cara pakai aha bha dengan vitamin c

Cara pakai AHA BHA dengan vitamin C ternyata perlu diperhatikan dan tidak bisa sembarangan. Zat yang cukup sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit itu sebaiknya digunakan dalam waktu yang berbeda. Tentunya ini bisa menjadi ilmu yang penting untuk Sedulur semua.

Penggunaan AHA, BHA dan vitamin C memang cukup umum dalam dunia skincare. Zat-zat tersebut dikenal mampu untuk mencerahkan kulit, meremajakan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Supaya Sedulur tidak keliru dan bisa mengetahui langkah yang benar. Simak cara pakai AHA BHA dengan vitamin C berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Wajah untuk Pria Terbaik

Apa itu AHA?

cara pakai aha bha dengan vitamin c
Pexels/Vie Studio

Sebelum kita membicarakan cara pakai AHA BHA dengan vitamin C, sebaiknya Sedulur mengetahui terlebih dahulu zat-zat tersebut. AHA merupakan kandungan zat mineral yang umumnya terdapat dalam skincare.

AHA memiliki kepanjangan Alpha Hydroxy Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam alfa hidroksi. AHA termasuk dalam jenis asam larut air yang diperoleh dari proses pengolahan tanaman maupun hewan.

Beberapa kandungan AHA yang bisa Sedulur jumpai di dalam produk skincare, di antaranya citric acid yang pengolahannya dari jeruk, glycolic acid yang pengolahannya dari tebu, hydroxycaprylic acid yang pengolahannya dari hewan, lactic acid yang pengolahannya dari karbohidrat dan tartaric acid yang pengolahannya dari anggur.

Dari beberapa jenis kandungan AHA tersebut, lactic acid dan glycolic acid menjadi yang terpopuler di dalam dunia skincare. Hal ini dikarenakan kedua kandungan itu sangat bersahabat bagi kulit dan jarang memunculkan efek iritasi.

Fungsi AHA pada Skincare

AHA memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan kulit. Kandungan ini juga berfungsi mengatasi berbagai permasalahan kulit di antaranya:

  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mengusir jerawat
  • Mencerahkan rona kulit yang tidak merata
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mengecilkan pori-pori kulit
  • Mencegah penuaan dini pada kulit
  • Membantu mengembalikan kekenyalan kulit

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Serum Acne Terbaik, Ampuh, dan Terjangkau

Apa itu BHA?

Unsplash/Enecta Cannabis

Selain AHA, Sedulur pasti juga cukup familiar dengan kandungan BHA. BHA memiliki kepanjangan Beta Hydroxy Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam beta hidroksi. BHA merupakan asam larut lemah yang diperoleh dari kayu manis, pohon willow dan/atau wintergreen.

Mungkin Sedulur sudah mengetahui kalau banyak produk skincare yang mengandung BHA mengklaim mampu mengatasi jerawat. Memang benar, BHA bisa dikatakan obat yang ampuh mengatasi jerawat pada kulit wajah.

Dari sejumlah manfaat yang kami sebutkan di atas, BHA lebih populer dikenal sebagai kandungan skincare yang ampuh mengobati jerawat. Agar aman, gunakan produk skincare yang mengandung konsentrasi BHA dalam rentang 0,5 – 5 persen jika ingin mengobati jerawat. Jangan menggunakan skincare yang mengandung BHA dengan konsentrasi melebihi 5 persen karena dapat mengiritasi kulit.

Fungsi BHA pada Skincare

Berikut ini sejumlah manfaat kandungan BHA dalam skincare, selain mengatasi jerawat, yang perlu Sedulur ketahui:

  • Mengatasi kulit berminyak
  • Membersihkan kulit mati
  • Mengurangi sebum atau minyak berlebihan pada kulit wajah
  • Meminimalisir munculnya komedo hitam maupun putih (blackhead dan whitehead)
  • Mengurangi efek kemerahan pada kulit, terutama pada orang yang mengidap penyakit kulit rosacea.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik Tahun 2023

Manfaat Vitamin C pada Skincare

Unsplash/Christin Hume

Vitamin C merupakan senyawa yang dikenal dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, senyawa ini kerap digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit karena dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit wajah.

Salah satu manfaat vitamin C untuk wajah adalah dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Pasalnya, vitamin C bekerja dengan ‘merekatkan’ berbagai macam asam amino untuk membentuk kolagen di dalam kulit.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa diberikan vitamin C pada kulit seperti:

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Manfaat vitamin C untuk wajah yang pertama adalah mampu melindungi kulit dari paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) dari cahaya matahari. Pasalnya, vitamin C merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Bahkan, menggunakan produk vitamin C yang dibarengi dengan tabir surya juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker kulit.

2. Menjaga kelembaban kulit

Menjaga kelembapan kulit juga menjadi manfaat vitamin C untuk wajah yang sayang dilewatkan. Vitamin C bekerja dengan ‘mengunci’ atau menahan air di permukaan kulit sehingga turut menjaga kelembapannya.

Selain itu, penggunaan vitamin C untuk wajah secara rutin juga mampu membantu mengatasi kulit kering. Bahkan, vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat pembentukan senyawa melanin, yaitu pigmen yang bertugas memberi warna gelap pada kulit, mata, dan rambut.

3. Membantu mengoptimalkan pembentukan kolagen

Manfaat vitamin C bagi wajah berikutnya adalah turut mengoptimalkan pembentukan kolagen alami pada kulit. Di mana, kolagen merupakan protein tak larut yang berperan sebagai pembentuk jaringan kulit di dalam tubuh.

Sehingga menggunakan produk vitamin C pada kulit wajah secukupnya dapat menjaga elastisitas kulit serta mencegah munculnya tanda penuaan dini, seperti garis halus, keriput, dan flek hitam.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik dan Terbaru di Tahun Ini!

Cara Pakai AHA BHA dengan Vitamin C

masker brightening terbaik
Pexels/Sora Shimazaki

Kandungan senyawa seperti AHA, BHA, dan vitamin C memang memiliki manfaat mencerahkan kulit wajah serta mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Kombinasi antara vitamin C dan AHA/BHA bisa saja bekerja secara efektif bagi pemilik kulit berminyak yang ingin memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam.

Namun, Sedulur memang perlu berhati-hati sebelum menggabungkan bahan-bahan tersebut dalam rutinitas skincare. Pasalnya, AHA, BHA, dan vitamin C mempunyai sifat yang asam. Sedulur sebaiknya menggunakan ketiganya pada waktu yang berbeda.

Misalnya, penggunaan vitamin C di siang hari yang dilanjutkan dengan tabir surya, lalu penggunaan AHA/BHA di malam hari sebelum tidur.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang cara pakai AHA BHA dengan vitamin C. Semoga dengan informasi ini Sedulur tidak salah langkah dan tetap bisa melakukan perawatan kulit yang aman dan menyehatkan ya.

Oia, apabila Sedulur tertarik mencari kebutuhan perawatan kulit seperti skincare dan makeup. Jangan khawatir karena bisa menemukan itu semua di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.