Shampo berperan lebih dari sekadar bahan pembersih rambut. Salah satu fungsi lainnya adalah membantu memudahkan penataan rambut seperti pada shampo pelurus rambut. Sebelum kita berbicara tentang cara memilih shampo pelurus rambut, sebaiknya Sedulur mengenal cara kerjanya terlebih dahulu. 

Shampo pelurus rambut permanen umumnya mengandung pelembap yang berfungsi untuk melembutkan rambut. Bahan pelembap tersebut juga membentuk mikrofilm yang melindungi batang rambut sehingga lebih licin. Dengan begitu, rambut yang mudah kusut dan sulit diatur lebih mudah ditata sehingga tampak lurus.

BACA JUGA : 10 Shampo Anti Ketombe yang Paling Ampuh, Wajib Kamu Coba!

Cara memilih shampo pelurus rambut

1. Rambut kering, pilihlah shampo dengan kandungan pelembap

Rambut yang kering terjadi karena kulit kepala tidak mencukupi kebutuhan minyak untuk melembapkan rambut. Untuk meluruskan rambut kering, pakailah shampo dengan komponen tinggi pelembap. Beberapa minyak alami biasa dicantumkan oleh produsen dalam menciptakan shampo pelurus rambut kering, misalnya minyak kelapa, alpukat, argan, dan biji anggur.

-->

2. Rambut berminyak, pilihlah shampo yang bekerja mengendalikan kelenjar minyak

Apabila kamu mencari shampo pelurus rambut untuk rambut berminyak, carilah bahan pelurus yang diperkaya unsur aktif untuk mengendalikan kelenjar minyak. Pastikan untuk mencari shampo pelurus rambut yang mengandung asam amino, misalnya lysine. Dengan kandungan tersebut, rambut akan semakin kuat sehingga terhindar dari kerontokan.  Di samping berguna dalam mencegah rambut rontok, asam amino berguna pula dalam memelihara kesehatan kulit dan kuku.

Kemudian, unsur keratin yang banyak dipakai ketika treatment salon juga membantu rambut lebih lembap dan halus. Saat ini cukup banyak pilihan merek shampo yang diklaim efektif melembutkan rambut dengan bantuan keratin. Karena lebih hemat waktu, biaya, dan minim risiko, kami sangat menyarankan Sedulur mengandalkan shampo dengan kandungan keratin untuk mendapatkan rambut lurus idaman.

 

12 Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut Terbaik

Nah di bawah ini shampo pelurus rambut yang bisa dijadikan referensi dan sesuai karakter rambut sedulur. Yuk simak penjelasan lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat & Alami, Ampuh

1. Sunsilk Liverly Straight

shampo pelurus rambut
Review SOCO

Shampo pelurus rambut  pertama adalah Sunsilk Lively Straight. Produk ini sebenarnya bukanlah shampo yang dihadirkan untuk membuat rambut yang keriting atau mengembang menjadi lurus. Produk yang mudah ditemukan di supermarket atau hypermarket ini bekerja dengan mengunci kelembaban untuk mempertahankan bentuk rambut agar tidak frizz. Dengan teknologi bernama Straight Lock Technology-nya, shampo ini akan menampilkan rambut lurus yang terlihat alami. Kisaran harga shampo ini adalah Rp. 32500.

2. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampo

shampo pelurus rambut
Ralali

Selain bekerja sebagai produk pembersih kulit kepala dan rambut, shampo ini juga diperkaya dengan efek conditioning yang bisa memperbaiki rambut dari inti terdalam. Dengan begitu, rambut akan mendapatkan kesegarannya kembali.

Tak hanya itu, Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning shampo juga bekerja merevitalisasi rambut. Buat perempuan yang berhijab, shampo ini juga cocok digunakan untuk memberikan wangi dan efek halus pada rambut lebih lama dan shampo pelurus rambut yang ada di Indomaret ini bisa dijual dengan harga kisaran Rp 22.000

3. TRESemme Smooth & Shine Shampo

shampo pelurus rambut
Halodoc

TRESemme Smooth & Shine Shampoo sendiri diciptakan sebagai shampo pelurus rambut yang aman untuk rambut kering dan normal. Meskipun TRESemme mengklaim seperti itu, faktanya sebagian wanita juga ada yang merasakan perubahan pada rambut yang lebih lembut dan berkilau setelah menggunakan produk ini.

