foundation untuk kulit kering

Foundation merupakan salah satu kosmetik yang banyak digunakan. Produk yang juga kerap disebut alas bedak ini biasa diaplikasikan sebagai dasar untuk mendapatkan hasil make up yang memukau. Hal ini tak lepas dari karakter foundation yang bisa menyamarkan noda hitam, pori-pori besar, hingga garis halus. Sayangnya memilih foundation yang tepat kerap menjadi tantangan tersendiri khususnya untuk pemilik kulit kering.

Bukan tanpa alasan, kebanyakan produk foundation akan memberikan hasil akhir matte. Meski bisa memberikan kesan flawless tanpa membuat kulit tanpa berminyak, efek matte ini ternyata seringkali menyebabkan masalah untuk kulit kering. Misalnya foundation sulit merata serta terlihat pecah-pecah atau crack.

Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, dibutuhkan kecermatan dalam memilih produk foundation yang sesuai untuk kulit kering. Sebagai referensi, berikut ada beberapa rekomendasi foundation yang bisa Sedulur coba. Selain itu juga akan dipaparkan tips menggunakan foundation bagi pemilik kulit kering. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: Rekomendasi Foundation yang Tahan Lama

-->

Tips menggunakan foundation untuk kulit kering

Foundation adalah produk kosmetik atau make up yang biasa digunakan sebagai dasar. Kebanyakan foundation hadir dengan tekstur cair cenderung kental atau dalam bentuk padat. Selain itu foundation juga memiliki warna seperti warna kulit sehingga dapat mengatasi warna kulit yang tidak rata.

Terlepas dari beragam manfaatnya untuk menunjang penampilan, menggunakan foundation ternyata sering menjadi tantangan tersendiri. Sebab penggunaan foundation yang tidak tepat malah bisa membuat Sedulur tampak seperti menggunakan topeng. Selain itu ada pula risiko hasil make up menjadi crack alias pecah-pecah bahkan mengelupas karena foundation tidak menempel dengan baik pada kulit.

Masalah seperti ini terutama banyak dialami oleh pemilik kulit kering. Namun Sedulur dengan tipe kulit kering tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa tips menggunakan foundation untuk pemilik kulit kering yang bisa Sedulur ikuti, sebagai berikut.

  • Menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan foundation. Sesuai namanya, pelembap dapat membantu melembapkan kulit Sedulur yang kering sehingga foundation menjadi lebih mudah diaplikasikan.
  • Ratakan foundation dengan jari tangan. Biasanya foundation diratakan menggunakan brush atau spons. Namun penggunaan kedua alat tersebut bisa menyulitkan produk untuk menyatu dengan kulit. Sebaliknya, jari tangan malah bisa membantu dalam meratakan foundation akibat minyak alami serta suhu tubuh.
  • Menggunakan make up primer, produk yang ditujukan untuk mendukung penggunaan produk make up sehingga lebih optimal. Hal ini dikarenakan make up primer bisa membuat kulit menjadi lebih lembut.
  • Memilih foundation yang sesuai. Tips yang terakhir ini sangat penting diperhatikan karena akan memberikan pengaruh pada hasil make up Sedulur. Untuk memilih foundation yang sesuai dengan kulit kering, Sedulur bisa langsung menyimak poin berikutnya.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Make Up Pouch Kotor Dengan Mudah!

Rekomendasi foundation untuk kulit kering

Seperti disinggung sebelumnya, kebanyakan produk foundation di pasaran diformulasikan untuk memperoleh hasil akhir cenderung matte. Formula tersebut tentu akan sangat berguna bagi pemilik kulit berminyak sehingga wajah tidak terlihat mengkilap. Namun efek matte ini bisa menjadi masalah bagi kulit kering lantaran berpotensi menyebabkan crack.

Kabar baiknya kini juga sudah tersedia beragam produk foundation yang cocok untuk kulit kering. Foundation tersebut umumnya dibuat dengan formula bahan yang dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Tertarik untuk mencoba foundation untuk kulit kering? Berikut sudah dirangkum 14 rekomendasi beserta ulasan singkatnya.

1. Revlon ColorStay Longwear Makeup for Normal/Dry Skin

foundation untuk kulit kering
Revlon

Rekomendasi foundation untuk kulit kering yang pertama adalah Revlon ColorStay Longwear Makeup for Normal/Dry Skin. Produk ini memiliki keunggulan berupa formula foundation yang breathable dan oil-free tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu ada kandungan Hyaluronic Acid yang dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit sehingga terlihat sehat dan terhidrasi. Menariknya lagi, tersedia 24 pilihan shade yang bisa Sedulur sesuaikan dengan warna kulit.

