Yuk, simak cara merawat rambut keriting agar rambut Sedulur selalu sehat dan mudah diatur!

Untuk merawat rambut keriting, memang memerlukan cara khusus. Merawat rambut keriting tidak sama dengan merawat rambut lurus dan bergelombang. Butuh beberapa cara khusus dalam perawatan rambut keriting. Baik menggunakan vitamin rambut keriting atau pelembab rambut keriting.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menyampaikan beberapa cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang yang bisa Sedulur terapkan. Cara merawat rambut keriting asli tidak begitu sulit, kuncinya hanya sabar dan rutin dalam melakukan setiap perawatan rambut kering dan mengembang.

Selain cara merawat rambut keriting, akan dibahas juga cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami. Karena baik itu rambut keriting atau lurus, setiap rambut akan berpotensi untuk kering dan mengembang. Maka dari itu diciptakan kondisioner untuk rambut keriting, juga shampo dan conditioner untuk rambut keriting yang khusus dalam perawatan rambut keriting. Yuk, mari langsung saja kita simak cara merawat rambut keriting di bawah ini.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Tetap Sehat, Lembut & Berkilau

Daftar Cara Merawat Rambut Keriting agar Sehat dan Mudah Diatur!

1. Lakukan Teknik Scrunch Setelah Keramas

1. Lakukan Teknik Scrunch Setelah Keramas
Sumber: vsbeautyparlour.com

Cara merawat rambut keriting pertama adalah dengan melakukan beberapa teknik khusus setelah keramas. Rambut keriting memiliki tekstur rambut yang kriwil. Bagi setiap pemilik rambut keriting, harus melakukan teknik keramas yang berbeda.

Selain menggunakan shampo yang cocok untuk rambut keriting, treatment setelah keramas juga harus dilakukan dengan cara berbeda. Sama dengan cara merawat rambut bergelombang, sehabis keramas, Sedulur harus flip rambut ke arah depan dan lakukan gerakan meremas atau yang dikenal dengan istilah scrunch.

Cara merawat rambut keriting ini penting, agar rambut keriting Sedulur bisa mengeluarkan natural curl yang alami. Dan juga bentuk keritingnya akan terlihat lebih bagus saat Sedulur melakukan teknik ini secara rutin.

2. Rajin Memelintir Rambut

2.   Rajin Memelintir Rambut
Sumber: allthingshair.com

Rambut keriting memang sudah memiliki bentuk yang bergelombang tanpa harus dipelintir. Namun, rajin memelintir rambut bagi pemilik rambut keriting merupakan cara merawat rambut keriting yang paling dasar. Sedulur bisa memelintir rambut saat masih lembab.

Teknik memelintir rambut yang paling mudah dilakukan adalah teknik finger coil. Lakukan teknik tersebut secara merata, karena melakukan cara ini dapat membuat struktur rambut keriting Sedulur menjadi lebih alami. Layaknya teknik scrunch, teknik ini akan mempertahankan rambut Sedulur agar tetap keriting alami.

Baca Juga: Ampuh Banget! Ini 8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

3. Rutin Menggunakan Shampo dan Conditioner

3.   Rutin Menggunakan Shampo dan Conditioner
Sumber: winnetnews.com

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah rutin menggunakan shampoo dan conditioner secara teratur dan sesuai aturan pakai. Cara ini juga dapat membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan rambut. Walaupun penggunaan conditioner disarankan tidak setiap hari, hal tersebut sudah cukup dan sangat penting bagi kesehatan rambut. Jangan lupa bilas conditioner dengan air dingin agar kelembaban rambut terjaga.

Agar dapat membuat rambut menjadi berwarna hitam alami dan juga semakin berkilau, Sedulur gunakan shampoo yang sesuai dengan bentuk rambut Sedulur. Karena bentuk rambut setiap orang berbeda, dan shampoo maupun conditioner juga terdapat khusus untuk rambut berbeda-beda.

4. Menggunakan Handuk dengan Benar

4.   Menggunakan Handuk dengan Benar
Sumber: allthingshair.com

Penyebab utama rambut menjadi kering, rusak dan mudah patah adalah cara penggunaan handuk yang tidak benar. Sedulur pasti seringkali menggosok rambut basah dengan cara digesek agar rambut cepat kering. Namun ternyata cara tersebut salah besar. Terutama jika rambut Sedulur keriting, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan rambut Sedulur yang keriting.

Cara mengeringkan rambut menggunakan handuk adalah dengan memijat rambut secara lembut, agar air yang terdapat dalam rambut dapat terserap dengan sempurna. Pemilihan handuk dengan bahan yang tepat juga merupakan bagian penting dalam cara merawat rambut.

Pilih handuk yang terbuat dari bahan microfiber agar dapat meresap air lebih banyak dan lebih cepat, jadi Sedulur akan dapat lebih efektif mengeringkan rambut tanpa harus menggesek rambut dan menyebabkannya menjadi rusak.