Jadi untuk Sedulur yang punya masalah dengan rambut kering ataupun rontok, shampo ini sangat bisa dijadikan andalan. Tidak hanya itu, TRESemme merupakan merk shampo yang masuk best seller di Indonesia sebagai shampo pelurus rambut. Kisaran harga untuk shampo ini berkisar Rp 48.000

 

4. Herbal Essence Dangerously Straight Shampo

shampo pelurus rambut
Review SOCO

Herbal Essence Dangerously Straight akan memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh rambut. Berbagai masalah seperti rambut kusut dan sulit diatur menjadi tanda dari kurangnya asupan vitamin. Oleh karena itu, melalui shampo pelurus rambut keriting ini, Herbal Essences menyertakan vitamin khusus yang bisa menjadikan rambut kusut menjadi halus. Kisaran harga shampo ini adalah Rp 22.000

5. Pantene Silky Smooth Care

Pantene Silky Smooth Care
Walmart

Pantene telah merancang produk ini dengan teknologi Keratin Damage Blockers yang akan mengunci kelembaban sehingga mampu mencegah rusaknya kutikula rambut. Alhasil, rambut bisa terhindar dari masalah kusam, mudah kusut, dan sulit diatur. Selain itu, shampo ini juga memberi kenyamanan saat digunakan lewat aroma wangi yang dihasilkan. Anda juga tak perlu khawatir karena Pantene Silky Smooth Care dijamin tidak akan menjadikan rambut lepek. Bahkan, rambut juga bisa lebih bervolume dengan indah setelah menggunakan produk ini.

Shampo ini juga bisa digunakan sebagai shampo pelurus rambut pria. Harga yang ditawarkan pada shampo ini adalah Rp 46.200.

BACA JUGA: 15 Micellar Water yang Aman Untuk Wajah dan Terjangkau

6. Sunsilk Soft & Smooth Shampo

shampo pelurus rambut
holamart

Shampo pelurus rambut selanjutnya yaitu Sunsilk Soft & Smooth Shampo. Teknologi bernama Moisture-Lock membantu rambut kamu tampak lebih sehat. Dengan 5 minyak alami sertaannya, rambut pun senantiasa halus dan lembut. Apabila Sedulur rutin memakai Sunsilk Soft & Smooth Shampoo membantu kelembapan rambut lebih terjaga. Dengan demikian, rambut lurus tak lama lagi tercipta. Harga yang ditawarkan oleh shampo ini yaitu Rp. 55.000

 

7. L’ Oreal Paris Total Repair 5 Repairing Shampo

Repair

Seperti namanya, L’oreal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo bekerja dengan melawan 5 tanda kerusakan untuk memberikan rambut yang lebih kuat, sehat, lembut, berkilau, dan terhindar dari masalah bercabang. shampo pelurus rambut asli ini juga punya tekstur yang cukup kental sehingga mudah dikontrol saat mengeluarkan isinya. L’oreal Paris juga menyertakan kandungan khusus untuk menciptakan aroma wangi seperti perawatan di salon. Untuk rambut rontok, produk ini juga bekerja dengan sangat baik mengurangi angka kerontokan. Harga yang ditawarkan oleh shampo ini adalah Rp. 79.000

8. Rene Furterer Volumea

Hair gallery

Shampo dari Rene Furterer ini memberikan jaminan  bukan hanya lurus, melainkan lebih bervolume tanpa kesan seperti mengembang. Kemampuan tersebut hadir karena adanya kandungan ekstrak Carob alami yang akan meningkatkan volume setiap helai rambut. Bagi Anda yang belum tahu, carob dalam shampo pelurus rambut cepat ini adalah sejenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pengganti cokelat.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melengkapi penggunaan shampo ini dengan serum yang juga dikeluarkan oleh Rene Furterer. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, produk ini mudah dicari di Guardian. Harga yang ditawarkan dari produk ini adalah, Rp. 300.000

9. Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampo

Shiseido Professional

Shampo pelurus rambut ini memang dibanderol dengan harga yang mahal yaitu Rp 350.000. Namun, hasil yang didapat menggunakan shampo ini cukup memuaskan. Shiseido memformulasikan shampo ini dengan teknologi Smoothness Retention yang melemaskan akar rambut sehingga memberikan rambut yang lurus dan gampang diatur.

Untuk rambut yang mengembang, Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampoo juga ideal digunakan. Pasalnya, shampo ini juga efektif untuk menurunkan volume rambut atau menjaga rambut tetap lurus. 

10. Aussie Miracle Moist Shampo

ubuy

Dari namanya saja sudah ditebak, shampo pelurus rambut yang satu ini berasal dari Australia. Aussie merancang produk pembersih rambut ini dengan kemasan botol berwarna ungu yang terlihat cantik. Shampo ini diciptakan untuk membantu melembabkan dan menutrisi rambut.

Shampo ini dilengkapi dengan lidah buaya asli dari Australia dan minyak biji jojoba, rambut bukan hanya lebih lembab dan halus, melainkan juga mempunyai struktur yang kuat. Aussie Moist Shampoo cocok dipakai untuk segala jenis rambut.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh shampo ini ialah sifatnya yang multifungsi. Jadi, selain bertindak sebagai shampo, produk ini juga berperan sebagai conditioner. Untuk aromanya sendiri, Aussie Moist Shampoo punya wangi seperti permen karet. Kisaran harga shampo ini dibanderol sekitar Rp 93.000

11. Matrix Biolage Hydrating Shampoo Ultra Hydrasource

Alibaba

Sampai saat ini, belum banyak shampo pelurus rambut pria. Dan matrix biolage ini mungkin menjadi solusinya. Beberapa produk shampo seperti Matrix Biolage Hydrating Shampoo Ultra Hydrasource Aloe dirancang khusus untuk meluruskan rambut tanpa perlu catok, rebonding atau smoothing.

Selain meluruskan, Matrix Biolage dapat melembabkan rambut sehingga terlihat sehat dan halus. Shampo pelurus rambut pria permanen ini menggunakan bahan yang aman untuk pemakaian setiap hari. Harga yang ditawarkan untuk shampo jenis ini adalah kisaran Rp 85. 197.000 s/d Rp. 238.000.

12. Aveda Smooth Infusion Shampo

Ubuy

Shampo pelurus rambut terakhir adalah Aveda Smooth Infusion Shampo. Aveda Smooth Infusion Shampoo dibuat dengan infus tanaman eksklusif dari jagung, kacang guar, dan lidah buaya organik melindungi permukaan rambut dari lingkungan dan kerusakan akibat hairstyling.

Selain itu, ada busanya yang mewah melembabkan, mengurangi kusut, mengurangi gelombang rambut secara signifikan serta mencegah flyaway (kondisi rambut mudah berantakan saat tertiup angin karena kurang nutrisi dan protein).

Selain menggunakan shampo, Sedulur sebaiknya juga menggunakan conditioner setelah selesai memakai shampo pelurus rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Sedulur juga bisa memilih merk conditioner untuk meluruskan rambut, sehingga memiliki kandungan yang hampir sama dengan shampo yang dipakai.

Atau jika Sedulur ingin praktis, saat ini juga sudah mulai beredar produk shampo 3in1. Namun, Sedulur harus benar-benar memastikan apakah produk tersebut aman atau tidak, dan memahami cara pakai shampo pelurus rambut 3in1.

Kalau Sedulur ingin membeli kebutuhan sehari-hari seperti shampo, bisa juga lho berbelanja di Aplikasi Super. Caranya mudah, yuk segera unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang juga.