Harga: mulai dari Rp150 ribu

2. Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation

foundation untuk kulit kering
Maybelline

Merek asal Amerika Serikat, Maybelline juga punya pilihan produk foundation untuk kulit kering. Adalah Fit Me! Dewy + Smooth Foundation, foundation yang diformulasikan untuk mendapatkan hasil make up dewy. Produk ini juga dapat membuat kulit wajah tampak terhidrasi dan lebih cerah.

Tak hanya berfungsi sebagai foundation yang dapat meratakan warna kulit, Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation juga dilengkapi dengan SPF 18. Sehingga bisa melindungi kulit dari bahaya akibat paparan sinar matahari.

Harga: mulai dari Rp145 ribu

3. L’Oreal Infallible Pro-Glow Foundation

Review Female Daily

L’Oreal Infallible Pro-Glow Foundation adalah foundation yang dirancang khusus untuk tetap menjaga kelembapan kulit hingga 24 jam. Produk ini juga diformulasikan dengan bahan-bahan yang membuat kulit terhidrasi sekaligus tampak glowing. Di samping itu, teksturnya yang creamy dan ringan juga membuat produk ini mudah untuk diaplikasikan pada wajah.

Harga: mulai dari Rp169 ribu

4. Viva Liquid Foundation

foundation untuk kulit kering
Viva Cosmetic

Viva Cosmetic merupakan merek kosmetik lokal yang telah berdiri sejak 1962. Ada beragam produk yang bisa Sedulur temukan, salah satunya Viva Liquid Foundation.

Sesuai dengan namanya, produk foundation ini hadir dengan tekstur cair sehingga ringan saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu juga diperkaya Emollient dan Moisturizer untuk melembutkan sekaligus melembapkan kulit.

Harga: mulai dari Rp 7 ribu

BACA JUGA: Perbedaan Lip Tint, Lip Cream dan Lip Gloss Dalam Make Up!

5. The Body Shop Moisture Foundation

Review Female Daily

Rekomendasi foundation untuk kulit kering yang berikutnya adalah The Body Shop Moisture Foundation. Produk ini hadir dengan tekstur cair yang ringan sehingga cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit cenderung kering.

The Body Shop Moisture Foundation juga diperkaya dengan kandungan vitamin E, community trade marula oil, dan organic beeswax yang bermanfaat untuk melembapkan kulit. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari bahaya akibat paparan sinar matahari dengan SPF 15.

Harga: mulai dari Rp250 ribu

6. Wardah Exclusive Liquid Foundation

foundation untuk kulit kering
Wardah

Sebagai merek yang telah dikenal dengan branding kosmetik halal, Wardah juga memiliki beragam produk foundation yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit Sedulur. Salah satunya Wardah Exclusive Liquid Foundation, foundation yang diformulasikan untuk kulit kering.

Produk ini hadir dengan tekstur ringan, powdery matte, dan memiliki Soft Focus Agent untuk menyamarkan garis halus serta kerutan. Sementara itu, Wet Process Technology pada produk ini dapat menghasilkan tekstur partikel sangat halus untuk make up ringan natural yang cocok digunakan sehari-hari.

Wardah Exclusive Liquid Foundation juga mengandung formula pelembap, di antaranya adalah macadamia oil, butylene glycol, persea gratissima oil, serta simmondsia chinensis seed oil. Sehingga Sedulur tidak perlu khawatir hasil make up akan tampak pecah-pecah.

Harga: mulai dari Rp91 ribu

7. BLP Face Base Foundation

foundation untuk kulit kering
BLP

Rekomendasi foundation untuk kulit kering yang selanjutnya adalah Face Base Foundation dari merek kosmetik lokal, BLP Beauty. Sekadar diketahui, BLP Beauty adalah merek kosmetik yang didirikan oleh Elizabeth Christina Parameswari atau lebih dikenal sebagai Lizzie Parra.

Sementara itu, BLP Face Base Foundation adalah foundation dengan formula sangat ringan yang non-komedogenik dan hasil akhir semi-matte. Meski diformulasikan untuk menghasilkan make up semi-matte, produk foundation ini mengandung ekstrak chamomile, kafein, dan allantoin yang bermanfaat untuk kulit. Face Base juga dibuat tanpa pewangi dan telah teruji secara dermatologis sehingga aman.

Harga: mulai dari Rp199 ribu

8. L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation

L.A. Girl

Selanjutnya ada L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation, pilihan foundation untuk kulit kering yang dapat membuat kulit tampak halus sekaligus sehat bercahaya. Menariknya lagi produk ini dirancang menghasilkan make up look cenderung dewy dan sekaligus flawless.

Selain itu, L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation juga memiliki formula yang ringan serta tidak menyumbat pori. Hal ini tentu menjadi nilai plus karena tetap nyaman meski digunakan seharian.

