. Bahkan teknik lowlight dan balayage juga sama-sama disebut dengan teknik highlight. Lantas jika begitu apa bedanya?

Jika Highlight rambut bertujuan untuk memberi aksen terang pada rambut yang secara alami berwarna gelap. Tujuannya adalah membuat rambut terlihat lebih tebal, bertekstur, atau bercahaya. Rambut tidak akan lagi terlihat monoton.

Sementara itu, balayage merupakan salah satu variasi dari highlight itu sendiri. Balayage dengan highlight yang diaplikasikan pada rambut secara acak dengan tambahan teknik seperti teknik brushing yang memberikan kesan berbeda.

Secara harfiah, balayage sendiri berarti menyapu atau melukis. Teknik menyapukan kuasnya memang sedikit berbeda. Untuk teknik ini, hairstylist akan membagi rambut jadi beberapa bagian besar seperti akan melakukan ombre.

Namun, sapuan kuasnya lebih natural dan tidak bold seperti saat mengaplikasikan ombre. Maka dari itu tekniknya lebih masuk dalam teknik highlight.

Sedangkan lowlight merupakan teknik yang lebih sulit dibedakan dan memiliki kesamaan dengan highlights. Namun perbedaannya terletak pada penggunaan warna di atas warna rambut dasar. Jika highlight menggunakan warna terang, maka lowlight menggunakan warna gelap.

Keduanya sama-sama menciptakan dimensi atau rambut yang lebih bertekstur. Hanya saja, pemilihan warnanya yang beda. Biasanya lowlight digunakan pada warna rambut terang seperti pirang, atau untuk membuat warna rambut lebih redup. Untuk lowlight, warna rambutmu tidak melulu harus sangat terang. Yang penting, pilihan warnanya bisa berbaur sempurna.

Kini Sedulur sudah tahu beragam highlight rambut yang bisa jadi rekomendasi untuk membuat rambut Sedulur sebagai indah dan membuat penampilan Sedulur lebih cantik lagi. Tentu saja, keindahan rambut tidak akan sempurna jika tidak didukung dengan keindahan wajah Sedulur.

Agar wajah bisa sama sempurna dengan model rambut, Sedulur tentu harus menggunakan makeup berkualitas baik. Nah, Sedulur bisa mendapatkan berbagai makeup berkualitas di Aplikasi Super. Berbagai jenis makeup berkualitas dengan harga super murah tersedia lengkap di Aplikasi Super.

Sedulur juga bisa mendapatkan makeup dengan cara yang mudah. Pesanan akan di atas ke rumah dengan gratis ongkir untuk setiap pembelian. Yuk, buruan cek berbagai makeup dan alat kecantikan lain yang tersedia di Aplikasi Super. Aplikasi Super bisa membuatmu tampil indah dengan cara mudah!