5. Rajin Memijat Kulit Kepala

5.   Rajin Memijat Kulit Kepala
Sumber: medium.com

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah rajin memijat kulit kepala. Bukan hanya sebagai cara merawat rambut keriting, rajin memijat kulit kepala juga baik untuk segala jenis rambut.

Lakukan secara rutin untuk memijat-mijat kulit kepala. Disarankan melakukan pijat kulit kepala ketika berkeramas. Alangkah lebih baiknya menggunakan air hangat saat berkeramas. Karena, air hangat akan membantu pori-pori kulit kepala melebar dan menyerap nutrisi dan vitamin yang ada pada shampoo.

Lakukan pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, selain sehat bagi kulit kepala dan rambut, memijat juga akan membantu Sedulur rileks sejenak.

6. Gunakan Lidah Buaya

6.   Gunakan Lidah Buaya
Sumber: wolipop.detik.com

Lidah buaya terkenal dengan kandungannya yang baik untuk kesehatan rambut. Salah satu cara merawat rambut keriting bisa dengan menggunakan lidah buaya secara rutin. Jenis rambut lainnya juga disarankan menggunakan lidah buaya untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Cara merawat rambut keriting dengan menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan lidah buaya pada rambut, dan ratakan hingga rambut dan kulit kepala terkena lidah buaya. Tunggu beberapa saat, dan bilas dengan air hangat. Lebih baik lagi ketika membilas sambil melakukan gerakan memijat kulit kepala.

Tunggu rambut hingga kering, lalu berkeramas menggunakan shampo dan bilas. Rambut Sedulur pun dijamin akan terasa lebih sehat dan lebih menyegarkan. Lakukan ini secara rutin, maka rambut Sedulur pun akan lebih sehat lagi.

7. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

7.   Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut
Sumber: hipwee.com

Gerah rasanya jika rambut terus terurai, terutama ketika siang hari dan di bawah terik sinar matahari. Maka dari itu biasanya yang memiliki rambut panjang akan langsung mengikat rambut agar rasa gerah segera menghilang.

Namun, Sedulur harap memperhatikan bagian ini, jangan terlalu kuat mengikat rambut, karena hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi patah dan rusak. Rambut yang rusak tidak akan dapat menyerap nutrisi secara maksimal, hal tersebut artinya rambut akan rusak keseluruhan secara perlahan dan akhirnya rontok.

8. Hindari Sinar Matahari

8.   Hindari Sinar Matahari
Sumber: hitput.com

Sinar matahari dapat merusak rambut, terutama lagi ditambah dengan polusi yang akan membuat rambut menjadi kering, bercabang dan pecah-pecah. Untuk itu, ketika akan beraktivitas di luar rumah, disarankan untuk menggunakan topi atau penutup kepala. Sedulur juga bisa menggunakan sunscreen khusus rambut untuk melindungi rambut dari sinar matahari dan akan membuat rambut menjadi lebih kecil untuk rusak.

9. Sisir Rambut dengan Benar

9.   Sisir Rambut dengan Benar
Sumber: tirto.id

Memiliki rambut keriting memang sebuah hal yang dilematis, mau disisir beberapa kali pun rambut keriting akan tetap berantakan, Namun menyisir rambut diperlukan untuk merawat rambut agar tetap sehat. Sama dengan menggunakan handuk, cara menyisir rambut dengan benar juga merupakan bagian penting dalam cara merawat rambut.

10. Perhatikan Nutrisi Rambut

10.   Perhatikan Nutrisi Rambut
Sumber: akurat.co

Akan sangat percuma Sedulur melakukan cara merawat rambut keriting dengan benar, namun disisi lain tidak memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Cara merawat rambut pun akan sia-sia jika kebutuhan nutrisi untuk rambut tidak tercukupi.

Berikut ini beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan berkilau:

  • Protein: telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan
  • Vitamin A: wortel, labu, bayam, susu, telur, dan yogurt
  • Vitamin B: kuning telur, hati, salmon, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan produk susu
  • Vitamin C: jeruk, stroberi, dan paprika
  • Vitamin D: ikan berlemak, dan kuning telur
  • Vitamin E: biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat
  • Zat besi: tiram, kerang, telur, daging merah, dan bayam
  • Zinc: tiram, daging sapi, dan biji labu
  • Omega 3: salmon, sereal, sarden, dan yogurt

Sedulur bisa mengonsumsi makanan di atas sebagai bagian penting untuk nutrisi bagi rambut. Jangan lupa juga untuk membeli shampoo, conditioner dan alat kecantikan lainnya di Aplikasi Super. Karena Apikasi Super menyediakan kebutuhan dengan lengkap.

Sedulur juga bisa membeli makanan untuk melengkapi nutrisi kebutuhan rambut dengan membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, jangan lupa pelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super.