Harga: mulai dari Rp107 ribu

9. Fenty Beauty Pro Filt’r Hydrating Longwear Foundation

Review Female Daily

Fenty Beauty Pro Filt’r Hydrating Longwear Foundation merupakan produk selanjutnya yang bisa Sedulur pilih ketika mencari rekomendasi foundation untuk kulit kering. Produk ini diklaim dapat memberikan hasil make up medium to full coverage.

Dengan formula yang ringan, produk ini akan memberikan rasa nyaman dan lembut saat diaplikasikan ke kulit wajah. Selain itu, Sedulur juga akan mendapatkan penampilan kulit yang menawan sekaligus sehat layaknya kulit yang terhidrasi dengan baik.

Harga: mulai dari Rp500 ribu

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Eyeshadow Terbaik yang Tahan Lama

10. Innisfree My Foundation

foundation untuk kulit kering
Innisfree

Innisfree adalah merek kosmetik asal Korea Selatan yang terkenal dengan beragam produk perawatan kulit atau skincare. Selain itu, Innisfree juga punya beraneka macam pilihan make up yang bisa mendukung penampilan Sedulur sehingga menjadi makin menawan.

Satu di antara produk unggulan Innisfree adalah Innisfree My Foundation, foundation yang cocok untuk kulit kering. Menariknya, produk ini hadir dengan banyak pilihan shade serta tingkat kelembapan dan coverage di mana Sedulur bisa menyesuaikan dengan kondisi kulitmu.

Harga: mulai dari Rp325 ribu

11. Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Dear Me Beauty

Rekomendasi berikutnya datang dari merek lokal, yaitu Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation. Produk ini diformulasikan dengan beragam keunggulan. Di antaranya adalah memiliki tekstur ringan, non comedogenic, mendukung hasil make up medium to full coverage, dan mudah untuk diaplikasikan pada kulit.

Tak berhenti sampai di situ, Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit sekaligus menjaga kelembapannya. Produk ini juga dilengkapi dengan SPF 18 sehingga bisa melindungi dari bahaya akibat paparan sinar matahari.

Harga: mulai dari Rp179 ribu

12. Pixy UV Whitening Concealing Base

Pixy

Bosan dengan foundation cair? Kali ini ada foundation dalam bentuk padat tepatnya stick dari Pixy. Adalah Pixy UV Whitening Concealing Base, 2 in 1 Stick Base Make Up yang dapat berfungsi sebagai foundation maupun concealer dengan tekstur ringan.

Produk ini diformulasikan dengan paduan Natural Whitening Powder dan Derivate Vitamin C untuk membuat wajah tampak lebih cerah. Selain itu juga ada SPF 35 yang melindungi kulit dari sinar UVB yang membuat kulit tampak lebih gelap serta PA+++ yang melindungi kulit dari sinar UVA yang memicu penuaan kulit dan noda hitam di wajah.

Harga: mulai dari Rp40 ribu

13. YOU BEAUTY Flawless Radiance Skin Foundation

SOCO Review

YOU BEAUTY Flawless Radiance Skin Foundation adalah foundation untuk kulit kering yang mengandung white jade orchid serta olive oil yang bermanfaat untuk melembapkan kulit. Selain itu, produk ini juga dapat meratakan warna kulit serta menyamarkan noda hitam sehingga penampilan Sedulur akan semakin menawan.

YOU BEAUTY Flawless Radiance Skin Foundation juga diformulasikan untuk menciptakan hasil make up yang natural, lembut, serta bercahaya. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai dasar make up sehari-hari.

Harga: mulai dari Rp69 ribu

14. Wet n Wild Mega Cushion Foundation

Review Female Daily

Rekomendasi foundation kulit kering yang terakhir adalah Wet n Wild Mega Cushion Foundation. Produk ini juga bisa menjadi alternatif untuk Sedulur yang menginginkan foundation padat.

Selain praktis untuk dibawa bepergian, Wet n Wild Mega Cushion Foundation juga memiliki kandungan bahan alami yang mendukung hasil make up natural dan tampak terhidrasi. Sedulur juga tidak perlu khawatir hasil make up akan menjadi cracking karena produk ini juga memiliki kandungan yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Harga: mulai dari Rp150 ribu

Itu dia 14 rekomendasi foundation untuk kulit kering beserta ulasan singkatnya. Dalam artikel ini juga sudah diuraikan beberapa tips menggunakan foundation bagi pemilik kulit kering agar mendapatkan hasil make up yang menakjubkan dan tentunya anti-crack.

Agar penampilan Sedulur makin menawan, jangan lupa lengkapi kebutuhan make up dan skincaremu. Kabar baiknya, kini Sedulur bisa belanja beragam produk kosmetik maupun perawatan kulit dengan harga murah hanya di Aplikasi Super. Tak hanya murah, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir akan semakin memudahkan Sedulur dalam berbelanja.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan siap tampil menawan setiap saat!