cara membersihkan pouch make up

Apakah Sedulur sudah tahu cara membersihkan make up pouch? Meski terkesan sepele, kebersihan make up pouch penting untuk diperhatikan. Terlebih jika Sedulur memiliki kebiasaan menyimpan peralatan make up seperti sponge atau beauty blender dan brush tanpa pelindung.

Tanpa disadari, pouch yang memiliki bentuk tertutup juga bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran. Belum lagi jika ada produk make up yang bocor dan kemudian mengendap di dalam pouch. Hal ini tentu bisa berdampak buruk pada kulit wajah karena peralatan make up di dalamnya pun menjadi tidak higienis.

Agar Sedulur terhindar dari risiko masalah kulit akibat make up pouch yang tidak higienis, berikut sudah dirangkum beberapa cara membersihkan make up pouch dengan mudah. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: Wajib Dihindari! Kesalahan Mencuci Muka yang Merusak Kulit

-->

Cara membersihkan make up pouch

cara membersihkan pouch make up
iStock

Membersihkan make up pouch masih menjadi sesuatu yang kerap diabaikan dan bahkan dianggap sepele. Padahal kondisi peralatan make up yang tidak terjamin kebersihannya bisa memberikan dampak serius bagi kulit wajah.

Selain menghilangkan debu dan kotoran, rutin membersihkan make up pouch juga sekaligus membantu Sedulur untuk memeriksa kembali beragam peralatan di dalamnya. Dengan begitu Sedulur bisa mengetahui jika terdapat produk make up yang sudah kedaluwarsa dan harus dibuang. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 cara untuk membersihkan make up pouch yang bisa Sedulur ikuti.

1. Keluarkan semua make up di dalamnya

cara membersihkan pouch make up
iStock

Cara pertama yang bisa Sedulur lakukan untuk membersihkan pouch make up adalah mengeluarkan semua peralatan make up maupun beauty tools di dalamnya. Setelah pouch make up kosong, maka akan lebih mudah untuk membersihkannya, terlebih jika pouch Sedulur memiliki banyak kantong. Biasanya akan ada banyak barang kecil di dalamnya lantaran terlupakan karena sulit diraih oleh tangan.

Selain itu, mengosongkan pouch make up juga bisa memudahkan Sedulur memeriksa kembali peralatan make up yang selama ini disimpan. Mulai dari mengecek tanggal kedaluwarsa hingga kondisi alat make up. Misalnya jika ada produk make up yang ternyata sudah habis namun masih disimpan di dalam pouch. Di samping itu, boleh jadi terdapat kuas, beauty blender, maupun beauty tools lain yang kotor lantaran sudah dipakai berulang kali.

2. Cuci pouch dengan tangan

iStock

Setelah pouch make up kosong, Sedulur bisa mulai membersihkannya. Tips pertama, Sedulur bisa membersihkan pouch make up dengan cara mencucinya menggunakan tangan. Tips satu ini terutama bisa Sedulur terapkan pada pouch make up yang terbuat dari bahan kain. Cukup rendam dengan sabun bayi atau sabun cuci piring yang kandungannya tidak keras. Dengan begitu pouch make up akan tetap lembut setelah dicuci. Berikutnya, kucek pouch make up secara perlahan sehingga kotorannya hilang secara sempurna.

3. Gunakan sikat gigi bekas

iStock

Noda atau kotoran yang sudah mengendap terlalu lama biasanya cenderung sulit untuk dibersihkan dengan tangan. Sedulur bisa menggunakan bantuan alat berupa sikat gigi bekas dan sabun untuk mengatasinya. Namun pastikan sikat gigi yang digunakan memiliki sikat yang halus sehingga tidak menyebabkan munculnya goresan pada wadah.

BACA JUGA: Waspada! Bahaya dan Ciri Wajah Rusak Akibat Merkuri Dari Kosmetik

4. Gunakan make up remover

iStock

Alat lain yang bisa digunakan untuk membersihkan make up pouch, terlebih untuk mengatasi noda yang membandel adalah make up remover. Seperti diketahui, make up remover terbuat dari bahan-bahan yang diformulasikan untuk menghapus noda kosmetik berbahan minyak ataupun waterproof yang sulit dibersihkan dengan air biasa. Karakteristik tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada pouch yang biasanya juga berasal dari produk make up yang tersimpan di dalamnya.

Untuk menerapkan cara ini, Sedulur bisa menuangkan make up remover di atas kapas atau kain lembut. Kemudian usapkan pada bagian pouch yang kotor.

5. Gunakan tisu basah

iStock

Cara membersihkan pouch make up yang berikutnya adalah menggunakan tisu basah. Sama seperti cara sebelumnya, Sedulur cukup mengusapkan tisu basah pada bagian make up pouch yang terkena noda. Agar hasilnya lebih maksimal, pilih tisu basah yang mengandung alkohol.

6. Gunakan alkohol

iStock

Jika tidak ada tisu basah di rumah, Sedulur bisa menggunakan cairan alkohol 70%. Selain membersihkan noda, alkohol juga dapat difungsikan sebagai desinfektan. Dengan begitu, pouch make up Sedulur akan terbebas dari kuman.

Adapun cara menggunakan cairan alkohol ini sangatlah mudah. Sedulur cukup menyemprotkan alkohol pada spons atau kain microfiber. Kemudian usapkan secara lembut ke noda pada pouch. Jangan lupa gunakan sarung tangan pelindung karena alkohol bisa menimbulkan rasa perih pada kulit.

7. Keringkan make up pouch

iStock

Setelah make up pouch dibersihkan secara sempurna, langkah terakhir yang perlu Sedulur lakukan adalah mengeringkannya. Sedulur bisa menjemur pouch make up di bawah sinar matahari agar kering hingga sempurna.

Namun perlu diperhatikan bahwa Sedulur sebaiknya tidak menjemur pouch yang terbuat dari plastik ataupun kulit sintetis. Untuk pouch yang terbuat dari bahan selain kain, Sedulur bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan di dalam ruangan.

Itu dia 7 tips cara membersihkan pouch make up yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah. Selalu ingat bahwa kebersihan pouch make up juga penting untuk diperhatikan di samping memilih produk make up yang berkualitas.

Sementara itu, bagi Sedulur yang sedang mencari produk make up berkualitas bisa mengunduh Aplikasi Super. Sebab, ada berbagai macam produk kecantikan yang bisa Sedulur pilih untuk menunjang penampilan sehingga makin paripurna. Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan cek katalog make upnya!